Pendahuluan Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat

lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabung konteks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai

Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia. Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya. Pengertian Animasi Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. maupun tulisan. Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi. profil produk. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.media profil perusahaan. hewan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah „gerakan‟. . bahkan sebagai media informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.

5 tahun). Rentang ini berada antara anak satu dengan yang lain mengingat latar belakang anak berbeda. Adakalanya anak dengan perkembangan kognitif yang cepat dan juga adakalanya perkembangan kognitif yang lambat. Jenis animasi Seiring berkembangnya animasi di dunia. kognitif. Ciri fisik adalah semua anak tidak mungkin pertumbuhan fisik yang sama akan tetapi mempunyai perbedaan dan pertumbuhannya. animasi dapat diklasifikasikan berdasarkan cerita dan pembuatan. akan tetapi belum terbentuk secara sempurna dan akan mengalami perkembangan seiring dengan pertambahan usia pada anak.5-5). Demikian juga halnya perkembangan kognitif juga mengalami perkembangan yang tidak sama. konsep diri. untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis animasi: . Pada anak terdapat rentang perubahan pertumbuhan dan perkembangan yaitu rentang cepat dan lambat. Hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh latar belakang anak. usia sekolah (5-11 tahun) hingga remaja (11-18 tahun). pra sekolah (2. Secara garis besar. semakin banyak animasi yang diproduksi dengan jenis yang berbeda-beda. Dalam proses perkembangan anak memiliki ciri fisik. Perkembangan konsep diri ini sudah ada sejak bayi.Anak Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan perkembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja. Masa anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari bayi (0-1 tahun) usia bermain/oddler (1-2. pola koping dan perilaku sosial.

Jangan salah. sehingga dikatakan animasi 2 dimensi. dan teknik ini adalah jenis animasi pertama yang ada di dunia. Animasi komputer bisa berwujud 3 dimensi dan juga 2 dimensi. Beberapa software animasi yang biasa digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi adalah: autodesk 3ds max. Dikatakan tradisional karena dibuat dengan menggunakan gambar tangan. Teknik animasi yang bisa dibuat dengan menggunakan Komputer ada beberapa metode: . disebut cel karena pada awalnya animasi ini dibuat dilembaran yang disebut celluloid.Animasi Tradisional Atau yang lebih dikenal dalam bahasa inggris “traditional animation”. hasil animasi komputer juga bisa berwujud 2 dimensi. Animasi Komputer Atau bisa juga disebut CGI (Computer Generated Imagery) adalah produk animasi yang di kerjakan dengan menggunakan komputer. Oleh karena itu saya kurang setuju jika kita mengatakan animasi 2 dimensi untuk mewakili jenis animasi tradisional tadi. autodesk maya. softimage. hal ini dikarenakan wujud/visual dari animasi ini berkesan flat/datar. dan masih ada beberapa lagi. cinema 4D. atau bisa juga CEL animation. blander. Namun metode ini sudah jarang atau bahkan tidak di gunakan lagi sejak tahun 1990 karena munculnya teknik animasi dengan komputer. Kebanyakan kita mengatakan jenis animasi ini adalah animasi 2 dimensi. yaitu lembaran kertas yang trasparan. lightwave.

Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator. karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh. Last samurai (animasi kuda) Dynamic simulation Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan. toy story. misalnya berat/massa benda. lalu disimulasikan secara realtime. rambut dll . seperti Lord of the ring. kekuatan angin dan lain sebagainya.Manual Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. Polar Express. Final Fantasy. nemo. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain) Motion Capture Adalah metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture. benturan. seperti cars. gaya gravitasi. dan beberapa film dengan spesial efek. Terdapat bebebrapa penghitungan sebelum objek di animasikan. dan lainnya. misalnya pada film Avatar. Beowulf. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. percikan air. benda hancur. kemudian di aplikasikan ke objek digital kita. kain.

Jenis animasi stopmotion: Clay Disebut clay karena bahan utama yang digunakan untuk membentuk objek/karakter adalah lilin/malam. salju. segerombolan burung. daun berguguran. drawing: menggambar pada papan tulis atau media lain. hujan. lain lain Seperti puppet animation/ boneka. Cutout Adalah teknik animasi stopmotion dengan menggunakan kertas yang di potong-potong dan di rangkai seperti halnya wayang kulit. Animasi Stopmotion Jenis animasi yang ketiga ini adalah animasi yang menggabungkan unsur fotografi dan gerak. . dan sebagainya. lalu lilin tersebut di gerakkan sedikit demi sedikit sambil di rekam dalam bentuk foto. untuk anda yang tidak bisa menggambar namun memahami prinsip animasi maka anda bisa membuat animasi dengan teknik stopmotion.Particle Adalah sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola. api. Misalnya asap. karena anda hanya perlu memotret objek secara berurutan dan teratur.

Misalnya animasi komputer di padu dengan animasi tradisional. http://repository. Pengertian anak.com .wordpress. 5 Desember 2012 . adalah percampuran dari beberapa teknis animasi yang sudah disebutkan di atas. http://dodyandanimation. http://tittiduit. Jenis animasi.usu. Kesimpulan Jadi berdasarkan pembahasan mengenai Animasi anak dilihat dari jenis pembuatan dan kerakter anak-anak yang berumur 6-12 tahun dapat penulis simpulkan anak yang berumur 6-12 tahun lebih menyukai animasi yang menggunakan teknologi computer.blogspot.com/2011/03/27/jenis-animasi-2/ 5 Desember 2012 USU (2010). Pengertian Animasi.Hybrid Atau dikenal juga dengan mixmedia. Karena pada saat menginjak umur 6-12 tahun anak-anak merasa lebih menikmati kualitas grafis yang memanjakan mata dengan visual-visual yang menarik dan dari segi cerita anak-anak lebih menyukai alur cerita yang fiktif karena pada umur 6-12 tahun anak-anak sedang dalam proses perkembangan proses berpikir yang imajinatif.ac.pdf. DAFTAR PUSTAKA Caca Rizka (2012).id/bitstream/123456789/24631/4/Chapter%20II. 5 Desember 2012 Dody (2011).

ANIMASI UNTUK ANAK USIA 6 – 12 TAHUN Disusun Oleh : Ryan Wiranda Putra (10910058) Wahyuddin Ali (10809246) Putra Dian Muludya (11011040) Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom STISI Telkom Bandung .

animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi. teknik komputer dan perangkat lunak. berinteraksi. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabung konteks. .unsur gambar.ABSTRAK Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik. suara. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur . suara. Maka dari itu perlunya perubahan perkembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja dengan animasi. animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan. berkarya dan berkomunikasi. gambar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful