A.

Latar Belakang Pendidikan merupakan sebuah kewajiban bagi tiap manusia untuk memilikinya agar

dapat berkembang dan bisa berguna berguna bagi orang lain, juga bagi negaranya. Pendidikan mampu mengantarkan seseorang memiliki berjuta wawasan dan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mensejahterakan kehidupan. Dalam agama Islam pun manusia dianggap makhluk yang sempurna dibanding makhluk yang lain karena memiliki akal pikiran. Tujuan umum pendidikan Islam ialah terwujudnya sebagai hamba Allah, yang mampu beribadah kepada Allah guna mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Sedangkan, tujuan di Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1985 disebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Dengan adanya pendidikan yang maju maka akan majulah seluruh sendi-sendi kehidupan di negara tersebut. Contohnya, jika semakin banyak generasi muda yang merupakan hasil dari wujud pendidikan yang memiliki kepintaran, kecerdasan dan mampu mengemnbangkan seluruh kemampuannya maka akan mampu meningkatkan sendi perekonomian, sosial, budaya dan lain sebagainya yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejarah pendidikan di setiap negara berbeda dengan negara yang lainnya, seperti contoh pendidikan di Malaysia awalnya berupa sekolah-sekolah pondok, ini dikarenakan mendapat pengaruh pedagang muslim dari bangsa Arab dan India yang datang ke tanah Melayu untuk berdagang serta menyebarkan Islam. Kemudian pendidikan Malaysia di masa berikutnya dipengaruhi oleh negara Inggris dan Jepang yang pada saat itu menjajah Malaysia. Pasca kemerdekaan hingga sekarang, sistem pendidikan di negara Malaysia mengalami perubahanperubahan guna menyempurnakan jalannya sistem pendidikan di Malayasia agar tercapai tujuan pendidikan di Malaysia yang maju. Berbeda halnya dengan sistem pendidikan di Indonesia, sejarah pendidikan di Indonesia secara umum terbagi menjadi 3 sistem, yakni sistem pendidikan di zaman kerajaan, sistem pendidikan pra kemerdekaan, dan masa kemerdekaan. Meskipun pendidikan di Indonesia lebih dulu berkembang dari pendidikan di

fakultas bangunan atau teknik bangunan. Aktivitas pendidikan di kerajaan mataram kuno berupa penterjemahan buku-buku agama. Apa penyebab dari lemahnya sistem pendidikan di Indonesia ? II. pada kenyataanya pendidikan di Malaysia kini lebih maju daripada pendidikan di Indonesia. Untuk mengetahui sejarah mengenai pendidikan di Indonesia dan di Malaysia 2. Sejarah Pendidikan di Indonesia dan Malaysia Sejarah Pendidikan Indonesia Pendidikan di Indonesia sudah ada sejak masa kerajaan hindu-budha. Untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menentukan kemajuan pendidikan 4. fakultas sastra. Tujuan Penulisan 1. Bagaimana praktik sistem pendidikan di Indonesia dan di Malaysia ? 3. I. Perguruan tinggi di masa kerajaan mataram kuno sudah meliputi fakultas agama. Bagaimana sejarah pendidikan di Indonesia dan Malaysia ? 2. dan menterjemahkan buku lain ke bahasa jawa kuno. seperti kerajaan mataram kuno dan kerajaan sriwijaya. Pembahasan I. Bagaimana perbandingan sistem pendidikan di Indonesia dan di Malaysia ? 5.pendidikan indonesia di masa penjajahan belanda . makalah ini dibuaat untuk memaparkan perbandingan antara pendidikan di Indonesia dengan pendidikan di Malaysia. Rumusan Masalah 1. Oleh karena itu. Apa sajakah faktor yang menentukan kemajuan pendidikan ? 4.Malaysia. Untuk mengetahui praktik sistem pendidikan di Indonesia dan di Malaysia 3. Untuk mengetahui perbandingan sistem pendidikan di Indonesia dan di Malaysia 5. Untuk mengetahui penyebab lemahnya praktik sistem pendidikan di Indonesia B.

untuk kalangan anak pangreh praja. yang berusaha memperbaiki hidup beragama dengan amal-amal pendidikan dan sosial. 7. yang ditempatkan di kabupaten-kabupaten. Tergerak akan kebutuhan pendidikan bagi masyarakat indonesia. Pergerakan dalam Bidang Pendidikan 1. . Yang melatar belakangi pergerakan ini adalah kerusakan dalam bidang kepercayaan. 2. Sekolah kelas 2 yang dulunya 4 tahun dijadikan 5 tahun untuk dipertinggi rencana pelajarannya. eropa dan bangsa timur lainnya. Pada tahun 1907 sekolah kelas 1 dijadikan 6 tahun dan diberikan pelajaran bahasa belanda. c. Pada tahun 1875 pemerintah belanda mendirikan sekolah pamong praja yang diperuntukan lulusan sekolah kelas 1. pemerintah belanda mulai menaruh perhatian pada pendidikan rakyat indonesia. Kemudian mendirikan sekolah dasar yang lamanya 3 tahun. yaitu : a. kebekuan dalam hukum fikih. Pendidikan untuk golongan atas. Jenis-jenis sekolah yang dibangun oleh belanda :tahun 1850 didirikan kelas 1 yang lamanya 5 tahun.Belanda tidak demokratisasi dalam hal pendidikan. Pendidikan untuk golongan bawah. kemunduran bidang pendidikan Islam. Dalam permulaan abad 20. 5. maka di tahun 1903. Pendidikan untuk golongan bangsa belanda. b. tidak semua orang bisa mendapat pendidikan. 2. serta kemiskinan rakyat dan berkurangnya rasa gotong-royong. maka lahirlah pergerakan budi utomo. yang berusaha mempertinggi derajat bangsanya dengan cara mempertinggi pengetahuan dan pendidikan. Sistem yang digunakan disebut Three tract system. Muncul juga pergerakan muhammadiyah. 3. nampaklah perbedaan yang signifikan diantara bangsa indonesia itu sendiri. 4. Pada tahun 1920 pemerintah menciptakan sekolah baru yang disebut "schake school". Pada akhir abad 19 didirikan sekolah kelas 2 yang lamanya 4 tahun. 1. Oleh sebab itu.\ 6. pendidikan bagi rakyat umum dibuka dengan memperbanyak sekolah kelas 2.

yaitu sekolah vernakular melayu. atau sekarang disebut sekolah dasar. yang ada hanya ada 1 jenis sekolah rendah. Sekolah pondok dibangun dan dimajukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat. yang disebut "syou-gakko". Pendidikan pada zaman jepang tidak untuk memajukan bangsa Indonesia. Pendidikan di Zaman Jajahan Jepang (1942-1945) Pada zaman ini. Pendidikan pada Zaman Kemerdekaan Pemerintah Indonesia berusaha menyelenggarakan pendidikan yang diatur oleh Undangundang. Untuk sekolah pendidikan gurunya ialah "kyoin Yoogoi Sho" dan "Si Han Gakko". . dan madrasah. 3 tahun dan sekolah menengah atas. yang bertujuan kepada pembangunan perekonomian rakyat. tetapi mendidik anak-anak agar dapat menunjang kepentingan perang Jepang saat melawan sekutu.3. sekolah vernakular Inggris. didirikan untuk menolak kerja sama dengan pemerintah Belanda. Perguruan nasional taman siswa. Awal pendidikan di malaysia pada masa ini. tujuan pendidikan adalah mendidik menjadi warga negara yang sejati dan bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk negara dan masyarakat. pendidikan di malaysia berupa sekolah pondok yang berkembang seiring dengan pengembangan agama islam pada abad ke-14. 1. ras China. dan ras India sebagai ras lainnya. Demokratisasi pendidikan pada masa penjajahan Jepang juga mempunyai tujuan politis. Bahasa nasional negara malaysia adalah bahasa melayu. sekolah vernakular india. 2. karena ras melayu yang merupakan ras utama. sekolah vernakular China. pemerintahan jepang di indonesia menghapus berbagai pendidikan rendah. pendidikan pada tahun 1800-1956 Pada masa jajahan Inggris. menggunakan sistem yang bersandar kepada kemampuan diri sendiri. Negeri ini multi-etnis dan multi-ras dengan penduduknya kini lebih dari dua puluh tiga juta yang didominasi oleh ras Melayu. Selanjutnya ada sekolah menengah pertama. Pada masa kemerdekaan. Sejarah Pendidikan Malaysia Malaysia adalah negara satu rumpun dengan Indonesia. terbentuk lima jenis sekolah.

J Barnes yang fokus di perbaikan pendidikan orang melayu. yang berakibat pada peningkatan minat siswa untuk melanjutkan ke sekolah menengah. Dasar pendemokrasian pendidikan dimulai pada tahun 1962 yang menekankan pada pendidikan gratis intuk semua siswa. Lalu peletakan asas bagi perkembangan sistem pendidikan oleh Razak (1956) 3. Terdapat Jawatan kuasa yang lain. . sistem pendidikan yang lama dikaji ulang untuk mewujudkan satu sistem pendidikan nasional. Pendidikan Pasca Merdeka (1957-1970) Setelah malaysia merdeka. 4. pasukan Inggris mencoba masuk kembali ke tanah melayu. Mata pelajaran Civic diperkenalkan untuk menyemai semangat jati diri di kalangan pelajar. diantaranya penggunaan bahasa melayu sebagai bahasa pengantar yang utama. Pendidikan sains dan teknik lebih ditekankan pada tingkat menengah untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil. Peningkatan akses dalam pendidikan khususnya tingkat tertiari.Ketika di jajah Jepang. Jepang mengganti sekolah vernakular Inggris dan China dengan pengajaran tentang lagu-lagu klasik dan kebudayaan jepang dengan pengantar bahasa jepang. Pendidikan Zaman Dasar Pembangunan Negara (1991-2000) Di akhir abad ke-20 banyak perubahan terjadi dalam bidang pendidikan yaitu: a. Pasca perang dunia kedua dengan kekalahan Jepang. Penduduk Malaysia mendesak kepada pihak inggris untuk memperluas peluang pendidikan bagi putra-putri melayu. dan bahasa yang di tekankan kedua adalah bahasa inggris. Dasar ini diperluas lagi dengan ujian seleksi masuk sekolah menengah dihapuskan. terbentuklah jwatankuasa L. Pada masa ini penduduk Malaysia sudah sangat nasionalis dan kesadaran akan pentingnya pendidikan sangat tinggi. pendidikan melayu dikembangkan dan ditambah dengan bahasa Jepang. 5. Sertifikasi Razak dikaji oleh Komite Rahman Thalib yang kemudian laporannya menggariskan Bahasa Melayu sebagai bahsa pengantar utam di semua tingkat dan ujian yang sama untuk semua siswa. Pada tahun 1951. yakni Fenn-Wu (1951) memperbaiki pendidikan kaum china. Pendidikan Zaman Dasar Ekonomi Baru (1970-1990) Pada masa ini pendidikan nasional mengalami perubahan.

Meningkatkan kualifikasi guru dari sertifikat menjadi diploma. Kelompok bermain sering disebut dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang dimana diikuti oleh anak-anak yang berusia 3 tahun keatas. Semua penduduk diwajibkan mengikuti program wajib belajar selama 9 tahun.b. Pendidikan juga terbagi menjadi empat jenjang yakni usia dini. 6. pertumbuhan. Sistem Pendidikan di Indonesia dan di Malaysia Sistem Pendidikan di Indonesia diatur dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 terbagi menjadi tiga jalur utama yakni formal. pendidikan ini bertipe pendidikan taman kanak-kanak dan kelompok bermain. Perkembangan ICT dalam dendidikan dan pendirian sekolah bestari pada tahun 1999. c. Jenjang pendidikan dalam sistem pendidikan formal terbagi menjadi : a. enam tahun disekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. tiga tahun disekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. dengan mempertimbangkan perubahan dan tantangan zaman. Pendidikan Zaman Dasar Wawasan Negara (2001-sekarang) Pendidikan pada masa ini dirumuskan sejalan dengan perkembangan dunia teknologi informasi. d. Diatur dalam Pasal 1 Undangundang Nomor 20 Tahun 2003. II. informal dan nonformal. dasar. ketrampilan dan inisiatif. Pendidikan Pra-sekolah. Taman kanak-kanak diikuti oleh anak-anak berusia 4 tahun hingga 6 tahun. menengah dan tinggi. Tujuan dari pendidikan ini untuk memberi dasar perkembangan. b. Pendidikan Dasar. Pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementrian Pendidikan Nasional Repbulik Indonesia (Kemdiknas). Peningkatan dan pemantapan sistem pendidikan diperlihatkan dalam hukum. masa sekolah anak-anak selama 6 tahun dan pada pendidikan . Meningkatkan sekolah menengah kejuruan ke sekolah menengah teknik. Disetiap desa kini digalakan adanya PAUD. kebijakan dan program-progam pendidikan yang diperluas. PAUD bertujuan untuk upaya pembinaan yang ditujukkan bagi anak sejak lahir sampai 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

dan Muatan Lokal. merupakan jenjang pendidikan lanjutan dari pendidikan dasar. Sejarah Nasional dan dunia. Sekolah Menengah atas terdiri dari 2 yakni sekolah Menengah umum dan kejuruan yang khusus mempelajari ketrampilan kerja dan menekankan pada persiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. pendidikan di Malaysia di bawah Kementerian Pendidikan Malaysia yang bertanggung jawab mengurus sistem pendidikan dari tingkat dasar sampai universitas. Agama. Pendidikan Menengah. Pendidikan Menengah Lower Secondary School berlangsung selama 3 tahun dan diakhir tahun ke-3 para siswa diharuskan mengikuti ujian penilaian nasional. seni. Membaca dan Menulis. Pendidikan Pra-sekolah yang bernama sekolah tadika menerima anak-anak yang berumur 4 sampai 6 tahun. Penilaian menengah rendah/ Lower Secondary Assesment (PMR/LSA) d. Geografi. Bahasa Indonesia. Pendidikan di Malaysia wajib ditempuh selama 6 tahun. Pendidikan Menengah Upper Secondary Level mempelajari tentang jurusan akademik berupa jurusan Sains.dasar akan melandasi jenjang pendidikan menengah. Sistem Pendidikan di Malaysia. Teknik atau Vokasional. Ada dua tipe pendidikan dasar yakni sekolah dasar umum dan sekolah dasar bagi anak cacat. IPS. Bahasa Indonesia dan Inggris. Sains dan Teknologi. Sedangkan sekolah menengah umum mempelajari materi pelajaran secara umum seperti IPA. Bahasa Inggris. Pendidikan Kewarganegaraan. Kementrian agama memebentuk sekolah dasar Islam (madrasah ibtidaiyah/MI yang setara dengan SD). Pendidikan rendah berlangsung selama 6 tahun dan telah diwajibkan sesuai dengan undang-undang pendidikan di Malaysia. siswa sekolah rendah akan diadakan ujian penilaian yang disebut dengan The Primary School Assesment Test (UPSR/PSAT) c. Pendidikan Rendah. Menggambar. Materi pendidikan dasar terdiri dari Pancasila. menerima anak-anak berumur 7 sampai 12 tahun. Kerajinan Tangan dan Seni. Pendidikan Kesehatan Jasmani. Sekolah menengah terbagi menjadi sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. mengontrol ujian nasional dan mengawasi perkembangan pendidikan. Aritmatika. Sistem pendidikan Malaysia terbagi menjadi : a. c. Pendidikan menengah ditempuh selama 6 tahun. Di akhir tahun para . Matematika. b. Pendidikan prasekolah bukan pendidikan wajib yang diatur dalam undang-undang kementrian pendidikan Malaysia. Matematika dan lain sebagainya. Pada akhir tahun ajaran.

sijil pelajaran Malaysia/ Malaysia Cetificate of Examination (SPN/MCE) atau sijil pelajaran Malaysia Vokasional/Vocational Malaysia Certificate (SPM/VMCE) kalau siswa memilih jurusan vokasional akan mendapat sertefikat SPM/MCE/SPMN/VMCE sama dengan O-Level Cambridge University Examinations. Faktor lingkungan terdiri dari lingkungan keluarga. Untuk program studi A Level. 5. e. 2. Faktor alat pendidikan dan materi pendidikan. Seorang anak didik harus mampu memiliki tangung jawab ats pendidikan yang ditempuh sendiri. seorang anak didik tidak akan lepas tercapainya mutu pendidikan karena memilik ketergantungan terhadap potensi baik fisik maupun psikologis.siswa akan diuji oleh ujian nasional wajib. kondisi fisik. Pendidikan Pra-university dklasifikasikan kedalam dua kelompok yaitu A Level dan program studi matrikulasi. Faktor tujuan. Sains dan Teknik III. Faktor lingkungan. seorang pendidik atau seorang guru sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar karena guru merupakan aktor utama dalam melaksanakan pendidikan. didalam materi pendidikan harus mampu menunjang tercapainya tujuan pendidikan dan memiliki karakteristik perkembangan anak didik serta perkembangan . Dengan adanya tujuan pendidikan maka dapat terlaksananya pendidikan. masyarakat. Faktor anak didik. 4. Di dalam kehidupan bermasayarakat diharapkan adanya kontrol untuk mengawasi dan mengendalikan jalannya pendidikan. dan lain sebagainya. jurusan pendidikannya adalah Kesenian. 3. Skolah senantiasa berpegang pada tujuan pendidikan yang telah direncanakan dan ditetapkan oleh suatu lembaga pendidikan. Seorang guru harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab agar mampu membawa anak didiknya pada tujuan yang ingin dicapai. Faktor-faktor Kemajuan Pendidikan 1. tingkah laku. minat dan bakat. lingkungan mempengaruhi kepribadian seseoang dan terapainya tujuan pendidikan. dan sekolah. dengan adanya tujuan didalam sistem tujuan akan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Faktor pendidik.

atau justru semakin mahal. Demikian pula ketika akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Di Indonesia tiap pembayaran semester akan berbeda-beda tergantung dengan jumlah sks yang ditempuh. Dan diantara S1. Di Malaysia semakin tinggi semester didalam perkuliahan maka uang bayaran semester akan semakin turun dan pembayaran kuliah di S1 lebih mahal daripada S2 dan S3 karen S2 dan S3 hanya melanjutkan jenjang S1. Di Malaysia seorang mahasiswa tidak boleh mengikuti ekstra atau kegiatan diluar Universitas dan tidak boleh berpolitik. terdapat pungutan liar untuk sumbangan pembangunan. Pungutan lain tidak ada karena dana pembangunan telah menjadi tugas sepenuhnya dari pemerintah Malaysia. IV. Di Indonesia seorang mahasiswa boleh mengikuti ekstra atau kegiatan lain diluar universitas untuk mengembangkan bakat dan kemampuan. para siswa harus mengikuti SPMB yang terpesat. Di Indonesia seorang mahasiswa boleh berkancah di dunia politik sehingga mahasiswa ikut andil dalam jalannya pemerintahan. S2. Di Indonesia tidak ada kewajiban untuk mendaftarkan anaknya 1 tahun sebelum masa sekolah dasar. Sedangkan faktor alat pendidikan merupakan fasilitas yang dapat menunjang jalannya pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan. Di Malaysia melalui sumbangan PIBG (Persatuan Ibu Bapak dan Guru) hanya dibayar perkeluarga saja. sedangkan di Malaysia 6 sampai 11 tahun. Perbandingan Sistem Pendidikan di Indonesia dan di Malayasia Di Malaysia ketika sebuah keluarga memiliki seorang anak maka orangtua wajib mendaftarkan anaknya disekolah rendah (setara dengan SD di Indonesia) 1 tahun sebelum masa sekolah dasar karena ini sudah menjadi peraturan yang tertulis didalam undang-undang dan jika tidak melaksanakannya maka akan diberi sanksi hukuman denda RM 5000 atau kurungan penjara maksimal 6 bulan atau kedua-duanya sekaligus. .pendidikan. Di Malaysia terdapat ujian tingkat akhir tetapi hasil dari ujian tersebut tidak menentukan jenjang selanjutnya. Di Indonesia wajib sekolah berlangsung selama 9 tahun pada umur 7 sampai 15 tahun. Di Indonesia setiap jenjang pendidikan harus melalui ujian nasional jika ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya. dan S3 pembayaran kuliah bisa jadi lebih murah atau lebih mahal.

. Namun kenyataanya. manusia yang bertaqwa dan berbudi luhur. Dilihat dari segi tujuannya. jalur pendidikan sekolah dan pendidikan diluar sekolah. Dilihat dari segi dasarnya. Dilihat dari segi fungsinya. Martabat bangsa indonesia terpuruk dan dianggap sebagai bangsa yang bengis. pendidikan di indonesia diharapkan dapat mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan mertabat manusia indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Fungsi pendidikan demikian ini belum menunjukkan hasil yang nyata. Hal ini dikarenakan trauma tentang penafsiran undang-undang dasar dan pancasila oleh kemauan penguasa saja. sadis dan menakutkan.V. Lemahnya Sistem Pendidikan Indonesia Sistem pendidikan di Indonesia sudah diatur dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional. penyalahgunakan obat-obatan. Namun demikian lulusan pendidikan yang diharapkan berbeda dengan tujuan. Dasar ini mengandung nilai-nilai yang tidak diragukan lagi. Lulusan pendidikan sekarang kurang memiliki kecerdasan emosional dan tidak terbinanya mental spiritual. pada prakteknya pemerintah lebih memperhatikan pendidikan sekolah. Masih banyak anak-anak yang tidak melanjutkan sekolah karena ketidakmampuan ekonomi. sedangkan pendidikan luar sekolah kurang diperhatikan. sisanya hanya mendapatkan pendidikan yang kurang menjanjikan masa depannya. Akibatnya banyak pelajar yang terlibat tawuran. manusia yang bertanggung jawab pada masyarakat dan kebangsaan. pendidikan indonesia bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya. Dilihat dari kesempatan yang diberikan. hanya orang mampu saja yang bisa mengenyam pendidikan secara layak. Bahkan dimata internasional sumber daya manusia indonesia kualitasnya masih kurang. dalam sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. masih banyak warga negara yang belum mengenyam bangku pendidikan. namun pancasila dan Undang-undang Dasar tersebut sudah tidak efektif lagi. Masyarakat ternyata menjadi tidak beradab dan berperilaku menyimpang. Dilihat dari segi penyelenggaraanya. pendidikan indonesia berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. penyimpangan seksual dan sebagainya. dilaksanakan melalui dua jalur. Nampak dalam undang-undang sistem pendidikan ini sudah ideal. namun ideal ini belum tampak dalam realita. Sehingga masyarakat tidak bebas menyampaikan aspirasinya. sampai kemudian reformasi memberikan kebebasan berbicara apa saja.

C. Dalam sistem pendidikan di Indinesia dan Malaysia terdapat persamaan jenjang pendidikan yakni pendidikan dasar. pendidik. anak didik. Kesimpulan Sejarah pendidika di Malaysia dan Indonesia sudah ada sejak masa sebelum kemerdekaan. Di Indonesia dan Malaysia diberlakukan wajib belajar bagi seluruh penduduk. Karena kedua negara tersebut mengalami penjajahan. yang membedakan kebijakan pendidikan di Indonesia dengan Malaysia adalah perhatian dari pemerintah dan semua elemen masyarakat akan pentingnya pendidikan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dan semacamnya kini tidak ada lagi. diantaranya faktor tujuan. . Jika pemerintah sudah maksimal dalam menyelenggarakan sistem pendidikan. akan tetapi fungsi dari ujian tersebut berbeda.sehingga kurang berperan sebagaimana diharapkan. maka pendidikan akan menjadi lemah. Pendidikan sangat ditentukan oleh beberapa faktor. Jika di Indonesia diberlakukan wajib belajar 9 tahun. Meskipun kedua negara tersebut memilik ujian nasional. alat pendidikan. Di Malaysia ujian akhir tidak untuk menentukan jenjang pendidikan selanjutnya. Dilihat dari segi pendidik. maka tujuan dari pendidikan pasti tercapai. Pada akhirnya. serta materi pendidikan. lingkungan. tutupnya tenaga-tenaga pendidikan yang secara khusus menyelenggarakan pendidikan keguruan tingkat dasar. sehingga lembaga pendidikan ikut andil memperbanyak jumlah pengangguran intelektual. Pendidikan Guru Agama (PGA). Dilihat dari segi kurikulum. dan tinggi. Yang membedakan hanyalah istilah yang digunakan untuk jenjang pendidikan tersebut. banyaknya pengetahuan yang diberikan diperguruan tinggi yang tidak ada relevansinya dengan kebutuhan masyarakat. menengah dan tinggi. maka di Malaysia hanya 6 tahun. Jika beberapa faktor tersebut tidak berjalan denngan baik. Seperti Sekolah Pendidikan Keguruan (SPG). sedangkan di Indonesia ujian akhir merupakan ujian yang penting untuk bisa melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya. Akibatnya tugas mendidik dilakukan oleh pendidik yang kurang profesional. namun berbeda dalam kebijakannya. menengah. dari penjajahan tersebut terbentuklah sistem pendidikan yang diterapkan oleh penjajah.

Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dan Malaysia.html. Pendidikan Komparatif: Menuju ke Arah Metode Perbandingan Pendidikan Antar Negara. 25 Oktober 2012 Pelita. Kelemahan Sistem Pendidikan di Indonesia.H Abuddin.html. Dian.com/2010/01/kelemahan-sistem-pendidikan-di. dr. Jakarta: Prenada Media Nuraini. 2010. Arif.com/2011/02/21/perbandingan-sistem-pendidikan-indonesia-danmalaysia/. Yogyakarta: Laksbang Grafika .blogspot.wordpress. Farida. Manajemen Pendidikan. 2001. From http://farida90. 25 Oktober 2012 Rohman. 25 Oktober 2012 Nata.blogspot. From http://dianpelita.com/2012/04/perbandingan-pendidikan-di-indonesia. 2011.DAFTAR PUSTAKA http://krisdaning217. 2010.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful