RPP KIMIA Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pembelajaran Alokasi

Waktu : SMA N 1 Banjarmasin : Kimia : Kelas XI/ Semester II : Koloid : 6 x 45 menit

___________________________________________________________________________ I. Standar Kompetensi: 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. II. Kompetensi Dasar: 5.2 Mengidentifikasi sifat-sifat koloid. III. Indikator A. Kognitif 1. Produk: a. Mengamati dan menjelaskan hasil pengamatan tentang efek Tyndall, dan gerak Brown. b. Memperagakan proses penjernihan air dengan cara menambahkan koagulan. c. Menjelaskan koloid liofil dan liofob serta perbedaan sifat keduanya dengan contoh yang ada dilingkungan. 2. Proses:  Melakukan instrumen bagaimana sifat partikel koloid bila diberi cahaya.  Melakukan instrumen bagaimana cara menentukan bahwa partikel koloid mempunyai muatan.  Melakukan instrumen apa yang menyebabkan partikel koloid tidak stabil.  Melakukan instrumen bagaimana cara mengkoagulasikan partikel koloid dan apa manfaatnya.  Membuat diagram proses penjernihan air dan jelaskan prosesnya  Mengidentifikasikan koloid liofod dan liofil B. Afektif 1. Karakter: disiplin, dan bekerjasama 2. Keterampilan sosial: berpendapat atau menyumbangkan ide, dan berkomunikasi

berpendapat atau menyumbang ide. d. B. Materi Ajar  Sifat . b. Membuat diagram proses penjernihan air dan penjelasan prosesnya. Mengamati dan menjelaskan hasil pengamatan tentang efek Tyndall. paling tidak siswa memperlihatkan kemajuan dalam menunjukkan perilaku keterampilan sosial. Model dan Metode Pembelajaran: Model Pembelajaran Metode : Kooperatif tipe Direct Instruction : eksperimen. Mengetahui bagaimana sifat partikel koloid bila diberi cahaya. Memperagakan proses penjernihan air dengan cara menambahkan koagulan. dan berkomunikasi. Tujuan Pembelajaran: A.IV. Mengetahui apa yang menyebabkan partikel koloid tidak stabil. Keterampilan sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. c. Mengerti bagaimana cara mengkoagulasikan partikel koloid dan apa manfaatnya. c. Mengidentifikasikan koloid liofod dan liofil. Afektif 1. V. dan bekerjasama. Proses: Diberikan alat dan bahan serta LKS SMA agar siswa dapat : a. 2. diskusi. dan gerak Brown. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. dan pemberian tugas VII. e. Menjelaskan koloid liofil dan liofob serta perbedaan sifat keduanya dengan contoh yang ada dilingkungan. Bahan Percobaan: . Mengetahui bagaimana cara menentukan bahwa partikel koloid mempunyai muatan. minimal siswa memperlihatkan kemajuan dalam menunjukkan prilaku karakter disiplin.sifat koloid VI. Produk: Berdasarkan hasil instrumen siswa dapat: a. 2. Kognitif 1. b. f.

Siswa berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompoknya untuk mendiskripsikan dan setiap siswa disiplin dan bekerja sama atas kesimpulan yang dibuat. Pendahuluan Kegiatan 1. b. guru meminta siswa merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati sifat-sifat koloid seperti efek Tyndall. kelompok lain diharapkan menyumbangkan ide dan mengkomunikasikan pendapatnya dengan baik. kestabilan koloid. (Fase 1) Waktu 50 menit B. keterampilan sosial dan karakter. Melakukan evaluasi dengan meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil kinerjanya (melatih tanggung jawab) dan ditanggapi oleh kelompok lain. Inti Kegiatan 1. Pada saat presentasi. gerak Brown elektroforesis. (Fase 4) 5. Menggali informasi dengan meminta siswa mengidentifikasikan sifat-sifat koloid. 4.b. Kemudian membagikan LKS untuk melakukan percobaan. 2. Proses Belajar Mengajar A. (Fase 2) 2.c. koagulasi.d. (Fase 3) 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif yang heterogen terdiri dari 3 – 4 orang. (Fase 5) Waktu 190 menit .VIII.e dan f). Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk (no: a. Memotivasi siswa dengan menunjukkan/menjelaskan sifat-sifat koloid. dan c). Alat Percobaan : IX. Dipandu LKS yang diberikan. proses (no: a.

Klaten. Guru bersama siswa menyimpulkan mengenai hasil percobaan tentang sifat-sifat koloid. Penutup Kegiatan 1. 2009. Pegangan Guru Kimia Kelas XI Semester 2. Guru memberikan latihan-latihan dan tugas mengenai sifat-sifat koloid. LKS SMA Koloid 2. S. januari 2012 Guru mata pelajaran Dra. Sumber Pembelajaran 1.pd Kusuma Wardani. Klaten. LP 4: Pengamatan Keterampilan Sosial Daftar Pustaka Dyah Rufaida.2006. M. Kimia Untuk SMA Kelas XI. Intan Pariwara. Intan Pariwara Mengetahui Kepala sekolah SMA N 1 Banjarmasin Banjarasin. LP 2: Proses 4.Fitriana. Michael. Emi. 2. 2011. Purba. Anis dkk. LP 3: Pengamatan Perilaku Berkarakter 5. Jakarta : Erlangga Sulami.Pd . Waktu 30 menit X. LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1 3.C. Buku Pr Kimia Kelas XI.

........ Apa yang dimaksud dengan efek Tyndall? 2....... 5. Berikan contoh dari koloid hidrofil dan koloid hidrofob... ..... Gerak Brown ialah gerakan partikel koloid terus-menerus dengan gerak patah-patah.... Berikan contoh koagulasi dala kehidupan sehari-hari. Gerak Brown terjadi sebagai akibat tumbukan yang tidak seimbang dari molekulmolekul medium terhadap partikel koloid. diakibatkan oleh adanya tumbukan antara partikel-partikel koloid dengan medium pendispersinya........ STANDAR KOMPETENSI 5..2 Mengidentifikasi sifat-sifat koloid.. Judul : Mengidentifikasi sifat-sifat koloid...I... 6.... 1..... KOMPETENSI DASAR 5...... Apa yang dimaksud dengan proses adsorpsi? 5. Judul : Mengidentifikasi sifat-sifat koloid. 2...... sehingga tidak dapat lagi mengelompok.. Efek Tyndall ialah hamburan cahaya oleh partikel-partikel koloid yang mengakibatkan tampaknya jalannya sinar yang melewati koloid. 9. Tujuan : .. 3. Apa penyebab terjadinya gerak Brown ? 4. Partikel koloid memiliki kemampuan menyerap berbagai macam zat pada permukaannya. Apa perbedaan antara koloid hidrofil dan koloid hidrofob..... Apa yang dimaksud dengan proses dialisis? 7...... Kunci LKS I............ LEMBAR KEGIATAN SISWA I...... Penyerapan pada permukaan ini disebut adsorpsi.. Apa yang dimaksud dengan gerak Brown? 3............. Soal Uji Kompetensi 1. Untuk menstabilkan suatu koloid dan untuk membungkus partikel zat terdispersi... 10... 4................ Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari II........ Jelaskan fungsi koloid pelindung. II.. 8..... Berikan contoh koloid pelindung..

sol-sol logam. Dialisis ialah proses penghilangan muatan koloid dengan cara memasukkan koloid kedalam membrane semipremiabel dan kemudian dimasukkan ke dalam aliran zat cair. Sedangan koloid hidrofob ialah koloid yang fase terdispersinya berinteraksi lemah atau tidak ada interaksi dengan air sebagai medium pendispersinya. Gerak Brown terjadi karena . agar-agar. a) Gaya gravitasi b) tolak-menolak antara partikel koloid yang bermuatan sama c) tarik menarik antara parikel koloid yang berbeda muatan d) tumbukan antara partikel koloid e) tumbukan molekul medium dengan partikel koloid 2.. kanji. c) Pada pembuatan es krim digunakan gelatin untuk mencegah pembentukkan kristal besar es atau gula. detergen. Koloid hidrofil adalah koloid yang fase terdispersinya berinteraksi kuat dengan air sebagai medium pendispersinya. Contoh koagulasi : a) Pembentukan delta di muara sungai b) Karet dalam lateks digumpalkan dengan menambahkan asam format. a) adsorpsi ion-iom oleh partikel koloid . Mengidentifikasi sifat-sifat koloid 5. c) Lumpur koloid dalam air sungai dapat digumpalkan dengan menambahkan tawas. Contoh koloid pelindung : a) Sabun dan detergen b) Cat dan tinta dapat bertahan lama karena menggunakan suatu koloid pelindung.2.6. Mengidentifikasi sifat-sifat koloid Soal Uji Kompetensi. LP. d) Asap atau debu dari pabrik/industry dapat digumpalkan dengan alat koagulasi listrik dari Cottrel. mayonnaise. Koloid hidrofil : Protein. dan gelatin. Produk 01. 8. 7. Partikel koloid bermuatan listrik karena. sol belerang. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat ! 1. 9.. sabun. Koloid hidrofob : Susu. 10.

lemak dalam air 5. A. liofob 4. lebih mudah dikoagulasikan (skor : 2) (skor : 2) (skor : 2) (skor : 2) (skor : 2) skor yang diperoleh Nilai = --------------------------. D. D. adsorpsi ion-iom oleh partikel koloid 3.b) absorpsi ion-iom oleh partikel koloid c) partikel koloid mengalami ionisasi d) pelepasan electron oleh partikel koloid e) reaksi partikel koloid dengan mediumnya 3.x 100 skor maksimal . LP.2. a) amilum dalam air b) protein dalam air c) putih telur dalam air d) lemak dalam air e) agar-agar dalam air 5. Produk 01. Mengidentifikasi sifat-sifat koloid 1. E. Produk 01. Dibandingkan terhadap sol liofil maka sol liofob … a) Lebih stabil b) lebih kental c) memberi efek Tyndall yang kurang jelas d) lebih mudah dikoagulasikan e) bersifat reversible KUNCI LP. Sistem koloid yang partikel-partikelnya tidak menarik molekul pelarutnya disebut… a) liofil b) dialisis c) hidrofil d) elektrofil e) liofob 4. Mengidentifikasi sifat-sifat koloid 5. tumbukan molekul medium dengan partikel koloid 2.. E. Yang termasuk koloid hidrofob .

........... Rumusan tujuan percobaan Rumusan masalah dan hipotesis 5 10 Skor Nilai ... Jumlah Siswa Skor Asesmen Skor Maksimum Oleh Siswa Sendiri 5 10 Oleh Guru 3 4 5 15 10 15 6 7 5 20 50 Guru (............................2... Mengidentifikasi sifat-sifat koloid 5............) FORMAT PENILAIAN LAPORAN HASIL EKSPERIMEN Nama Kelompok _______________Tanggal _________ Kelas _____ Judul Percobaan: ...... No............................ Menarik simpulan Membuat laporan percobaan....................LP...... Komponen yang Dinilai Penilaian Bobot (%) 1............ Mengidentifikasi sifat-sifat koloid No 1 2 Rincian Tugas Kinerja Merumuskan tujuan Menyiapkan alat/bahan percobaan Melakukan percobaan Mengorganisasi data Menganalisis data percobaan............) (........................ Proses 02... 2........

5 (1 = sangat kurang. 2. 5 = sangat baik) Skor Total : Catatan Penting: Saran Penting: LP. Juli 2012 . 4. 4 = baik. Pengorganisasian data yang diperoleh dari kegiatan eksperimen 15 5. Analisis data sejalan dengan permasalahan yang 20 dipecahkan Pembahasan terhadap hasil analisis data memanfaatkan kajian pustaka yang dibuat Simpulan yang dibuat fokus pada tujuan atau rumusan masalah Tata tulis dan penggunaan bahasa Jumlah 20 6. Mengidentifikasi sifat-sifat koloid 5. Mengidentifikasi sifat-sifat koloid Format Asesmen Kinerja Psikomotor Skor Maksimum Skor Asesmen Oleh siswa Oleh sendiri Guru No Rincian Tugas Kinerja 1 Secara berkelompok siswa dapat melakukan percobaan untuk menentukan / mengelompokkan jenis-jenis koloid Skor Total 20 20 Banjarmasin.2. 7. 5 100% Skor Penilaian : 1. Relevansi kajian pustaka dengan masalah yang sedang dipecahkan 20 4.3. 3 = cukup. 3. 10 8. 03 Psikomotor . 2 = kurang.

Siswa Guru ( ) ( ) LP 04 :Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Siswa: Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini. beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini: D = Memerlukan perbaikan C = Menunjukkan kemajuan B = Memuaskan A = Sangat baik Kelas: Tanggal: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter No Rincian Tugas Kinerja (RTK) 1 2 3 4 Rasa ingin tahu Taat aturan Hemat Menjaga kebersihan Banjarmasin. Juli 2012 Memerlukan perbaikan (D) Menunjukkan kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik(A) Pengamat ( ) LP 05: Format Pengamatan Keterampilan Sosial Siswa: Petunjuk: Kelas: Tanggal: .

Menjadi pendengar yang baik Berkomunikasi baik antar siswa maupun terhadap guru. Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan perbaikan (D) 1.Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini. beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini: D = Memerlukan perbaikan C = Menunjukkan kemajuan B = Memuaskan A = Sangat baik Format Pengamatan Keterampilan Sosial No. Banjarmasin. 2. Juli 2012 Menunjukkan kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat baik (A) Pengamat ( ) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful