A.

Pengertian Wawasan Kebangsaan Kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu mawas yang artinya melihat atau memandang, jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat.Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan serta sikap bangsa Indonesia dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. B. Landasan Wawasan Kebangsaan •

Idiil

=> Pancasila

Konstitusional => UUD 1945

C. Unsur Dasar Wawasan Kebangsaan

Wadah (Contour)

Wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.Bangsa Indonesia memiliki organisasi kenegaraan yang merupakan wadah berbagai kegiatan kenegaraan dalam wujud supra struktur politik dan wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah berbagai kelembagaan dalam wujud infra struktur politik. • Isi (Content)

Adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional. • Tata laku (Conduct) Hasil interaksi antara wadah dan isi wasantara yang terdiri dari :
 Tata laku Bathiniah yaitu mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang baik

dari bangsa Indonesia.
 Tata laku Lahiriah yaitu tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari

bangsa Indonesia. Kedua tata laku tersebut mencerminkan identitas jati diri/kepribadian bangsa berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air sehingga menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam semua aspek kehidupan nasional.

D. Asas Wawasan Kebangsaan

Wilayah ( Geografi ) Asas Kepulauan ( Archipelago ) Kata ‘Archipelago’ dan ‘Archipelagic’ berasal dari italia yaitu ‘Archipelagos’.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang cinta damai. ditaati. 6. 5. sedangkan geopolitik mempelajari fenomena politik dari aspek geografi. 2. Geopolitik menjelaskan dasar pertimbangan dalam menentukan alternatif kebijakan nasional untuk mewujudkan tujuan tertentu. Geopolitik dan Geostrategi a. 2. b. akan tetapi lebih cinta kemerdekaan”. Pandangan geopolitik bangsa Indonesia yang didasarkan pada nilai-nilaiKetuhanan dan Kemanusiaan yang luhur dengan jelas dan tegas tertuang di dalamPembukaan UUD 1945. Kepentingan/Tujuan yang sama Keadilan Kejujuran Solidaritas Kerjasama Kesetiaan terhadap kesepakatan 1. 3. Lahirnya asas archipelago mengandung pengertian bahwa pulau-pulau tersebut selalu dalam kesatuan utuh semaentara tempat perairanatau lautan antara pulau-pulau berfungsi sebagai penghubung dan bukan sebagai unsur pemisah. kata ‘archi’ yakni terpenting dan kata ‘pelagos’ berarti laut atau wilayah lautan. Geostrategi . Geopolitik Geografi mempelajari fenomena geografi dari aspek politik.Merupakan ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi. Asas wasantara terdiri dari: 1. 4. dipelihara dan diciptakan agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen/unsur pembentuk bangsa Indonesia(suku/golongan) terhadap kesepakatan (commitment) bersama. tetapi lebihcinta kemerdekaan. jadi dapat disimpulkan bahwa archipelago adalah lautan terpenting.Bangsa Indonesia menolak segala bentuk penjajahan karena penjajahan tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan. Bangsa yang berfalsafah dan berideologi Pancasila menganut faham perang dan damai : ” BangsaIndonesia cinta damai.

dipercaya. golongan. o Implementasi dalam kehidupan Sosial Budaya . baik bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat. aspiratif.Geostrategi adalah politik dalam pelaksanaan. o Implementasi dalam kehidupan Ekonomi Adalah menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil. Fungsi Wawasan Kebangsaan Sebagai pedoman. kelompok. F. keputusan. yaitu upaya bagaimana mencapaitujuan atau sasaran yang ditetapkan sesuai dengan keinginan keinginan politik. dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan. persatuan dan keutuhan bangsa. E.  Wawasan Kebangsaan sebagai Pancaran Falsafah Pancasila Wawasan kebangsaan menjadi pedoman bagi upaya mewujudkan kesatuan aspek kehidupan nasional untuk menjamin kesatuan.Sebagai contoh pertimbangan geostrategis untuk negara dan bangsa. serta upaya untuk mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia. suku bangsa/daerah. mewujudkan pemerintahan yang kuat. bernegara dan berbangsa. motivasi. pola sikap dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan negara. tindakan dan perbuatan. Implementasi Wawasan Kebangsaan Penerapan Wawasan Kebangsaan harus tercermin pada pola pikir.  Wawasan Kebangsaan dalam Pembangunan Nasional o Implementasi dalam kehidupan politik Adalah menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. Tujuan Wawasan Kebangsaan adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan.

 Mengerti. Kesimpulan Krisis kepemimpinan terjadi karena adanya wawasan kebangsaan yang tidak sesuai sehingga tidak dapat diimplementasikan dengan tepat. memahami. menghayati tentang bangsa yang telah menegara. bernegara dan berbangsa. motivasi. keputusan. menghayati tentang hak dan kewajiban warganegara serta hubungan warganegara dengan negara. sehingga sadar sebagai bangsa Indonesia. Fungsi Wawasan Kebangsaan Sebagai pedoman. suku bangsa/daerah. kelompok. golongan. terjadwal dan terarah. menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan sebagai kenyataan yang hidup disekitarnya dan merupakan karunia sang pencipta. Keberhasilan Implementasi Wawasan Kebangsaan Diperlukan kesadaran Warga Negara Indonesia untuk :  Mengerti. Agar ke-2 hal dapat terwujud diperlukan sosialisasi dengan program yang teratur. memahami. H.Adalah menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui. baik bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat. o Implementasi dalam kehidupan Pertahanan Keamanan Adalah menumbuhkan kesadaran cinta tanah air dan membentuk sikap bela negara pada setiap WNI G. bahwa dalam menyelenggarakan kehidupan memerlukan konsepsi wawasan kebangsaan sehingga sadar sebagai warga negara yang memiliki cara pandang. dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan. tindakan dan perbuatan. Tujuan Wawasan Kebangsaan adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful