You are on page 1of 10

APLIKASI KAMUS ISTILAH KEDOKTERAN BERBASIS ANDROID 4.0.

3

Satrio Wisnu Wardono Sistem Informasi

Pembahasan Latar Belakang Batasan Masalah Tujuan Penulisan Metode Penulisan Struktur Navigasi Rancangan Tampilan Tampilan Kesimpulan & Saran .

Dalam penulisan ini penulis mencoba untuk membuat suatu yaitu Aplikasi Kamus Istilah Kedokteran Berbasis Android 4.3 yang kiranya dapat membantu para penggunanya dalam menterjmahkan arti istilah dalam bidang ilmu kedokteran.0. Maka penulis tergerak untuk membuat suatu aplikasi yang mampu memberikan kemudahan dan efisiensi kepada pengguna hendset terutama Android dalam melakukan pencarian arti dari suatu istilah.Latar Belakang Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini sehingga bermunculan pula istilah-istilah baru yang dibawa seiring perkembangannya. .

Batasan Masalah Penulis membahas mengenai pembuatan aplikasi menggunakan perangkat lunak : o o o o JDK (Java Development Kit) Eclipse Helios Android SDK Manager SQLite .

Tujuan Penulisan Memberikan kemudahan dalam menterjemahkan Efisiensi waktu Membuat sesuatu yang lebih praktis .

Metode Penulisan Penulisan ini dibuat berdasarkan referensi dari buku-buku yang menunjang dalam pembuatan aplikasi. seperti mencari informasi tentang kamus kedokeran yang digunakan serta buku pemrograman java yang digunakan untuk membuat program. .

Struktur Navigasi .

3. 2.Rancangan Tampilan Tampilan Form Home (Menu Utama) Keterangan Gambar 1. ImageView1 : Gambar aplikasi . Button 1 : : Tombol menuju form pencarian arti. Button2 : Tombol menuju form about aplikasi.

Tampilan Tampilan Form Menu Utama (Home) Icon Application Name Button1 Button2 ImageView1 .

Kesimpulan & Saran Kesimpulan Aplikasi ini adalah aplikasi untuk pencarian arti dari istilah yang terdapat pada ilmu kedokteran. alangkah lebih baik bila penggunanya mencari jenis bacaan yang berhubungan. Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi offline yang tidak perlu menggunakan jaringan internet dalam melakukan pencarian arti dari istilah yang dicari. . Saran Karena aplikasi ini hanya ditujukan untuk melakukan pencarian arti istilah kedokteran.