KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas semua limpahan karunia, rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan survey di suatu bengkel servise mobil tentang “Pemeliharaan Peralatan”. Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas UTS yang diberikan oleh dosen mata kuliah teknik pemeliharaan. Dalam tugas berbentuk karya ilmiah ini berisi tentang tugas penelitian bagaimana cara pemeliharaan alat-alat serta mesinn produksi yang ada di bengkel BLK di Jalan Tjilik riwut km.7 Palangkaraya. Penulis menyadar jikalau banyak kekurangan yang ada pada laporan ini,semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian.

Palangkaraya, November 2011

Penulis

PENUTUP…………………………………………… A. DAFTAR PUSTAKA ………………………………………… . Rumusan Masalah ……………………………… D. BAB III.. A. DASAR TEORI ……………………………………. Kesimpulan ……………………………………….. BAB V. Latar belakang ………………………………….. Manfaat penelitian ……………………………… BAB II. HASIL PENELITIAN ……………………………. DAFTAR ISI ………………………………………………… BAB I. B. Pendahuluan …………………………………… B.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ………………………………………. C. Manfaat penelitian ……………………………… E.. BAB IV. Saran ………………………………………………. ANALISA DATA PENELITIAN ……………….

Dengan rutinnya merawat peralatan produksi maka akan menguntungkan juga pada pengelola produksi. kelistrikan. menjahit. yaitu bertujuan sebagai balai latihan kerja bagi masyarakat guna dapat mandiri dan mendapatkan keterampilan untuk berwirausaha.7 Palangkaraya. Maka dari itu diadakanlah suatu survey untuk mengetahui tingkat pemahaman para pemilik bengkel dan para mekanik-mekaniknya terhadap Teknik Pemeliharaan ini. . bidang otomotif.BAB I A. BLK tidak hanya melatih pada bidang mesin produksi saja. bangunan. Pendahuluan Seiring dengan maju dan berkembangnya zaman terutama di bidang permesinan produksi.dan lain-lain. Namun tingkat pemahanan yang kuranglah yang membuat proses perawatan tersebut tidak maksimal bahkan sampai ada yang menganggap perawatan tersebut tidak penting. B. maka dalam hal ini sangat diperlukan proses pemeliharaan terhadap alat-alat serta mesin-mesin produksi agar dapat berproduksi dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan. elektronik. tata rias.namun juga melatih diberbagai bidang antara lain. Latar Belakang Berdirinya BLK yang berlokasi di Jalan Tjilik Riwut km.

Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah pada laporan ini adalah : 1. Melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan bengkel tersebut dalam hal pemeliharaan peralatan. Melakukan survey di suatu bengkel servise mobil/motor atau bengkel produksi tentang pemeliharaan peralatan. E. 2. Mengetahui hal-hal apa saja yang dilakukan bengkel tersebut untuk memelihara peralatan secara terencana. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian tersebut adalah mengetahui seberapa pentingnya teknik pemeliharaan yang diterapkan pada suatu bengkel produksi “BLK” agar proses produksi berjalan lancar. 2. Dari hal ini juga kita dapat mengetahui sebagaimana pentingnya proses pemeliharaan suatu peralatan dan mesin-mesin agar tidak terjadi kerusakan. Tujuan Penelitian 1. .C. Memberikan pemahaman kepada pemilik/kepala bengkel tentang pentingnya pemeliharaan peralatan. D.

TUJUAN PEMELIHARAAN . . memperbaikinya sampai kondisi yang dapat diterima.Untuk menjamin kelangsungan produksi sehingga dapat membayar kembali modal yang telah ditanamkan.PERKEMBANGAN MANAJEMEN PEMELIHARAAN . . -Pemeliharaan adalah suatu kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang. C. . .PENGERTIAN TEKNIK PEMELIHARAAN .BAB II DASAR TEORI .Usia pakai mesin/alat lebih panjang.Pemeliharaan adalah kegiatan untuk menjamin mesin/alat mampu untuk terus melakukan apa yang diinginkan oleh pemakainya. B. .Keselamatan manusia dan lingkungan.Kegiatan inspeksi berdasarkan periode tertentu.Mesin/alat tersedia dalam kondisi menguntungkan.Preventive maintenance (mengendalikan inspeksi untuk menekan breakdown). .Cek (tidak diperlukan perencanaan inspeksi melainkan jadwal untuk cek kondisi mesin). . .Breakdown maintenance (perawatan apabila terjadi gangguan).Kesiapan peralatan cadangan dalam kondisi darurat.

Menjamin kelangsungan hidup perusahaan. -Situasi geografis.Manager -Karyawan perusahaan yang bersangkutan. Faktor yang mempengaruhi pembentukan departemen perawatan : . . -Melindungi modal yang ditanamkan. -Kesinambungan pekerjaan. -Menjamin kembalinya modal dan keuntungan. -Menjamin sarana perusahaan secara optimal dan berumur panjang.PENGORGANISASIAN DEPARTEMEN PERAWATAN Bahan baku Aktifitas proses produksi produk System kesiapan sarana produksi (peralatan dan mesin) Program perawatan Yang berkepentingan dengan bagian perawatan : -Penanam modal.Jenis pekerjaan. -ukuran pabrik .. D.Monitoring kondisi mesin. .

perawatan dimaksudkan sebagai aktifitas untuk mencegah kerusakan.JENIS – JENIS PERAWATAN DAN APLIKASINYA JENIS-JENIS PERAWATAN Dalam istilah perawatan disebutkan bahwa disana tercakup dua pekerjaan yaitu istilah”perawatan”dan”perbaikannya”.ditinjau dari saat pelaksanaan pekerjaan perawatan.-ruang lingkup bidang perawatan pabrik -keterandalan tenaga kerja yang terlatih Prinsip-prinsip organisasi dapertemen perawatan: -perencanaan organisasi yang logis -fasilitas yang memadai -supervisi yang efektif -sistem control yang jelas E. Secara umum.sedangkan istilah perbaikan dimaksudkan sebagai tindakan untuk memperbaiki kerusakan.dapat di bagi menjadi dua cara: 1.perawatan yang tidak direncanakan (unplanned maintenance) .perawatan yang direncanakan (planned maintenance) 2.

tujuannya untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan suatu komponen tidak memenuhi kondisi normal.perawatan Perawatan yang direncanakan Perawatan tak direncanakan Perawatan preventife jcbjcb cleaning Perawatan korektife Emergency maintence Shut down breakdown Inspeksi Minor overhaul Mayor overhaul Running maintence skematik sistem perawatan 1. . . dan pemeliharaan korektif.pemeliharaan predikif.perawatan yang direncanakan (planned maintenance) Perawatan terencana adalah proses perawatan yang diatur dan diorganisasikan untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi terhadap peralatan di waktu yang diakan datang. .biasanya perawatan prediktif dilakukan dengan bantuan panca indra dan alat-alat monitoring yang canggih.pemeliharaan terencana merupakan bagian dari system manajemen pemeliharaan yang terdiri atas pemeliharaan preventif.pemeliharaaan preventif adalah pemeliharan yang dilakukan pada selang waktu tertentu dan pelaksanaannya dilakukan secara rutin dengan beberapa criteria yang dilakukan sebelumnya.pemeliharaan prediktif dilakukan untuk mengetahui terjadi perubahan atau kelainan dalam kondisi fisik maupun fungsi dari system peralatan.

.Seringkali terjadi bahwa peralatan baru digunakan sampai rusak tanpa ada perawatan yang berarti.pemeliharaan korektif adalah pekerjan perawatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi fasilitas/peralatan sehingga mencapai setandra yang dapat diterima. cara tersebut dikenal dengan pemeliharaan tak terencana atau darurat (emergency maintenance).Perawatan yang tidak direncanakan (unplanned maintenance) Pemeliharaan tak terencana adalah jenis pemeliharaan yang dilakkukan secara tibatiba karena suatu alat atau peralatan akan segera digunakan. baru kemudian dilakukan perbaikan apabila akan digunakan. Dalam manajemen system pemeliharaan. 2..

Pembersihan mesin setelah selesai digunakan . terdapat beberapa peralatan dan mesin-mesin yang ada disana.BAB III HASIL PENELITIAN Dari survey yang di lakukan di bengkel produksi BLK. yaitu : a.Melakukan pengecekkan mesin sebelum dan sesudah pemakaian .Memberi pelumasan setiap saat . Mesin bubut Perawatan yang dilakukan : .

Memberi pelumasan setiap saat . -Pengecekan baut mata gerinda -Pengecekan kekuatan putaran gerinda. .Pembersihan mesin setelah selesai digunakan . c. Mesin frais Perawatan yang dilakukan : .Melakukan pengecekkan mesin sebelum dan sesudah pemakaian. Mesin gerinda Perawatan yang dilakukan : -Pembersihan dari debu asahan.b.

Mesin ulir ada yang tidak dapat beroperasi. Kelebihan dari Bengkel Produksi BLK adalah memiliki fasilitas mesin produksi yang standar dan layak pakai. jangka sorong juga sebagian sudah kurang layak pakai. .d. . para instruktur lebih berpengalaman sehingga mudah untuk kita belajar dan melakukan proses produksi. keadaan harus bersih dan di NOLkan. Dari sisi lain.Khusus untuk jangka sorong.Pembersihan alat-alat setelah pemakaian . Peralatan perlengkapan Perawatan yang dilakukan : . Kekurangan dari Bengkel Produksi BLK adalah peralatan tidak tersusun secara rapi pada tempatnya.Penyusunan sesuai tempat alat.

Namun nampaknya pemilik/kepala bengkel tidak memiliki pemikiran sejauh itu.apakah sudah sesuai atau tidak dengan pedoman perawatan/pemeliharaan peralatan pada suatu bengkel servise mobil/motor atau bengkel produksi .Hal itulah yang harus diantisipasi agar tidak terjadi kerugian dikemudian hari.Itu pemikiran yang salah karena setiap alat perlu dirawat secara berkala agar masa pakainya bias lebih panjang dan hal itu juga dapat menambah keuntungan dari bengkel tersebut. . Dari data yang didapat ternyata setiap alat yang bentuknya kecil dibiarkan begitu saja atau tidak dilakukan perawatan.BAB IV ANALISA DATA PENILITIAN Pada bab ini semua data yang didapat pada saat survey dianalisis dan diteliti kembali.

Peralatan disimpan pada tempatnya. . B. dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Kebersihan peralatan serta mesin selalu dijaga agar dapat beroperasi dengan baik. Mesin gerinda sebaiknya tidak hanya 1. Saran-saran Saran yang perlu diperhatikan adalah : - Peralatan/alat-alat yang selesai digunakan seharusnya disusun secara rapi. Jangka sorong mungkin lebih ditambah atau diganti karena sebagian sudah rusak. Perbaikan dilakukan pada saat terjadi kerusakan.agar proses pengasahan pahat tidak mengantri. Kesimpulan Dari survey yang dilakukan pada bengkel Produksi BLK . Pengecekkan mesin dilakukan setiap sebelum dan sesudah mesin beroperasi.bukan dibiarkan berantakan.BAB V PENUTUP A.

com/2010/03/manajemen-operasi-maintenance.blogspot.blogspot.com/2010/04/jenis-jenis-perawatan.DAPTAR PUSTAKA http://maintenance-planner.html .html http://moningkawati.

TUGAS TEKNIK PEMELIHARAAN LAPORAN SURVEY DISUSUN OLEH: NAMA NIM : : ALITO PRINANDI ACE 110 004 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKARAYA 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful