PETUNJUK FORMAT PENULISAN LAPORAN MANAJEMEN KEPERAWATAN (MPKP/ MODEL PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL) AKPER MANDIRI KUPANG 2013

Oleh : Kornelius Siki, S.Kep.,Ns
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG B. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN C. TUJUAN D. CARA PENGUMPULAN DATA E. PESERTA PRAKTEK BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB III HASIL PENGKAJIAN
A. PROFIL DAN GAMBARAN UMUM RUANGAN

(yang dikaji: profil ruangan, fasilitas ruangan perawatan pasien, gambar denah ruangan, tarif pelayanan berdasar tindakan yang paling sering dilakukan, struktur organisasi, peraturan dan tata tertib di ruangan) B. UNSUR INPUT 1. Manusia (M1=Man) yang harus dikaji: pasien yang dirawat diruangan minimal per 3bln terakhir, data kasus 10 besar penyakit yang ada di ruangan dalam periode 3 bln terakhir, kaji daerah asal pasien/demografi dalam periode minimal 3 bln terakhir. Ketenagaan, yang dikaji: kuantitas / jumlah kebutuhan tenaga perawat yang dibutuhkan di ruangan berdasar rumus Gillies, Douglas, dan Depkes RI. Perlu dikaji juga kualitas pelayanan, meliputi: pendidikan formal perawat, pendidikan informal (seminar,pelatihan,workshop), dan lama kerja perawat. Terkhir kaji peserta didik termasuk jumlah praktikan dan asal institusi yang berada di ruangan tersebut minimal per 3 bln terakhir.

apakah sudah sesuai dengan kajian teori atau baru tercapai berapa %). Kaji pelaksanaan 9 solusi klien safety. pengorganisasian (kaji model keperawatan yang diterapkan di ruangan. 4. perencanaan. hubungan antar staf keperawatan. alat. 3. dan pelaksanaan discharge planning. . PN. kaji daftar fasilitas linen+standar dan inventaris alat perkantoran dan rumah tangga yang di ruangan. meliputi perencanaan (kaji perencanaan jangka pendek. dan bahan) (M3= Material) Kaji standar dan inventaris alat kesehatan yang ada di ruangan (bisa dengan wawancara. AN. Evaluasi. Standar Asuhan Keperawatan (SAK): Kaji SAK apa saja yang sudah ada dan yang belum ada di ruangan minimal dari 10 kasus penyakit terbanyak yang ada di ruangan. mengenai kebutuhan tenaga. menengah. observasi. Kaji Kepatuhan tenaga perawat terhadap SOP Keperawatan dengan menggunakan instrument . pengembangan SDM. dan dokumentasi. pre+post conference. hubungan staf keperawatan dengan tim kesehatan lain. maupun alat dan bahan secara tertulis yang ada di ruangan). hubungan antara staf keperawatan dengan klien. diagnosa. UNSUR PROSES (pengkajian bisa 1-3hari) Kaji mengenai proses manajemen asuhan keperawatan di ruangan meliputi penerapan Standar Asuhan Keperawatan (mulai dari pengkajian. dan daftar inventaris ruangan). pelaksanaan orientasi+pemberian informasi pasien baru. Money / Sumber Dana ( M2 = Money) Kaji mengenai pengelolaan keuangan yang ada di ruangan. dan panjang. pelaksanaan meeting morning.2. termasuk kondisinya apakah masih baik atau tidak. Material dan Mesin (Fasilitas. Kaji Proses Pelayanan Keperawatan. Kaji pelaksanaan universal precaution yang ada di ruangan. pelaksanaan operan jaga. kaji buku administrasi penunjang yang ada di ruangan. C. Kaji pelaksanaan komunikasi terapeutik di ruangan. Metode/Standar/Pedoman dan prosedur tetap ( M4=Method) Kaji semua protap tindakan yang berlaku secara resmi dan dipahami dan diterapkan oleh seluruh staf ruangan. implementasi. kaji pelaksanaan tugas untuk KaRu.

dan PJ (Penanggungjawab) BAB IV PELAKSANAAN DAN EVALUASI BAB V KESIMPULAN DAN SARAN . lihat tabel! 5. proses. TOI. pokok kegiatan. BTO (rata-rata minimal dalam 3 bln terakhir 2. dan dibuat perencanaan kegiatan (POA). Hasil evaluasi manajemen bimbingan klinik lapangan. D. actuating. target pencapaian. MASALAH DAN RENCANA KEGIATAN Identifikasi semua masalah yang ada berdasarkan data pengkajian (input. B. waktu pelaksanaan. lihat tabel! 4. Mutu Asuhan Keperawatan (berdasar instrument A. LOS. lihat tabel! 3. dan controlling peserta Praktek Klinik Keperawatan (PKK). Kaji Pelaksanaan 9 patient safety E. mulai dari proses perencanaan. yang meliputi masalah. C). Kaji Proses Manajemen Bimbingan Praktek Klinik (observasi dan wawancara). UNSUR OUTPUT 1. Kepuasan kerja karyawan.Actuating atau menggerakkan (pengkajian bisa melalui observasi dan wawancara) Controlling atau pengawasan (pengkajian bisa melalui observasi dan wawancara). Kaji Kinerja Klinis Perawat (angka kejadian infeksi nosocomial di ruangan) 6. sasaran. Efisiensi ruang rawat Kaji efisiensi ruang IRNA yang meliputi BOR. pengorganisasian. output).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful