You are on page 1of 2

Geoteknik adalah suatu bagian dari cabang ilmu Teknik Sipil.

Didalamnya diperdalam pembahasan mengenai permasalahan kekuatan tanah dan hubungannya dengan kemampuan menahan beban bangunan yang berdiri diatasnya. Pada dasarnya ilmu ini tergolong ilmu tua yang berjalan bersamaan dengan tingkat peradaban manusia, dari mulai pembangunan piramid di mesir, candi Borobudur hingga pembangunan gedung pencakar langit sekarang ini. Salah satu contohnya ialah kemiringan menara pisa di italy disebabkan oleh kekurangan kekuatan dukung tanah terhadap menara tersebut. Secara keilmuan, bidang teknik sipil ini mempelajari lebih mendalam ilmu ilmu:
  

Mekanika Tanah dan batuan Teknik Pondasi Stuktur bawah tanah

Geologi Rekayasa
Prinsip-prinsip dasar dalam geologi, pengenalan jenis batuan dan manfaatnya, pengaruh geologi terhadap kenampakan bumi, dasar-dasar airtanah, sungai dan proses pantai. Pokok bahasan 1. Pendahuluan o Pengertian umum o Mineral o Gunung api dan pengaruhnya o pendahuluan6 2. Batuan o Batuan sedimen o Batuan Beku o Batuan metamorf o Pelapukan batuan 3. Patahan, lipatan dan pegunungan o Tekanan dan tarikan pada batuan o Lipatan dan patahan o Pembentukan pegunungan o Gempa bumi 4. Pergerakan massa batuan o Penyebab gerakan masa batuan o Tipe pergerakan massa batuan o Prediksi pergerakan massa batuan o Pencegahan pergerakan massa batuan 5. Sungai dan pengalirannya o Sungai o Morfologi sungai o Kontrol banjir o Evolusi sungai 6. Airtanah o Pengisian dan aliran airtanah o Muka airtanah o Perawatan kualitas airtanah

Geologi untuk Teknik Sipil. Bell. 1976. New York. Sumberdaya alam o Bahan bakar minyak o Sumber energi alternatif o Sumberdaya mineral o Penggunaan sumberdaya alam di masa mendatang 9. Material Geologi untuk Konstruksi o Batuan untuk bangunan o Lempung dan produknya o Kapur dan produknya o Material untuk agregat jalan 10.7. Perencanaan dan Pengembangan o Bencana geologi. Chernicoff. Zaruba. 4. Geology: An introduction to Physical Geology. 3. Erlangga. Geologi dan Konstruksi o Terowongan o Jalan raya o Jembatan o Fondasi untuk bangunan Rujukan 1. Vojtech. Quido and Mencl. Geologi. Engineering Geology. 2nd edition. Proses pantai o Gelombang arus dan pasang surut o Proses pembentukan pantai o Tipe pantai 8. 2007. asesmen resiko dan perencanaan o Peta Bencana o Pencemaran Lingkungan 11. Worth Publisher. Verhoef.G. 2. . Stanley and Ventakakrishnan Ramesh. Butterworth-Heinemann. 1990. Engineering Geology. 1995. F. Elsevier Scientific Publishing Company.