TABLE PENGAMATAN PRAKTIKUM DASAR-DASAR INSTRUMENTASI DAN PERALATAN PERTANIAN NO 1 .

GAMBAR KETERANGAN
a. Nama Alat : desikator b. Bahan : kaca c.

Fungsi : Untuk menyimpan bahan-bahan

yang harus bebas air dan mengeringkan zat-zat dalam laboratorium. d. e. Keterangan Gambar : Cara penggunaan dan cara

membersihkan : Cara menggunakan desikator/eksikator:
• •

Cara membuka tutup desikator adalah dengan menggesernya ke samping. Letakkan sampel yang baru keluar dari oven atau yang akan di keringkan dan didinginkan Lalu tutup kembali dengan cara yang sama dengan cara membukanya tadi yaitu di geser kesamping. Perhatikan Silika gel yang berfungsi sebagai penyerap uang air. Silika gel yang masih bisa menyerap uap air berwarna biru; jika silika gel sudah berubah menjadi merah muda maka perlu dipanaskan dalam oven bersuhu 105 oC sampai warnanya kembali biru.

Cara Membersihkan: bersihkan dengan menggunakan sikat berbulu Sumber gambar : http://wanibesak.wordpress.co m/2010/10/10/beberapa-alatdalam-laboratorium/ f. Macam/tipe : Dikenal dua jenis desikator yaitu desikator biasa dan desikator vakum. Sumber : http://wanibesak.wordpress.com/2010/10/10/b eberapa-alat-dalam-laboratorium/

Bahan : plastik atau kaca c. yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. khamir. Cara penggunaan dan cara membersihkan : f. Macam/tipe : . spora. Keterangan Gambar : Cawan Petri selalu berpasangan. untuk mengkultur bakteri. atau biji-bijian d. e.2 . a. Fungsi : untuk membiakkan sel. Nama Alat : Cawan petri b.