You are on page 1of 10

LAPORAN PRAKTIKUM

A. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat mengenal dan memahami NAT, ICS dan DHCP 2. Mahasiswa mampu melakukan sharing koneksi internet pada jaringan local menggunakan fasilitas NAT 3. Mahasiswa mampu melakukan sharing koneksi pada gLAN menggunakan failirtas ICS 4. Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi DHCP Server dan DHCP Client.

B. ALAT DAN BAHAN 1. PC Router yang telah terinstall windows Server 2. PC Client 3. Kabel UTP 4. Layanan internet

C. TEORI SINGKAT Protocol IP yang banyak digunakan saat adalah IP versi 4, dengan panjang alamt 4 byte, berarti terdapat 2 pangkat 32 = 4.294.967.296 alamt IP yang tersedia. Jumlah bit secara teoritis adalah jumlah computer yang dapat langsung terkoneksi ke internet. Karena keterbatasan inilah sebagian besar ISP hanya akan mengalokasikan satu alamat untuk satu pengguna dan alamat ini bersifat dinamik, dalam arti alamat IP yang diberikan akan berbeda setiap kali user melakukan koneksi ke internet. Hal ini akan emnyulitkan untuk bisnis golongan menengah kebawah. Di satu sisi mereka membutuhkan banyak computer yang terkoneksi ke internet, disisi lain hanya tersedia satu alamat IP, yang berarti hanya ada satu computer yang dapat terkoneksi ke internet. Hal ini bisa diatasi dengan metode Sharing Koneksi Internet, denga fasilitas sharing koneksi yang dijalankan di salah satu computer, satu alamt IP tersebut dapat dobagi kedalam beberapa computer yang lain dan mereka bisa melakukan koneksi ke internet secara bersamaan.
1
Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari

255 (192. sharing koneksi internet dapat dilakukan dengan dua cara : 1.0.31. dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.16. Teknik ini di sebut Many –to one NAT atau bisa disebut Port Address Translation (PAT).255. bisa di.255. yaitu : 10. Host dari internet tidak bisa menginisiasi koneksi ke internal host jaringan private karena hanya ada 1 publik IP Address yang terlihat di jaringan private.Dilingkungan system operasi windows.Teknik ini sangan bermanfaat jika diinginkan sluruh user di jaringna private meng-inisiasi koneksi ke internet.0 – 10. Banyak penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang trbatas. sedangkan jumlah PC yang sebenarnyalebih dari sat.168/16 previx) Karena alamat tersebut adalah private address yang dipakai unutk jaringan local tentunya tidak dapat berkomunikasin dengan jaringan lain di internet. dimana 1 private IP akan di translate menjadi 1 Public IP. Alamat yang biasa sebagai alamat jaringan private atau yang disebut private adaress space (RFC1918). Network Address Translation (NAT) Network Address Translation (NAT) adalah suatu metode untuk menghubungkanlebih ari satu computer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP.255 (10/8 previx) 172. tapi sebaliknya tidak diinginkan host dari internet untuk menginisialisasi koneksi ke PC user di jaringan private. Untuk itu perlu men-trnslate IP Address private menjadi public IP address.255. Alasan lain untuk menggunakan NAT adalah security.0. kebutuhan akan keamanan (security).168. Seluruh alamat jaringan private/local (missal 254 PC). 2 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari .255 (172.0.255.0.translate menjadi 1 p ublik IP.168. untuk kasus one-to-one NAT. karena semua host yang ingin terkoneksi di internet harus menggunakan alamat global atau public IPAddress.16/12 previx) 192.0 – 192.0 – 172.

point –to – point Tunneling Protocol (Pptp) dan virtual Private Network (VPN) 3. Dengan demikian adaministrtor jaringan tidak perlu lagi secara manual memberikan nomor IP pada saat konfigurasi TCP/IP di setiap client. maka computer tersebut melakukan request ke DHCP server untuk mendapatkan nomor IP. Mampu melakukan koneksi beberapa computer sekaligus melalui jaring an LAN dengan akses internet hanya pada satu internet service provider (ISP) 2. 4. Tidak memerlukan adanya penambahan software untuk client. Perlengkapan koneksi jaringan menggunakan Directory and Naming Service dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Computer yang memberikan alamat IP disebut DHCP server. Internet Connection Sharing (ICS) Internet Connection Sharing adalah suatu aplikasi yang diterapkan untuk menghubungkan beberapa computer pada sebuah jaringan local (LAN) sehngga bisa melakukan akses internet. tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP server. DHCP server setelah memberikan nomor IP.2. Penarapan atau penginstallan Internet Connection Sharing (ICS) hanya dilakukan/ dipasang di PC router ber-sistem operasi windows. 3. Kemampuan intenet Connection Sharing (ICS) antara lain : 1. Pada saat DHCP client dihidupkan. baik client windows maupun client non windows untuk bisa terkoneksi ke intenet. misalnya. sedangkan computer yang meminta I nomor IP disebut DHCP client.nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Dynamic Host Configuration Protocol (DHCngP) merupakan layanan yang se cara otomatis memberikan nomor IP kepada computer yang memintanya. DHCP server menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada didalam data base DHCP. sedangkan Clienya mengikuti standart network biasa. Jika tidak ada lagi 3 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari . maka server meminjamkan nomor IP yang ada ke DHCP client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar POOL . Mempunyai support protocol yang meliputi banyak hal. Aplikasi ini merupakan fasilitas bawaan Microsoft Windows.

D. maka nomor IP tersebut dikembalikan ke DHCP server. Memudahkan dalam mentransfer data kepada PC client atau PC server lain. artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya 4. Jam. Membangun jaringan LAN dan menghubungkan dengan local elektronika yang terhubung ke internet via jaringan UNP.dengan sendirinya tidak dapat tersambung ke jaringan tersebut. DHCP akan memberikan satu alamat IP dan Parameter-parameter konfigurasi lainnya kepda c. Sharing Koneksi Internet dengan NAT a. Pada jaringan internet dikenal dua macam IP yang digunakan yaitu. 4 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari . IP Private adalh IP yang digunakan untuk jaringan yang tidak terhubung ke internet. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable. jangka waktu disebut Leased Period. Setelah periode waktu tertentu. maka client tidak menginisialisasi TCP/IP. LANGKAH KERJA 1. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks 3. DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis. bulan . IP Private dan IP public. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan satu alamt IP untuk jangka waktu tertentu dari server 5. maka pemakaian DHCP client tersebut dinyatakan selesai dan client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak dapat memperbaharui permintaan kembali. atau selamanya. sedangkan IP public adalah IP yang digunakan oleh jaringan yang terhubung ke internet misalnya saat computer kita terhubung ke internet akan mendapatkan IP public dari ISP yng berupa IP dinamis dan jika diganti dengan IP private maka tidak bisa terhubung lagi.ient.nomor IP yang dapat diberikan. dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada client yang membutuhkan. 2. Kelebihan DHCP: 1. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit.

1.b.255..255.1. ubah nama koneksinya sesuai dengan kebutuhan. Dapat dilakukan melalui : Start I Control panel I Network Connection > klik. sedangkan NIC yang dipakai untuk menghubungkan ke jaringan LAN yang akan dibangun beri nama LAN.1 5 . Kemudian tampil jendela Network Connection NIC yang dipakai untk terhubung ke jaringan local Elektronika berikan nam WAN.1 10.masing NIC Konfigurasi WAN : IP Address Subnet mask : 192. Pastikan PC yang digunakan sebagai router untuk menghubungkan jaringan LAN ke jaringan local elektronika telah terpasang 2 buah NIC dan telah terinstall Windows 2003 Server c.5 Konfigurasi LAN IP Address Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari : 192.168.189.1.189.1. Untuk mempermudah mengenali kedua NIC yang digunakan. Mengkonfigurasi IP address untuk masing.1.0 Default Gateway : 192.168.1 DNS Server :10. d.201 : 255.168.

6 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari .1. Melakukan test koneksi menggunakan perintah PING ke alamat 192.168.255.5 e.5 Google.1 10.id g.1 10. klik kanan pada root Routing and Remote Access.255. lihat konfigurasi IP Address router dengan perintah : ipconfig /all f. Melalui Command Promt.1.1.1 10.1.Subnet mask : 255.189. Mengaktifkan layanan NAT Klik start> Administrator Tool > Routing and Remote Access h.co.1.1.1.0 Default Gateway : DNS Server :10.1. Melalui jendela Routing and remote Access.

Non aktifkan NAT yang telah dikonfigurasi Klik kanan pada nama Server. Pada jendela Routing and Remote Access akan tampil konfigurasi router NAT q. Buka jendela network Connection. klik kanan pada Icon Wan lalu pilih Properties. pilih interface WAN. baru ICS bisa dinonaktifkan c. Tunggu sampai proses wizard slesai p. d. Pada tab Advanced. Melakukan koneksi internet dari masing – masing host 7 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari . centang pilihan “allow other network users to connect throught this computer’s internet connection” e. Pada jendela Routing and Remote akan muncul nama server yang akan di jadika router NAT. Setelah NAT di disable. Lalu pilih Disable Routing and Remote Access. klik opsi Network address Translation (NAT) n. Selanjutnya muncul jendela NAT Internet Connection. Apabila sukses ikon WAN akan di tandai dengan Ikon sharing. l. Kemudian klik Add Server j. o. Pada jendela Add Server. Klik kanan pada nama server. Kemudian akan muncul jendela WAN properties. f. Klik next. yaitu interface yang dipakai untuk menghubungkan router dengan jaringn luar yakni ke jaringan local elektronika. ditandai dengan perubahan warna biru pada icon Server menjadi merah b. pilih Configure and Enable Routing and Remote Access m. Pada jendela Rouoting and Remote Access Setup Wizard. Sharing Koneksi Internet dengan ICS a. Tunggu sampai proses pe-nonaktifan selesai. pilih opsi This Computer k.i. Proses konfigurasi NAT telah selesai 2.

klik next l. Configurasi DHCP Server telah selesai o. Muncul jendela Server Role. Pada jendela Add Exclusive.1 dan 10.1. masukan alamt router local yang juga sekaligus alamt default gatewat. Klik Start > Administrative Tools > configure your server Wizard. Konfigurasi DHCP Server a. klik next i. Pada jendela Router. pilih opsi an IP Address Automatically” dan pilih juga optain DNS Server address automatically” lalu klik next.5) m. “ j.1. masukan range alamat yang akan dipakai untuk kebutuhan . Masukan range alamt IP DHCP h.3. Double klik pada internet Protokol (TCP/IP) q. setting lease IP Address. pilih opsi “ yes. pilih DHCP server. Muncul jendela “configure your Server Wizard”.1. Klik next n. Muncul jendela New Scope Wizard. Tunggu sampai proses installasi layanan DHCP server selesai e.1. Muncul jendela internet Protokol (TCP/IP) Properties. Pada jendela lease Duration. klik next f. I want to configure these option now”. Melalui jendela Scope Name. buat nama scope range alamat IP DHCP pada jaringan local g. Lalu klik next k. Pada jendela configure DHCP pilih Opsi “yes. Klik next c. Pada jendela Active scope. klik b. Klik next d. Iwant to active this scope now”. Mengaktifkan DHCP Client pada PC Client dengan cara Duoble klik pada ikon LAN Connection untuk menampilkan jendela LAN Properties p. Masukan alamt DNS Server (yang dipakai oleh UNP 10. 8 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari .

1 IP :192.co. 9 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari .1 10.168.1 : 10.168.1.1. harus diaktifkan secara bergantian. KESIMPULAN  Network Address Translation (NAT) dan Internet Connection Sharing (ICS) tidak bisa diaktifkan secara bersamaan.5 Gateway 192.1. Hal ini dilakukan untuk mengurangi konfigurasi secara manual pada setiap komputer sehingga meringankan dalam pengaturan pengalamatan pada suatu jaringan computer.E.5 Google.1.id respon Reply Reply Reply Reply F.168.1.  DHCP server (Dynamic Host Control Protocol) berfungsi untuk memberikan alamat IP secara otomatis pada setiap komputer klien yang terhubung ke suatu jaringan komputer.1.189. TABEL HASIL PRATIKUM Sharing Koneksi Internet dengan NAT Uji koneksi dengan perintah PING Dari Ke 192.

EVALUASI DAN PENUGASAN 1.  IP Publik ? IP Publik adalah IP yang digunakan oleh jaringan yang terhubung ke internet misalnya saat computer kita terhubung ke internet akan mendapatkan IP Publik dari ISP yang berupa IP dinamis dan jika diganti dengan IP Private maka kita tidak bisa terhubung ke internet.  DHCP Server? DHCP server (Dynamic Host Control Protocol) merupakan computer yang memberikan alamat IP secara otomatis pada setiap komputer klien.  Network Address Translation ? Network Address Translation adalahsuatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu computer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP.  Internet Connection Sharing ? Internet Connection Sharing (ICS) adalah suatu aplikasi yang diterapkan untuk menghubungkan beberapa computer pada sebuah jaringan local (LAN) sehingga bisa melakukan akses internet. misalnya untuk LAN dan biasanya digunakan private address space (RFC 1918).  DHCP Client? DHCP client adalah computer yang meminta nomor IP dari DHCP Server 10 Laporan Praktikum Oleh : Ratna Sari . Apakah yang dimaksud dengan :  IP Private? IP Private adalah IP yang digunakan untuk jaringan yang tidak terhubung ke internet. aplikasi ini merupakan fasilitas bawaan Microsoft Windows.