Pengertian Kenakalan Remaja Kenakalan remaja ialah sikap dan prilaku yang menyimpang dari aturan, peraturan sosial

, adat, hukum dan agama. Oleh karena itu setiap tindakan remaja yang dianggap salah atau tidak pada tempatnya dapat dikatakan /dikualifikasikan sebagai kenakalan. Latar Belakang Meningkatnya tingkat kriminal di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi banyak juga dari kalangan para remaja. Tindakan kenakalan remaja sangat beranekaragam dan bervariasi dan lebih terbatas jika dibandingkan tindakan kriminal orang dewasa. Juga motivasi para remaja sering lebih sederhana dan mudah dipahami misalnya : pencurian yang dilakukan oleh seorang remaja, hanya untuk memberikan hadiah kepada mereka yang disukainya dengan maksud untuk membuat kesan impresif yang baik atau mengagumkan. Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh remaja diantaranya :
      

Lari dari rumah Mencuri / pencurian Penipuan Bertindak kejam Melakukan perbuatan seksual Bersifat agresif Bersifat pengangguran

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kenakalan Remaja Faktor Dari Dalam Rumah Masa remaja identik dengan keceriaan, kebingungan, persahabatan, pengenalan diri dan sebagainya. Tidak jarang bila remaja mudah sekali tersinggung. Karena egosentrisnya, sehingga tak heran bila tawuran marak dimana-mana gampang sekali untuk perang adu mulut dengan siapa saja termasuk dengan orang tua dan guru. Khususnya remaja yang labil tidak tahan terhadap permasalahan yang menimpa dirinya, apalagi permasalahan yang timbul /berawal dari kondisi rumah /keluarga. Beberapa penyebabnya : Kurangnya perhatian dan kontrol dari orang tua Hal ini tampak jelas sekali pada para ibu yang bekerja dan bapak yang sibuk sepanjang hari, maka anak dipercayakan kepada pembantu sehingga perkembangan untuk identitas seorang anak sama sekali secara seimbang baik sisi jasmani, kejiwaan, akal serta psikologisnya, sebaliknya sama sekali tidak berkembangnya dan tentunya dia akan berusaha memaksakan kehendaknya kepada orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya untuk mendapatkan pengalamanpengalaman dari luar apalagi kalau lingkungan yang mendukungnya tersebut berada pada lingkungan yang tidak baik sehingga timbul permasalahan Kurangnya pendidikan agama (moral) Faktor ini yang bisa mempengaruhi prilaku remaja anak. Remaja akan memiliki filter dan

padahal si A tahu kalau perbuatan itu yang dilarang oleh agama bahkan diharamkan oleh Allah SWT. Sebenarnya remaja sendiri merasa tidak nyaman dengan kondisinya yang berada “di tengah-tengah” tidak jelas akan “Statusnya” tidak bisa dikatakan sebagai anak-anak tetapi juga belum bisa dikatakan dengan orang biasa. Sikap Solidaritas yang tinggi Sikap solidaritas yang tinggi antar remaja dapat menyebabkan pula kenakalan remaja. misalnya selalu melakukan hura-hura atau keonaran.berpikir yang matang. akal dan rohaninya. persahabatan. masa remaja identik dengan keceriaan. Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh : Remaja tersebut salah dalam bergaul Pergaulan sangat menentukan kepribadian seorang remaja. terutama sekali dalam pergaulannya. sehingga si A rela melakukan apa yang diperintahkan oleh si B. Apabila seorang remaja salah dalam bergaul. Misalnya si A orangnya baik. sehingga dia akan lebih hati-hati dalam menjalani hidupnya. Hal ini bisa terjadi karena rayuan dan bujukan teman sendiri untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan atau timbulnya sikap solidaritas yang tinggi atau ada keinginan ikut serta dalam melakukan sesuatu seperti terjerumus dalam tindakan-tindakan kriminal atau obat-obatan terlarang. otomatis prilaku remaja tersebut akan menyimpang dari norma-norma atau aturan-aturan yang telah ditentukan. kejiwaan. Faktor Lingkungan Lingkungan merupakan hal yang sangat mempengaruhi dalam perkembangan para remaja. misalnya si A disuruh minum-minuman keras oleh si B. karena si A dan si B menjalin persahabatannya dari kecil. pemabok dan suka mencuri. . pengenalan diri dan sebagainya. dia mempunyai teman namanya si B orangnya pembohong. kebingungan. orang tua yang bagus harus ada komunikasi kepada anak bagaimana kehidupan / karakteristik putra-putranya supaya tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik khususnya tentang kenakalan remaja yang timbul di lingkungan luar. rumah dan sekolah Kurangnya pemenuhan kebutuhan anak / remaja Pemenuhan kebutuhan pribadi anak penting dan mendesak agar kepribadiannya tumbuh secara seimbang dan sisi jasmani. apabila dalam hidupnya penanaman moral (agama) tetap terus ditanamkan Kurangnya komunikasi yang lancar antar keluarga Kembali pada sosok orang tua. Karena dikatakan tidak gaul oleh si B maka si A meminumnya dan melakukan halhal yang tidak baik lagi atau dilarang agama seperti melakukan perbuatan seksual. Faktor dari Sekolah Bergaul dengan teman yang memiliki moral yang keras yang terfokus melakukan hal-hal yang negatif. karena baik buruknya prilaku remaja tergantung dari pandai atau tidaknya remaja tersebut dalam bergaul terutama sekali pergaulan dalam lingkungannya. Hal ini sangat cenderung terjadi di kalangan remaja masa kini.

Membolos Sekolah 10. . Semua permasalahan itu contohnya : 1. Tawuran dan Perkelahian 8. terutama di negara kita Indonesia.Berbagai masalah tentang masalah pergaulan remaja pada masa ini. yang dikenal dengan baik budaya ketimuran kita yang terkenal mengerti akan sopan santun juga marak terjadi. Narkoba 2. Clubing 6. Mencuri 5. dsb. Penyakit HIV/AIDS 3. Merokok 9. Hamil di luar nikah 4. Perkataan Buruk dan Jorok 7. Peniruan Budaya Barat.

dan lama-lama pun akan ketagihan. bahkan negara sekalipun. dan media-media elektronik. bahkan terhadap orang tua. seperti koran atau majalah.Semua itu dikarenakan remaja sekarang mentalnya mudah turun. . dan melalui media-media massa. Akhirnya pun akibat mereka terasa berat bagi keluarga. Apalagi di zaman serba modernisasi dan globalisasi. masyarakat. Ada juga mereka yang terjebak ke dunia narkoba. akal sehat dan pikiran panjangnya pun tidak digunakan. Makin banyak anak yang tidak punya sopan santun dan tata krama terhadap teman. Sekarang. Mereka hanya mementingkan kepentingan sendiri atau golongan atau menuruti emosi atau juga mengandalkan ototnya saja. informasi tersebut makin menyebar ke seluruh pelosok dunia. Budaya Timur dan Indonesia pun mulai ditanggalkan dan hanya dianggap kuno. Awalnya mereka hanya ditawari rokok. anak muda mudah berperilaku seperti pergaulannya. Banyak yang datang ke klub malam dan diskotek untuk berfoya-foya. seperti tawuran antar siswa maupun mahasiswa. Keadaan itupun diperparah dengan mulai mengalirnya budaya barat yang mulai menutupi budaya timur yang sopan. Mereka berpakaian yang nyeleneh atau aneh. seperti halnya televisi atau internet.

terutama pengguna narkoba suntik. Saya juga ingin memberikan metode-metode dan tps-tips agar terhindar dari masalah pergaulan remaja. Mereka mendapatkan uang itupun dari yang tidak halal. saya selaku remaja ingin membeberkan keadaan remaja saat ini di negara kita Indonesia. para penggunanya pun rentan terkena penyakit HIV/AIDS. seperti mencuri uang orang tuanya. harus malu dan berani memutar balikkan dengan hal yang berguna bagi bangsa. Lalu. . Kita sebagai remaja yang perannya sebagai penerus kejayaan bangsa Indonesia pun. Hal yang sama juga dapat terjadi pada orang yang berhubungan intim pra nikah dan gonta-ganti pasangan. dan saya juga ingin mewujudkan para remaja memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan dan pergaulan mereka. Semua masalah itu akan menyebabkan image remaja menjadi buruk di mata masyarakat awam. mereka langsung membeli obat terlarang itu dengan mahal. apabila terjadi hamil di luar nikah. Di dalam karya ilmiah ini. Ditambah lagi. Akibatnya. mereka ditawari narkoba gratis. agama.Setelah itu. dan negara.

lingkungan masyarakat dan masa depan bangsa. tetapu lama-kelamaan menuju suatu tindakan kriminalitas yang sangat meresahkan. Pada umunya kenakalan remaja ini dilakukan oleh anak yang berumur antara 1518 tahun. Sudah banyak generasi muda yang menyadari peranan dan tanggung jawabnya terhadap negara di masa yang akan datang. perbuatan itu mereka lakukan dalam mencari jati diri mereka sebenarnya. Hal itu tak lain adalah persiapan mengemban tugas pembangungan pada masa yang akan datang. Memang tingkah laku mereka hanyalah merupakan masalah kenakalan remaja. tetapi dilain pihak remaja berusaha menghancurkan nilai2 moralnya sebagai manusia. namun saya hanya menyumbangkan sebagian kecil pemikiran masalah kenakalan remaja yang mungkin saja berguna untuk menambah pengetahuan para pembaca. Kenakalan remaja itu harus diatasi. Hal ini sangat memprihatinkan bagi kita semua. dicegah dan dikendalikan sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi tindak kriminal yang lebih besar yang dapat merugikan dirinya sendiri. 2008 in belajar.Remaja dan Permasalahannya (part 1) Posted: February 19. guru Tags: remaja. Tetapi. masa penyerahan tanggung jawab dari generasi tua ke generasi muda. Masa remaja merupakan masa dimana sedang beralihnya masa anak 2 menuju masa kedewasaan. Saat ini generasi muda khususnya remaja. telah digembleng berbagai disiplin ilmu. dibalik semua itu ada sebagian generasi muda yang kurang menyadari tanggung jawabnya sebagai generasi penerus bangsa. Pada masa ini jiwa mereka masih labil dan mereka tidak memiliki pegangan yang pasti. Disatu pihak remaja berusaha berlomba2 dan bersaing dalam menimba ilmu. edukasi 33 Berbicara mengenai masalah remaja tidak akan habis2nya. . Mereka berbuat sesuai dengan pikiran dan nalar.

Arus perubahan kehidupan yang berjalan amat cepat cenderung membuat individu merasa hanya seperti sebuah sekrup dalam mesin raksasa daripada seorang makhluk utuh yang memiliki di dalam dirinya suatu keyakinan akan identitas dir sebagai seorang pribadi. karena remaja merasa dirinya telah mandiri. fisiologi dan psikologis di dalam diri mereka maupun di tengah masyarakat tempat mereka hidup. Setiap periode hidup manusia punya masalahnya sendiri2.Masalah remaja sebagai usia bermasalah. Sikap apatis ini terwujud di dalam ketidakacuhannya akan apa yang terjadi di masyarakatnya. Kedua. yaitu : pertama. sikap apatis Sikap apatis meruapakan kecenderungan untuk menolak sesuatu dan pada saat yang b ersamaan tidak mau melibatkan diri di dalamnya. Perubahan2 ini dipergencar dalam masyarakat kita yang semakin kompleks dan berteknologi modern. kecemasan dan kurangnya harga diri . c. Remaja seringkali sulit mengatasi masalah mereka. seluruh masalah mereka selalu diatasi oleh orang2 dewasa. termasuk periode remaja. ketika masih anak 2. Remaja pada umunya mengalami bahwa pencarian jati diri atau keutuhan diri itu suatu masalah utama karena adanya perubahan2 sosial. b. Ada dua alasan hal itu terjadi. Hal inilah yang membuat remaja tidak mempunyai pengalaman dalam menghadapi masalah. maka mereka mempunyai gengsi dan menolak bantuan dari orang dewasa. kebutuhan akan figur teladan Remaja jauh lebih mudah terkesan akan nilai2 luhur yang berlangsung dari keteladanan orang tua mereka daripada hanya sekedar nasihat2 bagus yagn tinggal hanya kata2 indah. Adapun masalah yang dihadapi remaja masa kini antara lain : a.

Persahabatan dinilai dengan untung rugi atau malahan dengan uang. Banyak kaum muda yang mencoba mengatasi rasa cemasnya dalam bentuk “pelarian” (memburu kenikmatan lewat minuman keras. Bentuk2 dari perbuatan yang anti sosial antara lain : a. obat penenang. membuat para remaja sulit melibatkan diri secara emosional maupun efektif dalam hubungan pribadi dan dalam kehidupan di masyarakat. f. d. perasaan tidak berdaya Perasaan tidak berdaya ini muncul pertama-tama karena teknologi semakin menguasai gaya hidup dan pola berpikir masyarakat modern. hidup hura2 dengan pergi ke diskotik merupakan gaya hidup mewah yang tidak selaras dengan kebiasaan adat timur. seks dan lainnya). ketidakmampuan untuk terlibat Kecenderungan untuk mengintelektualkan segala sesuatu dan pola pikir ekonomis. Lebih jauh remaja mencari “jalan pintas”. .Kata stess atau frustasi semakin umum dipakai kalangan remaja. e. Anak2 muda yang berasal dari golongan orang kaya yang biasanya memakain pakaian yang mewah. obat2an dan seks pada mulanya berawal dari hanya mencoba-coba. misalnya menggunakan segala cara untuk tidak belajar tetapi mendapat nilai baik atau ijasah. Teknologi mau tidak mau menciptakan masyarakat teknokratis yang memaksa kita untuk pertama-tama berpikir tentang keselamatan diri kita di tengah2 masyarakat. pemujaan akan pengalaman sebagian besar tindakan2 negatif anak muda dengan minumam keras. Lingkungan pergaulan anak muda dewasa ini memberikan pandangan yagn keliru tentang pengalaman.

misalnya dengan melanggar tata tertib sekolah seperti bolos. . Ngebut.tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah. Hal ini semua bisa terjadi karena adanya faktor-faktor kenakalan remaja berikut: . ditangkap/diciduk POLISI akibat menjadi seorang bandar gele. Faktor Penyebab dan Tips Menghadapinya Minggu. anda dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang. Freesex.kurangnya pengawasan dari orang tua. dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. d. 01-02-2009 10:13:45 oleh: Edward Manopo Kanal: Opini Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok.pergaulan dengan teman yang tidak sebaya. Narkoba. Di sekolah. Membentuk kelompok (genk2) anak muda yang tingkah lakunya sangant menyimpang dengan norma yagn berlaku di masyarakat. atau yang lebih kita kenal dengan ganja. yaitu mengendarai mobil atau motor ditengah-tengah keramaian kota dengan kecepatan yang melampaui batas maksimum yang dilakukan oleh para pemuda belasan tahun. c. terlambat masuk kelas. . tidak mengerjakan tugas dan lain sebagainya.kurangnya kasih sayang orang tua. Fakta ini sudah tidak dapat diungkuri lagi. Dan saya pun pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri ketika sebuah anak kelas satu SMA di kompelks saya. .b. . . seperti tawuran antar kelompok Kenakalan Remaja.peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.

Jangan pernah kita mencegah hobinya maupun kesempatan dia mengembangkan bakat yang dia sukai selama bersifat Positif. handphone.Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah. yang gaya hidupnya sudah pasti berbeda. seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya. contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya.Anda sebagai orang tua harus menjadi tempat CURHAT yang nyaman untuk anak anda. Karena dengan melarangnya dapat menggangu kepribadian dan kepercayaan dirinya. dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya. radio. sehingga anda dapat membimbing dia ketika ia sedang menghadapi masalah. karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah..masalah yang dipendam Dan saya dapat memberikan beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja. . Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja: A. . . .kebasan yang berlebihan .tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya . yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun baik lebih tua darinya. semoga dapat berguna bagi anda.Biarkanlah dia bergaul dengan teman yang sebaya.dasar-dasar agama yang kurang . kita sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut.Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. yaitu: .Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini. Karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan teman main yang sangat tidak sebaya dengannya. . Terima kasih telah membaca artikel ini. maka dia pun bisa terbawa gaya hidup yang mungkin seharusnya belum perlu dia jalani.Kita perlu mendukung hobi yang dia inginkan selama itu masih positif untuk dia. dll.Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun. . Tindakan Preventif . .Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv. internet.

Penyesuaiam diri: mengenal dan menerima tuntutan dan menyesuaikan diri dengan tuntutan tersebut. Mengetahui kesulitan-kesulitan yang secara umum dialami oleh para remaja. Menguatkan sikap mental remaja supaya mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapinya b. 3. Kesulitankesulitan manakah yang biasanya menjadi sebab timbulnya penyaluran dalam bentuk kenakalan. c. memberikan perhatian khusus dan mengawasi setiap penyimpangan tingkahlaku remaja di rumah dan di sekolah. Usaha pendidik harus diarahkan terhadap remaja dengan mengamati. keadaan sosial keluarga maupun masyarakat di mana terjadi banyak kenakalan remaja. Pengenalan diri sendiri: menilai diri sendiri dan hubungan dengan orang lain. d. budi pekerti dan etiket. Sarana pendidikan lainya mengambil peranan penting dalam pembentukan pribadi yang wajar dengan mental yang sehat dan kuat. Usaha pencegahan kenakalan remaja secara khusus Dilakukan oleh para pendidik terhadap kelainan tingkahlaku para remaja. Usaha pembinaan remaja : a. Dengan usaha pembinaan yang terarah para remaja akan mengembangkan diri dengan baik sehingga keseimabnagn diri akan dicapai dimana tercipta hubungan yang serasi antara aspek rasio dan aspek emosi. guru pembimbing dan psikolog sekolah bersama dengan para pendidik lainnya. 1. Menyediakan sarana-sarana dan meciptakan suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar. b. dan yang lainnya.Usaha pencegahan timbulnya kenakalan remaja secara umum. . Pemberian bimbingan terhadap remaja tersebut bertujuan menambah pengertian remaja mengenai: a. Usaha memperbaiki keadaan lingkungan sekitar. Misalnya kepramukaan. Pikiran yang sehat akan mengarahkan mereka ke perbuatan yang pantas. sopan dan bertanggung jawab yang diperlukan dalam menyelesaikan kesulitan atau persoalan masing-masing. Pendidikan mental di sekolah dilakukan oleh guru. Memberikan pendidikan bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan melainkan pendidikan mental dan pribadi melalui pengajaran agama. Mengenal dan mengetahui ciri umum dan khas remaja 2.

remaja harus mentaati peraturan dan tata cara yang berlaku.c. B. Pendekatan langsung. Mengadakan kelompok diskusi dengan memberikan kesempatan mengemukaka pandangan dan pendapat para remaja dan memberikan pengarahan yang positif. C. b. Tindakan Represif Usaha menindak pelanggaran norma-norma sosial dan moral dapat dilakukan dengan mengadakan hukuman terhadap setiap perbuatan pelanggaran. Akan tetapi hukuman yang berat seperti skorsing maupun pengeluaran dari sekolah merupakan wewenang kepala sekolah. Bimbingan yag dilakukan dengan dua pendekatan: 1. Di rumah. c. Pelaksanan tata tertib harus dilakukan dengan konsisten. kepala sekolahlah yang berwenang dalam pelaksanan hukuman terhadap pelanggaran tata tertib sekolah. Memberikan wejangan secara umum dengan harapan dapat bermanfaat. Dengan melakukan permainan bersama dan bekerja dalam kelompok dipupuk solidaritas dan persekutuan denga Pembimbing. yang baik. Melalui percakapan mengungkapkan kesulitan si remaja danmembantu mengatasinya. melakukan pengawasan khusus oleh kepala sekolah dan team guru atau pembimbing dan melarang bersekolah untuk sementara atau seterusnya tergabtung dari macam pelanggaran tata tertib sekolah yang digariskan. Pada umumnya tindakan represif diberikan diberikan dalam bentuk memberikan peringatan secara lisan maupun tertulis kepada pelajar dan orang tua. Tindakan Kuratif dan Rehabilitasi . Sedangkan hak dan kewajiban anggota keluarga mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan umur. a. yakni bimbingan yang diberikan secara pribadi pada si remaja itui sendiri. Pendekatan melalui kelompok di mana ia sudah merupakan anggota kumpulan atau kelompok kecil tersebut: a. Orientasi diri: mengarahkan pribadi remaja ke arah pembatasan antara diri pribadi dan sikap sosial dengan penekanan pada penyadaran nilai-nilai sosial. Guru san staf pembimbing bertugas menyampaikan data mengenai pelanggaran dan kemungkinan-kemungkinan pelanggaran maupun akibatnya. b. Memperkuat motivasi atau dorongan untuk bertingklaku baik dan merangsang hubungan sosia. 2. Setiap pelanggaran yang sama harus dikenakan sanksi yang sama. moral dan etik. d. Dalam beberapa hal guru juga berhak bertindak. Disamping itu perlu adanya semacam hukuman yang dibuat oleh orangtua terhadap pelanggaran tata tertib dan tata cara keluarga. Di sekolah.

Masa remaja secara umum merupakan peralihan transisi dari masa kanakkanak ke masa remaja. kondisi fisik. emosi. tugas dan nilainilai. Untuk tugas perkembangan remaja bisa lihat disini Masalah yang timbul apabila tidak memenuhi tugas perkembangan remaja Menurut Hurlock (1973) ada beberapa masalah yang dialami remaja dalam memenuhi tugastugas tersebut. penampilan. sehat badani dan rohani. gangguan emosi dan gangguan perilaku sebagai akibat dari tekanan-tekanan yang dialami remaja karena perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya maupun akibat perubahan pada lingkungan. yaitu : 1. 2. Dalam segi psikis bayak teori-teori perkembangan yang memaparkan ketidakselarasan. sekolah. yaitu masalah yang timbul akibat status yang tidak jelas pada remaja. Pendidikan diulangi melalui pembinaan secara khusus. serasi dan dewasa.wordpress. Sebenarnya kenakalan remaja itu timbul akibat dari ketidak mampuan anak dalam menghadapi tugas perkembangan remaja yang harus dipenuhi. perubahan-perubahan psikis yang terjadi sebagai tugas perkembangan remaja itu akan berdampak negatif pada remaja. seperti masalah pencapaian kemandirian. Sumber: http://beb7n. ditambah dengan kondisi lingkungan dan sosial budaya serta . Jika tidak diwaspadai. yaitu masalah-masalah yang berhubungan dengan situasi dan kondisi di rumah. Masalah khas remaja.com Baca Juga Berita dibawah ini: Cara Mengatasi Kenakalan Remaja Masa remaja erat kaitannya dan sering sekali dihubung-hubungkan dengan yang namanya kenakalan remaja. Remaja masa kini banyak sekali tekanan-tekanan yang mereka dapatkan. Masalah pribadi. kesalahpahaman atau penilaian berdasarkan stereotip yang keliru.Dilakukan setelah tindakan pencegahan lainnya dilaksanakan dan dianggap perlu mengubah tingkahlaku si pelanggar remaja itu dengan memberikan pendidikan lagi. Dari pembahasan mengenai penanggulangan masalah kenakalan remaja ini perlu ditekankan bahwa segala usaha harus ditujukan ke arah tercapainya kepribadian yang mantap. teguh dalam kepercayaan dan iman sebagai anggota masyarakat. baik segi psikis maupun fisiknya. hal mana sering ditanggulangi oleh lembaga khusus maupun perorangan yang ahli dalam bidang ini. Pada masa remaja banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri anak. penyesuaian sosial. Semoga berman faat. mulai dari perkembangan fisiologi. Remaja diharapkan akan menjadi orang dewasa yang berpribadi kuat. adanya hak-hak yang lebih besar dan lebih sedikit kewajiban dibebankan oleh orangtua. bangsa dan tanah air.

padahal mereka masih tergolong dalam masa remaja. Stres. 2. Menurut hemat saya. secara psikologis anak belum mampu menghadapinya.perkembangan teknologi yang semakin pesat. Adapun faktor faktor yang dapat menyebabkan munculnya kenakalan remaja adalah Keluarga (rumah tangga). Faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja (dari segi lingkungan) Faktor lingkungan merupakan peran untama dalam membantu masa remaja untuk menyelesaikan tugas perkembangannya. Kriteria dari kedua faktor tersebut. kesepian. muatan agama/budi pekerti yang kurang. 1. faktor kerawanan masyarakat dan kedua. Sekolah Kondisi sekolah yang tidak baik dapat menganggu proses belajar mengajar anak didik. meskipun semua elemen sekolah bertanggung jawab atas perilaku anak di sekolah. Keluarga (rumah tangga) Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak/remaja yang dibesarkan dalam lingkungan sosial keluarga yang tidak baik atau disharmoni keluarga. Dalam hal ini yang paling berperan adalah guru Agama. yaitu pertama. kurikulum sekolah yang sering berganti-ganti. Faktor lingkungan yang sehat misalnya:ini dapat dibagi dalam 2 bagian. merupakan faktor yang kondusif bagi anak/remaja untuk berperilaku menyimpang. maka resiko anak untuk mengalami gangguan kepribadian menjadi berkepribadian antisosial dan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dalam keluarga sehat atau harmonis (sakinah). dan Kondisi Masyarakat (lingkungan social). faktor daerah rawan (gangguan kamtibmas). Misalnya. yang pada gilirannya dapat memberikan “peluang” pada anak didik untuk berperilaku menyimpang. 1990). Sekolah. keraguan pada diri remaja membuat mereka mengambil resiko dengan melakukan kenakalan remaja (Fuhrmann. 3. antara lain: Faktor Kerawanan Masyarakat (Lingkungan) . kesedihan. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya masalahmasalah psikologis berupa gangguan penyesuaian diri atau perilaku yang mengakibatkan bentuk penyimpangan perilaku yang disebut kenakalan remaja. kecemasan. guru PKN dan Bimbingan Konseling. tekanan-tekanan yang timbul dari lingkungan dan orang tua yang menginginkan anak melakukan peran dewasa. Kondisi Masyarakat (Lingkungan Sosial) Faktor kondisi lingkungan sosial yang tidak sehat atau “rawan”.

Pencemaran lingkungan 9.3/10 (3 votes cast) Tags: cara mengatasi kenakalan remaja. merupakan faktor yang kondusif (rawan) bagi terjadinya kenakalan remaja. 3. Cara Mengatasi Kenakalan Remaja Masa remaja sebagai periode merupakan suatu periode yang sarat dengan perubahan dan rentan munculnya masalah (kenakalan remaja). Untuk itu perlu adanya perhatian khusus serta pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja merupakan faktor penting bagi keberhasilan remaja di kehidupan selanjutnya. 8. guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan remaja di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat dilalui secara terarah. 2. obat-obatan terlarang lainnya Pengangguran Anak-anak putus sekolah/anak jalanan Wanita tuna susila (wts) Beredarnya bacaan. kiat mengatasi kenakalan remaja.1. Tindak kekerasan dan kriminalitas 10. 5. Tempat-tempat hiburan yang buka hingga larut malambahkan sampai dini hari Peredaran alkohol. 7. narkotika dan zat aditif lainnya Perkelahian perorangan atau berkelompok/massal Kebut-kebutan Pencurian. Demikian sedikit paparan mengenai cara mengatasi kenakalan remaja. 9. sehat dan bahagia. semoga kenakalan remaja di negeri ini berkurang. Majalah. dan lain-lain yang sifatnya pornografis dan kekerasan 7. 3. Rating: 8. perampokan Perkosaan Pembunuhan Tindak kekerasan lainnya Pengrusakan Coret-coret dan lain sebagainya Kondisi psikososial yang seperti ini. Penyalahgunaan alkohol. Selain itu perlu adanya kerjasama dari remaja itu sendiri. perampasan. 6. TV. Perumahan kumuh dan padat 8. makalah kenakalan remaja . 4. faktor penyebab kenakalan remaja. Kesenjangan sosial Daerah Rawan (Gangguan Kantibmas) 1. 2. tontonan. orang tua. 6. narkotika. penodongan. mengingat masa ini merupakan masa yang paling menentukan. 5. pengompasan. 4.

com .« Previous Pentingnya Pendidikan Seks (Sex Education) Next » Kena Read more: Cara Mengatasi Kenakalan Remaja | belajarpsikologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful