You are on page 1of 18

GAMBARAN POPULASI REPUBLIK RAKYAT CHINA DAN INDONESIA

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Dinamika Kependudukan

Disusun Oleh :

Dwi Prasetyo Utomo Qorinatus Zahroh

102110101103 102110101170

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS JEMBER 2013
i

................................................................... Tujuan ................................................................................................................................................................. GAMBARAN POPULASI RRC DAN INDONESIA ......... DAFTAR ISI ............................ Rumusan Masalah ........................................ i ii 1 1 2 2 3 3 9 14 15 ii ........................................................................................................................................................................ Gambaran Populasi dan Pengendalian Penduduk di Indonesia ...................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ............. PENDAHULUAN .................................................................... Latar Belakang ............................................................................... Gambaran Populasi dan Pengendalian Penduduk di RRC ......................................................................................... KESIMPULAN ........................................... DAFTAR PUSTAKA ............

iii .

Usaha-usaha tersebut tentunya membuahkan hasil namun tetap menghasilkan dampak jangka panjang. dampak jangka panjang dari kebijakan ini adalah ancaman penuaan populasi yang akan dihadapi pemerintah China. kematian ‟mortalitas‟. Di negara Republik Rakyat China dan Indonesia. Selain itu. Perubahan keadaan penduduk tersebut dinamakan dinamika penduduk. sedangkan Indonesia melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Indonesia (BKKBN) meluncurkan program “2 anak lebih baik”. Dinamika penduduk ini merupakan keseimbangan yang dinamis antara menambah atau mengurangi jumlah penduduk secara terus menerus yang akan di pengaruhi faktor dinamika penduduk. Banyak ahli mengatakan kebijakan satu anak China telah melanggar HAM dan hak reproduksi wanita. Dinamika perubahan penduduk fertilitas cenderung kepada pertumbuhan.3 miliar) dan Indonesia (0. disusul India (1. China masih berada pada posisi puncak sebagai negara berpenduduk terbanyak didunia (1. dan perpindahan penduduk „migrasi‟ yang mempengaruhi komposisi perubahan penduduknya mengalami perubahan-perubahan sepanjang masa.2 miliar) (Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia.2 miliar jiwa). 2011). Berdasarkan hasil sensus dunia. Pertumbuhan penduduk ialah perkembangan jumlah penduduk suatu daerah atau negara akan tetapi secara bersamaan pula akan di kurangi oleh jumah kematian yang terjadi pada golongan umur tertentu dan migrasi „imigran‟ (pendatang) akan menambah „emigran‟(pindah) akan mengurangi jumlah penduduk. USA (0. Hal ini menyebabkan baik China maupun Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. populasi penduduk dunia telah mencapai 7 miliar jiwa pada tahun 2011.1 PENDAHULUAN Latar Belakang Jumlah penduduk pada suatu Negara atau wilayah selalu mengalami perubahan atau dinamika penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran „fertilitas‟.3 miliar). Pemerintah China dan Indonesia telah melakukan berbagai usaha sebagai upaya mengendalikan kepadatan dan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. China dikenal dunia dengan kebijakan “Satu Anak” dalam mengurangi pertumbuhan penduduk yang tinggi. laju pertumbuhan penduduk pada tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. .

Hal ini yang oleh beberapa peneliti dikatakan Indonesia akan memperoleh peluang bonus demografi pada tahun 2020-2030 (Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. 2011). Selain itu. Mengetahui gambaran populasi yang terdapat di Republik Rakyat China dan Indonesia 2. Berdasarkan penjelasan di atas.2 dimana jumlah penduduk dengan lansia lebih besar daripada jumlah penduduk usia produktif. Mengetahui dampak kepadatan penduduk terhadap kelangsungan hidup bangsa Republik Rakyat China dan Indonesia 4. Indonesia mempunyai dampak jangka panjang yang positif. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. dimana jumlah penduduk usia muda dan usia produktif yang lebih besar dari pada jumlah penduduk lansia. Mengetahui solusi dan usaha yang pernah dilakukan serta akibat yang ditimbulkannya baik oleh Republik Rakyat China maupun Indonesia dalam upaya mengendalikan pertumbuhan dan kepadatan penduduk . Mengetahui penyebab kepadatan penduduk yang terjadi di Republik Rakyat China dan Indonesia 3. Sebaliknya. Namun. rumusan masalah yang menjadi fokus penulis adalah Bagaimana Gambaran Populasi dan Pengendalian Penduduk di Republik Rakyat China dan Indonesia? Tujuan Adapun tujuan dari penulisan karya tulis kami adalah sebagai berikut: 1. bonus demografi ini memerlukan pengelolaan yang baik dalam mempersiapkan generasi unggul yang siap bersaing dengan dunia. kebijakan kependudukan yang dikeluarkan harus tetap memperhatikan hak asasi. dapat disimpulkan bahwa setiap negara harus melakukan usaha dan mengeluarkan kebijakan kependudukan yang memberikan dampak positif baik jangka pendek maupun jangka panjang. harkat dan martabat setiap manusia.

Populasi penduduk dunia telah mencapai 7 miliar jiwa pada tahun 2011. 2011).3 GAMBARAN POPULASI DI CHINA DAN INDONESIA Gambaran Populasi Dan Pengendalian Penduduk Di China Kependudukan merupakan masalah yang selalu mengalami dinamika. USA (0.6 miliar jiwa (Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. Permasalahan yang banyak dialami beberapa negara di dunia adalah masalah overpopulasi atau kepadatan penduduk. populasi India sebanyak sebanyak 1.2 miliar jiwa). disusul India (1. sembila di Asia. Setiap negara mempunyai permasalahan tersendiri terkait kependudukan. enam di Oceania dan empat di Amerika Latin.6 miliar diperkirakan akan melampaui China (0. Peningkatan jumlah penduduk diperkirakan berasal 39 negara di Afrika. .2 miliar).3 miliar) dan Indonesia (0. Indonesai akan menampati posisi ke tujuh sebagai negara terbanyak di dunia dengan total populasi sebanyak 0.1 miliar jiwa pada tahun 2100. China masih berada pada posisi puncak sebagai negara berpenduduk terbanyak didunia (1. Pada 2100. Populasi tersebut akan diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 10.3 miliar).9 miliar).

pemerintah China memperkenalkan sejumlah program dan kampanye keluarga berencana atau pengendalian penduduk.com). China menjadi negara berpenduduk terbanyak di dunia selama berabad-abad. yakni tingkat kesuburan yang menurun dan relatif stabil.4 Demografi China dikenali lewat populasi yang besar dengan proporsi remaja dan kanak-kanak yang relatif sedikit. Di bawah kebijakan ini. yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak (3) hak asasi manusia bahwa individu dan pasangan memiliki hak untuk memutuskan reproduksi. dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi. 2012): . merubah filosofi kependudukan dan keluarga dengan tiga alasan utama.7 anak (wikipedia. yaitu (1) alasan demografis. yaitu pada 1953. Pada tahun 1971 perempuan China rata-rata memiliki 5. akibat dari kebijakan satu anak yang ditentukan oleh pemerintah Republik Rakyat China. termasuk jumlah dan waktu kelahiran dan disusunlah strategi program keluarga berencana dengan (Widyaiswara BKKBN. Pada pertengahan dasawarsa 1950-an. China berhasil mencapai tujuannya.4 anak. tahun 1994 sebagai suatu kekuatan mempengaruhi pengambil keputusan untuk melakukan perubahan yang fundamental. Populasi China yang berkembang cepat adalah persoalan kebijakan primer para pemimpin China pada pertengahan abad ke-20.2 miliar jiwa. Kebijakan-kebijakan kependudukan diterapkan di China sejak tahun 1979 telah membantu mencegah beberapa juta kelahiran. sedangkan pada tahun 2004 hanya 1. populasi China berlipat dua. bahwa pertumbuhan penduduk mengurangi tingkat kesuburan dan memperlambat pembangunan Negara (2) alasan kesehatan. sehingga pada permulaan dasawarsa 1970-an. Hasil dari kebijakan ini. tepatnya 1. sedangkan pada sensus ke-5 pada tahun 2000. pasangan yang menikah secara resmi hanya diizinkan memiliki satu anak. Ketika China menjalankan sensus pertamanya sejak pasca-1949. dengan perbedaan panduan terhadap suku-suku minoritas. populasi China terhitung 582 juta jiwa. Dokumen penting tonggak sejarah Pemerintah China menyusun Program Aksi family planning adalah memaksimalkan hasil Konferensi Internasional tentang kependudukan dan Pembangunan di Kairo. pemerintah menerapkan kebijakan satu anak (diberlakukan sejak tahun 1979).

2. keluarga harmonis. hak atas privasi. Kelompok masyarakat diberikan keleluasaan untuk ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan kegiatan KB karena urusan keluarga berencana harus transparan. Melakukan kajian strategis dan meningkatkan sistem jaminan sosial yang terkait dengan kependudukan dan keluarga berencana. dengan mengedepankan kepuasan pelanggan dan kontrol kualitas tanpa mengedepankan kuantitas. “Kualitas kesehatan reproduksi” dikembangkan diseluruh kabupaten dan kecamatan sampai ke desa karena telah dijadikan pusat kegiatan program KB karena langsung pada kebutuhan dasar manusia untuk kesehatan reproduksi. ke pendewasaan perkawinan dan penundaan kelahiran. 4. Kekuatan kunci adalah penyediaan layanan teknis dan merupakan inovasi petugas keluarga berencana China untuk menuju situasi baru. hak untuk kenyamanan. hak untuk kerahasiaan.5 1. Asosiasi keluarga berencana dan LSM lainnya pada tingkat akar rumput diberikan peran penuh untuk menerapkan aturan hukum dan pembelaan hak-hak hukum dan kepentingan masyarakat . 6. Hak asasi manusia dimaknai dengan mempromosikan keluarga berencana. Menetapkan prinsip-prinsip “penduduk adalah faktor utama dalam pembangunan atau di Indonesia disebut pembangunan manusia seutuhnya. hak untuk memilih. Aspek sosial-ekonomi bergeser dari tradisional ke modern seperti pernikahan dini dan kelahiran awal. Mempromosikan Kualitas kesehatan reproduksi. pemerintah . Menetapkan Mekanisme kerja yang komprehensif dan memperkuat reformasi mekanisme operasional ini dilakukan dengan cara : Menetapkan payung hukum yang menjadi landasan semua kebijakan operasional yakni “ satu anak dalam keluarga “ 5. hak untuk memiliki akses ke layanan. hak untuk terus menggunakan jasa dan hak untuk mengekspresikan. Menjaga kualitas pelayanan. 3. kebijakan-driven solusi dan terpadu dalam rangka untuk memperdalam reformasi yang telah mencapai keberhasilan awal.karena program keluarga berencana memfasilitasi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Beberapa tahun terakhir. nilai anak laki-laki dan perempuan dibuang jauh dan pertolongan persalinan diprioritaskan sebagai dasar membentuk keluarga kecil bahagia. hak atas rasa aman. yaitu hak atas informasi. dan memberi perhatian khusus untuk melindungi hak-hak dasar 10 klien. hak untuk martabat.

Penduduk perkotaan kini mencapai 51. LSM dan organisasi swasta. Hal ini terjadi karena petumbuhan ekonomi yang cukup pesat di China sehingga angka urbanisasi baik oleh penduduk dalam maupun luar China juga meningkat. 2012). penduduk dengan sumber daya dan lingkungan. Dengan pemusatan pada tiga matra: Kekuatan pembangunan berpusat pada manusia. mencoba untuk membuka visi baru bagi penduduk sebagai potensi pembangunan melalui reformasi dan inovasi.27 persen dari keseluruhan penduduk China yang mencapai hampir 1. Organisasi non-pemerintah yang memainkan peran penting dalam kependudukan dan keluarga berencana . Usaha yang dilakukan China tentunya membuahkan hasil dan China dikatakan sebagai negara yang cukup pesat dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk. China terus mengalami peningkatan penduduk dari tahun ke tahun. Kepadatan penduduk lebih terpusat di kota-kota besar seperti Shanghai dan Beijing. Melalui program pilot project ”pelatihan langsung pada keluarga. kemakmuran lebih cepat“ 7.6 China telah berupaya untuk menggabungkan pelaksanaan Program Aksi ICPD dengan Tujuan Pembangunan Milenium PBB.35 milyar menurut Biro Statistik Nasional (NBS) (Johannes. penguatan koordinasi dan berkelanjutan. pengembangan potensi penduduk. . Namun. tren populasi penduduk hubungannya dengan ekonomi. Mengembangkan kebijakan publik dan model layanan yang melibatkan pemerintah. promosi program peningkatan pendapatan” dengan slogan kelahiran lebih sedikit. predikat negara dengan jumlah penduduk terbanyak belum bisa dilepas dari China.

7 Keterangan: warna merah = Pusat urbanisasi Kuning Biru Hijau = kota tua = Inner suburbs = outer suburbs Usaha pengendalian pertumbuhan penduduk melalui kebijakan “Satu Anak” memberikan pengaruh yang cukup berarti terhadap populasi penduduk China. Hal ini terbukti dengan penurunan jumlah kelahiran sesuai dengan penjelasan sebelumnya. .

selama puluhan tahun lamanya terjadi kasus pengguguran secara sadis hingga mencapai 13 juta janin setiap tahunnya. Kebijakan tersebut juga secara serius menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan di China. maka angka keguguran tersebut pasti akan jauh lebih tinggi (Anonim. dan menempati urutan pertama di seluruh dunia. 2011). Meskipun masyarakat internasional terus mengecam bahwa kebijakan ini sangat bertentangan dengan HAM.29% dibandingkan dengan jumlah total penduduk China. Selain dampak yang ditimbulkan di atas.26% atau meningkat 2. 10 tahun lalu populasi penduduk di China telah memasuki masyarakat usia tua. Sementara anak usia di bawah 14 tahun telah menurun sebanyak 6.93% dibandingkan pada 2000. Anak yang dilahirkan karena pelanggaran kebijakan disebut “anak haram” karena tidak memiliki status hukum di China (Hayati. jumlah aborsi di China mencapai 13 juta jiwa setiap tahunnya. menurut standar internasional. kebijakan ini mempunyai sisi negatif dengan beberapa dampak yang dapat ditimbulkan. Mereka juga tidak mendapatkan akses pelayanan sosial.8 Akan tetapi. sekitar 400 juta janin telah dibunuh. Selama 31 tahun lamanya. Pasangan suami-istri yang membangkang aturan tersebut bakal didenda sebesar gaji bulanan mereka selama beberapa tahun. dan di antaranya yang berusia di atas 65 tahun mencapai 8. Dijebloskan ke penjara adalah ancaman serius dari otoritas. jika termasuk kasus aborsi yang belum tercatat atau kasus keguguran karena pengaruh obat-obatan. fenomena penuaan usia masyarakat serta serangkaian masalah sosial lainnya pun bermunculan. namun hingga saat ini para penguasa masih tetap menolak untuk menghapus kebijakan tersebut. dan sekarang semakin bertambah parah.91%. Menurut angka statistik pemerintah. Harian China Daily yang mengutip penjelasan dari pekerja medis dan survei kedokteran mengatakan. Akibat dari kebijakan ini. 2012). Dari hasil sensus penduduk ke-6 pada 2011 ini menunjukkan bahwa penduduk yang berusia 60 tahun ke atas mencapai 13.87% atau meningkat 1. . dan melanggar standar penerapan “kelahiran berencana” yang telah diakui oleh dunia internasional.

Sesuai dengan jumlah penduduk dunia. Laporan tersebut menyatakan bahwa pada 35 tahun lalu perbandingan jumlah anak-anak dengan orang tua di China adalah 6:1. Sebagian besar jumlah penduduk tersebut terpusat di pulau Jawa sehingga ketidakseimbangan distribusi penduduk pun terjadi. GAMBARAN POPULASI DAN PENGENDALIAN PENDUDUK DI INDONESIA Gambaran populasi China telah banyak dijelaskan sebelumnya. Lalu bagaimana dengan gambaran populasi Indonesia. perbandingan tersebut telah berubah drastis menjadi 1:2. Jumlah penduduk tersebut terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.9 Pusat Riset Masalah Internasional dan Strategi Amerika belum lama ini menerbitkan laporan sensus penduduk yang diberi judul “Rambut Putih China: Analisa Populasi dan Ekonomi Terhadap Kebijakan Jompo China”. maka pada paruh akhir abad ini China diprediksi akan menghadapi masalah serius. memaparkan potensi masalah yang akan terjadi akibat pertumbuhan sosial masyarakat dan ekonomi serta peralihan komposisi populasi China. dan 35 tahun kemudian yakni sekarang ini. India dan Amerika Serikat. yang jika tidak dipersiapkan secara matang. . jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat setelah China.

yaitu program transmigrasi. sehingga daerah yang sudah padat menjadi semakin padat. Untuk memecahkan masalah ini dilaksanakan program pepindahan penduduk dari daerah padat ke daerah kekurangan penduduk. Sasaran .10 Jumlah penduduk Indonesia Ketidakseimbangan kepadatan penduduk ini mengakibatkan ketidakmerataan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang selanjutnya mengakibatkan keinginan untuk pindah semakin tinggi. Arus perpindahan penduduk biasanya bergerak dari daerah yang agak terkebelakang pembangunannya ke daerah yang lebih maju.

Sementara persentase . Berdasarkan kelompok usia. Pada dasarnya tujuan gerakan KB nasional mencakup dua hal. menurun dibandingkan kondisi sepuluh tahun sebelumnya sebesar 0. Ini terlihat dari persentase penduduk pada kelompok usia muda (0-14 tahun) sebesar 28. telah berupaya untuk mengendalikan permasalahan populasi penduduk Indonesia salah satunya adalah dengan membentuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana dengan program unggulan berupa Keluarga Berencana (KB). yaitu kuantitatif dan kualitatif. penduduk Indonesia masih tergolong penduduk muda. Keluarga Berencana (KB) telah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.11 utama program transmigrasi semula adalah untuk mengurangi kelebihan penduduk di Pulau Jawa. Jumlah dua anak diharapkan akan menekan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi di Indonesia dan menghasilkan generasi unggul yang siap bersaing dengan dunia.9%. Sedangkan tujuan kualitatif adalah untuk menciptakan atau mewujudkan norma keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. selain program transmigrasi. Penduduk Indonesia didominasi oleh usia muda. Tujuan kuantitatif adalah menurunkan dan mengendalikan pertumbuhan penduduk. Slogan dan program unggulan KB ini adalah “2 anak cukup” kemudian mengalami perubahan menjadi “2 anak lebih baik”. Pemerintah Indonesia.4%.

2011) Masalah-masalah yang dapat timbul akibat keadaan demikian adalah : 1) Aspek ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hidup keluarga. sehingga diperlukan dukungan kemampuan ekonomi semua termasuk orang tua.12 kelompok usia tua (di atas 65 tahun) sebesar 5% meningkat dari kondisi 2000 sebesar 4. Apabila kemampuan ekonomi kurang mendukung maka fasilitas pendidikan juga sukar untuk dipenuhi yang mengakibatkan pada kualitas pendidikan tersebut kurang 4) Lapangan Kerja Penumpukan jumlah penduduk usia muda atau produktif memerlukan persiapan lapangan kerja masa mendatang yang lebih luas. b) Peningkatan masa pendidikan. c) Penundaaan usia perkawinan . Alternatif Pemecahan yang diperlukan : a) Pengendalian angka kelahiran melalui KB. Hal ini merupakan bom waktu pencari kerja atau penyedia kerja. Kemampuan ekonomi yang kurang dapat pula berakibat pada pemenuhan makanan yang dibutuhkan baik jumlah makanan (kuantitatif) sehingga dampak lebih lanjut adalah adanya rawan atau kurang gizi (malnutrition). Pada gilirannya nanti bila kekurangan gizi terutama pada usia muda (0 -5 tahun). 3) Aspek Pendidikan Pendidikan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ini berarti mengurangi mutu SDM masa yang akan datang.5% (Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. 2) Aspek pemenuhan gizi. Akan mengganggu perkembangan otak bahkan dapat terbelakang mental (mental retardation). Apabila tidak dipersiapkan SDMnya dan lapangan kerja akan berdampak lebih buruk pada semua aspek kehidupan. Banyaknya beban tanggungan yang harus dipenuhi biaya hidupnya oleh sejumlah manusia produktif yang lebih sedikit akan mengurangi pemenuhan kebutuhan ekonomi dan hayat hidup.

Akan tetapi. Usia produktif yang tidak disertai dengan kemampuan cukup untuk besaing di dunia kerja hanya akan meningkatkan jumlah pengangguran dan jumlah pekerja kasar di Indonesia. Ketersediaan lapangan pekerjaan .13 Tren peningkatan persentase juga terlihat pada kelompok usia produktif (15-64 tahun) sebesar 65% (2000) menjadi 66. pemerintah harus mempersiapkan dan menggunakan peluang bonus demografi ini sebaik-baikya. Kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pengendalian angka kelahiran melalui program keleurga berencana b. Kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia untuk bersaing di dunia kerja dan pasar internasional c. Sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk di atas. Kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif sangat besar. 2011). bonus demografi ini harus dipersiapkan denan baik dan dikelola dengan baik sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Indonesia diperkirakan mendapat bonus demografi pada 2020-2030. United Nations dalam laporan World opulation Prospect memprediksi bahwa Indonesia akan mendapat bons demografi pada periode 2020-2030 yang menguntungkan dari sisi pembangunan (Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. Jumlah tenaga kerja produktif yang tinggi akan menjadi dasar untuk meningkatkan produktivitas sekaligus memperbesar peluang tercapainya pasar di dalam negeri.1% (2010). diantaranya adalah sebagai berikut: a. maka terlihat bahwa piramida penduduk Indonesia tahun 2010 termasuk tipe expansive. melimpahnya jumlah penduduk usia kerja akan menguntungkan dari sisi pembangunan. Bonus demografi juga mempunyai beberapa tantangan. Oleh karena itu. sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belm banyak sering disebut dengan fenomena bonus demografi (the window opportunity). Dengan melihat komposisi penduduk Indonesia yang didominasi oleh kelompok usia muda. Bonus demografi membawa dampak sosial– ekonomi. yakni bagian tengah pramida cembung dan bagian atas cenderung meruncing. Tingginya biaya pendidikan mendorong brlum meratanya pendidikan yang dapat dinikmati oleh penduduk Indonesia d.

baik jangka panjang maupun jangka pendek. setiap kebijakan harus berusaha mengambil kebijakan yang mendatangkan banyak keuntungan dan tetap memperhatikan harkat dan martabat manusia sehingga tidak terjadi banyak pelanggaran di kemudian hari. Salah satu contoh adalah kebijakan satu anak China dan program Keluarga Berencana yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia serta program transmigrasi. . setiap negara dengan permasalahan yang sama memerlukan suatu usaha pengendalian untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi.14 KESIMPULAN Berdasarkan dapat disimpulkan bahwa jumlah populasi dunia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Akan tetapi. Setiap kebijkan yang dikeluarkan oleh pemerintah dapat menghasilkan dampak. Oleh karena itu. Begitupun dengan Republik Rakyat China dan Indonesia yang selalu mengalami peningkatan jumlah penduduk.

2012. Penduduk Perkotaan China Capai 51. 2011.id [9 Februari 2013] Hayati. 2011.15 DAFTAR PUSTAKA Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. Dilema Kebijakan Satu Anak China.bi.go.jurnas. Suci Dian. 31 Tahun Program 1 Anak Pkt. http://www. [serial online] http://sgmendung. 400 Juta Janin Terbunuh.wordpress.epochtimes.id/ [9 Februari 2013] Wikipedia. Urbanisasi Tinggi.co. [serial online] http://www. [serial online] www. China Tercepat Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk.27 %.com [9 Februari 2013] Anonim.com [9 Februari 2013] Johannes. Informasi Kependudukan Indonesia.com [9 Februari] [serial online] .com Widyaiswara BKKBN. 2013. [serial online] http://jaringnews. 2012.