Limbah Padat

Kata Kunci: Ditumpuk pada Areal Tertentu, Limbah Padat, pembakaran, pembuangan Ditulis oleh Suparni Setyowati Rahayu pada 27-05-2009 Limbah padat adalah hasil buangan industri berupa padatan,lumpur, bubur yang berasal dari sisa proses pengolahan. Limbah ini dapat dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu limbah padat yaitu dapat didaur ulang, seperti plastik, tekstil, potongan logam dan kedua limbah padat yang tidak punya nilai ekonomis. Bagi limbah padat yang tidak punya nilai ekonomis dapat ditangani dengan berbagai cara antara lain ditimbun pada suatu tempat, diolah kembali kemudian dibuang dan dibakar. Perlakuan limbah padat yang tidak punya nilai ekonomis sebagian besar dilakukan sebagai berikut: 1.Ditumpuk pada Areal Tertentu Penimbunan limbah padat pada areal tertentu membutuhkan areal yang luas dan merusakkan pemandangan di sekeliling penimbunan. Penimbunan. ini mengakibatkan pembusukan yang menimbulkan bau di sekitarnya, karena adanya reaksi kimia yang rnenghasilkan gas tertentu.Dengan penimbunan, permukaan tanah menjadi rusak dan air yang meresap ke dalam tanah mengalami kontaminasi dengan bakteri tertentu yang mengakibatkan turunnya kualitas air tanah.Pada musim kemarau timbunan mengalami kekeringan dan ini mengundang bahaya kebakaran. 2.Pembakaran Limbah padat yang dibakar menimbulkan asap, bau dan debu. Pembakaran ini menjadi sumber pencemaran melalui udara dengan timbulnya bahan pencemar baru seperti NOR,hidrokarbon, karbon monoksida, bau, partikel dan sulfur dioksida. 3.Pembuangan Pembuangan tanpa rencana sangat membahayakan lingkungan.Di antara beberapa pabrik membuang limbah padatnya ke sungai karena diperkirakan larut ataupun membusuk dalam air. Ini adalah perkiraan yang keliru, sebab setiap pembuangan bahan padatan apakah namanya lumpur atau buburan, akan menambah total solid dalam air sungai. Sumber limbah padat di antaranya adalah pabrik gula, pulp dan rayon, plywood, pengawetan buah, ikan dan daging dan lainlain.Secara garis besar limbah padat dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1.Limbah padat yang mudah terbakar 2.Limbah padat yang sukar terbakar 3.Limbah padat yang mudah membusuk 4.Limbah berupa debu 5.Lumpur 6.Limbah yang dapat didaurulang 7.Limbah radio aktip

Dengan ukuran lebih kecil akan lebih mudah membawa atau membakar pada tungku pembakaran.Limbah yang menimbulkan penyakit 9.Bongkaran bangunan Berdasarkan klasifikasi limbah padat serta akibat-akibat yang ditimbulkannya sistem pengelolaan dilakukan menurut: 1. Penyusutan ukuran bertujuan untuk memudahkan pengolahan limbah selanjutnya. Jadi tujuannya adalah pengurangan volume maupun berat. Dimaksud dengan pemisahan adalah pengambilan bahan tertentu kemudian diolah kembali sehingga mempunyai nilai ekonomis.Limbah padat yang dapat ditimbun tetapi berbahaya. Pengomposan adalah proses melalui biokimia yaitu zat organik dalam limbah dipecah sehingga menghasilkan humus yang berguna untuk memperbaiki struktur tanah. penyusutan ukuran dan pengomposan. . 3.Limbah padat yang dapat ditimbun tanpa membahayakan.Limbah padat yang tidak dapat ditimbun. misalnya pembakaran. 2. Banyak jenis limbah padat dari pabrik yang upaya pengelolaannya dilakukan menurut kriteria yang telah ditetapkan. Di dalam pengolahannya dilakukan melalui tiga cara yaitu pemisahan.8.

Jamban yang layak harus memiliki akses air besrsih yang cukup dan tersambung ke unit penanganan air kakus yang benar. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah. Ada sampah. [1] Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah. kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia. yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. [1] 2. pengolahan menurut karakteristik limbah Untuk mengatasi berbagai limbah dan air limpasan (hujan). ada air kakus (black water). seperti jamban misalnya. maka suatu kawasan permukiman membutuhkan berbagai jenis layanan sanitasi. Ada juga layanan sanitasi yang harus disediakan sendiri oleh masyarakat. Layanan persampahan. Untuk mengatasi limbah ini diperlukan pengolahan dan penanganan limbah. kandungan bahan pencemar. maka masyarakat perlu memiliki akses ke jamban bersama atau MCK. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan gerobak atau truk sampah. Pada dasarnya pengolahan limbah ini dapat dibedakan menjadi: 1. Layanan air limbah domestik: pelayanan sanitasi untuk menangani limbah Air kakus. Daftar isi [sembunyikan]       1 Pengolahan limbah 2 Karakteristik limbah 3 Limbah industri 4 Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) 5 Macam Limbah Beracun 6 Catatan kaki [sunting] Pengolahan limbah Beberapa faktor yang memengaruhi kualitas limbah adalah volume limbah. Apabila jamban pribadi tidak ada. Layanan ini diawali dengan pewadahan sampah dan pengumpulan sampah. khususnya pemilik atau penghuni rumah. Layanan . sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Layanan sanitasi ini tidak dapat selalu diartikan sebagai bentuk jasa layanan yang disediakan pihak lain. limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. [1] 1. dan frekuensi pembuangan limbah. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu. disanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Bila ditinjau secara kimiawi. pengolahan menurut tingkatan perlakuan 2.[1] 3. dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). Dimana masyarakat bermukim.Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).

atau fasilitas pengolahan sampah lainnya. tempat pembuangan akhir (TPA). 4. fasilitas. . Komponen pencemaran air pada umumnya terdiri dari bahan buangan padat. Ada 2 kategori sumber antropogenik yaitu: sumber tetap (stationery source) seperti: pembangkit energi listrik dengan bakar fosil. Penyediaan air bersih dalam sebuah pemukiman perlu tersedia secara berkelanjutan dalam jumlah yang cukup. Kontaminan pada konsentrasi yang cukup tinggi dapat mengakibatkan efek negatif terhadap penerima (receptor). Cemaran primer adalah cemaran yang diemisikan secara langsung dari sumber cemaran. Berukuran mikro Dinamis Berdampak luas (penyebarannya) Berdampak jangka panjang (antar generasi) [sunting] Limbah industri Berdasarkan karakteristiknya limbah industri dapat dibagi menjadi empat bagian. Limbah padat 3. dan lain-lain dan sumber bergerak (mobile source) seperti: truk. yaitu: 1.[1] 4.Cemaran udara diklasifihasikan menjadi 2 kategori menurut cara cemaran masuk atau dimasukkan ke atmosfer yaitu: cemaran primer dan cemaran sekunder. Cemaran sekunder adalah cemaran yang terbentuk oleh proses kimia di atmosfer. Saluran drainase harus memiliki kemiringan yang cukup dan terbebas dari sampah. Air bersih ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan makan. Sumber cemaran dari aktivitas manusia (antropogenik) adalah setiap kendaraan bermotor. Limbah cair biasanya dikenal sebagai entitas pencemar air. Beberapa ada yang melakukan upaya kolektif lebih lanjut dengan memasukkan upaya pengkomposan dan pengumpulan bahan layak daur-ulang.[1] 5. layanan untuk mengatasi sampah dikembangkan secara kolektif oleh masyarakat. pesawat terbang.bus. Dimensi saluran drainase harus cukup besar agar dapat menampung limpasan air hujan dari wilayah yang dilayaninya. dan kakus saja. 3. rumah tangga. pabrik. mandi. kontaminan disebut cemaran (pollutant). bila ini terjadi.sampah juga harus dilengkapi dengan tempat pembuangan sementara (TPS). pabrik. minum.jasa. Limbah gas dan partikel Proses Pencemaran Udara Semua spesies kimia yang dimasukkan atau masuk ke atmosfer yang “bersih” disebut kontaminan. dan kereta api. Layanan drainase lingkungan adalah penanganan limpasan air hujan menggunakan saluran drainase (selokan) yang akan menampung limpasan air tersebut dan mengalirkannya ke badan air penerima. bahan buangan organik dan bahan buangan anorganik 2. instalasi atau aktivitas yang mengemisikan cemaran udara primer ke atmosfer.[1] [sunting] Karakteristik limbah 1. melainkan juga untuk kebutuhan cuci dan pembersihan lingkungan. Dibeberapa wilayah pemukiman. 2.

cair atau padat. tumpahan. Selain cemaran primer terdapat cemaran sekunder yaitu cemaran yang memberikan dampak sekunder terhadap komponen lingkungan ataupun cemaran yang dihasilkan akibat transformasi cemaran primer menjadi bentuk cemaran yang berbeda. . gesekan atau sumber nyala lain akan mudah menyala atau terbakar dan bila telah menyala akan terus terbakar hebat dalam waktu lama. percikan api. e. d. CH4 (metana). bersifat reaktif. bersifat korosif. industri. Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu.Lima cemaran primer yang secara total memberikan sumbangan lebih dari 90% pencemaran udara global adalah: a. Di antara berbagai jenis limbah ini ada yang bersifat beracun atau berbahaya dan dikenal sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3). d. sisa kemasan. [sunting] Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) Secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi. Suatu limbah digolongkan sebagai limbah B3 bila mengandung bahan berbahaya atau beracun yang sifat dan konsentrasinya. beracun. Karbon monoksida (CO). dan sebagainya. b. c. dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganan dan pengolahan khusus. Sulfur oksida (SOx) e. yang bila diuji dengan toksikologi dapat diketahui termasuk limbah B3. baik langsung maupun tidak langsung.regional maupun global yaitu: a. c. Ada beberapa cemaran sekunder yang dapat mengakibatkan dampak penting baik lokal. b. Limbah mudah terbakar adalah limbah yang bila berdekatan dengan api. Partikulat.Yang termasuk limbah B3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karena rusak. menyebabkan infeksi. dan lain-lain. dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia. [sunting] Macam Limbah Beracun   Limbah mudah meledak adalah limbah yang melalui reaksi kimia dapat menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan. pertambangan. Bahan-bahan ini termasuk limbah B3 bila memiliki salah satu atau lebih karakteristik berikut: mudah meledak. Cemaran asbut (asap kabut) atau smog (smoke fog). Hujan asam. CO2 (karbon monoksida). mudah terbakar. Hidrokarbon (HC). sisa proses. CFC (Chloro-Fluoro-Carbon/Freon). baik pada skala rumah tangga. Nitrogen oksida (Nox).

Pengelolaan Limbah B3 adalah rangkaian kegiatan yang mencakup reduksi.5 untuk yang bersifat basa. Limbah beracun adalah limbah yang mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. kulit atau mulut. menanggulangi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Limbah yang bersifat korosif adalah limbah yang menyebabkan iritasi pada kulit atau mengkorosikan baja.    Limbah reaktif adalah limbah yang menyebabkan kebakaran karena melepaskan atau menerima oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi. pengangkutan. Pengelolaan Limbah B3 ini bertujuan untuk mencegah. penyimpanan. memulihkan kualitas lingkungan tercemar.0 untuk limbah yang bersifat asam dan lebih besar dari 12. Limbah penyebab infeksi adalah limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbah yang mengandung kuman penyakit. yaitu memiliki pH sama atau kurang dari 2. Limbah B3 dapat menimbulkan kematian atau sakit bila masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. dan penimbunan limbah B3. seperti bagian tubuh manusia yang diamputasi dan cairan tubuh manusia yang terkena infeksi. pemanfaatan. dan meningkatan kemampuan dan fungsi kualitas lingkungan . pengumpulan. pengolahan.

Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. pencemar primer dan pencemar sekunder. Kegiatan manusia      Transportasi Industri Pembangkit listrik Pembakaran (perapian. mengganggu estetika dan kenyamanan.2 Dampak terhadap tanaman o 3. kimia.[insinerator]dengan berbagai jenis bahan bakar Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti (CFC) Sumber alami  Gunung berapi . Daftar isi [sembunyikan]    1 Sumber Polusi Udara 2 Jenis-jenis pencemaran udara 3 Dampak o 3.Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik.1 Dampak kesehatan o 3. Pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder. regional.5 Kerusakan lapisan ozon [sunting] Sumber Polusi Udara Pencemar udara dibedakan menjadi dua yaitu. dan tumbuhan. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal. Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Belakangan ini tumbuh keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan pemanasan global (global warming) yg memengaruhi. atau merusak properti. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. furnace. radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. kompor.3 Hujan asam o 3. panas. hewan.4 Efek rumah kaca o 3. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. maupun global.

Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik. bronkitis.   Rawa-rawa Kebakaran hutan Nitrifikasi dan denitrifikasi biologi Sumber-sumber lain     Transportasi amonia Kebocoran tangki klor Timbulan gas metana dari lahan uruk /tempat pembuangan akhir sampah Uap pelarut organik [sunting] Jenis-jenis pencemaran udara         Karbon monoksida Oksida nitrogen Oksida sulfur CFC Hidrokarbon Ozon Volatile Organic Compounds Partikulat [sunting] Dampak [sunting] Dampak kesehatan Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan.3 trilyun rupiah di tahun 2015. memperkirakan dampak pencemaran udara di Jakarta yang berkaitan dengan kematian prematur. Partikulat yang terdeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis. antara lain klorosis. . dan ISNA pada tahun 1998 senilai dengan 1. asma. termasuk di antaranya. dan gangguan pernapasan lainnya. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISNA (infeksi saluran napas atas). dan bintik hitam. berkurangnya hari kerja efektif. [sunting] Dampak terhadap tanaman Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit. Dari paru-paru.8 trilyun rupiah dan akan meningkat menjadi 4. sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. nekrosis. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. perawatan rumah sakit.

Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. metana. dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi.[sunting] Hujan asam pH biasa air hujan adalah 5. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global. Dampak dari hujan asam ini antara lain:     Mempengaruhi kualitas air permukaan Merusak tanaman Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan [sunting] Efek rumah kaca Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2. CFC. . Dampak dari pemanasan global adalah:    Pencairan es di kutub Perubahan iklim regional dan global Perubahan siklus hidup flora dan fauna [sunting] Kerusakan lapisan ozon Lapisan ozon yang berada di stratosfer (ketinggian 20-35 km) merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari.6 karena adanya CO2 di atmosfer. ozon. sehingga terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon. Pembentukan dan penguraian molekul-molekul ozon (O3) terjadi secara alami di stratosfer.

cari Tiga macam radiasi ion yang dapat menembus benda-benda padat: kertas. dan zat radioaktif). bergerak ke luar dalam garis lurus ke segala arah) dari suatu sumber. Orang awam sering menghubungkan kata radiasi ionisasi (misalnya. radiasi akustik. Hal ini sering mengganggu dalam sistem biologi. radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang. sebagaimana terjadi pada senjata nuklir. sinar ultra violet.Radiasi Dari Wikipedia bahasa Indonesia. dan dapat menyebabkan mutasi dan kanker. Daftar isi [sembunyikan]     1 Radiasi ionisasi 2 Radiasi non-ionisasi 3 Penggunaan 4 Pranala luar [sunting] Radiasi ionisasi Beberapa jenis radiasi memiliki energi yang cukup untuk mengionisasi partikel. Apa yang membuat radiasi adalah bahwa energi memancarkan (yaitu. geometri ini secara alami mengarah pada sistem pengukuran dan unit fisik yang sama berlaku untuk semua jenis radiasi. hal ini melibatkan sebuah elektron yang 'terlempar' dari cangkang atom elektron. Secara umum. reaktor nuklir. yang akan memberikan muatan (positif). cahaya inframerah. tetapi juga dapat merujuk kepada radiasi elektromagnetik (yaitu. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Beberapa radiasi dapat berbahaya. dan akhirnya diserap oleh benda lain. atau untuk proses lain yang lebih jelas. aluminium dan timbal Dalam fisika. cahaya tampak. . dan X-ray). gelombang radio.

.Jenis radiasi umumnya terjadi di limbah radioaktif peluruhan radioaktif dan sampah. karena massa partikel yang tinggi sehingga memiliki sedikit energi dan jarak yang rendah. radiasi tersebut ditemukan melalui percobaan sederhana. peluruhan alfa  Radiasi alpha (α) Peluruhan Alpha adalah jenis peluruhan radioaktif di mana inti atom memancarkan partikel alpha. Rutherford menyimpulkan radiasi yang terdiri dari tiga sinar. Beliau memberi nama yang diambil dari tiga huruf pertama dari abjad Yunani yaitu alfa. partikel alfa dapat dihentikan dengan selembar kertas (atau kulit).  Radiasi beta (β) peluruhan beta peluruhan beta adalah jenis peluruhan radioaktif di mana partikel beta (elektron atau positron) dipancarkan. beta. dan salah satu dari mereka yang negatif. Rutherford menggunakan sumber radioaktif dan menemukan bahwa sinar menghasilkan memukul tiga daerah yang berbeda. Alfa. Beta. Tiga jenis utama radiasi ditemukan oleh Ernest Rutherford. dan gamma. Namun. Salah satu dari mereka menjadi positif. dan dengan demikian mengubah (atau 'meluruh') menjadi atom dengan nomor massa 4 kurang dan nomor atom 2 kurang. dan sinar gamma. salah satu dari mereka bersikap netral. Dengan data ini.

Perbedaan antara energi ini masuk ke dalam reaksi konversi proton menjadi neutron. Radiasi gamma bukan elektron atau neutron sehingga tidak dapat dihentikan hanya dengan kertas atau udara. sebaliknya. Dampak dari bentuk radiasi pada jaringan hidup hanya baru-baru ini telah dipelajari. Jadi. Namun demikian. Bila sinar gamma bergerak melewati sebuah materi maka penyerapan radiasi gamma proporsional sesuai dengan ketebalan permukaan materi tersebut. radiasi elektromagnetik memiliki energi yang cukup hanya untuk mengubah rotasi. tidak seperti β⁻. Ini terutama mengacu pada bentuk energi yang lebih rendah dari radiasi elektromagnetik (yaitu. radiasi terahertz. Radiasi beta plus (β+) adalah emisi positron. positron dan antineutrino. efek biologis yang berbeda diamati untuk berbagai jenis radiasi non-ionisasi  Radiasi Neutron . Alih-alih membentuk ion berenergi ketika melewati materi. peluruhan β+ hanya dapat terjadi di dalam nukleus ketika nilai energi yang mengikat dari nukleus induk lebih kecil dari nukleus. getaran atau elektronik konfigurasi valensi molekul dan atom. massa neutron lebih besar daripada massa proton. Elektron seringkali dapat dihentikan dengan beberapa sentimeter logam. gelombang mikro. tetapi lebih daripada sinar gamma. radiasi ini terjadi ketika peluruhan neutron menjadi proton dalam nukleus.Radiasi beta-minus (β⁻)terdiri dari sebuah elektron yang penuh energi. karena memerlukan energi. penyerapan sinar gamma lebih efektif pada materi dengan nomor atom dan kepadatan yang tinggi. dan ke energi kinetik dari partikelpartikel  Radiasi gamma (γ) peluruhan gamma Radiasi gamma atau sinar gamma adalah sebuah bentuk berenergi dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomik lainnya seperti penghancuran elektron-positron. gelombang radio. mengacu pada jenis radiasi yang tidak membawa energi yang cukup per foton untuk mengionisasi atom atau molekul. Radiasi gamma terdiri dari foton dengan frekuensi lebih besar dari 1019 Hz. [sunting] Radiasi non-ionisasi Radiasi non-ionisasi. dan cahaya yang tampak). melepaskan partikel beta dan sebuah antineutrino. peluruhan β+ tidak dapat terjadi dalam isolasi. cahaya inframerah. radiasi ini kurang terionisasi daripada alfa.

[sunting] Penggunaan  Dalam kedokteran Radiasi dan zat radioaktif digunakan untuk diagnosis. yang disebut spektrum yang dapat dilihat atau cahaya. misalnya. proses fusi nuklir. Sebuah jendela kecil frekuensi.  Cahaya Cahaya adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang yang terlihat oleh mata manusia (sekitar 400-700 nm). atau sampai 380-750 nm. Radiasi elektromagnetik diklasifikasikan ke dalam jenis menurut frekuensi gelombang. pengobatan. atau dari reaksi nuklir lainnya. gelombang mikro. sinar X. fisikawan menganggap cahaya sebagai radiasi elektromagnetik dari semua panjang gelombang. Radiasi termal dihasilkan ketika panas dari pergerakan partikel bermuatan dalam atom diubah menjadi radiasi elektromagnetik. dan untuk benda hitam asli yang diberikan oleh hukum radiasi Planck. radiasi ultraviolet. Properti sinar X ini memungkinkan dokter untuk menemukan tulang rusak dan untuk menemukan kanker yang . melalui otot dan jaringan lunak lainnya tapi dihentikan oleh bahan padat.  Radiasi elektromagnetik Radiasi elektromagnetik mengambil bentuk gelombang yang menyebar dalam udara kosong atau dalam materi. yang dapat disampaikan ketika berinteraksi dengan materi. dengan variasi batas spektrum sempit ini. Ia tidak mengionisasi atom dengan cara yang sama bahwa partikel bermuatan seperti proton dan elektron tidak (menarik elektron).Radiasi Neutron adalah jenis radiasi non-ion yang terdiri dari neutron bebas.  Radiasi termal Radiasi termal adalah proses dimana permukaan benda memancarkan energi panas dalam bentuk gelombang elektromagnetik. hukum Wien memberikan frekuensi paling mungkin dari radiasi yang dipancarkan. gelombang radio memiliki panjang gelombang terpanjang dan sinar gamma memiliki terpendek. karena neutron tidak memiliki muatan. membuat isotop yang tidak stabil dan karena itu mendorong radioaktivitas dalam materi yang sebelumnya nonradioaktif. baik yang terlihat maupun tidak. radiasi inframerah. Dari jumlah tersebut. jenis ini termasuk (dalam rangka peningkatan frekuensi): gelombang radio. cahaya yang terlihat. radiasi infra merah dari radiator rumah tangga biasa atau pemanas listrik adalah contoh radiasi termal. yang dilihat dengan mata berbagai organisme. neutron mudah bereaksi dengan inti atom dari berbagai elemen. sinar-X dan sinar gamma. EM radiasi membawa energi dan momentum. radiasi terahertz. Namun. dan penelitian. Radiasi EM memiliki komponen medan listrik dan magnetik yang berosilasi pada fase saling tegak lurus dan ke arah propagasi energi. Lebih luas lagi. seperti panas dan cahaya yang dikeluarkan oleh sebuah bola lampu pijar bercahaya. Proses ini dikenal sebagai aktivasi neutron. dan hukum Stefan-Boltzmann memberikan intensitas panas. Neutron ini bisa mengeluarkan selama baik spontan atau induksi fisi nuklir. Gelombang frekuensi yang dipancarkan dari radiasi termal adalah distribusi probabilitas tergantung hanya pada suhu.

gambar. Radiasi digunakan untuk menentukan komposisi bahan dalam proses yang disebut analisis aktivasi neutron.  Dalam iptek Para peneliti menggunakan atom radioaktif untuk menentukan umur bahan yang dulu bagian dari organisme hidup. Kalangan ilmuwan menggunakan atom radioaktif sebagai atom pelacak untuk mengidentifikasi jalur yang dilalui oleh polutan di lingkungan. Para ilmuwan dapat mengidentifikasi elemen-elemen dalam sampel dengan mempelajari radiasi yang dilepaskan .  Dalam Komunikasi Semua sistem komunikasi modern menggunakan bentuk radiasi elektromagnetik. Variasi intensitas radiasi berupa perubahan suara. Dalam proses ini. Misalnya. atau informasi lain yang sedang dikirim.mungkin tumbuh dalam tubuh. Dokter juga menemukan penyakit tertentu dengan menyuntikkan zat radioaktif dan pemantauan radiasi yang dilepaskan sebagai bergerak melalui substansi tubuh. Beberapa atom dalam sampel menyerap neutron dan menjadi radioaktif. suara manusia dapat dikirim sebagai gelombang radio atau gelombang mikro dengan membuat gelombang bervariasi sesuai variasi suara. para ilmuwan membombardir contoh zat dengan partikel yang disebut neutron. Usia bahan tersebut dapat diperkirakan dengan mengukur jumlah karbon radioaktif mengandung dalam proses yang disebut penanggalan radiokarbon.

Ini dapat berarti gangguan secara fisik maupun psikologis. Penilaian terhadap suara yang muncul sebagai polusi atau tidak merupakan sesuatu yang subjektif. [sunting] Efek negatif Suara bising yang terus-menerus dengan tingkat kebisingan yang relatif tinggi dapat mengakibatkan dampak yang merugikan kesehatan manusia. gangguan gaya hidup berupa gangguan tidur atau istirahat. Gangguan psikologis akibat polusi suara dibagi menjadi tiga mecam. radio. sakit kepala. Kerusakan yang diakibatkan pencemaran suara bersifat setempat. cari Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya. perubahan ambang batas permanen akibat kebisingan. hilang konsentrasi waktu bekerja. tidak seperti polusi udara maupun polusi air. dan pendengaran. Ganggguan emosional ditandai dengan kejengkelan dan kebingungan. [sunting] Pengukuran alat pengukur tingkat suara sound level meter . tekanan darah meningkat. Pencemaran suara diakibatkan suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan. telpon.Polusi suara Dari Wikipedia bahasa Indonesia. gaya hidup. Gangguan secara fisik antara lain adalah kehilangan pendengaran yang merupakan perubahan ambang batas sementara akibat kebisingan. percakapan. Gangguan pendengaran merintangi kemampuan mendengarkann TV. yaitu gangguan emosional. dan bunyi dering. dan sebagainya. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. serta akibat-akibat fisiologis yang berupa perasaan tidak nyaman atau stres meningkat.

Secara langsung. Lebih jauh. Cara langsung dilakukan dengan sebuah integrating sound level meter yang mempunyai fasilitas pengukuran LTM5.Pengukuran tingkat polusi suara dapat dilakukan melalui dua cara. yaitu cara sederhana dan cara langsung. dilakukan pengukuran selama 10 (sepuluh) menit. yaitu Leq dengan waktu ukur setiap 5 detik. tekanan psikis akan menyebabkan penyakit-penyakit lainnya muncul pada manusia . Cara sederhana dilakukan dengan sebuah sound level meter biasa diukur tingkat tekanan bunyi dB(A) selama 10 (sepuluh) menit untuk tiap pengukuran. polusi suara seperti ini dapat menyebabkan ketulian secara fisik dan tekanan psikologis. Pembacaan dilakukan setiap lima detik.

Kukar dan mengancam kesehatan masyarakat yang berada di DAS ( Daerah Aliran Sungai) Mahakam. Perda. Setelah menindak lanjuti tim dari LSM Perwaka dan PWKT menemukan fakta bahwa Limbah PT. REA KALTIM sebuah perusahaan swasta yang terbilang raksasa ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit . Permen. Kecamatan Tabang dan sekitarnya bukan saja Kabupaten Kutai Kartanegara termasuk juga Pemerintah Kota Samarinda. Kembang Janggut Kab. 4 poin pokok permasalahan dilapangan yang tertuang dalam somasi. karena dampak buruknya sangat komplek dan berbahaya sekali bagi kesehatan. Gerakan Aktif Hasil Tim Investigasi LSM Perwaka dan PWKT (Paguyuban Wartawan Kaltim)/Wartawan belum lama ini membuat ketua umum tercengang mendapati kenyataan laporan di mejanya. 11 poin pelanggaran di lapangan. 11 poin jenis pelanggaran tersebut : Pertama. Pergub.PT. dan lainnya). REA KALTIM telah mencemari aliran sungai belayan dan Mahakam kec. Maka melalui hasil temuan ini Ketua Umum Perwaka dan PWKT melalui surat nomor : 099/LSM-P/PWKT/VI 2010 melayangkan surat somasi kepada perusahaan PT Rea Kaltim untuk memberikan keterangan atau klarifikasi yang akan di publikasikan kepada masyarakat di wilayah kecamatan Kembang Janggut. REA KALTIM TERANCAM DITUTUP LIMBAH BERACUN CO2 DAN MERCURY CEMARI LINGKUNGAN Posted by gerakanaktif on 20 Februari 2011 in UTAMA 3 Votes Tenggarong.” Ujar Syaiful Bahrie. 3 item pelanggaran Peraturan Perundang-undangan (Kepres. PT. saya tidak menyangka hasilnya sungguh mengejutkan. “ Memang belum lama ini Saya menugaskan Tim investigasi LSM Perwaka dan PWKT untuk menelusuri aduan masyarakat terkait limbah PT Rea Kaltim ini.

REA KALTIM sesuai dengan Undang – Undang yang berlaku. Kedua. Bahaya juga mengancam warga kota samarinda karena PDAM sebagai pemasok air bersih bagi warga kota samarinda kemungkinan besar warga akan terancam kesehatannya. dan AMDAL. bahkan pintar pura – pura bodoh.[*] . Undang-undang tentang Penipuan kepada masyarakat sebagai publick. tidak tau. tuli. Ketiga. UPL. Pemerintah. Keempat. janganlah kita sok bijaksana dan arif namun prakteknya nol. Kesembilan. Kedua. Fakta authentic menyimpulkan hasil temuan bahwa Limbah beracun yang telah dialirkan atau dibuang langsung kesungai melalui parit-parit menyebabkan sebagian besar ekosistem disekitar pembuangan limbah ( bahan Berbahaya dan beracun ) atau B3 nya langsung rusak dan punah. pemerintah maupun institusi aparat penegak hukum tertinggi di NKRI segera menindak tegas ulah tingkah PT. No. Pelaksanaan Comdev yang seharusnya bertujuan untuk memakmurkan serta pembinaan lingkungan hidup ternyata berjalan tak sesuai dengan pelaksanaanya. maupun yang berskala perusahaan swasta.yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat kecamatan Kembang Janggut Kukar.REA KALTIM yaitu : Pertama Diduga berat dengan sengaja melanggar Undang – Undang Negara Republik Indonesia. REA KALTIM mengakibatkan hancurnya ekosistem lingkungan hidup secara perlahan – lahan.UKL. Ketujuh.32 Th. 3 Poin jenis pelanggaran Hukum PT. Kedua. Kesebelas. Tanggung jawaban perusahaan terhadap nasib sebagian besar masyarakat kita yang bermata pencaharian. Undang-undang kesehatan masyarakat. Rea Kaltim yang mencemari sungai serta lingkungan hidup dengan limbah beracunnya yang mengandung CO’ (Carbon dioksida) & Racun Mercury sungguh tega dan biadap. diduga mengabaikan UU. ataupun dalam bidang organisasi apapun bahkan diri kita pribadi demi tercipta pelaksanaan kerja yang baik dan bersih.BUMD. PT. Limbah tersebut juga mengancam kesehatan manusia atau masyarakat yang mengomsumsi air sungai tersebut terancam cacad seumur hidup atau meninggal secara perlahan – lahan. Akibat ganasnya Limbah pabrik CPO POM dan limbah pabrik CPO COM desa Pulau pinang dan Desa kelekat kecamatan Kembang Janggut terancam kelaparan dan gangguan kesehatan. hidup dan berdomisili disekitar pinggiran sungai belayan/ Mahakam tersebut. Keenan. PT. 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup mengadung unsur kesengajaan membuang limbah B3nya langsung kesungai tanpa proses sterilisasi B3nya. Keempat. Mengingat air Sebagai kebutuhan yang amat vital bagi kehidupan mahkluk hidup lainnya dan manusia. Mengedepankan pandangan yang arif dan penuh bijaksana. 4 Poin pokok Permasalahan yaitu: pertama. RI no.2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan hidup. 32 Th. Hadirnya dua pabrik CPO ditengah-tengah masyarakat kecamatan kembang janggut ini ternyata jauh dari harapan. Praktek yang ditenggarai dilakukan oleh oknum PT. Kontribusi yang telah diberikan tak sebanding dengan kehancuran ekosistem hayati dan non-hayati yang telah diwariskan perusahaan ini bagi warga Kecamatan Kembang Janggut Kukar. Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam melaksanakan Tugas Negara. Kedelapan. Kesepuluh. Kelima. Ketiga. REA KALTIM ditenggarai/disinyalir telah mengabaikan perlindungan pengelolaan Lingkungan Hidup. Ketiga. terkesan buta. BUMN.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful