You are on page 1of 6

TINJAUAN ATAS TINGKAT KEYAKINAN DAN JASA-JASA LAIN Tingkat Keyakinan Secara umum akuntan publik dapat

memberikan empat tingkat keyakinan (level of assurance) yang berbeda berkaitan dengan penugasan. Dalam beberapa kasus, akuntan publik mungkin mampu memberikan keempat tingkat keyakinan yang berkaitan denga jenis penugasan tertentu. Dalam kasus lain, standar profesional membatasi jenis keyakinan yang dapat diberikan untuk jenis penugasan tertentu guna mencegah salah pengertian dari jasa yang diberikan.

Keempat tingkat keyakinan dasar itu dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Tingkat keyakianan audit atau pemeriksaan, dimana tujuan dari penugasan adalah pernyataan positif dari suatu pendapat yang diberikan oleh akuntan publik mengenai asersi manajemen yang diatur dalam standar profesional.

2. Tingkat keyakinan review, dimana tujuan dari penugasan bagi akuntan publik adalah menyatakan keyakinan negatif (negative assurance) bahwa tidak ada yang menarik perhatiannya yang menyebabkan akuntan publik berpendapat bahwa asersi oleh manajemen yang diatur dalam standar profesional akan menyesatkan.

3. Prosedur yang disepakati bersama, dimana tujuan dari penugasan bagi akuntan publik adalah memberikan ikhtisar temuan-temuan berdasarkan prosedur yang disepakati bersama yang berlaku atas suatu asersi oleh manajemen yang diatur dalam standar profesional. Tingkat keyakinan dapat bervariasi tergantung padaa prosedur yang berlaku atas asersi itu.

4. Tidak ada keyakinan, dimana tujuan dari penugasan adalah membantu manajemen dalam penyiapan informasi yang termasuk dalam suatu asersi yang diatur oleh standar profesional. Akuntan publik akan menyampaikan secara eksplisit bahwa tidak ada keyakinan yang diberikan dalam laporannya yang berkaitan dengan asersi manajemen.

AU 623. akun. . data keuangan historis selain dari laporan keuangan yang disiapkan sesuai dengan GAAP. menunjukan bahwa istilah laporan khusus berlaku pada laporan auditor atas     Laporan keuangan yang disiapkan sesuai dengan dasar akuntansi komprehensif selain dari prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. atau pos-pos spesifik dari laporan keuangan. Unsur. SSAE menerapkan kerangka kerja yang luas untuk berbagai jasa atestasi yang semakin diminta dari profesi akuntansi. Statements on Auditing Standards (SAS).Jenis-jenis Penugasan Standar profesional dasar yang diterbitkan oleh Accounting Standards Board yang berkaitan dengan jasa ini adalah sebagai berikut: a. Penyajian keuangan agar sesuai dengan perjanjian kontraktual atau ketentuan peraturan. Statements on Standards for Accounting and Review Services (SSARS). c. Standar ini dan komentar interpretasi yang bertalian dirancang untuk memberikan pedoman profesional yang akan mempertinggi baik konsistensi maupun mutu pelaksanaan jasa-jasa tersebut. SSARS mendefinisikan jasa yang berkaitan dengan review atau kompilasi laporan keuangan dari entitas nonpublik dan memberikan pedoman bagi akuntan berkenaan dengan standar serta prosedur yang berlaku untuk kedua penugasan ini. Ketaatan pada aspek-aspek perjanjian kontraktual atau persyaratan peraturan yang berkaitan dengan laporan keuangan yang telah diaudit. SAS adalah interpretasi dari standar audit yang berlaku umum dan pada umumnya berkaitan dengan asersi manajemen tentang unsur-unsur yang termasuk dalam laporan keuangan. Jasa ini hanya tersedia bagi entitas nonpublik. special reports (SAS 62 & 77). PENUGASAN SAS LAIN Laporan Khusus (special reports) adalah laporan yang dihasilkan dari audit atas. b. Statements on Standards for Attestation Engagements (SSAE). atau penerapan prosedur yang disepakati bersama atas.

Suatu laporan khusus dapat dikeluarkan atas data-data ini sebagai hasil dari audit atau penerapan prosedur yang disepakati bersama. 4.03). 2. ATAU POS-POS SPESIFIK DARI LAPORAN KEUANGAN Data ini dapat mencakup sewa. Assosiation with Financial Statements (AU 504. Dasar penerimaan dan pengeluaran kas dari akuntansi dan modifikasi dasar-kas yang mempunyai dukungan substansial. Suatu dasar yang menggunakan seperangkat kriteria tertentu yang mempunyai dukungan substansial seperti dasar akuntansi tingkat harga. menyatakan bahwa seorang akuntan publik akan bersangkutan dengan laporan keuangan apabila dia: . LAPORAN KEUANGAN YANG BELUM DIAUDIT DARI SEBUAH ENTITAS PUBLIK Seorang akuntan publik dapat bersangkutan dengan laporan keuangn perusahaan publik sekalipun ia tidak mengaudit. AKUN. UNSUR. DASAR KOMPREHENSIF LAIN DARI AKUNTANSI Empat dasar akuntansi komprehensif selain dari GAAP diakui dalam AU 623. Suatu dasar yang digunakan untuk mengarsip SPT pajak penghasilan entitas. SAS 26. rencana bagi-laba. Informasi keuangan yang disajikan dalam bentuk batau skedul yang ditetapkan yang memerlukan bentuk laporan auditor yang ditetapkan. 3. Keyakinan auditor atas ketaatan dapat diberikan dalam laporan terpisah atau dalam satu atau lebih paragraf penjelasan sesudahparagraf pendapat dari suatu laporan atas laporan keuangan yang telah diaudit. atau ketentuan untuk pajak penghasilan. LAPORAN KETAATAN YANG BERKAITAN DENGAN LAPORAN KEUANGAN YANG TELAH DIAUDIT Perusahaan mungkin diwajibkan oleh perjanjian kontraktual ata lembaga pemerintah untuk menyerahkan laporan ketaatan yang dibuat oleh auditor independen. royalti.04: 1. Suatu dasar yang digunakan untuk memenuhi persyaratan atau ketentuan pelaporan keuangan dari lembaga pengatur pemerintah.

MENERIMA DAN MELAKSANAKAN PENUGASAN ATESTASI Standar Atestasi Secara khusus. Rancangan dan efektivitas operasi dari segmen pengendalian internal entitas. atau. Menyatakan pada laporan keuangan klien atau pihak lain bahwa ia telah menyiapkan atau membantu penyiapan sekalipun namanya tidak dicantumkan dalam laporan itu. Jika akuntan bersangkutan dengan laporan keuangan yang belum diaudit dari entitas publik. Pelaporan atas pengendalian intern entitas 3. dokumen.  Telah setuju atas penggunaan namanya dalam suatu laporan. standar atestasi: a. . Disamping itu. c. Perkiraan dan proyeksi keuangan 2. maka dia diwajibkan untuk menyatakan dalam laporannya bahwa suatu audit belum dilakukan dan menyertakan penolakan memberikan pendapat. Memperluas fungsi atestasi di luar laporan keuangan historis b. atau komunikasi tertulis yang berisi laporan itu. PENUGASAN YANG DILAKSANAKAN MENURUT STANDAR ATESTASI Empat jenis penugasan: 1. setiap halaman dari laporan keuangan itu juga harus ditandai “belum diaudit”. Atestasi ketaatan 4. Pembahasan dan analisis manajemen PELAPORAN ATAS PENGENDALIAN INTERNAL Pedoman mengenai menugasan untuk memeriksa dan melaporkan asersi manajemen tentang setiap aspek berikut dari pengendalian internal atas laporan keuangan entitas:   Rancangan dan efektivitas operasi dari pengendalian internal entitas. Memberikan jasa atestasi yang dikhususkan untuk kebutuhan pemakai tertentu berdasarkan “prosedur yang disepakati bersama” dan “penggunaan-terbatas” laporan. Memungkinkan akuntan publik memberikan keyakinan atas asersi di bawah tingkat “pernyataan positif” yang berkaitan dengan audit laporan keuangan tradisional.

kontrak. . Suatu perubahan merupakan langkah naik (step up) bila hal itu menghasilkan tingkat keyakinan yang lebih tinggi daripada yang semula disepakati. Kompilasi laporan keuangan Tujuan dari penugasan kompilasi adalah menyajikan dalam bentuk informasi laporan keuangan yang merupakan representasi manajemen. pada saat memberikan jasa profesional. peraturan. seorang akuntan publik dapat diminta untuk mengubah satu jenis jasake yang lain.  Kecocokan rancangan dari pengendalian internal entitas. atau hibah. yang memberikan akuntan dasar yang memadai guna menyatakan keyakinan yang terbatas bahwa tidak ada modifikasi material yang harus dibuat pada laporan agar sesuai dengan GAAP. Rancangan dan efektivitas operasi dan pengendalian internal entitas berdasarkan kriteria yangg ditetapkan oleh lembaga pemerintah. ATESTASI KETAATAN Bidang lain dimana akuntan publik semakin diperlukan oleh lembaga pemerintah dan pihak lain untuk melaksanakan jasa tambahan adalah ketaatan suatu entitas terhadap persyaratan tertentu seperti hukum. PERTIMBANGAN LAIN Perubahan penugasan. tanpa harus menyatakan suatu keyakinan atas laporan itu. aturan. JASA AKUNTANSI DAN REVIEW Review atas laporan keuangan Tujuan dari penugasan review atas laporan keuangan perusahaan nonpublik adalah melaksanakan tanya-jawab dan prosedur analitis. Persyaratan ini dapat bersifat keuangan atau nonkeuangan.

perubahan penugasan merupakan langkah turun (step-down) bila tingkat keyakinan yang lebih rendah diminta oleh klian. . Sebaliknya. kemungkinan besar penugasan yang direvisi tampak dapat diselesaikan sesuai dengan standar profesional. 2. Perubahan ini dapat diterima oleh akuntan publik jika terdapat salah pengertian mengenai penugasan semula atau situasi klien telah berubah. terdapat bukti yang mencukupi untuk mendukung tingkat keyakinan yang lebih tinggi dan.Akuntan publik dapat menyetujui jenis perubahan ini bila: 1.