You are on page 1of 19

Skenario 2 Promosi Jabatan

Ibu Siti, 40 tahun dipromosikan sebagai manajer di kantor pusat sebuah perusahaan multinasional. Perusahaan mewajibkannya untuk mengikuti General Medical Check Up. Dari hasil pemeriksaan diketahui, secara umum kesehatan ibu Siti baik kecuali nilai profil lipid darah yang berbeda diatas normal. Dokter menyarankan agar Ibu Siti rajin berolah raga secara teratur, mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyibah.

1

1.1. Memahami dan menjelaskan syarat halal dan thoyibah LO.3.4. Memahami dan menjelaskan kelainan lipid abnormal LO.1.2. Memahami dan menjelaskan Lipid LO.3.2.1.2.2.3. Memahami dan menjelaskan kerugian dan keuntungan General Medical Check Up LI. Memahami dan menjelaskan metabolisme lipid LO.2.4. Memahami dan menjelaskan olahraga dalam kesehatan LO.2. Memahami dan menjelaskan jenis olahraga LI. Memahami dan menjelaskan syarat dan prosedur General Medical Check Up LO.1. Memahami dan menjelaskan General Medical Check Up LO. Memahami dan menjelaskan fungsi lipid LO.2.1.5.3. Memahami dan menjelaskan fungsi olahraga dalam kesehatan LO. Memahami dan menjelaskan pencegahan dan penanganan LI. Memahami dan menjelaskan definisi halal dan thoyibah LO.2.3. Memahami dan menjelaskan definisi General Medical Check Up LO.1.1.4.2.Sasaran Belajar : LI. Memahami dan menjelaskan surat dan hadis terkait halal dan thoyibah 2 .4.4.2. Memahami dan menjelaskan halal dan thoyibah LO.3. Memahami dan menjelaskan jenis-jenis dan kadar lipid LO.

seperti apakah Anda merokok. 3 . Beberapa penyakit dapat dideteksi secara dini melalui medical check up. 2. Hindari kegiatan fisik yang berat sebelum pengambilan bahan pemeriksaan. 6. hal ini akan menyebabkan perubahan sejumlah kompnen dalam darah. dilakukan selama 12-14 jam sebelum pemeriksaan laboratorium. * Pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diagnosis lebih lanjut untuk menentukan kesehatan umum. Untuk wanita yang sedang tidak dalam keadaaan haid (minimal 7 hari sesudah haid bersih) karena akan menggangu hasil pemeriksaan urine dan bila mau melakukan pemeriksaan pap smear tidak boleh berhubungan suami istri dan tidak boleh membilas daerah kewanitaan dengan sabun pembersih selama 2 x 24 jam. karena keadaan ini dapat menyebabkan kenaikkan sel darah putih dan perubahan faal hormone tertentu 9. Diperkenankan. Memahami dan menjelaskan definisi General Medical Check Up Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan lengkap untuk mengetahui kesehatan seseorang. pemeriksaan pernapasan. yaitu: 1. olahraga dan riwayat tertentu yang menurun dikeluarga Anda. stroke. Selama berpuasa tidak diperkenankan makan dan merokok . 4. leher. Selain itu gaya hidup Anda. gunakan wadah yang bersih dan kering (bukan wadah bekas bahan kimia atau kosmetik). kulit. lalu bawalah segera ke laboratorium (urine stabil hanya dalam waktu 2 jam).LI I. 5. Memahami dan menjelaskan Syarat dan Prosedur General Medical Check Up Syarat Medical Checkup. detak jantung. Prosedur Medical Checkup. yaitu: * Wawancara riwayat kesehatan. serangan jantung atau kanker. Bila kondisi mengharuskan Anda tetap memakai obat-obatan. kanker. bahkan dianjurkan minum air putih tanpa gula seperti biasa. 3. kelainan pada liver dan jantung. Memahami dan Menjelaskan General Medical Check Up LO I.I. Bila penampungan urine dirumah. Puasa. meskipun tanpa gula tidak diperbolehkan. GMC salah satu cara kita menjaga kesehatan diri dan merupakan salah satu investasi dalam hal kesehatan. diabetes. kelenjar getah bening dan refleks saraf.II. 7. Dokter juga akan mengukur tinggi dan berat badan untuk menghitung indeks massa tubuh. Minum teh dan kopi. Bila tidak disyaratkan oleh Dokter Anda. misalnya : pengukuran tekanan darah. berbagai penyakait degeneratif seperti : tekanan darah tinggi. abdomen. 8. pola makan. denyut nadi. yang sering dihubungkan dengan gaya hidup. Dokter akan menanyakan kondisi umum. penyakit dan operasi yang pernah Anda jalani atau obat-obatan yang diambil. LO I. informasikan hal ini kepada Petugas laboratorium. Hindari stress sebelum pengambilan darah. seperti diabetes melitus. hindari obat-obatan 4-24 jam sebelum pengambilan darah dan 48-72 jam sebelum pengambilan urine.

Bila hasilnya normal : hati senang.Saat muncul keluhan. hanya perlu dilakukan jika ada kecurigaan penyakit.* Pemeriksaan pendukung. dan membawa akibat berantai untuk dilakukannya sejumlah tes lanjutan untuk memastikan hasil tes yang „abnormal‟. pikiran senang. dokter perlu mengetahui tingkat glukosa darah dan lipid darah (misalnya trigliserida dan kolesterol). Memahami dan Menjelaskan Kerugian dan Keuntungan Melakukan General Check Up Keuntungan melakukan General Medical Check Up 1. Untuk mengukur tingkat kebugaran dan kesehatan jantung Anda. Triglisserida merupakan senyawa lipid utama yang terkandung dalam bahan makanan. Pemeriksaan darah dan urin terutama untuk mengidentifikasi kemingkinan gangguan metabolik (misalnya diabetes melitus) atau penyakit ginjal. misalnya pemeriksaan EKG untuk penyakit jantung. pengobatan sulit dan perlu biaya tinggi. mempunyai peran yang sangat penting dalam proses metabolisme secara umum. LO I. Ada akibat lain yang lebih buruk dari itu. dimulai dengan proses pencernaannya di dalam usus halus. Enzim lipase yang terdapat di dalam 4 . Dokter akan menyusun profil resiko Anda untuk penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya dan memberikan saran-saran untuk meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran Anda. penyakit telah mencapai tahap lanjut. tubuh semakin bugar dan produktivitas meningkat 2. Proses metabolisme lipid sebagai komponen bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh hewan. Memahami dan menjelaskan lipid LO II.I. medical checkup berikutnya bisa Anda lakukan dua tahun kemudian. * Wawancara akhir. Memahami dan menjelaskan metabolisme lipid Lipid terdapat dalam semua bagian tubuh manusia terutama dalam otak. Kerugian akibat medical checkup yang berlebihan ini bukan semata-mata pemborosan uang dari masyarakat. Bila ada kelainan : diagnosis dapat di pastikan. pengobatan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat segera di atasi Kerugian bila tidak melakukan Medical Check Up Kelainan yang ada tidak dapat di ketahui secara dini. Banyak dari test-tes ini mengeluarkan hasil false positive (positif semu). Efek bagi orang yang mendapat vonis positif (padahal false positive) jelas membuat yang bersangkutan cemas dan stres. dokter membahas hasil-hasil medical checkup dengan Anda dan langkah-langkah berikutnya. dokter bisa meminta Anda mengikuti pemeriksaan threadmill jantung. Untuk tujuan ini.III. LI II. Bila tingkat kesehatan Anda secara umum baik. Dokter akan merujuk Anda untuk mendapatkan tes darah dan tes urin rutin di laboratorium. Sebagian besar lipid sel jaringan terdapat sebagai komponen utama membran sel dan berperan mengatur jalannya metabolisme di dalam sel. Pemeriksaan lebih lanjut ( mungkin oleh dokter rujukan ). Dalam wawancara akhir. Lipid tumbuhan mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh dan sedikit senyawa sterol.

-B.5. pH 1. permukaan lipid menjadi lebih besar dan lebih mudah dihirolisis oleh lipase. 5 . Enzim ini tidak peka terhadap larutan lemak sempurna. dan vitamin membentuk sebuah kompleks yang kemudian menempel (diabsorpsi) pada permukaan sel mukosal. Senyawa-senyawa tersebut selanjutnya menembus membran sel mukosal dan masuk ke dalamnya.undip. kemudian sampai ke hati dan jaringan lain yang memerlukannya. Miselmisel garam empedu melepaskan diri dan meninggalkan permukaan sel mukosal. dan sel usus halus. Setelah berada dalam intestin. dan lain-lain membentuk siklomikron. Enzim ini dibantu oleh garam asam empedu (terutama asam kholat dan taurokholat) yang disekresikan oleh hati. Oleh karena itu.id/33717/3/Bab_2. Sumber: http://eprints.ac. yaitu: 1. Reaksi hidrolisisnya berlangsung sebagai berikut. Asam lemak adalah suatu senyawa yang terdiri atas panjang hidrokarbon dan gugus karboksilat yang terikat pada ujungnya. mengalami proses hidrolisis dengan dikatalis oleh berbagai macam enzim lipase. Pembentuk fosfolipid dan glikolipid: molekul amfipotik (komponen membran biologi) 2. kolesterol.pdf Berdasarkan reaksi tersebut dapat diketahui bahwa lipase pankreas hanya bisa menghidrolisis ikatan ester pada atom C nomor 1 dan 3 yang hasilnya asam lemak bebas dan monoasil gliserol. Asam lemak mempunyai dua peranan fisiologi yang penting. Enzim lipase diaktifkan oleh hormon epineprin. Molekul sumber energi. mengkatalisis proses hidrolisis ikatan ester pada trigliserida menghasilkan asam lemak bebas dan gliserol. triasil gliserol dipecah dulu menjadi asam lemak bebas dan gliserol oleh lipoprotein lipase. lipid tadi belum mengalami pemecahan yang berarti. pankreas. Dua golongan lipid lainnya. seperti fosfolipase-A. Enzim lipase yang dikeluarkan oleh kantung empedu. lipid kompleks terutama triasilgliserolnya dihidrolisis oleh lipase menjadi asam lemak bebas dan sisa. -C dan kolesterol esterase. Katabolisme adalah proses penguraian dan pembebasan dari zat-zat organik. Fungsi garam tersebut ialah mengemulsi makanan berlemak sehingga terbentuklah emulsi partikel lipid yang sangat kecil. Siklomikron tersebut pada akhirnya masuk ke dalam darah. monoasil gliserol. Dengan bantuan misel-misel garam empedu maka asam lemak bebas. Dalam sel mukosal. asam lemak bebas monoasil gliserol disintesis kembali menjadi triasil gliserol yang setelah bergabung dengan albumin. fosfolipida dan kolesterol ester. Dalam mulut dan lambung. Sebelum masuk ke dalam sel.2-2.lambung tidak dapat melakukan tugasnya karena suasana keasaman lambung yang terlalu tinggi. kolesterol.

sedangkan asam oleat (C 18:1) mempunyai titik leleh 13. yang mengandung satu ikatan rangkap dua disebut asam oktakenoat (ditulis C 18:1). Asam lemak dengan atom karbon 16 dan 18 adalah yang paling banyak terdapat dalam lipida hewan dan tumbuhan. Penamaan bersistem untuk asam lemak didasarkan pada nama rantai hidrokarbonnya dengan diakhiri kata oat. Atom karbon metil pada ujung kiri disebut atom karbon ω (omega). seperti glukosa. Kedudukan ikatan rangkap pada rantai hidrokarbon dinyatakan dengan tanda Δ dan nomor atom karbonnya Cis – Δ9. lemak akan diangkut ke hati dalam bentuk lesitin yang dihidrolisis oleh lipase menjadi asam lemak dan gliserol.5ºC. Kedua. Asam lemak jenuh dengan jumlah atom karbon 18. tiga ikatan rangkap dua disebut oktadekatrienoat (ditulis C 18:3). mempunyaititik leleh 69. masingmasing disebut juga α (alfa) dan β (beta). Rantai karbon asam lemak diolah di dalam mitokondria sehingga dihasilkan asetil koenzim yang selanjutnya dapat masuk ke dalam Siklus Krebs. Selanjutnya. Sifat suatu lipida ditentukan oleh panjang rantai dan derajat kejenuhan asam lemak yang membentuknya. misalnya. Asam lemak C18. dimulai dengan proses pencernaannya di dalam usus oleh enzim.4ºC. sebagai satuan pembenttuk fosfolipid dan glikolipid yang merupakan molekul amfipatik sebagai komponen membran biologi. Gliserol diaktifkan oleh ATP menjadi gliserol fosfat dan akhirnya mengalami oksidasi. Asam lemak jenuh mempunyai titik leleh yang lebih tinggi daripada asam lemak tak jenuh.Proses metabolisme lemak sebagai komponen bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh hewan. dan derajat ketidakjenuhannya tinggi. mempunyai keteraliran (fluiditas) yang lebih tinggi.asam palmitat (C 16:0) mempunyai titik leleh 6. Katabolisme asam lemak Asam lemak adalah suatu senyawa yang terdiri dari rantai panjang hidrokarbon dan gugus karboksilat yang terikat pada ujungnya. Dengan demikian membran biologi yang kandungan lipidanya terdiri dari asam lemak berantai lebih pendek. Pada umumnya asam lemak yang terdapat di alam mengandung jumlah atom karbon genap antara 14 dan 24. misalnya. Jika dibutuhkan. sebagai molekul sumber energi. disebut asam oktadekanoat yang rantai hidrokarbonnya adalah oktadekan. Oksidasi asam lemak: oksidasi beta Asam lemak mempunyai peran yang sangat penting sebagai sumber pembentuk energi dalam tumbuhan dan hewan.6ºC. Atom karbon nomor 2 dan 3 dari suatu asam lemak. Sebagian besar daripadanya disimpan dalam bentuk senyawa trigliserida 6 . Pertama. menunjukkan adanya ikatan rangkap dengan konfigurasi geometri cis antara atom karbon nomor 9 dan 10. Asam lemak bersenyawa kembali dengan gliserol membentuk lemak yang kemudian diangkut oleh pembuluh getah bening. lebih rendah daripada asam stearat (C 18:0). Asam lemak mempunyai peranan fisiologi yang penting. lemak disimpan di jaringan adiposa (jaringan lemak). Asam stearat (C 18:0). C18. trans –Δ2 berarti ikatan rangkap trans terletak antara atom karbon 2 dan 3. dua ikatan rangkap dua disebut oktadekadienoat (ditulis C 18:2).

menghasilkan CO2 dan H2O sebagai hasil akhir. Kelincahan gerak. 3. dan oksidasi asam lemak yang terjadi di dalam tubuh. berlangsung secara terpadu dengan proses metabolisme karbohidrat dan diatur oleh sistem hormon endokrin yang rumit. Mekanisme reaksinya sama dengan untuk ATP. Dalam keadaan tertentu oksidasi asam lemak dalam sel otak menghasilkan asam β-hidroksibutirat. Asam lemak ini dikeluarkan dari sel. baru kemudian dapat dimasukkan ke dalam mitokondrion untuk selanjutnya mengalami proses oksidasi menghasilkan energi yang dipakai untuk segala kegiatan dalam tubuh yang memerlukan energi. Di samping ATP. tetapi melalui pembentukan butiril fosfat sebagai senyawa antara. kecuali di dalam sel otak. 2. dan terurainya Ppi menjadi 2 Pi oleh enzim pirofosfatase. GTP (guanosin trifosfat) pun dapat pula dipakai sebagai sumber energi untuk menggiatkan asam lemak di dalam mitokondrion. Tahap pertama adalah menggiatkan asam palmitat bebas dengan asetil koenzim-A (acetyl-CoA) di dalam sitoplasma.berikatan dengan serum albumin yang kemudian bersama aliran darah dibawa ke jaringan lainnya di dalam tubuh untuk selanjutnya mengalami oksidasi. karbohidrat) menghasilkan hanya 4 kkal/gr. Pada penguraian asam lemak oleh beberapa jasad renik asam lemak berantai pendek. pembentukan butiril koenzim-A tejadi tidak secara langsung.di dalam sel. E1 7 . seperti karbohidrat dan protein. Dibandingkan dengan senyawa kimia sumber energi lainnya. Sebagian besar asam lemak bebas yang mengalami katabolisme berasal dari proses hidrolisis trigliserida oleh enzim lipase yang terdapat di dalam sel jaringan lemak. Pada tahap reaksi ini sebagai sumber energi dipakai satu molekul ATP untuk satu molekul palmitil koenzimA yang terbentuk. Trigliserida yang berasa dalam sel disimpan dalam bentuk molekul yang tak terhidratasi sehingga penyimpanannya dapat lebih pekat. Dengan demikian untuk menggiatkan sau molekul asam lemak dalam tahap reaksi ini. sedangkan glikogen (suatu senyawa polisakarida. dipakai energi yang didapatkan dari pemecahan dua ikatan fosfat berenergi tinggi dari satu molekul ATP. Dalam hal ini asam lemak yang masuk sel jaringan terlebih dahulu diperagiat dengan perantaraan enzim di dalam sitoplasma. Seperti telah disebutkan di atas. seperti penguraian asam butirat oleh Clostridium kluyveri. Reaksi dikatalisis oleh enzim butirat kinase (E1) dan fosfat butiriltransferase (E2). oleh enzim asil koenzim-A sintetase menghasilkan palmitoilkoenzim-A. Oksidasi sempurna asam lemak berantai panjang di dalam semua sel jaringan hewan mamallia. trigliserida mempnyai beberapa kelebihan yang menonjol: 1. penyebaran. Dalam hal ini terjadi dua reaksi pemecahan ikatan fosfat berenergi tinggi: terhidrolisisnya ATP menjadi AMP+Ppi. proses oksidasi asam lemak dalam sel berlangsung di dalam mitokondrion setelah lebih dulu dipergiat dan dimasukkan dari sitoplasma. Energi yang dihasilkan oleh asam lemak merupakan 40% dari jumlah energi yang dipakai oleh manusia dalam keadaan rangsum yang normal . Energi yang dihasilkan oleh proses oksidasi sempurna trigliserida adalah 9 kkal/gr.

yang terdapat dalam membran mitokondrion. Pada reaksi ini. palmitoil koenzim A diangkut dari sitoplasma ke dalam mitokondrion dengan bantuan molekul pembawa. atau disebut juga tiolase. Pada reaksi ini satu molekul koenzim-A (CoA) bebas berinteraksi dengan 3-ketopalmitoil koenzim-A menghasilkan satu molekul asetil koenzim-A dan sisa rantai asam lemak dalam bentuk koenzim-A-nya. Persamaan reaksi keseluruhan dari satu kali oksidasi-β untuk degradasi asam palmitat. Proses degradasi asam lemak selanjutnya adalah pengulangan mekanisme oksidasi-β secara kontinu sampai rantai panjang asam lemak tersebut habis dipecah menjadi molekul asetil koenzim-A. Reaksi tahap kelima adalah dehidrogenase dengan enzim 3-hidroksiasil koenzim-A dehidrogenase dan NAD+ sebagai koenzimnya. Dengan mekanisme fosforilasi bersifat oksidasi melalui rantai pernafasan. yang mempunyai rantai dua atom karbon lebih pendek dari palmitoil koenzim-A semula. Pada reaksi ini 3-hidroksipalmitoil koenzim-A dioksidasi menjadi 3-ketopalmitoil koenzim-A. menghasilkan senyawa enoil koenzim-A. Pada reaksi tahap keempat. karnitin.ATP + butirat ↔ ADP + butiril fosfat E2 Butiril fosfat + koenzim-A ↔ butiril koenzim-A + Pi Pada tahap berikutnya. FAD (flavin adenin dinukleotida) yang bertindak sebagai koenzim direduksi menjadi FADH2. Reaksi tahap terakhir mekanisme oksidasi-β adalah pemecahan molekul dengan enzmasetil koenzim-A asetiltransferase. suatu molekul FADH2 dapat menghasilkan dua molekul ATP. adalah CH3(CH2)14CO-CoA + 7 CoA + 7 FAD + 7 NAD+ + 7H2O → Palmitoil koenzim-A 8 . sedangkan NADH yang terbentuk dari NAD+ dapat dioksidasi kembali melalui mekanisme fosforilasi bersifat oksidasi yang dirangkaikan dengan rantai pernafasan menghasilkan tiga molekul ATP. Dengan demikian satu molekul asam palmitat (C16) menghasilkan 8 molekul asetil koenzim-A (C2) dengan melalui 7 kali oksidasi-β. adalah CH3(CH2)14CO-CoA + CoA + FAD + NAD+ + H2O → palmitoil koenzim-A koenzim-A CH3(CH2)12CO-CoA + CH3CO-CoA + FADH2 + NADH + H+ Miristoil koenzim-A asetil koenzim-A Sedangkan persamaan reaksi keseluruhan dari 7 kali oksidasi-β yang diperlukan untuk mengubah satu molekul palmitoil koenzim-A menjadi 8 molekul asetil koenzim-A. ikatan rangkap pada enoil koenzim-A dihidratasi menjadi 3-hidroksipalmitoil koenzimA oleh enzim enoil koenzim-A hidratase. Reaksi tahap ketiga adalah proses dehidrogenasi palmitoil koenzim-A yang telah berada di dalam mitokondrion dengan enzim asil koenzim-A dehidrogenase.

dan persamaan reaksinya adalah CH3(CH2)14-COOH Asam palmitat CoA + ATP AMP + PPi CH3(CH2)14CO-CoA 7 CoA 35 (ADP + Pi) 35 ATP 8 CH3C-CoA 9 . jumlah ATP yang dihasilkan harus dikurangi satu karena dipakai untuk tahap penggiatan asam lemak. melalui mekanisme fosforilasi bersifat oksidasi. maka persamaan reaksinya menjaadi. O CH3(CH2)14CO-CoA 7 CoA 35 (ADP + Pi) 7 O2 35 ATP 42 H2O 8 CH3C-CoA Bila proses degradasi dimulai dari asam lemak bebas.8 CH3CO-CoA + 7 FADH2 + 7 NADH +7 H+ Asetil koenzim-A atau dapat juga dituliskan CH3(CH2)14CO-CoA Palmitoil koenzim-A 7 FAD 7 NAD+ 7 H2O 7 CoA 8 CH3C-CoA asetil koenzim-A O 7 FADH2 7 NADH 7 H+ Seperti telah diuraikan di atas. satu molekul FADH2 dan satu NADH dapat menghasilkan masing-masing 2 dan 3 ATP dari ADP + Pi.

seperti serebrosida dan gangsida. asetil koenzim-A masuk ke dalam daur asam trikarboksilat (daur Krebs) menghasilkan 12 molekul ATP. propionil koenzim-A. terus menerus hingga terbentuk sisa rantai tiga atom karbon. satu demi satu.3) = -949 kkal/mol Ini menunjukan bahwa sekitar (949/2340) = 40% dari energi bebas baku oksidasi palmitat. proses degradasi berlangsung melalui mekanisme oksidasi-β. Hal yang menarik bahwa ikatan rangkap pada asam lemak terdapat didalam. mempunyai konfigurasi trans. menjadi asam β-hidroksibutat. mengandung asam lemak dengan gugus hidroksi pada atom alfa (αhidroxy fatty acid. maka 8 molekul asetil koenzim-A dapat menghasilkan 96 ATP. Sedangkan ikatan rangkap senyawa-antara dalam jalur oksidasi yaitu senyawa enoil koenzim-A. Oksidasi asam lemak tak jenuh pada umumnya sama seperti asam lemak jenuh. mempunyai konfigurasi cis. oksidasi sempurna satu molekul asam palmitat menjadi CO2 + H2O menghasilkan (-1+35+96) ATP=130 ATP dan persamaan reaksinya adalah CH3(CH2)14CO-CoA Asam palmitat 130 (ADP+Pi) 23 O2 130 ATP 16 CO2 + 145 H2O Telah diketahui bahwa energi bebas baku (Δ Gº‟) oksidasi asam palmitat adalah -2340 kkal/mol dan Δ Gº‟ untuk penguraian ATP menjadi ADP + Pi adalah -7. Mekanisme lain oksidasi asam lemak. asam asetoasetat bebas direduksi oleh NADH yang terikat [ada enzim β-hidroksibutirat dehidrogenase. maka Asam palmitat + 23 O2 130 ATP 16 CO2 + 16 H2O Δ Gº‟ = -2340 kkal/mol 130 (ADP + Pi) Δ Gº‟ = 130 x (-7.3 kkal/mol. Oksidasi lemak dengan atom karbon ganji dan asam lemak bercabang. kemudian kedua asam 10 + Kofaktor + O2 . Yaitu dengan mekanisasi oksidasi-β. dipakai untuk membentuk kembali ikatan fosfat berenergi tinggi. Beberapa lipida kompleks pada jaringan hewan. Dengan demikian. Pemecahan rantai melaui asetil koenzim-A.7 O2 42 H2O Dalam proses metabollisme karbohidrat. Asam lemak terbentuk dari hidroksilasi asam lemak jenuh dengan enzim monooksigenase: RCH2CH2COOH (Bentuk tereduksi) RCH2CHOHCOOH + H 2O + Kofaktor (Bentuk teroksidasi) Didalam mitokondria sel hati.

dikategorikan level kolesterol tinggi.189 mg/dl.159 mg/dl. 4. 3. dikategorikan level kolesterol HDL rendah Lebih besar atau sama dengan 60 mg/dl. Kolesterol-HDL   Kurang dari 40 mg/dl. LO II. pemanjangan asam palmitat tergantung pada komposisi penunjang reaksi sel.129 mg/dl. Antara 200 . Biosintesis asam lemak. pertama pembentukan malonil koenzim-A dari asetil koenzim-A. Sebagai komponen dalam proses pengangkutan melalui membran. Memahami dan menjelaskan jenis-jenis kadar lipid Nilai normal LDL: 60 to 130 mg/dL HDL: greater than 40 mg/dL Total cholesterol: less than 200 mg/dL Triglycerides: 10 to 150 mg/dL VLDL: 2 to 38 mg/dL Note: mg/dL = milligrams per deciliter –    Kurang dari 200 mg/dl. Biosintesi asam lemak berlang sung di dalam sitoplasma. dikategorikan garis batas level kolesterol tinggi Lebih besar atau sama dengan 240 mg/dl. Lapisan pelindung pada beberapa jasad.III. Kedua. 11 . Kolesterol-LDL      Kurang dari 100 mg/dl. dikategorikan level Kolesterol LDL mendekati optimal Antara 130 . diketegorikan level kolesterol tinggi. Tahap biosintesis asam lemak. C. 5.ersebut keluar (beridfusi). CO2 sebagai faktor pembantu untuk perpanjangan rantai asam lemak. B. Komponen struktur membran. pemanjangan rantai asam lemak sampai terbentuk asam palmitat secara kontinu dengan menambah koenzim-A dan melepas CO2. dikategorikan level kolesterol sangat tinggi. seperti dalam proses kekebalan jaringan. Bentuk energi cadangan. LO II. dikategorikan level kolesterol yang diinginkan. Komponen permukaan sel yang berperan dalam proses interaksi antara sel dengan senyawa kimia di luar sel. dan biosintesis membutuhkan asam sitrat sebagai kofaktor. Memahami dan menjelaskan fungsi lipid Beberapa peranan biologi yang penting dari lipid adalah sebagai: 1. adalah suatu proses metabolism penting didalam jasad hidup.II. dikategorikan level kolesterol-LDL tinggi Lebih besar atau sama dengan 190 mg/dl. dikategorikan level Kolesterol-LDL optimal Antara 100 . Ketiga.239 mg/dl. dikategorikan garis batas level kolesterol-LDL tinggi Antara 160 . 2.

Penyakit ini meningkat pada seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. dikategorikan level trigliserida tinggi Lebih besar atau sama dengan 500 mg/dl.499 mg/dl.199 mg/dl. LO II. Memahami dan menjelaskan pencegahan dan penanganan abnormalitas lipid Pencegahan    Berolah raga yang teratur Tidak merokok Menjaga berat badan ideal agar tidak terjadi obesitas (kegemukan ) 12 . Hiperlipidemia adalah tingginya kadar lemak. dikategorikan level trigliserida normal Antara 150 . Peningkatan kolesterol juga dapat menyebabkan aterosklerosis. Kadar trigliserida yang sangat tinggi sampai 800 mg/dl atau lebih bisa menyebabkan pembesaran hati dan limpa. Faktor lain yang menyebabkan tingginya kadar lemak :  Riwayat keluarga dengan hiperlipidemia  Diet kaya lemak  Kurang melakukan olahraga  Mengkonsumsi alcohol  Merokok  Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik LO II. peningkatan kadar kolesterol total. penurunan kadar kolesterol HDL merupakan awal terjadinya plak aterosklerosis. kolesterol LDL. sehingga untuk menutup luka itu.IV. dikategorikan level trigliserida garis batas level trigliserida tinggi Antara 200 . Peningkatan kadar fibrinogen merupakan salah satu faktor resiko stroke dan penyakit jantung koroner. Memahami dan menjelaskan kelainan lipid abnormal Lemak adalah zat yang kaya energi yang berfungsi sebagai sumber energi utama untuk proses metabolisme tubuh. diketegorikan level trigliserida sangat tinggi. LDL merupakan kolesterol jahat karena dapat menyusup ke dinding pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya plak. Untuk nilai kolesterol untuk dewasa melebihi 240 mg/dl maka akan terkena resiko tinggi penyakit jantung koroner.D. fibrinogen harus diubah menjadi benang-benang fibrin. yang ditandai dengan. begitupun dengan nilai HDL jika perempuan dan laki-laki kurang dari 35 mg/dl maka akan terkena resiko tinggi penyakit jantung koroner. Dislipidemia yaitu kadar lemak yang abnormal. trigliserida.V. Kadar lemak yang abnormal dalam sirkulasi darah biasanya menyebabkan resiko terjadinya aterosklerosis dan penyakit arteri koroner atau penyakit arteri karotis. Guguran plak aterosklerosis meninggalkan luka pada dinding pembuluh darah. Adanya kadar kolesterol yang berlebih dalam pembuluh darah akan membuat endapan/lempengan yang akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah. Trigliserida     Kurang dari 150 mg/dl.

2010) adalah: 1. maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Para ahli sepakat kalau otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat. Meningkatkan Gelombang alfa otak 5. dopamine. Fluvastin (lescol) 3. Pitavastin (Livalo) 5. dan mengurangi peradangan. Memahami dan menjelaskan pola hidup sehat LO III. 3. Telah terbukti bahwa penyalur saraf otak seperti norepinephrine (NE) dan serotonin (5 – HT) terlibat dalam depresi dan schizophrenia. Meningkatkan kekuatan otak Tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak. bersepeda. obat-obat tersebut meningkatkan integritas arteri. Mempengaruhi hormon Endogenous opioids 4. Penanganan Melakukan pemeriksaan Pengobatan Melalui Obat . Mengurangi stress Alasannya. Memahami dan menjelaskan fungsi olahraga dalam kesehatan Menurut Landers ada beberapa manfaat olahraga yang dapat menyehatkan mental kita: 1. Rosuvastatin Selain menurunkan LDL dan trigliserida. renang. Aktifitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah aerobik macam berjalan kaki. Melawan Penuaan. jika jantung kita bekerja pada saat berolahraga. Pravastin 6. Lovastin (Mevacor) 4. dan serotonin di dalam otak. 6. dan meningkatkan HDL. dengan demikian mengurangi depresi. aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular. Atorvastatin (Lipitor) 2. jogging dan yoga. Hasil penelitian dalam hal ini dapat menyampaikan bahwa olahraga dapat menaikkan tingkat norepinephrine. 13 . sehingga dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Selain dapat mengalihkan pikiran. 2. LI III. I. Penyalur Saraf Otak Olahraga akan dapat memperlancarkan kegiatan penyalur saraf (brain neurotransmitter) di dalam otak. standar perawatan (American Diabetes Association.

Disarankan untuk melakukan jenis olah raga ringan yang tidak menyebabkan tegangan tinggi pada kerangka tubuh. latihan kardio. tenis. berselancar. Endomorf Endomorf adalah tipe tubuh dengan bentuk gemuk. Ektomorf Bentuk tubuh tinggi. Mesomorf Bentuk tubuh mesomorf ialah bertulang besar. Contoh olah raga yang bisa dilakukan ialah bersepeda. atau berjalan-jalan di mal. berkebun. namun tidak berlebihan. Tipe tubuh endormorf juga memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi. atletik. Pada dasarnya. Orang dengan tipe tubuh mesomorf biasanya memiliki bentuk seperti jam pasir dan memiliki otot tubuh besar. Setiap orang. Tipe tubuh mesomorf biasanya digambarkan sebagai bentuk tubuh yang atletis dan memiliki bentuk yang indah. berbahu lebar. dengan paha dan pinggul yang lebih besar. 14 . mesomorf. pilates dan yoga. serta sulit mengembangkan otot-otot kuat merupakan ciri-ciri tubuh ektomorf.II. dan aerobik. hendaknya jangan menahan napas. Orang yang memiliki tipe tubuh endormorf biasanya mudah gemuk dan metabolisme tubuhnya cenderung lebih lambat dibandingkan tipe tubuh yang lainnya sehingga agak susah menurunkan berat badan. dan ketangkasan. berenang. mencuci mobil. Aktivitas fisik sehari-hari yang juga bisa membakar lemak tubuh adalah melakukan pekerjaan rumah sehari-hari. mempunyai tipe dan bentuk tubuh yang berbeda. dan perut. bukan berarti orang dengan tipe tubuh ini tidak bisa memiliki bentuk tubuh yang bagus. dan ektomorf. aktivitas fisik yang durasinya agak lama. Pria atau wanita dengan tipe tubuh endormorf biasanya memiliki bentuk wajah bulat.. besar di bagian paha. leher ramping dan panjang. Tubuh yang termasuk tipe endormorf memiliki tangan dan kaki yang cenderung lebih pendek dan terkesan gemuk. Disarankan untuk memilih jenis olah raga yang memerlukan keseimbangan.LO III. Namun. dengan pinggang. kekuatan. Hampir sebagian besar orang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki bentuk tubuh yang terlihat seperti penggaris. olah raga sesuai bentuk tubuh bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih program dan jenis olah raga yang terbaik. . baik lakilaki maupun perempuan. latihan kardio 30 sampai 40 menit dalam tiga–lima kali seminggu untuk menghilangkan lemak tubuh. Memahami dan menjelaskan jenis olahraga dalam kesehatan Selain memilih olah raga sesuai usia. Olah raga yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan dan memperindah bentuk tubuh. ada tiga tipe tubuh. silat atau karate. namun tubuhnya mudah dibentuk menjadi otot. pinggang. berotot. pergelangan kaki dan tangan kecil. Tipe endomorf cenderung memiliki tulang yang lebih besar daripada tipe-tipe tubuh lainnya. Tipe ektomorf memiliki tampilan yang lebih kurus dan bentuk yang lurus. Selama berolah raga. yakni endomorf. dan berpinggang sempit. berjalan. serta tidak berotot. Tipe tubuh endormorf biasanya memiliki bentuk seperti buah pir. lari jarak pendek (bukan maraton). Contoh olah raga yang dapat dilakukan adalah berjalan.

atau makanan bergizi. Suci. melepaskan. Juga dapat 15 . IV. membubarkan dan membolehkan. Memahami dan menjelaskan definisi halal dan thoyyibah Halal adalah satu kata nama bahasa Arab di mana kata kerjanya ialah halla. tidak bertaring. LI IV. yahillu. tenis. bukan najis atau terkena najis 2. tidak buas Selain halal ada kriteria yang kedua yaitu thayyibah yang berarti makan harus baik. memecahkan. pertamanya segala sesuatu yang menyebabkan seseorang itu tidak dihukum jika menggunakannya dan keduanya sesuatu yang boleh dikerjakan menurut syarak. dan ski. tidak hidup di dua alam. basket. lompat tali. Memahami dan menjelaskan syarat halal dan thoyyibah 1). menentramkan atau berkah. Selanjutnya makanan yang tidak halal bisa mengganggu kesehatan rohani. bersih. atau bercampur benda najis. Sedangkan makanan yang baik adalah yang bermanfaat bagi tubuh. baik langsung ataupun tidak langsung 3. Agama Islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk memakan makanan yang halal dan baik. Jenis olah raga lain yang cocok dilakukan adalah jogging. Syarat makanan yang halal : 1. Makanan yang enak dan lezat belum tentu baik untuk tubuh. Dalam konteks makanan kata thayyib berarti makanan yang tidak kotor dari segi zatnya atau rusak (kadaluarsa). Tidak berbisa. Memahami dan menjelaskan halal dan thoyyibah menurut Islam LO. Thoyyibah adalah baik. IV.I. dan boleh jadi makanan tersebut berbahaya bagi kesehatan. dan pundak yang kecil. Batasi juga aktivitas fisik yang banyak membakar lemak tubuh bila ingin menambah atau meningkatkan berat badan. Apabila ia digunakan di dalam bidang perundangan Islami ia membawa maksud. Tidak memabukan 4. Daging yang tumbuh dari makanan haram. tidak bermudharat. akan dibakar di hari kiamat dengan api neraka. sehat. dimana maksud dari pengertian ini adalah makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi karena bergizi dan bervitamin sehingga bermanfaat bagi tubuh. II. Makanan “halal” maksudnya makanan yang diperoleh dari usaha yang diridhai Allah.pinggul. olah raga dengan raket. Aman. hillan yang membawa arti membebaskan. Makanan Yang Dihalalkan Allah SWT Segala jenis makanan apa saja yang ada di dunia halal untuk dimakan kecuali ada larangan dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW untuk dimakan. LO. bentuk tubuh ini cocok melakukan jenis olah raga yang bertujuan menambah otot tubuh seperti squat. Untuk memiliki bentuk tubuh yang indah.

dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu. 3). Lalu dengan air itu. tukang. kambing. Dan Dia-lah. Menggunakan pisau yang tajam 2. Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur. ikan. Makanan yang halal dari usaha yang diperolehnya. walimah. 2. zakat. di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan. benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Halal makanan dari mengemis yang diberikan secara ikhlas. sayur-sayuran dan lain-lain. wasiat. dll. Menghabiskan semua darahnya melalui bagian yang disembelih 3. ayam. 3. warisan. 4). Allah yang menundukkan lautan (untukmu). ü Berupa nabati (tumbuhan) seperti padi.diartikan sebagai makanan yang mengundang selera bagi yang akan mengkonsumsinya dan tidak membahayakan fisik serta akalnya. namun pekerjaan itu halal . Halal makanan dari hasil sedekah. tasyakuran. seperti kelinci. 2). Menyebut nama Allah atasnya Makanan halal dari segi jenis ada tiga : ü Berupa hewan yang ada di darat maupun di laut. Sebagaimana dalam alquran tercantum mengatur tentang makanan: 1. QS 16 : 14. Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak. Halal makanan dari rampasan perang yaitu makanan yang didapat dalam peperangan (ghoniyah). Penyembelihan sesuai syari‟at Islam : 1. dan sebagian daripadanya kamu makan. QS 23 : 21. Minuman Yang Dihalalkan 16 . dll. Juga juga diartikan sebagai makanan yang sehat. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya. petani. pegawai. yaitu : 1). ü Berupa hasil bumi yang lain seperti garam semua. hadiah. QS 23 : 19. agar kamu dapat memakan daripadanya daging (ikan) yang segar. buah-buahan. Halal makanan dari hasil bekerja yang diperoleh dari usaha yang lain seperti bekerja sebagai buruh. burung. 2). sopir. sapi. proporsional dan aman bagi kesehatan. tetapi dibenci Allah seperti pengamen. infak.

makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi. Halal minuman yang dihasilkan oleh tumbuhan seperti juice wortel. dll. V. Al-Maidah ayat 88 Artinya: Dan Makanlah yang telah diberikan Allah Kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-nya 3. 2. juice jeruk. juice anggur. juice avokad. juice tomat. dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Minuman halal menurut jenisnya ada tiga. Abasa ayat 24 Artinya: Maka Hendaklah Manusia itu memperhatikan makanannya 17 . madu. dll. Al-Baqarah ayat 168 Artinya: Hai manusia. minyak sawit. LO. III. 2). Memahami dan menjelaskan dalil naqli tentang makanan dan minuman halal 1. karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.Segala jenis minuman apa saja yang ada di dunia ini halal untuk diminum kecuali ada larangan yang mengharamkan dari Allah dan Nabi Muhammad SAW. yaitu : 1). Halal minuman yang dihasilkan oleh hewani seperti susu sapi.

Al-Maidah ayat 3 Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. daging babi. An Nahl :114-115) 18 . dan barang yang diharamkan oleh Allah dalam kitab-Nya adalah haram.4. Ibnu Majah dan Tirmidzi) Fiqih sunnah oleh Sulaiman Ar Rasyid).“Maka makanlah rezeki yang halal lagi suci yang telah diberikan Allah pada kamu. 6).“Dia telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu. sebagai kemudahan bagi kamu. mak barang itu termasuk yang diafkan-Nya. darah. dan binatang yang disembelih tidak kerana Allah maka sesiapa terpaksa sedang ia tidak dianiaya dan tidak melampaui batas. Tabrani) 9).“Sesungguhnya Sa‟ad Ibnu Ubayyin mohon pada Rosulullah SAW agar didoakan kepada Allah supaya doanya diterima (mustajab). (daging hewan) yang disembelih.Al Maidah :90) 8). maka juhilah agar kamu mendapat an(QS.“… Barang yang di halalkan oleh Allah dalam kitab-Nya adalah halal. maka beliau bersabda kepadanya : “Perbaiki makanan. itu adalah kefasikan 5).An Nahl : 10) 7). qurban untuk berhala. (QS. sesungguhnya Allah Maha Pengampun.”(QS. Dan sesuatu yang tidak dilarang-Nya. jatuh. daging babi. dan yang diterkam binatang buas kecuali yang sempat kamu sembelih dan (diharamkan juga bagimu) yang disembelih untuk berhala. darah. undian dengan panah adalah dosa dan termasuk perbuatan syaitan. berjudi. jika benar kamu menyembah-NYA Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan kepada kamu memakan bangkai.”(HR. niscaya diterima doa-doamu “(HR. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. ditanduk.“Wahai orang beriman sesungguhnya arak (khimar). lagi Maha Mengasihani”. sebagian menjadi minuman dan sebagainnya (menyuburkannya) tumbuhan-tumbuhan yang ada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.

Diakses dari: http://puskesmasmojoagung.htm. Diakses dari: http://koranjakarta. 26 Desember 2012 09:23 pm Liung. Penyakit Metabolik dan Kecenderungan Penyakit Kardiovaskuler.html.ac. Diakses dari: http://blog.com/2012/02/general-medical-check-up-dan-profil.php?option=com_content&view=article&id=98:manfaat-generalcheck-up&catid=4:kesehatan&Itemid=6. Diakses dari: http://staff. General Medical Check Up dan Profil Lipid Darah. Diakses dari: http://eljohnsunclinic. Makalah Makanan Halal Haram. 26 Desember 2012 09:45 pm Galuh.com/2009/11/18/penyakit-metabolik-dankecenderungan-penyakit-kardiovaskuler/.wordpress.blogspot. 26 Desember 2012 09:35 pm American Association for Clinical Chemistry (2012).15 pm Iwan (2011).blogspot.com/kategori/topik-kesehatan/pentingnya-medical-checkup-untukkesehatan-kita-oleh-drsak-liung. Metabolisme Lipida. Anindya (2012). 29 Desember 2012 11:27 am Suarsana.html.com/index. M (2011).org/index.html.ac. Diakses dari: http://darmasadtri. 29 Desember 11:31 am 19 . 26 Desember 2012 10. Noor Setya (2011).id/~suarsana/wp-content/uploads/2010/03/MK-MetabolismeLIPID-2.com/2011/11/4-jenis-olahraga-untuk-jantung-sehat. Diakses dari: http://anidya-galuh.pdf. I Nyoman (2010). Diakses dari: http://eprints. 26 Desember 2012 10:50 pm Rahayu. 4 Jenis Olahraga untuk Jantung Sehat. Manfaat General Check Up.rightdiagnosis. H (2009). 26 Desember 2012 10:25 pm Nugroho.ac.umy. Pentingnya Medical Check up untuk Kesehatan Kita.unud.php/detail/view01/89793. Bab II Tinjauan Pustaka. Sak (2012). 26 Desember 2012 10:05 pm Miftah.DAFTAR PUSTAKA Antariksa (2012).undip.id/33717/3/Bab_2.com/sym/cholesterol_and_lipids.pdf. Diakses dari: httphttp://www. 26 Desember 2012 10:40 pm Koran Jakarta (2012).id/noorsetya/2011/12/02/makalah-makanan-halal-haram/. Cholesterol and Lipid. Diakses dari: http://kesehatanjantungkita. Memilih Jenis Olahraga Sesuai Tipe Tubuh.