You are on page 1of 19

Pemikiran-Ulang Tentang Nuklir

Oleh: Ekki Kurniawan (07 Agustus 2007) “Pandangan saya telah berubah, karena energi nuklir adalah satu-satunya sumber listrik yang tidak memancarkan gas rumah-kaca, yang dapat secara efektif mengganti bahan-bakar fosil, guna memenuhi permintaan energi yang semakin bertambah” (Patrick Moore) Diterjemahkan Moore. Patrick, Nuclear dari Re-Think, IAEA Bulletin, naskah Volume 48/1, September asli: 2006,

www.iaea.org Di awal tahun 1970-an sewaktu saya membantu mendirikan Greenpeace, saya percaya bahwa energi nuklir itu sinonim dengan bencana nuklir, sama seperti pendapat rekan-rekan seperjuangan saya. Keyakinan itu telah mengilhami perjalananGreenpeace yang pertama ke pantai karang Barat-Laut untuk memprotes percobaan bom hidrogen di Kepulauan Aleutian di Alaska. Tiga puluh tahun berlalu, pandangan saya telah berubah, dan seluruh gerakan pro-lingkungan kiranya perlu memutakhirkan pendapatnya juga, karena energi nuklir adalah satu-satunya sumber listrik yang tidak memancarkan gas rumah-kaca, yang dapat secara efektif mengganti bahan-bakar fosil guna memenuhi permintaan energi yang semakin bertambah. Marilah kita kaji pemancar gas rumah-kaca yang terbesar di dunia: batubara. Biarpun batubara memberikan listrik murah, tetapi pembakaran batubara di seluruh dunia

menciptakan sekitar 9 milyar ton CO2 per tahun, yang sebagian besar akibat dari pembangkitan listrik. Pembangkitan listrik yang membakar batubara menyebabkan hujan asam, kabut-asap (smog), penyakit pernafasan, kontaminasi merkuri, dan memberi kontribusi utama pada peningkatan konsentrasi gas rumah-kaca dunia. Di lain pihak, sebanyak 441 PLTN yang kini beroperasi di seluruh dunia telah menghindari emisi hampir 3 milyar ton CO2 per tahun - yang setara dengan gas-buang yang berasal lebih dari 428 juta mobil.

Biarpun saya tidak hidup dekat dengan PLTN. tetapi sekarang saya praktis berada di pihaknya. pendiri dari The Whole Earth Catalogue dan pemikir ekologi holistik. bahwa gerakan lingkungan haruslah merangkum energi nuklir untuk mengatakan mengurangi ketergantungannya terhadap bahan bakar fosil. • James Lovelock. Sekitar 80% penduduk di sekitar PLTN sampai jarak 10 km menyetujui kehadiran PLTN-mereka. tetapi tidak ada korban luka atau meninggal di antara publik maupun pekerja nuklir. sepadan dalam hal ongkos (cost effective). Di tahun 1979 Jane Fonda dan Jack Lemmon keduanya telah memenangkan piala Oscar untuk perannya dalam “The China Syndrome“. sebuah pelelehan reaktor di Three Mile Island benar-benar telah menggetarkan seluruh negara. Di Amerika Serikat. dapat diandalkan dan aman. percaya bahwa energi nuklir adalah satu-satunya energi yang menghindari perubahan iklim yang mendatangkan bencana. hari ini terdapat 103 reaktor nuklir yang diam-diam menyajikan 20% kebutuhan listriknya. Pada waktu itu tidak seorangpun memperhatikan bahwa Three Mile Island itu sebenarnya adalah sebuah kisah sukses. dan bergaji tinggi. Biarpun reaktor menjadi tidak berfungsi. kita harus bekerja bersama mengembangkan infrastruktur energi nuklir secara global. . Di dalam film tersebut. containment) telah menunaikan tugasnya dengan baik: bangunan sungkup telah menghalangi keluarnya radiasi ke lingkungan. Saya bukanlah sendirian di antara aktivis dan pemikir lingkungan kawakan yang telah dan tengah berubah pikiran dalam subyek ini. sebuah reaktor nuklir mengalami pelelehan yang mengancam kehidupan seluruh kota. Duapuluh hari setelah film dahsyat itu diputar-perdanakan. • Steward Brand. Energi nuklir itu bersih.Untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap batubara. bapak dalam teori Gaia dan ilmuwan atmosfir terkemuka. Struktur beton yang membentuk sungkup reaktor (kontenmen. Tingkat persetujuan yang tinggi itu tentulah tidak termasuk pekerja PLTN yang memiliki kepentingan dalam mendukung pekerjaan mereka yang aman.

nuklir dan listrik-hidro. geotermal. Saya memberi argumen bahwa satu-satunya jalan untuk mengurangi emisi bahan-bakar fosil dari pembangkitan listrik adalah melalui program yang agresif dalam penggunaan energi terbarukan (hidro.• Almarhum Bishop Hugh Montefiore. Tetapi sebaliknya. ia mulai dengan mengatakan bahwa ia menyetujui banyak hal yang saya sampaikan. dipaksa mengundurkan diri sewaktu dia menyajikan sebuah artikel pro-nuklir dalam sebuah lembaran-berita gereja. saya telah dapat merasakan bahwa pijakan bersama sangatlah mungkin dicapai. Energi angin dan matahari mempunyai tempat di sini. Saya menghadiri Pertemuan Iklim Kyoto di Montreal pada bulan Desember 2005. Masing-masing mitos itu perlu dipertimbangkan: • Mitos 1: Energi nuklir itu mahal Fakta: Energi nuklir adalah satu di antara sumber energi yang tidak-mahal. tetapi karena tidak selalu kontinu dan tidak dapat diprediksi. Begitu sederhana! Memang. Juru bicaraGreenpeace adalah orang pertama yang mengambil mikrofon pada saat acara tanya-jawab dan saya mengira akan mendengar kata-kata keras darinya. Gas-alam kini sudah terlalu mahal. kecuali tentu saja. merupakan satu-satunya substitusi yang dapat diperoleh dalam skala besar. potongan plus nuklir itu. dan harganya begitu mudah berubah sehingga sangat berisiko apabila digunakan sebagai pembangkit listrik beban-basis yang besar. Biarpun demikian. Pendapat seperti itu telah ditanggapi sebagai semacam inquisition (hukuman karena menyalahi paham ajaran gereja) dari kelompok kepadrian yang anti-nuklir. Namun terdapat tanda-tanda bahwa sikap itu sedang berubah. maka kedua jenis energi itu tentu tidak dapat mengganti pembangkit listrik beban-basis yang besar seperti pembangkit listrik: batubara. Kalau sumber listrik-hidro biasanya dibangun untuk kapasitas besar. juga bukan tidak ada berbagai mitos yang berkaitan dengan energi nuklir. pendiri dan direktur Friends of the Earth Inggris. di situ saya berbicara di depan hadirin yang memenuhi ruangan tentang pertanyaan masa depan energi yang berkelanjutan. pompapanas dan angin) plus nuklir. bukan tidak ada tantangan nyata. maka nuklir digunakan sebagai ganti eliminasi batubara. rata-rata ongkos produksi listrik di Amerika Serikat adalah kurang dari dua sen per . bahkan sikap di antara para pelaksana kampanye yang paling getol. Di tahun 2004. sepadan dalam ongkos (cost effective) dan aman.

Kecelakaan Chernobyl itu sepertinya menunggu akan terjadi. • Mitos 4: Reaktor nuklir itu rawan terhadap serangan teroris Fakta: Beton bertulang yang tebalnya satu-setengah meter melindungi isi bangunan kontenmen dari luar maupun dari dalam. dengan demikian akan dimungkinkan pemanfaatan energi itu serta akan banyak mengurangi jumlah sampah yang harus diolah atau disimpan. karena 95% potensi energinya masih tersimpan di dalam bahan bakar bekas pada siklus pertama. Atau jika dibandingkan dengan 1. Kemajuan dalam teknologi akan menurunkan lagi ongkos itu di masa mendatang.2 juta jiwa yang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan mobil. Jepang telah bergabung dengan Perancis.kilowatt-jam. Bahkan kalau sebuah jumbo jet menabrak . bahan bakar yang telah digunakan hanya akan memancarkan seperseribu radioaktivitas dibandingkan pada waktu bahan bakar itu dikeluarkan dari reaktor. Dan sebenarnya sangatlah tidak benar jika dikatakan itu sebagai sampah (atau limbah). Forum multi-lembaga PBB untuk Chernobyl tahun lalu melaporkan bahwa hanya 56 kematian dapat dikaitkan dengan kecelakaan itu. Hal itu telah sejak lama diperbaiki). Sekarang Amerika Serikat telah mencabut larangan daur-ulang bahan bakar nuklir bekas. bahwa ratusan pekerja tambang uranium meninggal pada tahun-tahun awal industri ini. Bulan lalu. namun angka itu sangat kecil jika dibandingkan dengan kecelakaan di tambang batubara sebanyak 5000 jiwa seluruh dunia setiap tahun. • Mitos 3: Sampah nuklir itu akan berbahaya selama ribuan tahun Fakta: Dalam 40 tahun. setingkat dengan ongkos batubara dan listrik-hidro. maka kecelakaan di Chernobyl itu tidak dapat dikatakan demikian. Inggris dan Rusia dalam kegiatan daur-ulang bahan bakar nuklir ini. containment vessel). Memang tragis sekali korban kematian itu. Tidak seorangpun meninggal dalam sejarah program nuklir untuk sipil di Amerika Serikat. • Mitos 2: PLTN itu tidak aman Fakta: Kalau dapat dikatakan bahwa kecelakaan Three Mile Island itu suatu kisah sukses. Model awal dari reaktor Uni Soviet tidak menggunakan bejana kontenmen (sungkup. dalam hal desain dikatakan sebagai tidak-aman melekat. (Disayangkan. sedang operatornya kemudian meledakkannya. sebagian besar korban adalah akibat radiasi atau luka-bakar sewaktu memadamkan api.

pabrik kimia dan sejumlah sasaran politik. padahal negara ini telah memiliki kemampuan membuat bom nuklir. Selama 20 tahun. Ancaman senjata nuklir Iran sama sekali dapat dibedakan dari pembangkit energi nuklir untuk maksud damai. Ada banyak jenis fasilitas yang lebih rawan termasuk pabrik pencairan gas alam. akan menjadi produsen sumber energi. Dengan menggunakan . dalam waktu yang tidak terlalu jauh di masa depan. 1. Hidrogen sebagai sumber yang menghasilkan listrik menawarkan janji untuk energi yang bersih dan hijau. reaktor tidak akan meledak. menjadi lebih sulit. energi nuklir menawarkan dua manfaat yang ramahlingkungan sekaligus. Teknologi baru. Berbagai perusahaan mobil melanjutkan pengembangan sel bahan bakar hidrogen (fuel cell) dan diproyeksikan teknologi ini. satu di antara alat yang paling sederhana “perang” telah dipakai membunuh jutaan manusia di Afrika. Listrik nuklir menawarkan jalan yang penting dan praktis ke arah “keekonomian hidrogen“. untuk menghalangi pemerintahan atau teroris dari pemakaian bahan nuklir untuk tujuan perusakan. tidak memiliki reaktor yang menghasilkan listrik. jauh lebih banyak dari pada korban yang meninggal di Hiroshima dan Nagasaki (digabungkan). seperti misalnya sistem proses-ulang yang akhirakhir ini diperkenalkan di Jepang (yang tanpa proses pemisahan plutonium dari uranium) akan membuat pembuatan senjata nuklir dengan menggunakan bahan nuklir keperluan sipil. Iran misalnya. karena perang adalah alat yang sangat berharga di negara berkembang.reaktor dan merusak kontenmen. • Mitos 5: Bahan-bakar nuklir itu dapat dialihkan untuk membuat senjata nuklir Fakta: Senjata nuklir sudah tidak lagi harus tak-terpisahkan dengan PLTN. Lebih Bersih dan Lebih Hijau Sebagai bonus (tambahan) dalam mengurangi emisi gas rumah-kaca serta menggeser pengandalan bahan bakar fosil. Tetapi toh tidak seorangpun yang mengusulkan untuk melarang perang. Teknologi centrifuge (teknologi pengkayaan uranium-235) kini memungkinkan suatu negara memperkaya uranium tanpa harus membangun reaktor nuklir. Satu-satunya pendekatan pada isu penyebaran senjata nuklir adalah menempatkan isu itu pada agenda internasional yang lebih tinggi dan menggunakan diplomasi dan bila perlu kekuatan.

Dengan demikian produksi hidrogen ini dapat dikembangkan untuk menciptakan ekonomi energi hijau di masa depan. jaringan konsumen. akademisi. Moore dahulu mendirikan perusahaan asalnya Greenspirit Enterprises dan sekarang adalah Ketua dan Pakar Utama dari Greenspirit Strategies Ltd. organisai buruh. Ia memulai kariernya sebagai seorang aktivis dan pendiri Greenpeace. energi nuklir dapat menjadi solusi terhadap krisis lain yang tengah berkembang: kekurangan air bersih yang harus tersedia bagi konsumsi manusia dan irigasi bagi tanaman dasar (crop). Dr. kita semua harus mengerjakan bagian kita untuk mendorong renaisans (kebangkitan kembali) energi nuklir. Secara global. . bersih. Dengan berbagi informasi. pakar lingkungan. Dengan perubahan iklim sebagai puncak agenda internasional. sehingga permintaan terhadap air bersih yang selalu bertambah akan dapat dipenuhi. maka dapat diciptakan produksi hidrogen dengan harga terjangkau. di mana ia menempati jabatan puncak selama 15 tahun. Canada. energi angin. pemimpin masyarakat dan pemerintah kini telah disadari manfaat dari energi nuklir.kelebihan energi panas dari reaktor nuklir untuk menghasilkan hidrogen. geotermal dan hidro adalah cara yang aman dan ramah-lingkungan dalam memenuhi permintaan energi yang selalu bertambah. yang berbasis di Vancouver dan Winter Harbour. proses desalinasi air-laut telah dan tengah dipakai guna membuat air bersih. Energi nuklir adalah jalan terbaik untuk menghasilkan listrik beban-dasar yang aman. efisien. serta akan memainkan peranan kunci dalam pencapaian keamanan (penyediaan) energi global. dapat diandalkan. 2. kelompok bisnis. air laut dapat ditawarkan. serta bebas dari emisi gas rumah-kaca. Patrick Moore adalah seorang pakar ekologi dan lingkungan. Dengan menggunakan kelebihan panas dari reaktor nuklir. Di seluruh dunia. Kombinasi energi nuklir.

6:38 pm dari Thomas Terdapat teknologi reaktor brending. Komentar Waktu: 2 September 2007. 8:47 am Apabila saudara ctrlz dapat menunjukkan data-data yang lebih detail untuk kecelakaan Chernobyl. 7:07 am Artikel yang sangat bagus… Memang sepertinya energi nuklir merupakan pilihan yang ‘terbaik’ saat ini sebagai salah satu alternatif substitusi energi fosil yang jumlah konsumsi pertahunnya semakin bertambah. itu akan lebih memperkaya pengetahuan kita mengenai keamaanan teknologi nuklir. teknologi breeding merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki PLTN. sebagian besar korban adalah akibat radiasi atau luka-bakar sewaktu memadamkan api.Website: E-mail: pmoore@greenspirit. 4:41 am ‘Forum multi-lembaga PBB untuk Chernobyl tahun lalu melaporkan bahwa hanya 56 kematian dapat dikaitkan dengan kecelakaan itu. Komentar Waktu: 2 September 2007.gimana sih patrick moore… yang mati seketika emang segitu… tapi radiasinya sampe sekarang dan berabad-abad…. Komentar Waktu: 29 Agustus 2007. Rasa-rasanya jika bergantung pada energi terbarukan lain -angin. dari ctrlz jutaan orang udah mati karna kanker gara2 chernobyl disaster. Komentar dari Nur Setianto Waktu: 31 Agustus 2007.greenspiritstrategies.konsumsi kebutuhan energi kita belum dapat terpenuhi.. sisa2 material yang dihasilkan suatu PLTN bisa diolah lebih lanjut sehingga bisa dari Elsa dari Thomas .com Komentar Waktu: 13 Agustus 2007...com www. 2:11 pm Kritikan untuk saudara Thomas. surya. Jika kita bicara substitute energi fosil secara keseluruhan mungkin kita bisa dapatkan jawabannya di nuklir ini…who knows? then let’s find th answers !! salam//. dsb. Tetapi penggunaan teknologi tersebut membuat pembangkitan listrik dengan nuklir menjadi tidak ekonomis. yang memungkinkan sisa bahan bakar dapat didaur ulang lagi. dengan teknologi ini. seperti yang dijelaskan diatas dengan jumlah yang tidak kontinu dan tidak dapat diprediksikan.’ apa nggak salah nih?? hanya 56? pake hanya lagi.

kan gas buangannya bikin rusak lingkungan mending kita pake nuklir yang udah hitech…(minjam kata pak habudi yang sering nongol di acara Republik Mimpi)udah listriknya murah. untuk enrichment saja Indonesia tidak punya.kan yang untung rakyat. 10:55 pm Buat Elsa dan Nuclear Fans: Apa kita punya teknologi breeding itu? Karena setahu saya. Tapi perlu diingat juga bahwa nuklir memancarkan radiasi yang mahaberbahaya. Kalau untuk breeding-nya kita juga harus bergantung lagi sama pihak luar. sehingga kita harus kirim uranium ke luar negeri dulu agar siap dijadikan bahan akar PLTN.dengan teknologi breeding membuat PLTN makin ekonomis. 11:01 pm Oya..gimana????daripada pake yang konvensional kayak PLTU dkk.kalo dah ekonomis ya. mengenai statement Patrick Moore di awal tulisan.. Sampai di sini kita sudah punya satu ketergantungan oleh pihak asing.. Komentar Waktu: 16 September 2007. *hanya bermaksud memoderasi statement awal tulisan ini agar tidak menyesatkan* dari STR dari STR .he….listriknya makin murah. ramah lingkungan lagi…ngapain cari yang susah…gitu aj kok repot (minjam lagi kata2 guspur) he…. dengan teknologi ini PLTN akan menjadi lebih ekonomis… Komentar dari nuclear_fans Waktu: 10 September 2007. apa ya kita mau menambah ketergantungan itu? Ntar malah bisa jadi OD … Komentar Waktu: 16 September 2007..digunakan sebagai bahan bakar nuklir yang baru… so. 2:33 pm setuju bgt ama mbak elsa…. memang betul itu (energi nuklir nggak memancarkan efek gas rumah kaca).

2. Selain itu energi panas matahari juga berperan penting dalam menjaga kehidupan di bumi ini. • Energi biomassa karena adanya fotosintesis dari tumbuhan yang notabene menggunakan energi matahari. • Energi air karena adanya siklus hidrologi akibat dari energi panas matahari yang mengenai bumi. Energi yang merupakan turunan dari energi matahari misalnya: • Energi angin yang timbul akibat adanya perbedan suhu dan tekanan satu tempat dengan tempat lain sebagai efek energi panas matahari. Dapat dilihat dari gambar di atas bahwa energi matahari yang tersedia adalah sebesar 81. Energi fosil yang merupakan bentuk lain dari energi biomassa yang telah mengalami proses selama berjuta-juta tahun.Berbagai Aplikasi Energi Matahari Energi matahari merupakan energi yang utama bagi kehidupan di bumi ini. Pemanasan ruangan Penerangan ruangan Kompor matahari . • • Energi gelombang laut yang muncul akibat energi angin. dimana matahari bersinar sepanjang tahun. baik yang terbarukan maupun tak-terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Tanpa adanya energi panas dari matahari maka seluruh kehidupan di muka bumi ini pasti akan musnah karena permukaan bumi akan sangat dingin dan tidak ada makluk yang sanggup hidup di bumi. 3. Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu: 1. Berbagai jenis energi.000 TerraWatt sedangkan yang dimanfaatkan masih sangat sedikit. Energi Panas Matahari sebagai Energi Alternatif Energi panas matahari merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutama bagi negara-negara yang terletak di khatulistiwa termasuk Indonesia.

Pengeringan hasi pertanian Distilasi air kotor Pemanasan air Pembangkitan listrik Pemanasan Ruangan Ada beberapa teknik penggunan energi panas matahari untuk pemanasan ruangan. Ada jendela yang langsung tanpa ada kacanya dan ada yang menggunakan kaca. dipindahkan panas kedalam di dalam Selanjutnya ruangan sempit tersebut akan dikonveksikan ke dalam bangunan melalui saluran udara pada dinding trombe. Dinding sempit bagian luar dari ruangan sempit tersebut biasanya berupa kaca. • Dinding Trombe(Trombe Wall) Dinding terdapat trombe ruangan adalah dinding berisi yang diluarnya udara. orang berkebangsaan Perancis.4. yaitu: • Jendela Ini merupakan teknik pemanasan dengan menggunakan energi panas matahari yang paling sederhana. 7. Biasanya di daerah-daerah empat musim dinding/tembok bangunan diganti dengan kaca agar matahari bebas menyinari dan menghangatkan ruangan pada saat musim dingin. Hanya diperlukan sebuah lubang pada dinding untuk meneruskan panas matahari dari luar masuk ke dalam bangunan. kemudian panas tersebut ruangan perlahan-lahan sempit. . Dinding ini dinamai berdasarkan nama penemunya yaitu Felix Trombe. 6. Prinsip kerjanya adalah permukaan luar ruangan ini akan dipanasi oleh sinar matahari. 5. Untuk mendapatkan panas yang optimal maka pada jendela dipasang kaca ganda.

. Kompor Matahari Prinsip kerja dari kompor matahari adalah dengan memfokuskan panas yang diterima dari matahari pada suatu titik menggunakan sebuah cermin cekung besar sehingga didapatkan panas yang besar yang dapat digunakan untuk menggantikan panas dari kompor minyak atau kayu bakar. Teknik ini dilaksanakan dengan mendesain bangunan yang memungkinkan cahaya matahari bisa masuk dan menerangi ruangan dalam bangunan.• Greenhouse Teknik ini hampir sama dengan dinding trombe hanya saja jarak antara dinding masif dengan kaca lebih lebar. juga Panas serupa masuk dinding melalui kaca ke dalam greenhouse lalu dikonveksikan ke dalam bangunan untuk menghangatkan ruangan atau menjaga suhu rungan tetap stabil meskipun pada waktu siang atau malam hari. Penerangan Ruangan Adalah teknik pemanfaatan energi matahari yang banyak dipakai saat ini. Prinsip dengan kerja greenhouse trombe. Dengan teknik ini pada siang hari lampu pada bangunan tidak perlu dinyalakan sehingga menghemat penggunaan listrik untuk penerangan. sehingga tanaman bisa hidup di dalamnya.

Pengeringan Hasil Pertanian Hal ini biasanya dilakukan petani di desa-desa daerah tropis dengan menjemur hasil panennya dibawah terik sinar matahari. Kaca tersebut dimiringkan sedikit 10 derajat untuk memungkinkan embunan mengalir karena gaya berat menuju ke saluran penampungan yang selanjutnya dialirkan ke tangki penyimpanan. Air yang dipanaskan oleh radiasi matahari. Distilasi Air Cara kerjanya adalah sebuah kolam yang dangkal. sebagian uap itu mengembun pada bagian bawah dari permukaan kaca yang lebih dingin. Dengan menggunakan kompor ini maka kebutuhan akan energi fosil dan energi listrik untuk memasak dapat dikurangi. ditututup oleh kaca.3 meter kompor ini memberikan daya thermal sebesar 800 watt pada panci. Pemanasan Air . Berbeda dengan petani di negara-negara empat musim yang harus mengeluarkan biaya untuk mengeringkan hasil panennya dengan menggunakan oven yang menggunakan bahan bakar fosil maupun menggunakan listrik. dengan kedalaman 25mm hingga 50 mm. Cara ini sangat menguntungkan bagi para petani karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengeringkan hasil panennya.Untuk diameter cermin sebesar1. sebagian menguap.

Prinsip kerjanya adalah panas dari matahari diterima oleh kolektor yang terdapat di dalam terdapat pipa-pipa berisi air. Pada penyimpan panas. Pada sistem ini terdapat pengontrol suhu jika suhu air panas yang dihasilkan kurang dari yang diinginkan maka air akan dimasukkan kembali ke tangki penyimpan panas untuk dipanaskan kembali. Sedangkan air yang berasal dari kolektor akan diputar kembali ke kolektor dengan menggunakan pompa atau hanya menggunakan prinsip thermosipon. baik untuk mandi maupun untuk alat antiseptik pada rumah sakit dan klinik kesehatan. Air ini lalu masuk ke dalam penyimpan panas. panas dari air ini dipindahkan ke pipa berisi air yang lain yang merupakan persediaan air untuk mandi/antiseptik. Namun Dengan menggunakan pemanas air tenaga surya maka hal ini bukan merupakan masalah karena pemanasan air dilakukan dengan menyerap panas matahari dengan menggunakan kolektor sehingga tidak memerlukan biaya bahan bakar. Persediaan air panas akan disimpan di dalam tangki penyimpanan yang terbuat dari bahan isolator thermal. Panas yang diterima kolektor akan diserap oleh air yang berada di dalam pipa sehingga suhu air meningkat. Penyediaan air panas ini memerlukan biaya yang besar karena harus tersedia sewaktu-waktu dan biasanya untuk memanaskan digunakan energi fosil ataupun energi listrik. Air dingin dialirkan dari bawah sedangkan air panasnya dialirkan lewat atas karena massa jenis air panas lebih kecil daripada massa jenis air dingin (prinsip thermosipon). .Penyediaan air panas sangat diperlukan oleh masyarakat.

Ada dua jenis kolektor yang biasa digunakan untuk pembangkitan listrik yaitu kolektor parabolik memanjang dan kolektor parabolik cakram.Kolektor yang digunakan pada pemanas air tenaga panas matahari ini adalah kolektor surya plat datar yang bagian atasnya terbuat dari kaca yang berwarna hitam redup sedangkan bagian bawahnya terbuat dari bahan isolator yang baik sehingga panas yang terserap kolektor tidak terlepas ke lingkungan. sinar matahari diperkuat oleh kolektor pada suatu titik fokus untuk menghasilkan panas yang sangat tinggi bahkan bisa mencapai suhu 3800 C. Uap bertekanan tinggi yang di hasilkan ini kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang kemudian akan memutar turbo generator untuk menghasilkan listrik. Pembangkitan Listrik Prinsipnya hampir sama dengan pemanasan air hanya pada pembangkitan listrik. Pipa yang berisi air dilewatkan tepat pada titik fokus sehingga panas tersebut diserap oleh air di dalam pipa. Panas yang sangat besar ini dibutuhkan untuk mengubah fase cair air di dalam pipa menjadi uap yang bertekanan tinggi. . Air panas di dalam kolektor bisa mencapai 82 C sedangkan air panas yang dihasilkan tergantung keinginan karena sistem dilengkapi pengontrol suhu.

.(Gordon Feller).8 KWH per meter persegi per hari. sekitar Rp 100/KWh lebih murah dibandingkan energi nuklir dan sama dengan energi dari tenaga pembangkit dengan bahan baku energi fosil. Di India dengan area seluas 219.Kolektor Parabolik Memanjang Kolektor Parabolik Cakram Di California. 2005).000 meter persegi maka kolektor mampu menghasilkan listrik sebesar 35-40 MW dengan rata-rata intensitas penyinaranya adalah sebesar 5. alat ini telah mampu menghasilkan 354 MW listrik. Dengan memproduksi kolektor ini secara massal. Amerika Serikat. maka harga satuan energi matahari ini di AS.(Ivan A Hadar.

Kita dapat juga membangkitkan listrik langsung dari energi surya. Prinsipnya: sinar matahari akan menembus kaca dari alat ini kemudian memanaskan gas yang terperangkap di bawah kaca. yaitu dengan menggunakan chimney. Pembangkitan listrik berdasarkan perbedaan tekanan pada gas juga bisa dilakukan. Aliran gas/udara tersebut akan memutar turbin gas. yaitu dengan menggunakan photovoltaic. • Penggunaan energi panas matahari untuk pemanas air. . Skema sederhana dapat dilihat pada gambar dibawah. Alat ini terbuat dari bahan semikonduktor yang sangat peka dalam melepaskan elektron ketika terkena panjang gelombang sinar matahari tertentu. Akan tetapi alat ini masih sangat mahal dan efisiensinya masih sangat rendah. Keuntungan dan Kerugian Energi Panas Matahari Keuntungan dari penggunaan energi panas matahari antara lain: • Energi panas matahari merupakan energi yang tersedia hampir diseluruh bagian permukaan bumi dan tidak habis (renewable energy). • Penggunaan energi panas matahari tidak menghasilkan polutan dan emisi yang berbahaya baik bagi manusia maupun lingkungan. Ini sebuah sistem tower yang terdiri turbin gas dan jalinan kaca tertutup yang luas untuk memerangkap panas matahari. yaitu sekitar 10%. pengeringan hasil panen akan dapat mengurangi kebutuhan akan energi fosil. Oleh karena perbedaan suhu gas pada permukaan bumi dan 1000 meter diatas permukaan bumi. Gas suhu tinggi ini akan memasuki tower tertutup yang tingginya bisa mencapai 1000 meter vertikal. maka gas akan mengalir ke atas melalui tower ini.

• Sistem hanya bisa digunakan pada saat matahari bersinar dan tidak bisa digunakan ketika malam hari atau pada saat cuaca berawan. Passive Solar Architecture Heating. India Building Large-Scale Solar Thermal Capacity. The Open University. Pradnya Paramita. perumahan.org/solar_cooking . Gordon Feller. Pustaka • • • Arismunandar. Available from www. Kompas. • Lapisan kolektor yang menyilaukan bisa mengganggu dan membahayakan penglihatan. • Membutuhkan lahan yang sangat luas yang seharusnya digunakan untuk pertanian. Available from http://www. Milton Keynes. Hal ini karena rapat energi matahari sangat rendah. Keluar dari Ketergantungan (Pasar) BBM. misalnya penerbangan. tetapi penyimpanan uap air pada pembangkit listrik memerlukan teknologi yang sulit. Teknologi Rekayasa Surya. 1996. • Pada musim dingin. 11 Oktober 2005.• Pembanguan pemanas air tenaga matahari cukup sederhana dan memiliki nilai ekonomis. G. dan kegiatan ekonomi lainya.energiinfo.com/design/pas-2 • Solar Cooking. pipa-pipa pada sistem pemanas ini akan pecah karena air di dalamnya membeku. Bandung. W.cfm?TID=325 • • Ivan A Hadar. 1995.org/Home/Articles2.ecoworld. Renewable Energy. • Penyimpanan air panas untuk perumahan bukan merupakan masalah. Kerugian dari penggunaan energi panas matahari antara lain: • Sistem pemanas air dan pembangkit listrik tenaga panas matahari tidak efektif digunakan pada daerah memiliki cuaca berawan untuk waktu yang lama. Boyle. Available from www.azsolarcenter.

Untuk tahun 2004. manusia dihadapkan pada situasi menipisnya cadangan sumber energi fosil dan meningkatnya kerusakan lingkungan akibat penggunaan energi fosil. Hidrogen bukanlah sumber energi (energy source) melainkan pembawa energi (energy carier). Dewasa ini dan beberapa tahun ke depan. manusia masih akan tergantung pada sumber energi fosil karena sumber energi fosil inilah yang mampu memenuhi kebutuhan energi manusia dalam skala besar. Hasil penelitian tersebut diharapkan mampu mengatasi beberapa permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan energi fosil. laju penggunaan hidrogen bisa menjadi dua kali lipat dari laju penggunaan saat ini. Diperlukan metode baru untuk menghasilkan hidrogen tanpa melepaskan CO2 ke atmosfer. produksi hidrogen dunia mencapai 50 juta metrik ton (million metric tons-MMT) atau setara dengan 170 juta ton minyak bumi. Hidrogen diproyeksikan oleh banyak negara akan menjadi bahan bakar masa depan yang lebih ramah lingkungan dan lebih efisien. Hidrogen harus diproduksi. tingkat kemurnian yang tinggi dan tidak . Salah satu bentuk energi terbarukan yang dewasa ini menjadi perhatian besar pada banyak negara. Jumlah hidrogen tersebut dihasilkan dengan proses reforming gas alam (5% dari total kebutuhan gas alam nasional) dan melepaskan 77 juta ton CO2 per tahun (World Nuclear Association. terutama di negara maju adalah hidrogen. Diharapkan pada tahun 2010 sampai 2020. Di lain pihak. mengoptimalkan dan menggunakan sumber energi alternatif/terbarukan. August 2007). Industri di USA sendiri telah menghasilkan 11 juta metrik ton hidrogen per tahun dan nilai ini setara dengan energi termal sebesar 48 GW. Produksi hidrogen dari H2O merupakan cara utama untuk mendapatkan hidrogen dalam skala besar.Mempersiapkan Si Energi Bersih “Hidrogen” Energi menjadi komponen penting bagi kelangsungan hidup manusia karena hampir semua aktivitas kehidupan manusia sangat tergantung pada ketersediaan energi yang cukup. Melihat kondisi tersebut maka saat ini sangat diperlukan penelitian yang intensif untuk mencari. artinya hidrogen tidak tersedia bebas di alam atau dapat ditambang layaknya sumber energi fosil. Sedangkan sumber energi alternatif/terbarukan belum dapat memenuhi kebutuhan energi manusia dalam skala besar karena fluktuasi potensi dan tingkat keekonomian yang belum bisa bersaing dengan energi konvensional. Wikipedia (2006) menyatakan laju pertumbuhan penggunaan hidrogen di dunia saat ini adalah 10% per tahun dan terus meningkat.

Wikipedia. Kendala utama metode elektrolisis H2O konvensional saat ini adalah efisiensi total yang rendah (~30%). Produksi hidrogen dengan elektrolisis H2O suhu tinggi (High Temperature Electrolysis) merupakan metode yang baru dan sedang dalam proses pengembangan.inel. Kendala-kendala tersebut membuat hidrogen belum cukup ekonomis untuk dapat bersaing dengan bahan bakar konvesional saat ini. . semakin besar suhu yang mampu dihasilkan reaktor nuklir maka akan meningkatkan efisiensi proses HTE. Herring (2004) telah melakukan penelitian High Temperature Electrolysis (HTE) dengan menggunakan solid oxide electrolyzer dengan elektrolit jenis yttria-stabilized zirconia dan reaktor nuklir jenis HTGR (Helium Turbine Gas Reactor). Hasil penelitian ini memperlihatkan semakin besar energi panas yang dapat digunakan untuk proses HTE maka kebutuhan energi listrik dapat dikurangi. 2007. 2004. Idaho National Engineering and Environmental Laboratory. Available from http://en.org/info/inf70. Available from http://www.html. Gaithersburg. World Nuclear Association. Available from http://neri.melepaskan CO2.gov/ universities_workshop/proceedings/pdfs/electrolysis. 2007. 2006. 2007.wikipedia. 2004).org/wiki/Hydrogen_economy. Accessed March 29. Transport and the Hydrogen Economy. High Temperature Electrolysis. Hydrogen economy. maka efisiensi total produksi hidrogen bisa mencapai 55% (Heering.world-nuclear. Accessed August 17.. Referensi: Herring S.pdf. Ketika suhu elektrolisis H2O sekitar 900 C. Selain itu. Metode ini dilakukan guna meningkatkan efisiensi elektrolisis H2O. Accessed July 17. 2007. umur operasional electrolyzer yang pendek dan jenis material yang ada di pasaran masih sangat mahal.