SUKSES DALAM PANDANGAN ALLAH

Oleh : Nedi Arwandi Masjid Agung Al-Falah, 20 Agustus 2012 / 1 Syawal 1433 H

                                                                                                      

َ ْ َ ُ َ ْ ََ ُ َ َ ِ َ َ َ ُ ْ ِ ْ ُ ْ ‫ِ ّ ْ َ ْ َ ّ َ ْ َ ُ ُ َ َ ْ َ ِ ْ ُ ُ َ ْ َ ْ ِ ِ ُ َ َ ُ ِ ّ َ ُ َم‬ ‫إن الحمد ل نحمده ونستعينه ، من يهده ال فل مضل له و َن يضلله فل هادي له. وأشهد أن ل‬ ِ .‫إله إل ال وحده ل شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله‬ ُ ُ ْ ُ َ َ ُ ُ ْ َ ً ّ َ ُ ّ َ ُ َ ْ ََ ُ َ َ ْ ِ َ َ ُ َ ْ َ ُ ّ ِ َ َ ِ .‫اللهم صل وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومنْ تبعهم بإحسان إلى يوم القيامة‬ ِ َ َ ِ ْ ِ ْ َ َ ِ ٍ َ ْ ِِ ْ ُ َ ِ َ َ َ ِ ِ ْ َ َ ِ ِ َ َ َ ٍ ّ َ ُ َ ّ ِ َ َ َ ْ َّ َ ّ َ ّ ُ ّ َ َ ّ َ َ َّ َ ِ ْ َ َ ‫أما بعد؛ فإن أصدق الحديث كتاب ال، وخير الهدي هدي محمد صلى ال عليه وسلم وشر‬ َّ ٍ ّ َ ُ ُ ْ َ ِ ْ َ ْ َ ْ َ َ َ ُ َ ِ ِ ِ َ ْ َ َ ْ َ ّ ِ َ ُ ْ َ ّ َ ‫المور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضللة وكل َللة في النار. اللهم صل وسلم على‬ ََ ْ َّ َ ّ َ ّ ُ ّ َ ِ ّ ِ ٍ َ َ ‫ُ ُ ِ ُ ْ َ َ ُ َ َ ُ ّ ُ ْ َ َ ٍ ِ ْ َ ٌ َ ُ ّ ِ ْ َ ٍ َ َ َ ٌ َ ُ ّ ض‬ .‫نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحْسان إلى يوم القيامة‬ ِ َ َ ِ ْ ِ ْ َ َِ ٍ َ ِِ ْ ُ َ ِ َ ْ َ َ ِ ِ ْ َ َ ِ ِ ََ َ ٍ ّ َ ُ َ ّ ِ َ

Jama’ah sholat ‘Idul Fitri Rahimakumullah, Marilah kita senantiasa mengucapkan puja-puji , keagungan, kemuliaan, kecintaan, ketaatan dan kesetiaan kepada Allah. Allah yang menguasai hati-hati manusia , yang menggenggam kekuasaan 7 petala langit dan bumi beserta isinya. Tidak ada daun satu helaipun yang jatuh ke bumi kecuali dengan izin Allah, tidak ada pasir satu butirpun yang bergerak oleh angin kecuali dengan sepengetahuan Allah SWT, Allah yang mengetahui apa-apa yang terdetik dalam hati manusia, yang selalu mengawasi setiap gerak langkah manusia tiap detiknya.

Allahu Akbar 3x , Wa lillahil hamd,

1

bukan hanya sekadar hari bersenang-senang dan merayakan kegembiraan.Kita baru saja meninggalkan satu bulan yang amat mulia. orang populer itu sukses . ujian tenggang rasa. bagi umat Islam. nilai-nilai kesuksesan kita sekarang ini telah kabur. untuk kemudian memulai kehidupan baru yang lebih baik dan lebih membahagiakan di masa depan. tenaga. Kita tidak tahu. tapi sayang seribu sayang . untuk menyambut hari yang amat penting dalam salah satu episode kehidupan mereka. sukses dalam pandangan Allah adalah lulus dalam ujian kesabaran. Wa lillahil hamd. Bulan ujian kesabaran. ujian menahan penderitaan dalam menjalankan perintahnya. Hari raya Iedul Fitri adalah sebuah buku harian yang melaluinya kita membuka catatancatatan masa lalu kita. Iedul Fitri adalah tonggak bagi kita semua untuk me-review atau melihat kembali segala perbuatan dan aktivitas kita di masa silam. bulan dosa diampuni dan kesalahan dimaafkan. untuk kita baca. pikiran dikorbankan untuk mendapatkan madu kehidupan. Tapi. mana yang namanya sukses sebenarnya. lebih dari itu. Hari raya Iedul Fitri bukan hanya momen untuk kita berpakaian baru dan merasakan keakraban baru. hari kesuksesan . Mudah-mudahan segala ibadah dan puasa yang kita tunaikan dengan susah payah diterima Allah SWT dan kita dimasukkan ke dalam golongan hamba-hamba Allah yang berhasil lulus menjadi Muttaqiin. Jaman sekarang ini manusia berlomba-lomba dan berkompetisi untuk mendapatkan yang namanya “ kesuksesan “. padahal untuk populer ada yang 2 . hari raya Iedul Fitri adalah momen untuk kita melihat kembali sejarah hidup kita selama satu tahun ke belakang. tapi hari itu juga merupakan tanda bagi lembar kehidupan mereka yang baru. Hari raya Iedul Fitri. Amiin. Saat ini adalah hari kemenangan . hampir seluruh waktu. Pada pagi 1 Syawal 1433 H ini. yang katanya madu itu bernama “ Kesuksesan “ . kita renungkan. dan kita ambil hikmahnya. Allahu Akbar 3x. bulan rahmat yang membuahkan takwa dan mengembalikan fitrah. Kita anggap . sekitar satu miliar muslim di seluruh dunia berkumpul di mesjid-mesjid dan di tempat-tempat lapang. Jamaah sholat ‘idul fitri rahimakumullah.

padahal untuk mendapat titel artis itu ada yang sampai menjual kehormatannya. Insya Allah. Hadirin Rahimakumullah. padahal ada yang kaya karena nyunat uang rakyat. Allahu Akbar 3x.sampai menggadaikan dirinya dan melakukan perbuatan hina. kejayaan dunia dan akhirat akan diraih dan digenggam oleh umat ini. Sukses Akhiratnya juGa ) Jadi. telah jaya.Ag ( Sukses Penghidupan Dunia. Jamaah sholat ‘idul fitri rahimakumullah. Jadi . telah beruntung orangorang yang membersihkan diri atau selalu intropeksi diri. telah sukses . dan menyebut nama tuhannya serta mendirikan sholat “ Itulah hamba-hamba Allah yang diberi gelar dan titel S. itu orang yang sukses. Kita anggap para artis itu orang yang sukses . uangnya berlipat-lipat . telah beruntung orang-orang yang mempunyai cahaya iman “ Dalam surat yang lain. S. mobilnya mengkilat.dalam Al-Qur’an Surat Al-Mu’minun disebutkan                       “ Sungguh. Kita memang tidak lihat proses itu. telah sukses. siapakah yang dipandang sukses oleh Allah ? …. 3 . yaitu Surat Al-A’laa :                                     “ Sungguh. Wa lillahil hamd. kesuksesan sebenarnya adalah dengan menaati peraturan-peraturan Allah dan membentuk generasi yang patuh dengan peraturan-peraturan-Nya. telah jaya. Kita anggap orang yang rumahnya bertingkat. kita hanya lihat ujungnya saja.Pd.

Pendidikan yang didasari dengan ruh-ruh agama yang disertai keteladanan. Allahu Akbar 3x.4 juta setahun. andaikata kita sangat sedikit . Jadi . umumnya biaya pendidikan di rumah tangga kita sangat kecil. sehingga yang benar dikatakan salah dan yang salah dipandang benar. maka akan menghantarkan negeri ini ambruk dan hancur. Mengapa ? ……karena pendidikan . orang benar bisa dianggap salah . waktu. Tapi biaya untuk sekolah atau belajar agama untuk anaknya beberapa ribu saja ada yang tidak sanggup.. tidak jelas nilai penghormatannya. Berbagai nilai dan norma telah dijungkir balikan sedemikian rupa. karena pelajaran tentang nilai-nilai moral belum standar.. Kita sekarang kabur nilai-nilai ini. orang jujur dianggap bodoh. jaman dimana keimanan dianggap sepele oleh sebagian besar penduduk dunia. Makin banyak orang-orang jahat dan yang menggerogoti uang rakyat . Demikian pula anak kepada orangtua. akan mengantarkan negeri ini sukses.. Ikhwanii Fid Diin Rahimakumullah. Jamaah sholat ‘idul fitri rahimakumullah.Untuk membentuk manusia-manusia yang sukses . sementara pengkhianat diangkat menjadi pemimpin dan pemuka masyarakat. Wa lillahil hamd. Baik pendidikan di sekolah ataupun di keluarga. belum dianggap hal yang penting. sangat bakhil meluangkan biaya. orang jujur disingkirkan . tenaga untuk mendidik putra-putra kita. tentu tidak lepas dari pentingnya pendidikan. orang berpakaian baik-baik dianggap kuno karena apa ?. Makin banyak orang-orang yang sukses . Kesuksesan sebuah negeri adalah kesuksesan dari manusia – manusia yang ada di negeri tersebut. Saat ini kita sedang hidup disuatu jaman yang memprihatinkan . 4 . amat menyedihkan . Kalau nilai-nilai kebenaran kabur. Sekarang . bahkan ada yang mungkin lebih dari itu. Maka. 5. bahkan ada seorang ayah biasa merokok 450 ribu perbulan. program yang paling penting adalah program membangun manusia – manusianya . Para pengingkar agama Allah yang telah jelas-jelas bergelimang didalam kemaksiatan diperlakukan laksana pahlawan yang fardhu ‘ain didoakan dan dikenang jasanya.

sampai-sampai orang-orang Eropa rela meninggalkan kampung 5 . bahkan dengan akhlak inilah umat Islam dapat sukses dan mengungguli bangsa-bangsa lain sebagaimana yang ditulis dalam sejarah dengan tinta emas. orang-orang yang mengamalkan ajaran Islam akan dianggap asing dan aneh. dimana pada masa itu umat Islam benar-benar di segani dan diperhitungkan oleh dunia barat. dua cahaya ilahiyah yang akan membuat manusia mendapat kebahagiaan yang hakiki. Bahkan kejujuran yang merupakan akhlak Islam pun jadi barang langka . Dan sudah masyhur di kalangan para peneliti dan cendikiawan yang obyektif dan jujur dalam informasi sejarah Islam . dua cahaya Alloh yang tidak akan pernah pudar sampai berakhirnya alam semesta. baik yang berasal dari kelompok muslim atau non muslim. Padahal dengan sifat mulia inilah Islam dapat menyebar dengan pesat karena ketinggian dan keluhuran ajarannya. Orang yang mengamalkan dan mempraktekkan ajaran Islam yang sebenarnya akan dianggap kolot dan ketinggalan jaman. Sebagaimana Islam dianggap asing dan aneh ketika ia pertama kali datang. yang katanya hanya dimiliki oleh orang-orang yang tidak mau kaya. maka beruntung sekali orang-orang pada masa itu yang dianggap asing yaitu orang-orang yang memperbaiki sunnahku yang telah dirusak setelah sepeninggalku nanti “ ( Sebagian teks hadits ditakhrij oleh Muslim ) Dari hadits tersebut. Ini menunjukkan bahwa di akhir jaman sangat sedikit sekali orang-orang yang mengamalkan Islam sebagaimana aslinya. bahwa masa kesuksesan umat Islam terjadi pada abad 13 hingga 19 masehi . Rasulullah SAW mengabarkan bahwa di akhir jaman . dan ia nanti akan kembali dianggap asing. Bahkan jaman keemasan Islam dan kesuksesan yang pernah diraih oleh umat ini pun dikarenakan umatnya sangat berpegang teguh dengan aturan – aturan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.Alangkah beruntungnya hamba-hamba Allah yang termasuk dalam prediksi Nabi Muhammad SAW yang telah diberitakan oleh beliau 15 abad yang lalu :                        “ Islam ketika pertama datang dianggap asing.

yang Menguasai setiap makhluk-Nya membukakan pintu hati kita untuk mengenal indahnya hidup dalam kebenaran. Semua kesuksesan dan kemuliaan itu terjadi karena pada masa itu umat terbaik ini yaitu umat IslaPm berpegang teguh dan mengamalkan ajaran Islam secara menyeluruh. mulianya hidup teguh dalam kebenaran dan bisa menjadi penyampai kebenaran kepada hamba-hamba Allah lainnya. memohon kepada Allah Yang Maha Rahman dan Maha Rahim untuk kebaikan kita dan umat Islam dimana saja berada: ‫اللهم صل وسلم علي نبينا محمد وعلي آله وصحبه أجمعين. menundukkan kepala. Semoga Allah yang Maha Gagah . bahasa Al-Qur’an. ُ ْ ِ ّ ُ ْ ُ َ ْ َ ُ ُ ّ ِ َ ْ ِ ِ ُ ْ ِ ِ َ ِ َ ْ ُ َ َ ْ ِ َ ُ ِ ْ َ ْ ََ َ َ ْ ِ ْ َ ُ ْ ُ َ ‫. Jamaah sholat ‘idul fitri rahimakumullah. akhirnya marilah kita berdo’a.أقول قولي هذا وأستغفر ال لي ولكم ولسائر المسْلمين، إنه هو الغفور الرحيم‬ Hadirin. آمين يارب‬ ‫العالمين‬ ‫اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين زالمؤمنات الحياء منهم‬ ‫والموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات‬ ‫اللهم آت نفوسنا تقواها وزكها فأنت خير من زكاها أنت وليها ومولها‬ ‫اللهم حبب الينا اليمان وزينه في قلوبنا وكره الينا الكفر والفسوق‬ ‫والعصيان واجعلنا من الراشدين‬ ‫اللهم إنا نعوذ بك من النفاق والرياء والشقاق وسوء الخلق‬ ‫ربنا ل تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب‬ 6 . yang menggenggam langit dan bumi.halamannya untuk mempelajari berbagai cabang ilmu pengetahuan yang pada masa itu baru ditulis dalam bahasa Arab.

‫ربنا اغفر لنا ولخواننا الذين سبقونا باليمان ول تجعل في قلوبنا غل للذين‬ ‫آمنوا ربنا إنك رءوف رحيم‬ ‫ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الخرة حسنة وقنا عذاب النار‬ ‫تقبل ال منا ومنكم‬ ‫7‬ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful