MODUL KULIAH REKAYASA PELABUHAN

PENDAHULUAN
DEFINISI PELABUHAN Di Indonesia dikenal dua istilah yang berhubungan dengan

pelabuhan yaitu bandar dan pelabuhan 1. Bandar (harbour) adalah daerah perairan yang terlindung terhadap gelombnag dan angin untuk berlabuhnya kapal-kapal. Bandar hanya merupakan daerah perairan dengan bangunanbangunan dan yang diperlukan Bandar untuk hanya pembentukkannya, merupakan tempat perlindungan dan perawatn, seperti pemecah gelombang, jetty sebagainya. bersinggahnya kapal untuk berlindung, mengisi bahan bakar, reparasi dan sebagainya, tetapi tidak untuk bongkar muat barang. Estuari atau muara sungai dengan kedalaman air yang memadai dan cukup terlindung untuk kapal-kapal memenuhi kondisi suatu bandar. 2. Pelabuhan (port) adalah daerah perairan yang terlindung terhadap gelombang, yang dilengkapi fasilitas terminal laut meliputi dermaga, tempat kapal bertambat untuk melakukan bongkar muat barang. Suatu dermaga dilengkapi dengan krankran bongkar muat, gudang laut (transito) dan gudang yang digunakan untuk menyimpan barang dalam jangka waktu yang cukup lama selama menunggu pengiriman ke daerah tujuan atau darat. PELABUHAN DI INDONESIA Sistem pelayaran di Indonesia dibedakan menjadi pelayaran pantai dan pelayaran samudera. Pelayaran pantai adalah pelayaran antar pulau atau pelayaran Nusantara, mempunyai wilayah operasi di seluruh perairan Indonesia. Pelayaran samudera adalah pelayaran 1 pengapalan. Suatu pelabuhan umumnya dilengkapi dengan jalan kereta api, jalan raya atau saluran pelayaran

Pelabuhan yang tidak diusahakan 2 . kecuali dengan ijin. Pelabuhan pantai adalah pelabuhan yang digunakan untuk melayani laut perdagangan pelabuhan dalam yang negeri sehingga jalur tidak bebas disinggahi oleh kapal-kapal asing. Pelabuhan khusus Ditinjau dari segi pengusahaannya: 1. pelabuhan dikelola oleh perusahaan milik negara yaitu PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang dibagi menjadi 4 wilayah. Regional Collector Port 3. Pelabuhan adalah melayani perdagangan internasional sehingga bebas dimasuki oleh kapal-kapal asing yang berukuran besar. Feeder port MACAM PELABUHAN Ditinjau dari segi penyelenggaraannya: 1. Ditinjau dari segi perdagangan internasional dan nasional.MODUL KULIAH REKAYASA PELABUHAN yang beroperasi dalam perairan internasional dan membawa barang-barang ekspor dan impor dari satu negara ke negara lainnya. pelabuhan dibedakan menjadi pelabuhan pantai dan pelabuhan laut. pelabuhan digolongkan menjadi empat yaitu: 1. Selain itu terdapat pula pelayaan rakyat sebagai usaha rakyat yang bersifat tradisional dan merupakan bagian dari usaha angkutan di perairan yang menggunakan perahu kecil atau perahu layar. Di Indonesia. Pelabuhan yang diusahakan 2. Pelabuhan umum 2. Kebijakan pengelolan pelabuhan di Indonesia berdasarkan sistem 4th Gate Way Ports System. Gate way ports 2. Trunk port 4. Berdasarkan hal tersebut.

Pelabuhan laut 2. Pelabuhan pantai 3 .MODUL KULIAH REKAYASA PELABUHAN Ditinjau dari fungsinya dalam perdagangan internasional 1.

MODUL KULIAH REKAYASA PELABUHAN Ditinjau dari penggunaannya: 1. kapal khusus Beberapa definisi istilah pada kapal:         Draft Lenght of overall Lenght of perpendicular Beam DPL DWT GRT NRT 4 . Pelabuhan barang 4. Pelabuhan alam 2. Kapal barang umum 2. Pelabuhan penumpang 5. Pelabuhan ikan 2. kapal tanker 4. Pelabuhan buatan 3. Pelabuhan militer Ditinjau menurut letak geografis: 1. Pelabuhan semi alam KAPAL Jenis kapal 1. Kapal barang Kapal barang dibedakan menjadi: 1. kapal barang curah 3. Pelabuhan campuran 6. Pelabuhan minyak 3. Kapal penumpang 2.

Bila dengan angkutan darat. mulai dari yang berukuran kecil sampai besar. banyak jenis kegiatan yang harus dilakukan di pelabuhan. angkutan darat atau angkutan laut? Bila dengan pesawat. Pelabuhan dapat bernilai ekonomis. Bagaimana cara membawanya. Pendapatan pelabuhan dapat berasal dari jasa bongkar muat. dengan pesawat.MODUL KULIAH REKAYASA PELABUHAN ARTI PENTING PELABUHAN Pertanyaan mendasar mengenai arti penting pelabuhan adalah bila kita membayangkan jenis-jenis barang yang beredar di pasar. 5 . pelabuhan merupakan pintu pertama masuknya barang ke suatu negara atau daerah. mampu memberikan kontribusi sebesar 75% terhadap pendapatan negara. maka masa depan moda transportasi laut merupakan moda transportasi yang sangat penting bagi perdagangan antar negara. bila volume barang yang masuk dan keluar dari pelabuhan tersebut besar. Satu contoh buah kiwi yang berasal dari New Zealand atau kurma yang berasal dari Arab Saudi. Dengan kata lain. mengingat biaya satu orang untuk naik pesawat dengan bagasi maksimum 20 kg ke luar negeri bisa mencapai 4 sampai 5 juta rupiah. Bagaimana barang-barang tersebut bisa kita dapat di negara kita? Tentu ada yang membawanya. berapakah biaya yang diperlukan untuk angkutan darat menyeberang lautan yang memisahkan negara-negara tersebut dari negara kita? Mencermati angkutan laut merupakan moda transportasi yang paling ekonomis dibandingkan moda transportasi lainnya dan lautlah yang menghubungkan antar negara satu dengan lainnya. Satu contoh pelabuhan milik negara tetangga. Transportasi laut mengunakan kapal-kapal laut berukuran sangat besar dan bentuk yang disesuaikan dengan jenis barang yang diangkutnya. jasa reparasi dan pelayanan kapal yang berlabuh di sana. Oleh karena. berapa banyak buah kiwi dan kurma yang mampu diangkut? Dan sanggupkan kita membelinya?. Singapore. Pelabuhan merupakan prasarana bagi kapal untuk membongkar muat barang yang dibawanya.

Dan sudah selayaknyalah sebagai negara maritim/kepulauan. baik dari segi pelayanan maupun jumlah.MODUL KULIAH REKAYASA PELABUHAN Bagaimana dengan Indonesia? Negara dengan jumlah pulau mencapai 17. merupakan kawasan yang memiliki potensi tinggi dalam perdagangan dunia.000 km dan jumlah penduduk yang sangat besar. panjang garis pantai 81. pelabuhan yang kita miliki masih sangat kurang. pembangunan kelautan lebih ditingkatkan untuk meningkatkan pendapatan negara. Akan tetapi. 6 .000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful