You are on page 1of 7

PATOLOGI UMUM

DISUSUN OLEH :
1. SULLAHUDIN (1210713108) 2. MELIANA HADI(1210713090)

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA 2012/2013

Kata pengantar Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dr. Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada : 1.M. Kritik dan saran.Miftahudin (selaku pembimbing akademi). Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya. 2.Sjarifah Salma.Kes (selaku coordinator pengenalan dasar kes). Dr.SKM.yang telah memberikan anugerah dan berkatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “patologi umum” tepat pada waktunya yang telah ditentukan. 3.kami harapkan yang sekiranya dapat membangun sehingga kami nantinya dapat lebih baik lagi.mengingat akan keterbatasan kami sebagai manusia biasa. Teman teman yang ikut membantu dalam pembuatan makalah ini. januari 2013 Penulis . Jakarta. Kami menyadari akan kakurangan dan kelemahan kami sehingga mungkin terdapat kesalahan dan kurang baik dalam penulisan maupun dalam pemilihan kata.guna melengkapi nilai dari tugas yang diberikan dosen yang bersangkutan.

B. Latar belakang Rumusan masalah Manfaat penulisan Metode penulisan BAB II PEMBAHASAN A. B.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. C. C. E. D. kesimpulan DAFTAR PUSTAKA . Regenerasi sel Pengontrolan pertumbuhan sel Inhibisi pertumbuhan sel Faktor0faktor pertumbuhan sel Adaptasi pertumbuhan BAB III PENUTUPAN A. D.

seperti tubuh sarana untuk menanggapi dan memperbaiki cedera. Patologi umum.Bidang patologi terdiri atas patologi anatomi dan patologi klinik. Selain itu. Latar belakang Patologi merupakan cabang bidang kedoteran yang berkaitan dengan ciri-ciri dan perkembangan penyakit melalui analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh. B.BAB I PENDAHULUAN A. merupakan luas dan kompleks lapangan ilmiah yang berusaha untuk memahami mekanisme cedera sel dan jaringan. sertifikasi adalah oleh Dewan patologi Amerika atau Dewan Osteopathic patologi Amerika. 4. eksperimental patologi atau teoretis patologi. 3. Patologi adalah kajian dan diagnosis penyakit melalui pemeriksaan organ. cairan tubuh. . jaringan. juga disebut investigasi patologi. tetapi biasanya mencakup patologi anatomi dan patologi klinik. Rumusan masalah 1. Ahli patologi anatomi membuat kajian dengan mengkaji organ sedangkan ahli patologi klinik mengkaji perubahan pada fungsi yang nyata pada fisiologi tubuh. dan seluruh tubuh (autopsi). Organisasi subspesialisasi dalam patologi bervariasi antara bangsabangsa. patolog menafsirkan tes laboratorium medis untuk membantu mencegah penyakit atau memantau sebuah kondisi kronis. Patolog adalah dokter yang mendiagnosa dan ciri penyakit dalam hidup pasien dengan memeriksa biopsi atau cairan-cairan tubuh. 2.

Metode penulisan Metode penulisan makalah ini menggunakan metode perpustakaan dengan cara mengumpulkan data dari media tulis dan media internet. D. Manfaat penulisan Manfaat penulisan makalah ini adalah untukmenambah pengetahuan dan wawasan para mahasiswa/I kesehatan masyarakat agar dapat lebih mengetahui dan mengerti tentang patologi umum serta dapat menerapkan konsep berfikir kritis dan dapat menerapkan prinsip pengambilan keputusan serta mengaplikasikan secara baik dan maksimal.C. .

Tulang manusia menggantikan dirinya selama 12. sel kulit kita hanya berusia 28 hari sejak tumbuh dari endodermis sampai mengelupas atau pada lapisan epidermis. Berbagai jenis sel darah merah setiap hari ada yang mati dan hancur.Setiap saat kita mengalami pembongkaran (bagi yang hidup tdk sehat) & penumpukkan ulang kalsium(bagi yang hidup sehat).5 kali selama hidupnya.BAB II PEMBAHASAN A.Proses pembongkaran inilah yang menyebabkan tulang menderita osteoporosis. B.namun sumsum tulang membentuk sel darah merah yang baru.PENGONTROLAN PERTUMBUHAN SEL .kemudian setelah itu proses degenerasilah yang paling dominant.REGENERASI SEL Regenasi sel adalah proses pembentukan sel uuntuk menggantikan sel yang mati yang diatur mulai tingkat terkecil dalam sel tubuh kita.Namun pada dasarnya Proses regenerasi(pembentukkan) dan degenerasi(perusakkan) sel akan selalu terjadi dalam tubuh kita. Proses regenerasi dominant mulai usisa anak-anak sampai kirakira 30 th.Setiap bagian tubuh dari manusia selalu berganti. Setiap detik sel pada tubuh kita ada yang mati dan setiap itu pula lahir sel yang menggantikannya atau disebut proses regenerasi.

C. ADAPTASI PERTUMBUHAN .INHIBISI PERTUMBUHAN SEL D.FAKTOR-FAKTOR PERTUMBUHAN SEL E.