PROGRAM KERJA LABORATORIUM IPA

SMP Negeri 2 BATANG ANAI Tahun Pelajaran 2012-2013

taufik serta hidayahNya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Program Kerja ini tepat pada waktunya. 4. Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium Rincian Tugas Pengelola Laboratorium Jadwal Kegiatan Laboratorium Data Inventaris dan Rincian Kebutuhan Kelengkapan Alat Laboratorium Demikian Program Kerja ini kami susun. 3. Di dalamnya memuat penjelasan singkat tentang program laboratorium SMP Negeri 2 Batang Anai untuk Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. serta Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Laboratorium Sains untuk Sekolah Menengah Pertama. dengan harapan dapat dijadikan pedoman bagi semua pihak yang terkait dalam kegiatan ini. Program Kerja ini disusun sebagai upaya untuk menertibkan administrasi laboratorium serta dipergunakan untuk pengajuan kebutuhan kelengkapan alat laboratorium pada tahun pembelajaran 2012 / 2013 pada khususnya dan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan pada umumnya.KATA PENGANTAR Dengan mengucap puji syukur kehadirat Illahi Rabbi. Juli 2012 PENGELOLA LABORATORIUM IPA . yang telah memberikan nikmat. yaitu tentang : 1. Penyusunan program kerja ini dibuat dengan mengacu kepada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dari mulai Landasan Program dan Pengembangan. Padang.

Pd NIP. Padang. ROZALDY. Kepala Laboratorium IPA SMP N 2 Batang Anai B. 19591109983031026 SYAHRUL BAKRI. S.Pd : 195803231980031004 : Guru IPA dan Kepala Laboratorium SMP Negeri 2 Batang Anai Program ini sudah disahkan dan disetujui untuk dilaksanakan. S. 195803231980031004 BAB I . Juli 2012 Mengetahui Kepala SMP Negeri 2 Batang Anai.LEMBAR PENGESAHAN Program kerja laboratorium IPA SMP Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2012 / 2013 telah disusun sesuai dengan petunjuk dan kebutuhan di SMP Negeri 2 Batang Anai oleh : Nama NIP Pekerjaan : Syahrul Bakri. S.Pd NIP.

Memperkenalkan beberapa bentuk realita kedalam pelajaran misalnya pertunjukan. Jhon. menurutnya “ jika kita mengajar geografi seharusnya bawalah anak-anak berjalan-jalan agar mereka lebih menyadari lingkungannnya “ . .Dewey berpendapat bahwa terdapat keterbatasan dalam penggunaan cara belajar yang diarahkan oleh guru ( teacher – directed learning ) yang menganggap bahwa pendidikan yang baik adalah pemindahan informasi . Ahli lain. Menurut filsafat pendidikan Pestalozzi ( 1946-1824) yang mengemukakan bahwa pendidikan harus berlangsung dengan cara berbuat ( doing ) sebagai pengganti kata-kata. dalam melaksanakan proses pebelajaran. Latar belakang Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan masyarakat. bahwa pengalaman langsung dengan benda-benda ( materials ) yang dilibatkan observasi dan partisipasi adalah supervisor tehadap metode-metode lain guna mencapai tujuan-tujuan yang telah didefenisikan . hal ini sesuai dengan pendapat pendekatan laboratori berdasarkan pada asumsi. khususnya kecendrungan kearah inkuiri.Pendahuluan A. Merencanakan secara teliti serangkaian pengajaran langsung yang sama dengan manual laboratori bagi kegiatan-kegiatan siswa guna memecahkan masalah dibawah bimbingan guru. Buchler dalam Jhon. Kondisi pembelajaran saat ini menuntut siswa berperan aktif dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar.Dewey mendorong perkembangan kecendrungankecendrungan alami pada anak. Metode laboratori adalah : 1. Postalozzi juga dikenal sebagai bapak pendidikan modern. khususnya di SMP Negeri 2 Batang Anai perlu adanya program kerja laboratorium IPA yang akan dijadikan sebagai pedoman bagi para guru IPA ( fisika dan biologi ). Pendekatan discovery menurut Jerome Bruner berpendapat bahwa pemecahan masalah melalui discovery akan mengembangkan style inquiry dan problem solving untuk menyeleseikan sesuatu tugas yang dihadapi oleh seseorang. 2.

kecerdasan. bangsa dan negara. akhlak mulia. menuntut siswa terlibat langsung merupakan hal yang sangat penting. serta keterampilan yang diperlukan bagi dirinya. kepribadian. masyarakat. salah satu cara yang dapat kita gunakan pada proses pembelajaran IPA adalah kegiatan praktikum di laboratorium. untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. C. pengendalian diri. Landasan hukum Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional : Pasal 1 ayat 1: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.Kerucut ilmu pengetahuan E V I S S A P 10% 20% 30% 50% Reading Hearing words Looking at picture Watching video Verbal reciving Visual reciving Partici pating Doing TINGKA T KETERLIBAT AN Looking at an exhibition Watching a demonstration Seeing it done on location 70% Participating in a discussion Giving a talk Doing a Dramatic Presentation Simullating the Real Experience E V I T C A 90% TINGKAT MEMORISASI Doing the Real Thing MODEL PEMBELAJARAN Dari pendapat kedua ilmuan tersebut dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran yang baik. B. Tujuan Tujuan penyususnan program laboratorium di SMP Negeri 2 Batang Anai adalah sebagai pedoman bagi guru-guru IPA untuk melaksankan kegiatan pembelajaran pada topik-topik .

sehingga pelaksanaan dan efektivitas kegiatan proses pembelajaran di laboratorium lebih terarah sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran secara teori sekaligus praktek. dan pekerjaan yang memakan waktu cukup panjang dan masih berlangsung sampai sekarang adalah menginvetaris dan mengklasifikasikan alat-alat sesuai dengan kegunaannya. . Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium Langkah awal yang dilakukan terutama oleh pengelola laboratorium IPA adalah memindahkan alat-alat dan bahan laboratorium yang tadinya disimpan di gudang sekolah. Siswa sebagai peserta didik yang akan diberikan pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP yang telah disiapkan guru. BAB II Pengorganisasian Laboratorium A. Kepala laboratorium sebagai ketua pelaksana kegiatan praktikum di laboratorium. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab 2. 4. Guru sebagai pelaksana proses pembelajaran dalam laboratorium 5. Wakasek Sarna Pra Sarana sebagai Wakil penanggung jawab inventaris alat-alat labor 3.: Untuk pelaksanaan kegiatan laboratorium di SMP Negeri 2 Batang Anai terdiri dari : 1. Sehingga guru dan pihak sekolah dapat menggunakan sebagai ukuran / standar keberhasilan kegiatan di laboratorium pada tahun pelajaran yang berjalan.tertentu yang menuntut siswa melakukan praktek secara langsung dilaboratorium. Selain itu juga membenahi ruangan labor agar bisa digunakan.

Siswa kelas VIII berjumlah 7 rombongan belajar ( rombel ) 3. Struktur Organisasi Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Batang Anai Kepala Sekolah B.S. . berjumlah 6 rombongan belajar ( rombel ) Jadi rombongan belajar di SMP Negeri 2 Batang Anai yang menggunakan laboratorim berjumlah 20 rombel. S Pd NIP. 19591109983031026 Wakasek Sarana YUNIOR. ROZALDY. Siswa kelas IX.Siswa yang menggunakan laboratorium IPA terdiri dari : 1. berjumlah 7 rombongan belajar ( rombel ) 2. Siswa kelas VII.Pd NIP.

AZWAR S.Kepala Labor SYAHRUL BAKRI.Pd NIP Dra. S. A.Pd NIP LASUARDI. masih ada kekurangan personil yaitu Laboran. yang bertugas setiap hari dilaboratorium untuk membantu kepala laboratorium dalam mengelola pemakaian labor dan membantu guru untuk . 195803231980031004 MUSRIAL.Pd NIP TASLIM. S.Pd NIP HARDIMUS. 195803231980031004 Laboran Guru Biologi SYAHRUL BAKRI. ROSA HERNI NIP SUSI DARMAYANTI S. S.Pd NIP. S. S.MDP.d Guru Fisika H.Pd NIP.Pd NIP Untuk pelaksanaan kegiatan laboratorium di SMP Negeri 2 Batang Anai.

Penyusunan jadwal penggunaan laboratorium yaitu setiap awal tahun pembelajaran b. Menyusun jadwal kegiatan dan tata tertib penggunaan laboratorium c. Jadi untuk sementara tugas laboran ini dilaksanakan oleh kepala laboratorium bersama guru IPA di SMP Negeri 2 Batang Anai. Tugas Laboran Pengelola Laboratorium membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut : a. Namun kami tetap memohon kepada staff pimpinan terutama kepala sekolah untuk dapat menyediakan tenaga laboran. Tugas Kepala Laboratorium Tugas Kepala Labor meliputi : a. Mengatur pengeluaran dan pemasukan/penyimpanan alat-alat laboratorium e. Mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan dipergunakan praktikum dari guru mata pelajaran d. Tugas – tugas Personil Laboratorium 1. B. Menginventarisir alat dan bahan laboratorium yaitu setiap tiga bulan sekali pada awal minggu d. Membuat daftar pemakaian alat dan bahan laboratorium yang habis pakai f. Membuat daftar catalog sesuai dengan jenis alat dan bahan laboratorium g. Penyusunan Jadwal kebersihan laboratorium yaitu setiap awal tahun pembelajaran c. Sasaran Kegiatan . Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium 2. Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium b.mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk pelaksanaan pratikum. Memelihara dan memperbaiki peralatan/perkakas dan bahan laboratorium h. Membuat laporan kegiatan laboratorium yaitu setiap akhir tahun pembelajaran Karena laboran di SMP Negeri 2 Batang Anai belum ada maka tugas laboran untuk sementara waktu diambil alih oleh kepala labor dengan dibantu oleh guru-guru IPA di SMP Negeri 2 Batang Anai C.

maka diberi izin dengan ketentuan harus bertanggung jawab penuh terhadap keamanan. tetapi kalau ada guru IPA yang ingin mengunakan labor di luar jam pelajaran. E. kebersihan semua iventaris labor. Kerjasama dalam kelompok .Dalam kegiatan praktek dilaboratorium adalah suatu kegiatan sesuai kurikulum yang bertujuan untuk menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Teknik pelaksanaan praktikum 4. Pembuatan dan penyiapan alat 2. Aspek Yang Dinilai Untuk melaksanakan kegiatan praktek laboratorium sangat dituntut kemampuan guru. Waktu Pelaksanaan Dalam pelaksanaan praktek dilaboratorium dilaksanakan didalam jam proses PBM (Proses belajar mengajar) resmi. Teknik penggunaan alat 3. Adapun aspek yang dinilai adalah : 1. D.dengan adanya praktek dilaboratorium akan menjadikan ilmu lebih melekat pada ingatan siswa sehingga memudahakn siswa untuk memahami pokok bahasan dalam pelajaran IPA. laboran serta siswa.

BAB . Sasaran d. Persiapan a. Pelaporan . III PROGRAM KEGIATAN LABORATORIUM A. Jadwal pelaksanaan b. Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium 1. Instrumen c.

7. 6. karena kalau mengangkat seperti demikian besar kemukian botol akan pecah.2. Jika ada bahan kimia yang masuk ke dalam mulut. Kegiatan praktikum dilaboratorium berkesinambungan tiap semester b. Buanglah sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan. Botol besar yang berisi bahan kimia jangan diangkat pada lehernya. kran air dan gas ditutup. 9. Alat serta bahan yang ada di laboratorium tidak diperkenankan untuk diambil / dikeluarkan tanpa seizin guru. Setelah selesai percobaan. tutup botol jangan hendaknya ditukar. Jika terjadi kecelakaan sekecil apapun segera laporkan pada guru. Dilarang makan atau minum di dalam laboratorium. 12. 10. 3. hendaknya segera dikeluarkan. Alat dan bahan harus digunakan sesuai dengan petunjuk praktikum yang diberikan. 5. Dalam melakukan percobaan hendaknya menggunakan bahan sesuai dengan petunjuk dan se efesien mukin.tukar. jangan dibuang pada bak cuci. Guru harus memahami tata tertib siswa dilaboratorium. 8. agar ditutup segera dan dikembalikan ke tempat semula. Tutup botol harus dibuka sesuai cara yang dianjurkan dan setelah selesai menggunakan isinya. Guru harus selalu mengawasi siswa yang sedang bekerja di laboratorium. dan menguasai sepenuhnya disiplin siswa yang berada dalam laboratorium. kontak listrik dicabut dan kursi diletakkan diatas meja dalam keadaan terbalik. 11. kemudian berkumur dengan air sebanyak -banyaknya. Tata tertib dilaboratorium terdiri dari tata tertib untuk siswa dan tata tertib untuk guru TATA TERTIB LABORATORIUM UNTUK SISWA 1. Etiket bahan yang hilang atau rusak segera diberitahukan guru. alat-alat harus dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan kering dan bersih. Pelaksanaan a. Sebelum meninggalkan laboratorium. Jika ada alat-alat yang rusak atau pecah hendaknya segera melapor pada guru dan harus diganti / diperbaiki. 15. ruangan harus dalam keadaan bersih. . TATA TERTIB LABORATORIUM UNTUK GURU PEMBIMBING 1. Siswa tidak diperkenankan masuk ke dalam laboratorium tanpa seizin guru. 14. 2. Jagalah ketertiban dan keamanan didalam laboratorium. meja praktikum. 4. 13. 2.

Pelaporan Setelah pelaksanaan guru memberikan absen siswa dan guru. c. maka itu yang praktek di ruang kelas. setelah selesai menggunakan labor guru meminta siswa untuk menaikan kursi keatas meja kemudian menyapu ruangan pratikum. Guru harus selalu mengingatkan siswa untuk menjaga ketertiban dan kebersihan laboratorium. Kesimpulan . Guru harus mengingatkan siswa kemukinan bahaya yang terjadi selama melakukan percobaan 5. - Bila dalam waktu yang bersamaan labor digunakan dalam pelajaran biologi dan fisika maka yang menggunakan alat dan bahan yang sederhana dan mudah dibawa. Guru tidak dibenarkan membawa alat / bahan keluar laboratorium tanpa sepengetahuan laboran / kepala laboratorium. sebagaimana berikut : - Penggunaan laboratorium untuk kelas IX . BAB III PENUTUP A. minggu 1 dan ke 4 tiap bulannya Penggunaan laboratorium untuk kelas VIII. 6. minggu ke 2 dan ke 5 tiap bulannya Penggunaan laboratorium untuk kelas VII. minggu ke tiap bulannya.3. kemudian hasil ini di evaluasi agar dapat dibenahi kekurangankekurangan pada tahun berikutnya. Guru harus memberi petunjuk dan bimbingan kepada siswa dalam menggunakan alat dan bahan yang ada dalam laboratorium terutama bahan / alat yang asing bagi siswa. Pelaksanaan kegiatan pratikum disesuaikan dengan jadwal jam pelajaran yang disusun.serta mengisi buku labor dan diserahkan pada koordinator sehingga dapat digunakan sebagai bahan laporan kepada kepala sekolah. 3. 7. Guru harus mampu menggunakan tabung pemadam kebakaran yang ada di laboratorium dan mengetahui letak kotak P3K serta bisa memberi pertolongan pertama kalau terjadi kecelakaan. 4.

Kegiatan laboratorium dapat memberikan dampak positif pada pemahaman siswa dan menambah semangat siswa sehingga mereka akan cenderung untuk meminati mata pelajaran IPA( Ilmu Pengetahuan Alam) Program laboratorium ini dengan landasan UU No 20 th 2003 disusun agar guru mempunyai acuan untuk pelaksanaan praktikum sesuai dengan program dan jadwal yang telah ditetapkan.Untuk menunjang pelaksanaan proses pendidikan di SMP 2 Batang Anai. B. khususnya pada mata pelajaran IPA yang meliputi bidang studi fisika dan biologi. Evaluasi kegiatan diangkat dalam kegiatan KKG IPA di sekolah . Diharapkan Program Laboratorium ini mempunyai hasil guna dan dapat dilaksanakan secara maksimal oleh seluruh pihak-pihak yang terlibat 2. Pelaksanaan hendaknya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan 3. Saran-Saran 1. sehingga mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Batang Anai dapat semakin meningkat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful