Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari darah dan alat peredaran darah. Darah terdiri dari bagian yang cair dan bagian yang padat. Alat peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh-pembuluh darah yakni arteri, vena, da kapiler.

A. Darah
1. Fungsi Darah
Darah berfungsi antara lain sebagai: a. b. c. Sebagai pembawa zat-zat makanan dari sistem pencernaan ke seluruh sel tubuh. Mengangkut osigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Mengangkut sisa-sisa metabolisme misalnya karbondioksida, dari seluruh sel tubuh ke organ-organ ekskresi, misalnya paru-paru Mengangkut hormon dari kelenjar hormon ke organ sasaran zMemelihara keseimbangan cairan tubuh Mempertahankan tubuh dari serangan mikroorganisme atau zat asing lain, yang dijalankan oleh sel-sel darah putih atau leukosit Memelihara suhu tubuh (suhu tubuh manusia dipertahankan pada kondisi normal, yaitu sekitar 37 oC.

d. e. f.

g.

2. Komponen darah a. Plasma darah
Plasma darah terutama atas 90% air dan 10% bahan-bahan terlarut yang terdiri atas 7% protein, 1% garam-garam mineral, dan 2% lemak. Fungsi plasma darah, antara lain : 1. 2. Sebagai pelarut bahan-bahan kimia Membawa mineral-mineral telarut, glukosa, asam amino, vitamin, karbondiosida (sebagai ion hydrogen karbonat), dan bahan-bahan buangan. Menyebarkan panas dari organ yang lebih hangat ke organ yang lebih dingin. Menjaga keseimbangan antara cairan di dalam sel dan cairan di luar sel

3. 4.

Fungsi: Mengangkut oksigen dari paru-paru untuk diedarkan keseluruh tubuh. tidak berwarna dan berinti. Berfungsi dalam pembekuan darah. bersifat elastis serta tidak memilki inti ( pada eritrosit tua). inti selnya seringkali berjumlah banyak dengan bentuk bermacam-macam. Sel darah putih (leukosit) Ciri leukosit yaitu ukuran leukosit lebih besar dari eritrosit tetapi jumlahnya di dalam tubuh jauh lebih sedikit yaitu sekitar 5-10 ribu µl. berdiameter 7-8µm. bersifat fagositosis terhadap eritrosit. ukuran ada yang besar dan ada yang kecil. (2) Eosinofil. Proses pembekuan darah Jika suatu jaringan tubuh terluka maka trombosit pada permukaan yang luka akan pecah dan mengeluarkan enzim trombokinase (tromboplastin). (3) Keping-keping darah (Trombosit) Ciri keping darah berbentuk tidak teratur dan tidak berinti. (2) Monosit. plasmanya bersifat netral. b) Agranulosit (leukosit tidak bergranula) (1) Limfosit. plasmanya bersifat basa sehingga akan berwarna biru jika ditetesi larutan basa. . berinti satu. plasmanya bersifat asam sehingga akan berwarna merah tua bila ditetesi eosin. leukosit dikelompokkan menjadi: a) Granulosit (leukosit bergranula) (1) Neutrofil. mempunyai inti yang bulat atau bulat panjang. tidak dapat bergerak. dapat bergerak seperti Amoeba. (3) Basofil. berfungsi untuk membentuk antibodi. yaitu zat kimia anti penggumpalan. diproduksi pada jaringan limfa dan bersifat fagosit.b. kuman dan jaringan mati. mengandung heparin. JENIS-JENIS LEUKOSIT Berdasarkan ada atau tidaknya granula di dalam plasma. Sel darah merah (eritrosit) Ciri-ciri eritrosit adalah berbentuk seperti cakram bikonkaf. tebalnya 1-2 µm. jumlahnya bertambah banyak jika terjadi infeksi. bersifat fagosit dan jumlahnya akan meningkat jika tubuh terkena infeksi. berukuran lebih kecil dari sel darah merah. Sel-sel Darah 1. 2. bersifat fagosit.

AB) Fungsi golongan darah : a. yaitu darah yang memiliki aglutinogen A dan agluitinin β (anti B) . B. yaitu darah yang memiliki aglutinogen A dan B.b) 2. Proses transfusi darah b. Membantu penyelidikan tindak kriminal. yaitu darah yang memiliki aglutinogen B dan agluitinin α (anti A) .Golongan darah AB. -) 4. biasanya darah cepat membeku. Rumus golongan darahnya adalah (A. Protrombin merupakan protein yang tidak stabil yang dibentuk di hati dan dengan mudah dapat pecah menjadi senyawasenyawa yang lebih kecil. lamina panistalis di sebelah luar .Golongan darah A. berdasarkan senyawa aglutinogen da aglutini dalam darah.Golongan darah B. Selanjutnya. ALAT-ALAT PEREDARAN DARAH Sistem peredaran darah pada manusia tersusun atas jantung sebagai pusat peredaran darah.Golongan darah O. yaitu darah yang tidak memiliki aglutinogen A dan B. Jantung terbungkus oleh kantong perikardium yang terdiri dari 2 lembar : a. tetapi tidak mempunyai aglutinin α dan β. diperlukan waktu yang lebih lama agar darah membeku. pembuluh-pembuluh darah dan darah itu sendiri. Tetapi. darah dapat dikelompokkan menjadi: 1. 1. Jantung Jantung mempunyai empat ruang yang terbagi sempurna yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel) dan terletak di dalam rongga dada sebelah kiri di atas diafragma. bila luka lebih dalam.a) 3.Enzim ini akan mengubah protrombin menjadi trobin dengan bantuan ion kalsium dan vitamin K. Rumus golongan darahnya adalah (-. c) Golongan Darah Dalam system ABO. Rumus golongan darahnya adalah (B. Rumus golongan darahnya adalah (AB. Benangbenang halus ini menjerat sel-sel darah merah dan membentuk gumpalan sehingga darah membeku. salah satunya adalah trombin. tetapi memiliki aglutinin α dan β. trombin mengubah fibrinogen (larut dalam plasma darah) menjadi fibrin (tidak larut dalam plasma darah) yang berbentuk benang-benang halus. Jika luka seseorang hanya di permukan otot.

Jantung memiliki katup atrioventikuler (valvula bikuspidal) yang terdapat di antara serambi dan bilik jantung yang berfungsi mencegah aliran dari bilik keserambi selama sistol dan katup semilunaris (katup aorta dan pulmonalis) yang berfungsi mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis kiri ke bilik selama diastole.Perbedaan struktur masingmasing pembuluh darah berhubungan dengan perbedaan fungsional masing-masing pembuluh darah tersebut. lamina viseralis yang menempel pada dinding jantung. Pembuluh darah arteri -Tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik -Merupakan pembuluh yang liat dan elastis -Tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik -Memiliki sebuah katup (valvula semilunaris) yang berada tepat di luar jantung. Dindingnya terdiri atas sebuah lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal -Dindingnya terdiri atas 3 lapis yaitu : . 2. Diameter lebih kecil dibandingkan arteri dan vena b. Arteri dan vena terletak bersebelahan. Pembuluh kapiler memiliki diameter yang sangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal. Cabang terkecil dari arteri dan vena disebut kapiler. Macam-macam Pembuluh Darah Pembuluh darah terbagi menjadi : A. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. -Terdiri atas : *Aorta yaitu pembuluh dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh *Arteriol yaitu percabangan arteri *Kapiler : a. Pembuluh Darah Pembuluh darah terdiri atas arteri dan vena. lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis.b. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium. Arteri berhubungan langsung dengan vena pada bagian kapiler dan venula yang dihubungkan oleh bagian endotheliumnya.

C. Pembuluh Balik (Vena) -Terletak di dekat permukaan kulit sehingga mudah di kenali -Dinding pembuluh lebih tipis dan tidak elastis. di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena . -Terdiri dari : *Vena cava superior yang bertugas membawa darah dari bagian atas tubuh menuju serambi kanan jantung. 2. MACAM-MACAM PEREDARAN DARAH Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda yang terdiri dari : 1. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Peredaran darah panjang/besar/sistemik Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. -Tekanan pembuluh lebih lemah di bandingkan pembuluh nadi -Terdapat katup yang berbentuk seperti bulan sabit (valvula semi lunaris) dan menjaga agar darah tak berbalik arah. *Vena cava inferior yang bertugas membawa darah dari bagian bawah tubuh ke serambi kanan jantung. *Vena cava pulmonalis yang bertugas membawa darah dari paru-paru ke serambi kiri jantung.*Lapisan bagian dalam yang terdiri atas Endothelium *Lapisan tengah terdiri atas otot polos dengan Serat elastis *Lapisan terluar yang terdiri atas jaringan ikat Serat elastis B. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung. Peredaran darah pendek/kecil/pulmonal Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung.

. 3. -Thalasemia yaitu anemia yang diakibatkan oleh rusaknya gen pembentuk hemoglobin yang bersifat menurun. Pada kapiler terdapat spingter prakapiler mengatur aliran darah ke kapiler : Bila spingter prakapiler berelaksasi maka kapiler-kapiler yang bercabang dari pembuluh darah utama membuka dan darah mengalir ke kapiler. yaitu darah dari usus sebelum ke jantung mampir dulu ke hati. -Hemofili yaitu kelainan darah yang menyebabkan darah sukar membeku (diturunkan secara hereditas) -Leukemia (kanker darah ) yaitu peningkatan jumlah eritrosit secara tidak terkendali.Pada vena bila otot berkontraksi maka vena akan terperas dan kelepak yang terdapat pada jaringan akan bertindak sebagai katup satu arah yang menjaga agar darah mengalir hanya menuju ke jantung. tekanan darah dan kerja otot yang terdapat pada jantung dan pembuluh darah.Anemia yaitu rendahnya kadar hemoglobin dalam darah atau berkurangnya jumlah eritrosit dalam darah 3.Arteriosklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi karena endapan lemak berbentuk plak (kerak) yaitu jaringan ikat berserat dan sel-sel otot polos yang di infiltrasi oleh lipid (lemak) 2.Hemeroid (ambeien) pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur -Ambolus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang bergerak.Bila spingter prakapiler berkontraksi.pulmonalis. Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah Kelainan atau penyakit pada sistem peredaran darah antara lain: 1. luas penampang pembuluh darah.Proses peredaran darah dipengaruhi juga oleh kecepatan darah. -Erithroblastosis fetalis yaitu rusaknya eritrosit bayi/janin akibat aglutinasi dari antibodi yang berasal dari ibu. kapiler akan tertutup dan aliran darah yang melalui kapiler tersebut akan berkurang.vena dari suatu organ tubuh sebelum menuju ke jantung mampir dulu ke suatu organ. Pada manusia dan mamalia adalah sistem vena porta hepatis. Sistem vena porta Yaitu. -Trombus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak .Varises yaitu pelebaran pembuluh darah di betis 4.

sehingga disebut peredaran darah terbuka. dan karbon dioksida. oksigen.sitem peredaran darah padaikan: jantung ikan terbagi menjadi dua yaitu atrium dan vertrikel. 1.Disebut demikian karena darah hanya satu kali masuk ke jantung dalam satukali peredaran dan darah selalu berada di dalam pembuluh darah. Jantung ikan memiliki sinus venosus. semakin rumit susunan alat peredaran darahnya. Bagian belakang pembuluhmembesar.melainkan kadang-kadang beredar langsung ke dalam rongga tubuh.Berikut ini akan dijelaskan peredaran darah pada serangga.melainkan selalu berada dalam pembuluh. membentuk beberapa gelembung yang disebut jantung pembuluh. jantungnya terdiri dari sebuah kantong otot pada tiap ruasyang memiliki sepasang lubang yang dinamakan ostium. burung. yaituserambi dan bilik. Sistem peredaran darah ikan merupakan sistem peredaran darah tunggal tertutup.jadi belummemiliki bilik. pembuluh nadi dorsal. pembuluh nadi ventral. demikian juga sistem peredaran limfa pada manusia.contoh sitem peredaran darahpada anelida dan ikan serta semua vertebrata. . Fungsinya untuk menerima darah kaya karbon dioksisa dari seluruh tubuh.SISTEM PEREDARAN DARAH SERANGGA Peredaran darah pada serangga hanya terdiri dari satu pembuluh yangmemanjang di bagian punggung disebut aorta.SISTEM PEREDARAN DARAH PADA HEWAN sistem peredaran darah terbuka adalah sistem peredarandimana darah ataupun cairan lainnya tidak selalu berada pada pembuluh.Peredaran darah serangga tidak melalui pembuluh darah. Darah ikan berfungsimengangkut sari-sari makanan. dan kapiler. Sistem peredaran darah hewan berbeda-beda menurut tingkatannya.SISTEM PEREDARAN DARAH IKAN Alat peredaran darah ikan terdiri dari jantung.contoh sistem peredaran darah pada artropoda dan moluska. 2. Makintinggi tingkatan hewan. sistem peredaran darah padaartropoda : organ peredaran terdiri dari jantung dan arteri. Darah serangga hanya berfungimengedarkan sari-sari makanan dan membawa sisa-sisa metabolisme. amfibi. dan mammalia. reptil. jantung ikan terdiri dari dua ruang. Darah serangga tidak memiliki hemoglobin sehinggatidak berperan dalam pengedaran oksigen. sistem peredaran darah tertutup adalah sistem peredaranyang dalam peredarannya darah tidak pernah masuk langsung kejaringan.

Jantung burung terdiri dari empat ruang. yaitu serambi kiri. Kelompok kurakura. Peredarandarah mamalia paling kompleks dan sempurna dibandingkan hewan lain. dan kadal memiliki jantung yang terdiri dari empat ruang. . Fungsinya. Diantara dua serambi dipisahkan oleh sekat. Oleh karena itu. Jantung mamaliaterdiri dari empat ruang. di dalam jantung tidak terjadi pencampuran darah. dan bilik kanan. serambi kanan. Sistem peredaran darah katak merupakan peredaran darah ganda tertutup. ular. Alat peredaran darahnya terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Alat peredaran darah katak terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Alat peredaran darah burung terdiri dari jantung dan pembuluhdarah.SISTEM PEREDARAN DARAH BURUNG Sistem peredaran darah burung hampir sama dengan sistem peredaranmamalia. bilik kiri. bilik kiri. yaitu serambi kiri.SISTEM PEREDARAN DARAH MAMALIA Sistem peredaran darah mamalia umumnya sama seperti manusia. Oleh karena itu. 4.3. serambikanan. Tetapi di antara dua bilik dipisahkanoleh sekat yang tidak sempurna. darah di bilik kiri dan bilik kanan masih bercampur.Sistem peredaran darah mamalia merupakan sistem peredaran darah ganda tertutup. Keempat ruang jantung tersebut dibatasi oleh sekat yang sempurna. Katak memiliki sinus venosus.SISTEM PEREDARAN DARAH REPTIL Alat peredaran darah reptil terdiri dari jantung dan pembuluh darah. dan bilik kanan. Jantung katak terdiri dari tiga ruang.SISTEM PEREDARAN DARAH AMFIBI Contoh amfibi yaitu katak. 6. untuk menampung darah yang kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh. dan bilik. 5. Di antara kedua serambi dan kedua bilik terdapat sekat yang sempurna. Sistem peredaran darah pada burung merupakan sistem peredaran darah ganda tertutup. Disebutdemikian karena darah melewati jantung dua kali dan beredar dalam pembuluhdarah. yaitu serambi kiri.serambi kanan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful