DISUSUN OLEH: TIM PENGEMBANG MADRASAH

YPI SABILUL MUTTAQIEN MTs SABILUL MUTTAQIEN BARU NALO KECAMATAN NALO TANTAN KAB. MERANGIN JAMBI 2012

KATA PENGANTAR

Bissmillahirrihmanirrohim, Alhamdulillahirobbil’alamin, puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM) MTs Sabilul Muttaqien untuk priode 2012 – 2016.

Rencana Kerja Madrasah ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan dan landasan oleh semua pihak yang terkait agar termotivasi, memiliki gairah dan komitmen untuk berpartisipasi aktif – konstruktif. Partisipasi aktif – konstruktif dari berbagai pihak ini diharapkan dapat mewujudkan suatu lembaga pendidikan yang unggul, berprestasi dan pada akhirnya menghasilkan manusia masa depan yang bertaqwa, menguasai Iptek, berperilaku hidup sehat sehingga mampu bersaing dengan bangsa –bangsa di belahan dunia ini.

Selanjutnya kami, segenap TIM KKRKM mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada :

1. Kepala Kantor Kementrian Agama kabupaten Merangin 2. Kepala Seksi Mapenda kantor Kementrian Agama kabupaten Merangin

3. 4. 5. 6. 7.

Pengawas PPAI Tkt. SLTP kantor Kementrian Agama kab. Merangin Ketua Yayasan beserta Pengurus Yayasan Sabilul Muttaqien Ketua Komite Madrasah beserta Pengurus Kepala Desa Baru Nalo beserta Tokoh Masyarakat Desa Baru Nalo Seluruh Majlis Guru MTs Sabilul Muttaqien, dan

Semoga Allah SWT memberkahi kegiatan yang telah dan sedang kita jalankan, Amin.

Kami menyadari bahwa Rencana Kerja Sekolah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu kritik dan saran selalu kami nantikan demi penyempurnaan pada masa mendatang.

Nalo Tantan,

April 2012

Penyusun

TIM KKRKM

HALAMAN PENGESAHAN

Setelah melihat, meneliti dan mempelajari Rencana Kerja Madrasah (RKM) ini, maka Rencana Kerja Madrasah ( RKM ) MTs Sabilul Muttaqien Periode Tahun 2012 – 2016 kami nyatakan SAH untuk dilaksanakan dan berlaku sejak tanggal disahkan.

Semoga dengan pengesahan ini, Rencana Kerja Madrasah (RKM) MTs Sabilul Muttaqien dapat dilaksanakan dengan baik oleh segenap civitas akademik dan warga Madrasah sehingga visi,misi dan tujuan madrasah dapat terwujud.

Demikian, apabila ternyata kelak kemudian hari terdapat kekeliruan, maka akan kami revisi sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku. Semoga Alloh Swt senantiasa memberi Hidayah-Nya kepada kita semua.

MENYETUJUI:

Komite Madrasah

Kepala Madrasah

RIYANTO HIZBULOH

HARDIANTO, S.Pd.I NPY. 99 1 001 002

Disahkan di : B a r u N a l o Pada Tanggal : April 2012 Ketua Yayasan Sabilul Muttaqien Nalo Gedang

MUHAMAD AFANDI NPY. 99 1 001 001 Mengetahui : Kasi Mapenda Kementrian Agama Kabupaten Merangin A L I P I A H.. S. LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………………………… ii iii DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………… iv .Ag NIP.196001171986031003 DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………….

7 IV... RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM)……… 16 V. Latar Belakang …………………………………………………………………………………. 6 III. VISI. KEADAAN MADRASAH ……………………………………………………………………. Tahap penyusunan RKM……………………………………………………………………. 1 B. MISI DAN TUJUAN MADRASAH………………………………………………. KESIMPULAN …………………………………………………………………………………….. Tujuan RKM……………………………………………………………………………………… 2 D. 18 LAMPIRAN ………………………………………………………………………………………………. Landasan hukum………………………………………………………………………………… 4 II. PENDAHULUAN A. 9 V. 2 E. RENCANA KERJA MADRASAH ………………………………………………………. 19 . 2 C.I. Manfaat RKM…………………………………………………………………………………….

Sabilul Muttaqien Nalo Tantan perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki. kondisi dan potensi daerah. 6. kompetensi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.1. Permendiknas No. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dewasa ini. 5. RKM (Rencana Kerja Madrasah) disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan madrasah. baik . UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 3. dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah. dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan. dan dan Rencana Strategis Ditjen Pendis Kemenag tahun 2010-2014. sosial budaya masyarakat. Oleh karena itu. 8. Penyusunan RKM mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Dengan tujuan ini madrasah dapat disesuaikan dengan kekhasan. Tabel : Program Pengembangan Madrasah Tabel : Jadwal Rencana Kerja Madrasah Tabel : Rencana Biaya Program Kegiatan Madrasah Tabel : Rencana Sumber Pendanaan Madrasah Berita Acara Pleno Pengesahan RKM Laporan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) SK Tim Pengembang Madrasah Dokumentasi Photo Kegiatan Penyusunan RKM BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Rencana Kerja Madrasah (RKM) merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional. A. 4. 2. MTs. Madrasah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tumbang terseleksi oleh keadaan. potensi madrasah dan kebutuhan peserta didik. 7.

Mendukung koordinasi antar pelaku madrasah. dan pegawai administrasi sebanyak 2 orang. . Sabilul Muttaqien Nalo Tantan menyusun RKM dengan tujuan untuk: 1. masyarakat religius dan memiliki tingkat kesadaran pendidikan yang mulai meningkat. (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan madrasah. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan menyusun RKM untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku madrasah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan madrasah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan madrasah dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. sinkronisasi. 6. berkeadilan dan berkelanjutan. B.Sumber Daya Manusia maupun sumber daya lainnya. 5. efektif. 1. Menjamin agar perubahan/ tujuan madrasah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil. penganggaran. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan memiliki siswa sebanyak 71 orang. dan pengawasan. dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholders) yang kurang mendukung. dan sinergi baik antar pelaku madrasah. antar madrasah dan instansi terkait. 2. 3. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien. yang berada di wilayah pertanian. Menjamin keterkaitan antara perencanaan. (2) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah. sarana dan prasarana yang belum lengkap. C. 1. 4. pelaksanaan. Menjamin terciptanya integrasi. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM) untuk menghadapi masa yang akan datang. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Menghadapi kondisi tersebut MTs. maka MTs. Kondisi MTs. guru sebanyak 13 orang. Manfaat RKM RKM penting dimiliki madrasah. Tujuan RKM MTs. Dengan adanya RKM diharapkan dapat dijadikan sebagai: (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan madrasah. serta.

dan pengesahan RKM. dan wakil dari Komite Madrasah. Wakil Kepala Madrasah.Sabilul Muttaqien tersebut atau upaya dalam mempertahankan suatu keberhasilan yang telah dicapai Madrasah.1. D. KKRKM mengikuti pembekalan / orientasi mengenai kebijakankebijakan pengembangan pendidikan dan perumusan RKM 1. Guru. Kepala Madrasah & Guru bersama Komite Madrasah membentuk Tim Perumus RKM yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah. Perumusan RKM Perumusan RKM dilakukan melalui 4 tahap. Setelah KKRKM terbentuk. KKRKM beranggotakan 6 orang yang terdiri dari unsur : Kepala Madrasah. perumusan RKM. yaitu: persiapan. Gambar 1. wakil dari TU. Tahap penyusunan Proses penyusunan RKM dilakukan melalui tiga jenjang. Persiapan Sebelum perumusan RKM dilakukan. sebagai berikut: Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan Tujuan tahap I ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan MTs Sabilul Muttaqien. Alur proses penyusunan RKM tersebut dapat dilukiskan sebagai berikut.1: Alur penyusunan RKM 1. yaitu dengan cara membandingkan antara ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan “apa yang ada saat ini” di MTs. .

Menyusun Profil MTs. Menentukan Alternatif Pemecahan Tantangan Utama Tahap Ketiga: Penyusunan Program Dalam penyusunan program. yaitu: 1. Menetapkan Program 3. . Menetapkan Penanggungjawab Program 4. Merumuskan Tantangan MTs. Menyusun Jadwal Kegiatan Tahap Keempat: Penyusunan Rencana Biaya dan Pendanaan Pada tahap ini ditetapkan jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan. Menentukan Indikator Keberhasilan Program 5. 2. Menetapkan Sasaran 2.Identifikasi tantangan dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini: 1. Mengidentifikasi Harapan Pemangku Kepentingan 3. Menentukan Kegiatan dan 6. perkiraan jenis dan jumlah sumber pendanaan. Tahap Kedua: Analisis Pemecahan Tantangan Langkah-langkah dalam menganalisis tantangan adalah sebagai berikut : 1. ada 6 langkah yang perlu dilakukan. aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana. Menentukan Penyebab Tantangan Utama 2.

disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di MTs.3. . Sabilul Muttaqien Nalo Tantan Kabupaten Merangin 5. 19/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan psl. komite madrasah. Permendiknas 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. 3. RKM dibahas bersama oleh kepala madrasah. UU No. Rencana Kerja Tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAM) dilaksanakan berdasarkan RKJM. 2. Efesiensi. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Landasan Hukum Landasan hukum Penyusunan RKM ini sebagai berikut: 1. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah dan disyahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota. 4 ( pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip Keadilan. Selanjutnya RKM yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah. semua guru. Transparansi dan Akuntabilitas Publik). RKM yang telah disahkan. Pengesahan RKM Setelah RKM selesai disusun oleh KKRKM. PP No. dan komite madrasah untuk dikaji ulang agar RKM yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan. 1. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional psl. Sekolah membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun. dan kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Merangin. Akhirnya. 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar Rencana Kerja Tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari Rencana Kerja Jangka Menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).

hormat pada orang tua. berakhlaqul karimah.BAB II VISI. berprestasi. dan guru serta menyayangi sesama. Ilmu dan Amal berbekal kemampuan di bidang Imtaq dan Iptek 2. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga siswa menjadi tekun beribadah. Menyiapkan generasi yang unggul dalam Iman. percaya diri. sportif. Visi : Unggul dalam beribadah. Misi : 1. . disiplin. MISI DAN TUJUAN SEKOLAH 1. A. jujur. dan terampil B. tanggung jawab.

Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan serta memiliki kepribadian yang kokoh 6. Mampu berkiprah dalam masyarakat sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki 4. 4. 7. Tujuan Khusus Secara khusus MTs Sabilul Muttaqien Nalo bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam hal : 1. dan Menyenangkan (PAIKEM) sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar minimal. dan unggul dalam keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat. Kreatif. mandiri. Melaksanakan tata tertib Madrasah secara konsisten dan konsekuen. Memiliki wawasan yang dalam dan luas tentang iptek dan imtaq. kesadaran akan sejarah bangsa dan sikap menghargai pahlawan. Nasionalisme dan patriotisme serta solidaritas yang tinggi antara sesama 5. inofatif. kreatif. Melaksanakan Pembelajaran Aktif . berusaha mencapai tujuan: 1. memiliki semangat kebangsaan.3. 6. berbudi pekerti luhur. Tujuan Umum Adalah ingin menghasilkan manusia yang taat beriman dan bertaqwa kepada Allah. cerdas. cinta tanah air. Menumbuhkan sikap gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan. terampil. Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT 2. Memiliki disiplin tinggi dan didukung oleh kondisi fisik yang prima 3. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah dan stakeholder Madrasah C. unggul dalam prestasi keagamaan. Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai bakat dan minat sehingga setiap siswa memiliki keunggulan daam bidang pengembangan diri 5. bertanggungjawab. kesetiakawanan sosial. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan Pada tahun 2012-2016 MTs. produktif. Tujuan MTs. 1. BAB III KEADAAN MADRASAH . profesional. Inofatif. sehat jasmani dan rohani. tangguh. serta berorientasi pada masa depan. berdisiplin.

Proses PSB di MTs. 2. 1. C. berpusat pada yayasan. 1. namun demikian ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan yaitu : 1. 2. 3. B. Manajemen Madrasah 1. 4. dan menyenangkan. Proses Pembelajaran Pada umumnya proses pembelajaran telah berjalan dengan baik. Sabilul Muttaqien dan MA Sabilul Muttaqien. Dalam pelaksanaan pembelajaran. Keterbatasan alat peraga yang dimiliki mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran tidak optimal. sebagian besar guru belum melaksanakannya sesuai dengan silabus yang telah disusun untuk setiap pelajaran. D. 4. Rencana pembelajaran untuk setiap mata pelajaran belum tersedia secara lengkap di semua kelas. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan masih dilaksanakan secara tradisional yakni hanya memberikan edaran atau brosur berupa informasi seputar penerimaan siswa baru ke SD/MI di sekitar madrasah. Tenaga administrasi masih kurang dan belum sesuai dengan kompetensinya. Peran Serta Masyarakat 1. 1. Pengelolaan keuangan bersifat sentralistik. karena mayoritas berprofesi sebagai buruh tani. 3. Peran orang tua peserta didik dalam meningkatkan mutu madrasah masih sangat kurang. strategi pembelajaran yang bervariasi. 6. Silabus untuk setiap mata pelajaran belum tersedia secara lengkap di semua kelas. media pembelajaran yang tepat dan bervariasi serta belum memuat Karakter. Ruangan administrasi masih dipergunakan antara 2 lembaga yaitu MTs. Jarak dengan SMPN 25 Merangin dan SMP 1 Atap Telun terlalu dekat sehingga berpengaruh terhadap perkembangan madrasah dalam arti penerimaan siswa. Kondisi ekonomi wali murid menengah ke bawah. strategi dan metode pembelajaran belum variasi. 5. 3. interaktif. Kenyataan yang terjadi dilapangan bahwa Madrasah Tsanawiyah masih belum begitu membumi sehingga ada sebagaian masyarakat yang salah persepsi bahwa Madrasah Tsanawiyah sama dengan MIS/Sekolah Arab. Dalam rencana pembelajaran masih ada yang belum memuat: tujuan pembelajaran secara tepat. 2. Proses Penerimaan Siswa Baru 1. .Gambaran mengenai keadaan sekolah (profil sekolah) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2009 – 2011) dapat dikemukakan sebagai berikut. A.

bulan 3. Perpustakaan madrasah belum dapat beropersional dan buku penunjang yang tersedia belum lengkap. Pekerjaan orang tua peserta didik mayoritas petani dan pegawai swasta dengan Rata – rata penghasilan kurang dari Rp.2. dan 4 (empat) guru berijazah SMA/MA (Pontren) BAB IV RENCANA KERJA MADRASAH Rencana Kerja Madrsah MTs. Mushola untuk tempat kegiatan Ibadah dan kegiatan keagamaan lainya.000 per. 1. b. 500. 2 (dua) guru berijazah D-2. Madrasah belum memiliki Sarana prasarana seperti: a. pendukung. laboratorium IPA. harapan pemangku kepentingan. pengontrol dan penghubung dengan pemangku kepentingan karena semua tugas tersebut selama ini dicover oleh Yayasan. 2. E. Ruangan Osis. Komite madrasah belum bekerja secara maksimal baik sebagai pemberi pertimbangan. Sumber Daya Pendidikan 1. Masyarakat belum memberikan dukungan pada program pengembangan madrasah baik berupa bantuan insindental dan bantuan terprogram. laboratorium bahasa. 2. Madrasah belum bisa melaksanakan PBM secara optimal karena kurangnya Ruang Kelas. 4. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan disusun dengan mempertimbangkan keadaan madrasah.UKS dan Perpustakaan belum memenuhi standar. Laboraturium Komputer 1. Kualifikasi Tenaga Pendidik dengan data 7 (Tujuh) guru berijazah S-1. dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di madrasah agar sasaran dan program pengembangan .

Akuntabel. (4) kegiatan. (2) program. 3.1 kolom 5 ) . dan situasi serta kondisi sekolah. 7. Peningkatan Prestasi Peserta Didik. Indikator keberhasilan yang dirumuskan. dan Demokratis. Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program madrasah. Perbaikan Sarana dan Prasarana. maka program-program yang akan dikembangkan di MTs. Peningkatan kualitas Lingkungan dan Budaya Madrasah. antara lain dengan melihat kesiapan sumber daya manusia. keuangan. dan (6) jadwal kegiatan. Rumusan sasaran pengembangan madrasah dalam kurun waktu 4 tahun ke depan dapat dilihat dalam tabel 1. Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung. (3) indikator keberhasilan. Peningkatan Peran Serta Masyarakat. Sabilul Muttaqien Nalo Tantan sebagai berikut: 1. Peningkatan Pembiayaan dan Pendanaan Madrasah. 4. Efisian. 8. (Tabel 1) Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu 4 tahun guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.1 kolom 4) Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut. Setelah sasaran dirumuskan. 6. apakah program/ sasaran yang ditetapkan berhasil atau tidak.1 kolom 3. saling tergantung.madrasah dalam 4 tahun ke depan lebih realistis dan konsisten dengan prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan yang Efektif. Peningkatan kualitas SDM (ketenagaan). Madrsah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan di madrasah. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. maka Madrasah telah merumuskan indikator keberhasilan. berkaitan dengan proses dan/ atau hasil akhir. (5) penanggung jawab. sarana & prasarana. 5. 9. atau saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang sama (Tabel 1. Untuk mengetahui keberhasilan. Pengembangan Organisasi & Kelembagaan. Perbaikan Administrasi & Manajemen Sekolah. madrasah telah melakukan analisis kesiapan madrasah untuk mencapai sasaran tersebut. 2. Dalam menetapkan sasaran. yang mencakup telaah mengenai: (1) sasaran. ( tabel 1.

2. 4. Madrasah perlu tambahan buku referensi sebagai sumber belajar siswa. Madrasah perlu Mensosialisasikan Kurikulum (KTSP) kepada semua warga madrasah dan semua pemangku kepentingan. Penanggung jawab kegiatan ini melibatkan unsur-unsur pelaksana madrasah (tabel 1. STANDAR PROSES 1. langkah berikutnya adalah merumuskan kegiatankegiatan yang perlu dilakukan di madrasah. Madrasah perlu meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangannya. 4.elaborasi dan konfirmasi. 1. Perlu pembekalan guru tentang BK agar maksimal dalam memberikan layanan. Guru di madrasah kami belum seluruhnya memanfaatkan alat peraga dan media lain sebagai sumber belajar siswa. Madrasah perlu mengadakan workshop peningkatan kompetensi pengembangan diri. Madrasah perlu Perlu buku ADM BK 6. 2. 9. Madrasah kami perlu mengembangkan dan mereview silabus dan RPP Madrasah perlu membina guru Mulok untuk menyusun dan mengembangkan silabus Belum semua guru madrasah membuat RPP secara mandiri. 11. 7. PROFILE MADRASAH 1. Madrasah perlu menerapkan pembelajaran PAIKEM 10. 1. 3. Madrasah perlu Guru BK yang sesuai kualifikasi.1 kolom 6 ) Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah dirumuskan maka perlu ditunjuk pelaksana kegiatan selaku penanggung jawab kegiatan. Madrasah perlu melaksanakan Supervisi dan tindak lanjut hasil supervisi . Madrasah perlu melengkapi dan mereview Dokumen 1 KTSP.Setelah indikator keberhasilan ditetapkan.1 kolom 7) 1. Madrasah perlu Laboraturium IPA Lengkap 6. 5. Kegiatan pada dasarnya merupakan tindakantindakan yang akan dilakukan di dalam program untuk memecahkan tantangan yang dihadapi madrasah ( tabel 1. Madrasah perlu Laboraturium Bahasa 7. STANDAR ISI 1. 5. Madrasah perlu Perpustakaan lengkap dengan IT 8. Guru di madrasah perlu melaksanakan pembelajaran yang meliputi eksplorasi. 3.

8. 2. Madrasah perlu tambahan 4 unit Toilet 11. 4. Madrasah perlu mensosialisasikan keunggulan madrasah kepada masyarakat 12. Madrasah perlu Ruang Multimedia 10. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. 6. 5. Madrasah perlu mengevaluasi dan menambah kegiatan pengembangan diri 1. Madrasah perlu memberi motifasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi dan kompetisi 2. Madrasah perlu memiliki Mushola 5. Madrasah perlu Tambahan dua ruang kelas baru 2. Madrasah perlu memiliki Laboraturium IPA Lengkap 8. 3. Madrasah perlu memiliki Aula 7. Madrasah perlu memiliki kantor sesuai standar 4. Madrasah perlu memberikan tugas terstruktur dan tugas mandiri kepada peserta didik 3. Madrasah perlu memiliki Laboraturium Bahasa Lengkap 9. Madrasah perlu menyelenggarakan kegiatan Diskusi dan KIR untuk meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi peserta didik 4. 7. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 1. Madrasah kami perlu Meningkatkan Kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah kami perlu meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah kami perlu memiliki Kepala urusan Tata usaha Madrsah kami perlu Kepala Labor Madrasah kami perlu Petugas khusus Komputer Madrasah kami perlu mengangkat waka humas Madrasah kami perlu penjaga Madrasah kami perlu tenaga khusus untuk menangani siswa berkebutuhan khusus. Madarasah perlu memiliki perpustakaan dilengkapi dengan IT 6. Madrasah perlu tambahan buku teks dengan ratio 1:1 . Madrasah perlu memiliki Pagar permanen 3. STANDAR SARANA PRASARANA 1.1. 1.

Madrasah perlu alat proteksi Kebakaran dan petir 19. Madrasah perlu menyusun RKM dan mengesahkan ke kemenag 5. Madrasah perlu tambahan saran Internet 1. STANDAR PEMBIAYAAN 1. Madrasah perlu mempromosikan keselarasan akses bagi semua peserta didik .KTSP kepada seluruh warga madrasah dan semua pemangku kepentingan 10. Madrasah perlu melakukan prinsip transparansi dan akuntable dalam pengelolaan keuangan 4. Madrasah perlu alat multimedia 16. Madrasah perlu peralatan seni budaya 15. Madrasah perlu rehab ringan 18. Madrasah perlu mensosialisasikan RKM. Madrasah perlu mengadakan sharing dengan masyarakat tentang dana madrasah 3. Madrasah perlu Menyusun RKAM 6. Madrasah perlu membentuk Tim Pengembang Madrasah (TPM) 4. 2. Madrasah kami perlu melibatkan masyarakat dan memberi kesempatan berkreasi dalam pengelolaan kegiatan non akademis 1. 3. Madrasah Perlu mengupdate KTSP 8. Madrasah perlu menyusun RKT 7. Madrasah kami perlu menjalin kerjasama dengan alumni 6. kolaboratif dan akuntabel. Madrasah kami perlu melaksanakan RKM secara mandiri kemitraan. STANDAR PENGELOLAAN 1. RKAM. Madrasah kami perlu melaksanakan evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan 11. Madrasah perlu alat KIT IPA 14. partisipatif. Madrasah kami perlu mereview visi dan misi 2.13. Madrasah perlu meningkatkan kerjasama dengan stakeholder 9. Madrasah perlu menjalin kemitraan dengan DU/DI yang memiliki dana CSR (Coorporate social Responsibility) 5.RKT. Madrasah perlu tambahan unit komputer untuk pembelajaran siswa 20. Madrasah perlu LCD 17. Madrasah kami perlu melibatkan partisipasi pemangku kepentingan dalam perumusan RAPBM.

6. 2. 1. Madrasah perlu mendorong guru untuk membuat lks 4. Madrasah perlu mendorong Guru-guru agar menggunakan metode secara variatif dalam mengukur kemajuan belajar siswa. 3. 5. Peningkatan Kurikulum Peningkatan Proses Pembelajaran Peningkatan Kompetensi Lulusan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan tenaga kependidikan Peningkatan Sarana Prasarana Peningkatan Pengelolaan Peningkatan Pembiayaan Peningkatan Penilaian Pendidikan 1. Madrasah perlu menghimbau kepada seluruh guru untuk menginformasikan pencapaian kompetensi. Kepala Madrasah Guru-Guru Siswa Komite Madrasah Tim Pengembang Madrasah Masyarakat Alumni Madrasah . 5. 5. Madrasah Perlu mendorong guru untuk melaksanakan perbaikan dan pengayaan 6. 8. 4. 6. 4. 2. 7. 3. Madrasah perlu mendorong guru untuk melaksanakan kegiatan home visit. PROGRAM 1. Madrasah perlu mendorong guru untuk membuat analisis dan membuat program tindak lanjut secara kontinue. 7. SASARAN : 1. STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN 1. 3.1. Teknik dan rubrik penilaian kepada peserta didik 2.

KEGIATAN 1. 3. Mengusulkan pengangkatan penjaga Madrasah 31. Mengangkat Waka Humas 30. Membuat Pagar permanen 34. Membangun Kantor 35. Menyiapkan format kepribadian siswa 21. Menyusun progja ekstrakurukuler 8. 2. Menyusun jadwal supervisi 18. Dunia Usaha/Dunia Industri 1. Mengadakan kegiatan Diskusi dan KIR 24.8. Menambah kegiatan pengembangan diri 23. Menyiapkan Alat peraga edukatif 12. Mengadakan sosialisasikan KTSP. Menyiapka Perpustakaan lengkap dengan IT 15. Melaksanakan Pembelajaran PAIKEM 11. Meningkatkan kompetensi Pendidik dan tenaga kependidikan 26. Menyiapkan buku ADM BK 6. Mengadakan pembekalan guru tentang BK 5. Melengkapi dan mereview Dokumen 1 dan II KTSP. Melengkapi Alat Labor IPA 40. Menyiapkan ADM supervisi 19. Mengangkat Kepala Laboraturium 28. Membangun Ruang kelas Baru 33. Melaksanakan Rapat Guru Madrasah 9. Membangun Mushola 36. Melaksanakan pola EEK 17. Menambah buku Referensi 16. Mengikuti / mengadakan Workshop 4. Membina guru untuk menangani siswa berkebutuhan khusus 32. Membuat dokumen KKM dan KKL 20. Membangun Ruang Multimedia . Membangun Labor IPA 39. Melengkapi Guru BK yang sesuai kualifikasi. Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri 22. Mengangkat petugas Khusus Komputer dan ITC 29. Membangun perpustakaan 37. Mengevaluasi kualifikasi guru dan mengadakan tindak lanjut 25. Melengkapi Perpustakaan dengan IT 38. Menyiapkan Laboraturium Bahasa 14. Mengusulkan pengangkatan Kepala Urusan Tata Usaha kepada Yayasan 27. Membina guru Mulok untuk menyusun dan mengembangkan silabus 10. Menyiapkan Laboraturium IPA 13. 7.

Melaksanakan kegiatan Home visit 1. Melakukan Rehab-rehab ringan dan perawatan saran prasarana madrasah 51. Melaksanakan /mengikuti Ujian Nasional 77. Mengadakan penialian harian 74. Mengadakan LCD untuk media pembelajaran 50. Membangun Labor bahasa 42. Menyelenggarakan sosialisasi RKM. Melengkapi perlengkapan Multimedia 49.perbaikan dan pengayaan 78. Menyediakan peralatan seni budaya 48.dan KTSP 63. Mereview visi dan misi madrasah 55. Menyusun RAKM 58. Melaksanakan Ujian Akhir mdarasah 76. Menjalin kerjasama dengan mitra kerja 62. Menyusun RKM dan mengesahkan ke kemenag 57.41. Melaksanakan Tes Hasil belajar 75. Melaksanakan analisis. Mengupdate KTSP 60. Membangun 4 unit Toilet 43. Membuat LKS 73. Mengadakan evaluasi program 64. Menambah sarana Internet 54. Membuat buku analisis 72. Mengadakan Sosialisasi Wajardikdas kepada walimurid 44. Melengkapi sarana K3 46. Menjalin kerjasama dengan DU/DI yang memiliki dana CSR 69. Membayar Tunjangan dan insentive 67. Membuat Proposal untuk masyarakat 65. PENANGGUNG JAWAB Penanggung Jawab kegiatan tersebut diatas adalah : . Memfasilitasi kegiatan Reuni 71. Menyusun RKT 59. Menjalin kemitraan Membentuk TimPengembang Madrasah (TPM) 56. Membayar honor Guru 66. Melengkapi Meja kursi Siswa 45.RKT. Menambah unit komputer 53. Membuat wadah Alumni 70. Mengadakan penambahan buku teks dengan ratio 1:1 47. Membuat Papan informasi 68. Remedial. Menjalin Kerjasama dengan Stakeholder 61.RKAM. Melengkapi sarana Proteksi kebakaran dan anti petir 52.

Madrasah kami merencanakan perkiraan dana yang bersumber dari : 1. Perkiraan Sumber Dana . 2.1. 3. 4. Untuk melayani masyrakat dibidang pendidikan. 5. 6. 5. Yayasan Sabilul Muttaqien Selaku Penyelenggara . serta Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM). 4. Menghitung biaya satuan Menyusun rencana biaya pengembangan sekolah selama 4 tahun Menghitung perkiraan sumber pendanaan Penyesuaian rencana biaya dan sumber pendanaan Menyusun rencana kegiatan dan anggaran madrasah (RKAM) Hasil dari proses tersebut adalah berupa usulan rencana biaya dan pendanaan madrasah baik dalam bentuk rencana biaya pengembangan madrasah selama 4 tahun dan rencana biaya operasional sekolah. 3. 1. Kepala Madrasah Guru Pengurus Komite Madrasah Pengurus Yaysana Pengawas PPAI Kementrian Agama BAB V RENCANA KEGIATAN ANGGARAN MADRASAH Proses penyusunan rencana biaya dan pendanaan RKM dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut : 1. A. 2.

5.: Rp.000. 7.000.000. 4. Pengembangan Kurikulum 2.000. 8. Perkiraan Pendapatan Tahun 20012 /2013: 1.000.000. 101.- JUMLAH a + b 1.000.000.: Rp. 5. 15. 1.000.000.: Rp.000.890. 2. 500. 4. Perkiraan Pendanaan 4 Tahun Kedepan: .700.000. 36. 3.000. Administrasi dan Manajemen 3.000. 14. 6.000. C. Belanja Pegawai 2.000. 290.430.- : Rp. Organisasi dan Kelembagaan 4. 50.000. 8. 700.: Rp 5.000.- JUMLAH : Rp. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dana Block Grant APBN/APBD Komite Donatur Hasil Usaha Madrasah Dan pendapatan lain yang tidak mengikat.000. Peningkatan Lingkungan & Budaya 9.: Rp. Ketenagaan 6. 296.000.600.: Rp. Belanja Program : 1.000. Pemdes.: Rp.: Rp. Rencana Pengeluaran Tahun 2012 / 2013: 1.: Rp.736.2.: Rp.965. 7.000.000.- 1.000. D. 5.: Rp.200. Belanja Operasional 1. B.325. Peningkatan Prestasi Peserta Didik 7.: Rp. 3.: Rp. Peningkatan Peran serta Masyarakat 8. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Yayasan Sabilul Muttaqien Hasil Usaha Madrasah (Kebun ) Block Grant Donatur (Perusahaan.700. 3.400. 1. Belanja Barang dan Jasa : Rp. dll) Komite & Wali Murid APBN APBD Propinsi : Rp. 5.: Rp.: Rp. 9. 428. 50. Peningkatan Sarana Prasarana 5.410.700.: Rp. 6. 12. 428. 6950.500.

000. : Rp. : Rp1. tahap demi tahap untuk mencapai tujuan dengan didukung dana yang mencukupi.000. membantu madrasah dalam menentukan prioritas program sesuai kebutuhan. diharapkan dapat memberikan pedoman pada setiap kegiatan pendidikan di Madrasah dalam upaya mencapai tujuan pendidikan di Madrasah yang selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional. 1. khususnya di kabupaten Merangin Jambi. 4. Secara umum apabila akan melaksanakan kegiatan pembangunan dibidang pendidikan perlu direncanakan secara rinci. PENUTUP Rencana kerja Madrasah (RKM) yang telah diuraiakan diatas. Rencana kerja Madrasah juga mengidentifikasi program-program strategis dan program-program operasional sehingga terwujudlah Rencana kegiatan dan Anggaran Madrasah dalamjangka pendek maupun jangka panjang. A.441.321.- 428. B. Kesimpulan : 1. 3. 3. Tahun Ajaran 2012 / 2013 Tahun Ajaran 2013 / 2014 Tahun Ajaran 2014 / 2015 Tahun Ajaran 2015 / 2016 : Rp. Rencana Kerja Madrasah juga membantu dan mendorong percepatan APM dan APK.965.700.- Total Perkiraan Pendanaan 4 Tahun BAB V.065. : Rp.051. KESIMPULAN/ PENUTUP 1.826.1. Dengan adanya Rencana Kerja Madrasah maka dapat memotifasi madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap sehingga tercapai pelayanan pendidikan yang sesuai Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh BNSP.000.000. 5. dapat membantu Madrasah melihat kondisi riil madrasah. 2. Disamping itu. 2. Dengan adanya Rencana Kerja Madrasah.525. 4.430. : Rp. . Segala hal yang menyangkut kelemahan dan kekurangan program dalam RKM ini mudah-mudahan dapat disempurnakan dan di-update sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada.000.

Rencana Kerja Madrasah (RKM) ini diharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan semua pemangku kepentingan (stakholders) dan memberikan kontribusi terhadap upaya pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Mutaqien. 5. 6. Tabel : Program Pengembangan Madrasah Tabel : Jadwal Rencana Kerja Madrasah Tabel : Rencana Biaya Program Kegiatan Madrasah Tabel : Rencana Sumber Pendanaan Madrasah Berita Acara Pleno Pengesahan RKM Laporan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) SK Tim Pengembang Madrasah Dokumentasi Photo Kegiatan Penyusunan RKM . 7. 3. 8. 4.Akhirnya. 1. 2.

.

.

4.I TURNIASIH. S.Pd.Pd. 2. SABILUL MUTTAQIEN NALO TANTAN Penanggungjawab Ketua Sekretaris Anggota 1.I : SRI WAHYUNI.Pd SRI RAHAYUNINGSIH. : HARDIANTO.TIM PENYUSUN RKM MTs. S.Pd. S.Pd.I RIYANTO Nalo Tantan. 5. : META RAHDIANSYAH. S. S. SE.I NPY 99 1 001 002 . S. MARIYATULKIBTIYAH. 3. : RIFKI MUBAROK.Pd. S. Sabilul Muttaqien HARDIANTO.Pd. Maret 2012 Kepala MTs.

BAB V .

Penyusunan Rencana Biaya dan Biaya 3. yaitu : 1. Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBM) Untuk menghitung biaya dan pendanaan diperlukan asumsi sebagai berikut : . Penyusunan Rencana Biaya 2.RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM) Ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk penyusunan rencana biaya dan pendanaan yang tertuang dalam rencana kerja madrasah yang akan diuraikan tersendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful