You are on page 1of 7

Metabolisme Otot Tungkai dan Kelelahan Otot

Felicia Ananda Baeha Waruwu* Abstrak Rangka manusia tersusun atas 206 buah tulang yang terbagi atas ossa axiales dan ossa apendicularis. Ossa axiales membentuk axis panjang tubuh dan melindungi organ-organ pada kepala, leher dan torso. Ossa apendicularis tersusun atas 126 tulang yang membentuk lengan , tungkai, dan tulang pektoral serta tonjolan pelvis yang menjadi tempat melekatnya lengan dan tungkai pada ossa axiales. Otot terdiri dari tiga jenis yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Otot polos berbentuk gelendong dengan satu inti dan terbagi atas dua jenis yaitu unit tunggal dan unit ganda. Unit tunggal bersifat neurogenik dan unit ganda bersifat miogenik. Otot jantung memiliki serabut yang bercabang dan mempunyai anotomose. Otot lurik memiliki banyak inti dan terletak di pinggir. Otot lurik tersusun atas miofibril yang berpola terang-gelap. Selain itu miofibril juga mengandung aktin dan miosin yang akan berperan untuk melakukan kontraksi. Saat melakukan kontraksi otot memerlukan energi berupa glikogen otot sebagai hasil oksidasi karbohidrat. Jika oksigen tidak mencukupi untuk melakukan oksidasi, maka akan terjadi proses anaerob untuk menghasilkan energi. Selain itu asam piruvat juga akan terpecah menjadi asam laktat yang jika terus bertumpuk akan menimbulkan kelelahan otot. Kata Kunci : Rangka manusia, otot polos, otot jantung, otot lurik, kontraksi otot. Pendahuluan Pada skenario B diceritakan tentang seorang ibu yang mengalami kelelahan pada otot tungkai bawahnya. Kelelahan otot yang terjadi pada ibu ini terjadi karena penumpukan asam laktat. Asam laktat dihasilkan dari pemecahan asam piruvat pada proses anaerob. Proses aerob terjadi ketika jumlah oksigen tubuh tidak mencukupi untuk dilakukannya proses kontraksi secara aerob. Hal itu terjadi karena aktivitas yang kita lakukan begitu cepat dan tidak ada istirahat untuk memulihkan keadaan. Untuk melakukan suatu kontraksi tubuh kita membutuhkan energi yang didapatkan dari oksidasi karbohidrat untuk mendapatkan glukosa yang nantinya akan dipecah lagi menjadi glikogen otot. ___________________________________________________________________________ Mahasiswa Fakultas Kedokteran Ukrida, 102011410, B1, Jalan Dahlia III No. 39 Rt/Rw 04/09 Bumi Cengkareng Permai, fel_4nanda@yahoo.co.id, Telp. 021-5454215.

dan ossa membri inferior libera. Aktin dan miosin inilah yang akan melakukan tugasnya untuk Pembahasan Dalam tubuh manusia terdapat rangka yang memiliki fungsi. dan ossa phalanges). dan mandibula. sacralis. Columna vertebralis yang menyusun tulang punggung manusia terdiri atas cervicalis. dan sebagai tempat penyimpanan mineral. ossa metatarsalia.1 Os Femur Gambar 1. leher dan torso. pelindung organ-organ tubuh. columna vertebralis. dan tulang pektoral serta tonjolan pelvis yang menjadi tempat melekatnya lengan dan tungkai pada ossa axiales. terdiri atas calvaria. Cingulum membri inferiors terdiri dari sepasang os coxae. dan ossa thoracis. Selain itu dalam otot lurik juga terdapat miofibril yang mengandung aktin dan mioasin. Gambar 1.1 Bagian ekstermitas inferior manusia tersusun atas cingulum membri inferiors dan ossa membri superiors libera.2 Cruris . basis cranii. Ossa membri superioris libra terbagi atas tiga regio os femur. Tulang dalam tubuh manusia tersusun atas 206 tulang yang dibagi menjadi ossa axiales dan ossa apendicularis. pembentuk sel darah. Kontraksi akan mulai terjadi setelah asetilkolin menempel pada reseptor. Bagian-bagian yang disusun oleh ossa axiales terdiri atas cranium. Ossa thoracales yang menyusun tulang dada disusun atas costae dan sternum. Ossa membri superiors libera berfungsi untuk menerima seluruh berat tubuh karena bagian ini lebih tebal dan kuat daripada bagian ekstremitas superior. ossa membri superior libera.Glikogen inilah yang akan digunakan untuk melakukan kontraksi. Ossa axiales tersusun atas 80 tulang yang membentuk axis panjang tubuh dan melindungi organ-organ pada kepala. cingulum membri inferior. Ossa apendicularis tersusun atas 126 tulang yang membentuk lengan . lumbalis. dan coccygealis. cruris (os tibia dan os fibula). Ossa apendicularis tersusun atas cingulum membri superior. tungkai. thoracalis.1 menghasilkan kontraksi. pedis (ossa tarsalia. Cranium adalah rangka yang melindungi otak dan organ-organ panca indera. yaitu penopang dan pemberi bentuk tubuh manusia. sistem pergerakan.

Otototot melekat pada rangka tubuh. Otot polos memiliki dua jenis berdasarkan cara otot distimulasi berdasarkan cara serabut otot distimulasi untuk berkontraksi yaitu otot unit tunggal (viseral) dan otot unit ganda. Gambar 1.4 Otot Polos Otot jantung memiliki struktur seperti otot skeletal hanya yang berbeda adalah pada otot jantung serabutnya yang bercabang dan mengadakan anostomose (bersambungan satu dengan yang lain). Otot polos biasa terletak di organ tubuh manusia. viseral (bagian dalam) yang berongga. yaitu tidak perlu mendapatkan stimulus dari luar untuk berkontraksi. Selain itu otot jantung juga bekerja secara tidak disadari dan tidak cepat lelah. Otot jantung memiliki sifat miogenik dimana otot jantung tidak memerlukan stimulus . Otot polos jenis ini bersifat neurogenik. jalan udara besar traktus respiratorik. dan otot jantung (cardiac muscle). trakea. otot erektor pili rambut. pada iris dan muskulis siliaris mata. Otot polos berkontraksi secara tidak sadar (involuntary) dan tidak perlu mendapatkan rangsangan dari luar (otomasi). seperti pada dinding saluran cerna. Otot unit tunggal ditemukan pada organ-organ yang berongga. Otot unit ganda ditemukan di dinding pembuluh darah besar.Gambar 1. pembuluh darah. yaitu perlu mendapatkan stimulus eksternal untuk memicu kontraksi. Otot jenis ini bersifat miogenik. pembuluh limfe. otot mata yang memfokuskan lensa. dan pada otot tak sadar dalam kulit. Otot polos juga bekerja dengan tidak cepat lelah. dan bronki. otot lurik (skeletal muscle).3 Pedis Tulang dilindungi oleh suatu otot yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Otot terbagi atas tiga macam yaitu otot polos (smooth muscle). Otot polos adalah otot yang bentuknya seperti gelendong dengan inti yang hanya ada satu ditengah.

dan endomisium. dan untuk memproduksi panas. Miofibril sendiri tersusun atas banyak miofilamen yang terbentuk oleh suatu protein kontraktil tipis (aktin) dan kontraktik tebal (miosin). mempertahankan postur. Dimana pita terang dinamakan stria I dan pita gelap dinamakan stria A. Sarkomer adalah unit kontraktil berulang yang terlihat disepanjang setiap miofibril dan merupakan ciri khas sarkoplasma serat otot rangka dan jantung. letaknya ada di lapisan tengah yang melapisi fasikulus. Jumlah inti pada otot lurik adalah banyak.5 Otot Jantung Gambar 1. seperti stapedius dalam telinga tengah. susunan filamen aktin dan miosin tersusun teratur. Otot lurik dilapisis oleh tiga macam lapisan yaitu lapisan epimisim. Kontraksi pada otot lurik cepat dan kuat. Di sarkoplasma. Otot lurik memiliki panjang 30 cm dengan diameter antara 10-100 mikron.1. Semakin besar otot semakin banyak serabutnya. Otot bisep memiliki 260. Otot lurik memiliki banyak nukleus karena penyatuan prekursor sel otot mioblas selama perkembangan embrionik. perimisium. Perimisium termasuk dalam jaringan ikat kurang padat tidak teratur. Jika dilihat di bawah mikroskop cahaya kita akan bisa melihat suatu pola yang dikenal dengan pola pita terang gelap. penopang tubuh. Di lapisan bagian dalam adalah endomisium yang tersusun oleh jaringan ikat retikular. saraf. Diantara dua linea Z yang berdekatan terdapat unit kontraktil otot terkecil yang disebut sarkomer. Setiap serat otot tersusun atas subunit yang disebut miofibril yang terentang di sepanjang serat. Bentuk dari otot lurik adalah silindris panjang dengan unjung tumpul. Otot kecil. membentuk pola cross striation. Miofilamen pada otot jantung disusun dalam pemitraan regular sehingga otot jantung berlurik. Otot lurik adalah otot yang melekat pada rangka gerak.4 . Epimisium adalah termasuk pada jaringan ikat padat tidak teratur dan terletak di lapisan terluar otot. dan pembuluh limfe. Fungsi dari otot lurik adalah sebagai alat pergerakan.2 Gambar 1.1.6 Otot Lurik Otot lurik terdiri dari serabut-serabut yang tersusun dalam berkas yang disebut fasikel. Pada setiap stria I akan dipisah menjadi dua bagian oleh linea Z.eksternal untuk merangsang persarafan jantung. terdiri dari 1500 serabut. Di selubung jaringan ikat ini terdapat pembuluh darah.000 serabut karena otot bisep adalah otot yang paling besar. dimana intinya terletak dipinggir.

Antara stria A dan stria I terdapat sarkolema yang menembus ke dalam serat membentuk tubulus transversus (tubulus T). Melalui perantara tubulus T inilah potensial aksi menyebar ke dalam serat otot termasuk retikulum sarkoplasma. Ion kalsium akan berikatan dengan troponin. Dalam keadaan relaksasi. Siklus pengikatan ini akan terus berlanjut ke aktin-aktin berikutnya. Kontraksi otot terjadi karena suatu impuls saraf. Pita H yang tidak dicapai oleh pergerakan aktin menjadi lebih kecil ketika aktin ini mendekat satu sama lain. Miosin mempunyai suatu ujung kepala yang berfungsi untuk mengikat aktin. tempat aktin tersebut tertutup oleh troponin yang menempel dengan tropomiosin.Gambar 1. Peristiwa itu dikenal dengan power stroke (gerakan mengayun yang kuat) dari jembatan silang untuk menarik aktin ke arah dalam. Retikulum sarkoplasma saling berhubungan mengelilingi sepanjang permukaan miofibril. Ach akan menempel pada reseptor di sarkolema yang akan mengubah permeabilitas membran yang dihantarkan ke seluruh permukaan membran lainnya. tetapi mereka akan saling bersilangan. menginisiasi troponin dan tropomiosin untuk bergeser ke samping agar jembatan silang dapat berikatann dengan tempat di aktin. Setelah terjadi kontak dengan aktin konformasi jembatan silang akan berubah menjadi menekuk ke arah dalam. Teori ini mengatakan selama kontraksi panjang filamen aktin dan miosin tidak akan berubah panjang. Ada suatu teori interaksi aktin dan miosin yang dikenal dengan mekanisme sliding filament. hubungan jembatan silang dengan aktin terputus dan konformasi miosin kembali ke semula. Segmen yang terpisah membungkus setiap stria A dan stria I yang diujung setiap segmen membesar disebut dengan kantong lateral yang dekat dengan tubulus T tetapi tidak kontak langsung satu sama . Stria I yang tersusun atas aktin yang tidak saling mendekat akan makin berkurang lebarnya. mempersempit dan menghalangi stria A. Otot akan mulai berkontraksi setelah terjadinya pelepasan asetilkolin (Ach). Panjang sarkomer juga akan memperpendek serabut otot individual dan keseluruhan otot. Filamen aktin akan menyusup untuk memanjang ke dalam stria A. Panjang sarkomer akan memendek selama kontraksi. tetapi tidak kontinu. bahkan dapat hilang (pita H) jika aktin saling bertemu. Agar bisa terbuka dibutuhkan ion kalsium.7 Struktur Otot Lurik Otot akan melakukan suatu sistem kontraksi dan relaksasi. Pada akhir siklus.

otot membutuhkan suatu energi. Asam laktat yang ada di dalam pembuluh darah akan merangsang pusat pernafasan sehingga frekuensi napas meningkat. Otot unit ganda ditemukan di dinding pembuluh darah besar. dan otot jantung. Di kantong ini tersimpan ion kalsium. potensial aksi menyebabkan keluarnya ion ini ke sarkoplasma. Otot unit tunggal ditemukan pada organ-organ yang berongga. Penumpukan asam laktat ini akan menimbulkan kelelahan otot.5 Otot juga bisa bisa melakukan kontraksi tanpa menggunakan oksigen melalui ATP yang dihasilkan dalam glikolisis anaerob. CO2.1. Glikogen otot inilah yang nantinya akan digunakan sebagai energi.lain. Rangka manusia berjumlah 206 buah yang terdiri atas ossa axiales dan ossa apendicularis. Hal ini akan terus terjadi sampai oksigen memungkinkan hati dan sel otot dan hati mengoksidasi asam laktat dengan sempurna atau mengubahnya menjadi gliogen. Karbohidrat dalam pencernaan akan diubah menjadi glukosa. Ketika otot harus berkontraksi. . Proses ini dikenal dengan reaksi aerob. yaitu karbohidrat. Selama oksidasi glikogen berlangsung akan terbentuk asam piruvat. jalan udara besar traktus respiratorik. Fase ini dapat terjadi hanya ketika otot membutuhkan energi yang cepat tapi oksigen yang didapat tidak mencukupi. Otot manusia dibagi atas tiga jenis yaitu otot polos. Energi akan dipakai untuk membentuk ATP lebih banyak lagi. otot erektor pili rambut. Oksigen ekstra yang dibutuhkan untuk membuang tumpukan asam laktat ini disebut oxygen debt. tapi tidak efisien karena hanya dihasilkan dua molekul ATP. Glukosa nantinya akan diubah lagi menjadi glikogen dan akan disimpan dalam hati dan otot. Tipe unit ganda bersifat neurogenik dimana untuk melakukan kontraksi. maka ATP akan dilepas dan diubah menjadi ADP.6 Untuk melakukan kontraksi. Otot polos adalah otot yang melapisi organ-organ tubuh dan berbentuk seperti gelendong. Asam piruvat ini juga nanti akan dipecah menjadi energi.5 Kesimpulan Tubuh manusia terdiri dari tulang-tulang dan otot yang berfungsi untuk memberi bentuk tubuh serta sebagai sistem pergerakan tubuh. dan H2O. Otot polos dibagi dalam dua jenis otot yaitu unit ganda dan unit tunggal.5. Glikolisis anaerob berlangsung cepat. Selama oksidasi glikogen akan terbentuk suatu senyawa adenosin triposfat (ATP). yang harus dikembalikan setelah latihan berakhir. Glikolisis berlangsung dalam sarkoplasma dan melibatkan pengubahan satu molekul glukosa menjadi dua molekul asam piruvat. Energi didapatkan dari oksidasi makanan. otot memerlukan suatu stimulus eksternal. otot mata yang memfokuskan lensa. Asam laktat akan dibawa ke hati melalui pembuluh darah untuk melangsungkan proses pemebentukan energi lagi.1. otot lurik. Pada tahap ini juga terbentuklah suatu asam laktat yang dihasilkan oleh asam piruvat.

Fase ini akan memecah asam piruvat menjadi asam laktat. Eroschenka VP. United State of America : Brooks/Cole . 5th ed. Selain itu. Dharmawan D. Komalasari. Otot lurik adalah otot yang melekat pada rangka dan didalamnya tersusun atas miofibril yang memiliki pola terang-gelap. Jika asam laktat terus menumpuk. Anatomi dan Fisiologi untuk Perawat. 2. maka akan terjadi kontraksi dalam fase aerob. Teori yang menjelaskan tentang kontraksi otot adalah mekanisme sliding filament. yaitu tidak perlu mendapatkan stimulus dari luar untuk berkontraksi. editor. dan tidak cepat lelah. editor. Mohamad K. editor. 2009.Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2002.Otot jenis ini bersifat miogenik. Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. editor. 3. Edisi 10. 6. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC . editor. . Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC . Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC . 2009. Human Physiology : From Cell to Systems. Pearce EC. Daftar Pustaka 1. Sherwood L. 2004. Edisi 11. maka akan terjadi kelelahan otot. Jika oksigen dalam tubuh tidak mencukupi. Widyastuti P. Ensiklopedia Keperawatan. 2003. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama . 4. Yesdelita N. gerak tidak disadari. Anatomi dan Fisiologi Untuk Pemula. Tiar E. dalam melakukan kontraksi otot membutuhkan energi. Didalam miofibril terdapat aktin dan miosin yang berperan dalam proses kontraksi. Otot jantung adalah otot yang serabutnya bercabang dan mengadakan anostomose. 5. Energi didapatkan dari hasil oksidasi karbohidrat yaitu glikogen otot. Atlas Histologi diFiore : Dengan Korelasi Fungsional.