Structure Engineer

Perencanaan Balok Kastella (Honey Comb Beam)
Kamis, April 14, 2011 Muhammad Miftakhur Riza

Balok Kastella (castellated beam) adalah balok yang dipakai untuk konstruksi bentang panjang (lebih dari 10 meter), yang berupa 2 profil baja yang disatukan menjadi 1 untuk mendapatkan tinggi profil yang sesuai. Balok kastella disebut juga honey comb beam, karena bentuk lubang segi enamnya yang menyerupai sarang lebah (honey comb). Profil tersebut dilubangi untuk memperkecil berat sendiri profil dan agar sambungan las nya dapat lebih efekti dan efisien. Besarnya sudut kemiringn θ antara 45' sampai 70', sedangkan yang sering dipakai di lapangan adalah 45' dan 60'. Sudut θ ditentukan dengan memperhitungkan tegangan geser yang terjadi pada bagian garis netral badan sehingga tidak melebihi tegangan ijinnya. Analisis perhitungan penampang balok kastella adalah sebagai berikut :

Gambar 1. Spesifikasi Balok Kastella

Analisis Perhitungan : Dipakai sudut kemiringan 60' Dengan : dg = tinggi profil castella. Syarat tinggi penampang balok kastella =2y>h = 2 (250 + 125) > 250 = 750 > 250 (OK) Dari persamaan di atas terlihat adanya penambahan tinggi profil dari db (tinggi profil balok awal) menjadi dg (tinggi profil castella). . db = tinggi profil balok awal. h = tinggi pemotongan profil. sehingga akan menaikan momen inersia dan otomatis akan menaikan pula Kapasitas Lenturnya.

Balok Kastella yang Telah Terpasang .Gambar 2. Penampang Balok Kastella yang Telah Direncanakan Gambar 3.

Detail Sambungan Kolom dengan Balok Kastella .Gambar 4. Shop Drawing Detail Sambungan Kolom dengan Balok Kastella Gambar 4.

Gambar 4. Tampak Belakang Bentang Balok Kastella sepanjang 23 meter (digunakan untuk area bengkel) . Tampak Samping Bentang Balok Kastella sepanjang 23 meter (digunakan untuk area bengkel) Gambar 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful