Macam – macam Mikroskop

Zebriyandi* 10-2010-102 B7 4 Januari 2011

Pendahuluan
Mikroskop merupakan suatu alat yang digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil yang tidak dapt dilihat oleh mata telanjang. Mikroskop terdiri dari berbagai jenis yang beragam seiring dengan perkembangan teknologi banyak mikroskop yang sudah dapat meneliti pada tingkat atom atau benda yang terkecil yang tidak dapt diurai lagi oleh apapun. Dalam bidang kedokteran mikroskop dapt membantu sekali dalam perkembangan penyakit yang harus diteliti serta menunjukkan tingkat kemajuan teknologi dalam hal itu. Maka dari itu dalam makalah ini akan dibahas defenisi mikroskop,cara peggunaanya,serta berbagai jenis mikroskop yang cocok dan baik untuk meneliti sampel tertentu.

*Mahasiswa semester 1 Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Alamat Korespondensi : Zebriyandi Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Krida Wacana jl. Terusan Arjuna Utara No. 6 Jakarta 11510 No. telp 021 05694 Email: zebriyandi@yahoo.co.id

untuk membuat alat yang sama.2 Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat. Dia membuat gambar-gambar yang dilihatnya di bawah mikroskop. Pada tahun 1933 ditemukan mikroskop electron. Berdasarkan sumber cahayanya.1 Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran obyek. mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. atau mengenali benda-benda renik yang terlihat kecil menjadi lebih besar dari aslinya . Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada 1609. Pelopor pembuat mikroskop adalah Antonie van Leuwenhoek. Secara teoritis. Pada abad ke-17 Leuwenhoek membuat mikroskop satu lensa. seperti Galileo Galilei (Italia). Pada pertengahan abad ke-17 Robert Hooke menggambarkan suatu gabus yang terlihat melalui mikroskop yang dia buat.Sejarah Mikroskop Dalam sejarah. mikroskop dibagi menjadi dua. Seperti halnya Leuwenhoek. yang dikenal sebagai pembuat mikroskop pertama kali adalah dua ilmuwan Jerman. adalah mikroskop optik. yaitu. sehingga disebut mikroskop optic. Mikroskop mengalami perkembangan dari abad ke abad. panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optic. Hal ini disebabkan oleh limit difraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Penemuan mikroskop tersebut mendorong ilmuwan lain. . Jenis – jenis Mikroskop Jenis paling umum dari mikroskop. Pada tahun 1860 ditemukan mikroskop binokuler dan pada tahun 1880 ditemukan mikroskop multi-okuler. dia tidak tahu apa sebenarnya yang dia lihat. meskipun dia tidak tahu apa yang sebenarnya dia temukan. Dia juga menemukan bakteri. Mikroskop cahaya sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok besar. yaitu Hans Janssen dan Zacharias Janssen (ayah-anak) pada 1590. dan yang pertama diciptakan. dan mikroskop yang dibuatnya dikenal dengan nama mikroskop Galileo.

Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Lensa obyektif berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen. fase kontras. Kondensor berperan untuk menerangi obyek dan lensa-lensa mikroskop yang lain. dan kondensor. dan konfokal). Berdasarkan kegiatan pengamatannya. Lensa obyektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop sedangkan penggunaan lensa okuler terletak pada mikroskop bisa berbentuk lensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler). yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field. Pada ujung bawah mikroskop terdapat tempat dudukan lensa obyektif yang bisa dipasangi tiga lensa atau lebih. . Mikroskop Sederhana Mikroskop berasal dari bahasa Yunani. mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. yaitu lensa obyektif. tidak mudah terlihat oleh mata. Sistem lensa yg ketiga adalah kondensor. lensa okuler. Nomarski DIC.yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. fluoresens. Mikroskop Cahaya monokuler binokuler Mikroskop cahaya menggunakan tiga jenis lensa. mikroskop dibagi menjadi 2 bagian. 2. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi dan kata mikroskopik berarti sangat kecil. Di bawah tabung mikroskop terdapat meja mikroskop yang merupakan tempat preparat. Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. 3 1. Yaitu terdiri dari (kata MICRON = kecil dan SCOPOS = tujuan) adalah sebuah alat untuk melihat obyek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

atau computer dan dapat disimpan sebagai gambar atau movie. Lensa okuler. dapat memperbesar benda sampai 500. 3. Sehingga visualisasi pengamatan preparat mikroskop dapat ditampilkan melalui layar televisi. Sistem ini memungkinkan kemudahan dan kenyamanan pengamatan data mikroskop. Inovasi baru dalam system ini terutama dalam hal penampilan. dan penyimpanan data dalam bentuk data elektronik. berdekatan dengan mata pengamat. dihasilkan adalah lensa mikroskop yang terdapat dibagian ujung atas tabung lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali. terutama untuk pengamatan yang melibatkan banyak pengamat dalam waktu bersamaan. .. dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang oleh Lensa kondensor.000 kali. Mikroskop Kamera Mikroskop kamera merupakan inovasi baru pengamatan preparat.sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah. Mikroskop Elektron Dari berbagai Mikroskop itu mikroskop elektron yang memiliki perbesaran paling tinggi. LCD/DLP proyektor. Jika daya pisah kurang maksimal maka dua benda akan terlihat menjadi satu dan pembesarannya pun akan kurang optimal. adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal. Mikroskop ini menggunakan elektron sebagai ganti cahaya pada mikroskop cahaya. 4.

Bagian Mikroskop Optik .

REVOLVER. di perbesar. alat ini dapat putar dan di naik turunkan. 7. 9. TABUNG MIKROSKOP (TUBUS). LENGAN MIKROSKOP.1. Di mana lensa ini di atur oleh revolver untuk menentukan perbesaran lensa objektif. SENDI INKLINASI (PENGATUR SUDUT). kondensor berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk. yaitu lensa yang dekat dengan mata pengamat lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya. terdiri dari dua jenis cermin yaitu cermin datar dan cermin cekung. Reflektor ini berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin ke meja objek melalui lubang yang terdapat di meja objek dan menuju mata pengamat. KAKI MIKROSKOP. MIKROMETER (PEMUTAR HALUS). 6. untuk mengatur sudut atau tegaknya mikroskop. REFLEKTOR. berfungsi untuk menyangga atau menopang mikroskop. lensa ini membentuk bayangan nyata. tegak. dan bentuknya lebih kecil daripada makrometer. PENJEPIT KACA. Cermin datar digunakan ketika cahaya yang di butuhkan terpenuhi. berfungsi sebagai tempat meletakkan objek yang akan di amati. LENSA OKULER. MEJA MIKROSKOP. LENSA OBJEKTIF. 12. 8. penjepit ini berfungsi untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah bergeser. 5. 13. 4. KONDENSOR. berfungsi sebagai pegangang pada mikroskop. sedangkan jika kurang cahaya maka menggunakan cermin cekung karena berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. lensa ini berada dekat pada objek yang di amati. terbalik. DIAFRAGMA. 11. 3. makrometer berfungsi untuk menaik turunkan tabung mikroskop secara cepat. . 14. 10. dan diperbesar dari lensa objektif 2. pengatur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan mikroskop secara lambat. tabung ini berfungsi untuk mengatur fokus dan menghubungan lensa objektif dengan lensa okuler. revolver berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif dengan cara memutarnya. berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. MAKROMETER (PEMUTAR KASAR).

mikroskop normaski dan mikroskop fluorescence. yaitu mikroskop yang proses perbesaran benda menggunakan cahaya biasa (cahaya tampak). Lensa lain yang berhadapan dengan mata pengamat disebut lensa okuler. Bright Field Illumination Bright field mikroskop adalah yang paling sederhana dari semua teknik mikroskop cahaya. area. Cermin ini digunakan untuk memantulkan cahaya dari luar agar masuk ke benda yang diamati. mikroskop polarisasi.Mikroskop Optik Perbesaran bayangan mikroskop optic dapat mencapai 1000 kali. yaitu diterangi dari bawah dan diamati dari atas. Untuk memperjelas penampakan bayangan yang dihasilkan oleh mikroskop. Sebagai alat analisa untuk menentukan bagian optik suatu obyek seperti indeks refraksi. pada sisi bawah benda biasanya dipasang cermin datar. Jarak fokus lensa objektif pada mikroskop lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler. Kesederhanaan dari teknik dan persiapan sampel minimal yang diperlukan adalah keuntungan yang signifikan. . Untuk mengukur panjang. Mikroskop optik. Untuk mendapatkan informasi histokimia suatu objek dengan menggunakan pewarnaan.jenis mikroskop optik antara lain mikroskop stereo (dissecting microscope). sudut. Untuk menampilkan gambar dari obyek yang diperbesar 3. Mikroskop ini tersusun dari dua buah lensa cembung. mikroskop fase kontras (phase contrast microscopy) yang menghasilkan gambar 3 dimensi. Bright field mikroskop adalah sederhana dari berbagai teknik yang digunakan untuk penerangan sampel dalam mikroskop cahaya dan kesederhanaan yang membuatnya menjadi teknik yang populer. Satu lensa yang berhadapan dengan benda disebut lensa objektif. Keterbatasan termasuk rendah kontras sampel biologi yang paling jelas dan resolusi rendah karena kabur dari bahan fokus. 1. Sampelnya melalui iluminasi cahaya putih ditransmisikan. Jenis. Untuk memvisualisasi detail yang sangat kecil dalam struktur suatu obyek 2. Fungsi mikroskop optikal adalah: 1. dan perubahan fase. reflektansi. mikroskop majemuk (compound microscope). 5. dll pada suatu obyek 4.

dengan volume banyak didedikasikan untuk subjek. Ini adalah cara untuk mencapai kekuatan menengah (misalnya tujuan 40x) dengan mikroskop yang dengan atau tanpa cermin. kemajuan mantap dibuat selama beberapa tahun terakhir telah memungkinkan ahli biologi untuk mempelajari karakter birefringent dari banyak sub-selular rakitan anisotropik. fase kontras. teknik eksploitasi kontras meningkatkan sifat optik khusus untuk anisotropi dan mengungkapkan informasi rinci mengenai struktur dan komposisi bahan yang tidak ternilai untuk identifikasi dan tujuan diagnostik. iluminasi miring pada dasarnya bekerja dengan menonjolkan setiap gradien fase dalam spesimen transparan. merupakan subjek yang jauh lebih sulit yang biasanya terbatas pada ahli geologi. Mikroskop cahaya Polarized memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dan dapat digunakan untuk kedua studi kuantitatif dan kualitatif ditargetkan pada berbagai spesimen anisotropik. Oblique Illumination Oblique illumination adalah pencahayaan di mana sinar dari cahaya diarahkan secara diagonal ke sebuah objek sehingga cemerlang diterangi sementara sekitar daerah dalam bayangan.Oblique pencahayaan juga bekerja dengan baik pada sel tunggal seperti protozoa 3. dan merupakan teknik amatir dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas ketika mempelajari subjek kontras rendah. dan fluoresensi. terutama jika tidak cukup beruntung untuk memiliki fase kontras atau bidang daya penerangan gelap tinggi. Mikroskop cahaya terpolarisasi dirancang untuk mengamati dan foto spesimen yang terlihat terutama karena karakter mereka optik anisotropik. Sebaliknya. dengan cara yang mirip dengan pencahayaan brightfield. Mikroskop cahaya Polarized ini mampu memberikan informasi pada warna penyerapan dan batas-batas jalur optic antara mineral yang berbeda indeks bias. . Namun. mikroskop polarisasi kualitatif sangat populer dalam prakteknya.2. yang terutama digunakan dalam kristalografi. kontras diferensial gangguan. mineral. Selanjutnya. aspek kuantitatif mikroskop cahaya terpolarisasi. kontras Hoffman modulasi. dan kimia. tetapi teknik ini juga dapat membedakan antara zat isotropic dan anisotropic. Cross-Polarized Light Illumination Polarized cahaya adalah teknik meningkatkan kontras-yang meningkatkan kualitas gambar yang diperoleh dengan bahan birefringent bila dibandingkan dengan teknik lain seperti darkfield dan pencahayaan brightfield.

4. Darkfield mikroskop adalah metode sederhana dan populer untuk rendering spesimen tak bercacat dan transparan terlihat jelas.Namun. berbagai bahan lainnya dapat dengan mudah diperiksa dalam cahaya terpolarisasi. Sebagai contoh. biologi. Dark Field Illumination Darkfield mikroskop adalah teknik pencahayaan khusus yang mengkapitalisasi pada iluminasi miring untuk meningkatkan kontras di spesimen yang tidak dicitrakan baik di bawah kondisi pencahayaan brightfield normal. organisme air kecil. Teknik ini dapat digunakan baik secara kualitatif dan kuantitatif dengan sukses. Darkfield mikroskop (banyak lebih suka istilah 'Darkground' merender) objek sebagai terang terhadap gelap latar belakang. oosit. Mikroskop fase kontras mampu . komposit semen. kimia. jauh meningkatkan kontras dan visibilitas benda kecil. yang berfokus terutama pada studi tentang mineral dalam bagian batuan tipis. serat mineral. kayu. metalurgi. geologi. pati. dan bahkan obat-obatan. Ini adalah jenis mikroskop cahaya yang meningkatkan kontras objek transparan dan tidak berwarna dengan mempengaruhi jalur optik cahaya. dan tercermin dalam tujuan mikroskop untuk membentuk gambar terang dari spesimen ditumpangkan ke latar belakang gelap. Phase Contrast Illumination Mikroskop fase kontras secara luas digunakan untuk memeriksa spesimen seperti jaringan biologi. termasuk mineral alam dan industri.Terpolarisasi mikroskop cahaya adalah mungkin paling dikenal untuk aplikasi dalam ilmu geologi. dan merupakan alat yang beredar untuk ilmu bahan. dan sel-sel dalam kultur jaringan memiliki indeks bias berkisar 1. dan sejumlah makromolekul biologis dan rakitan struktural. 5. 4. calon yang baik untuk pengamatan darkfield sering memiliki indeks bias nilai sangat dekat dengan lingkungan mereka dan sulit untuk gambar dengan teknik brightfield konvensional.Setelah urutan ke nol (langsung) cahaya telah diblokir oleh menghentikan buram di kondensor Sub. dibiaskan.2-1. polimer. keramik. urea. sinar yang melewati spesimen dari sudut miring pada semua azimuths adalah terdifraksi. Ini dan sejenisnya spesimen adalah calon ideal untuk pengamatan dengan teknik iluminasi darkfield.3). sehingga perbedaan optik diabaikan dari media air sekitarnya (indeks bias 1.

6. Ketika berhadapan dengan komponen transparan dan tidak berwarna dalam sel.Mikroskop fase kontras dengan dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika. Teknik ini menghasilkan gambar bayangan-cast monokromatik yang efektif menampilkan gradien jalur optik untuk kedua frekuensi spasial tinggi dan rendah hadir dalam spesimen. Mikroskop fase kontras telah memungkinkan untuk mempelajari sel hidup. Namun. Hal ini membuat objek transparan bersinar dalam kontras dengan sekitarnya.menunjukkan komponen dalam sel atau bakteri. Sebagai gradien perbedaan jalur optik tumbuh lebih curam. kontras diferensial gangguan mengkonversi spesimen gradien jalur optik mempertimbangkan perbedaan amplitudo yang dapat divisualisasikan sebagai peningkatan kontras pada gambar yang dihasilkan. Melalui mekanisme sangat berbeda dari fase kontras. umumnya agak kurang dari diameter disk Airy. yang akan sangat sulit untuk melihat dalam mikroskop cahaya biasa. sehingga memungkinkan instrumen untuk dipekerjakan di aperture numerik penuh. Komponen optik yang diperlukan untuk kontras diferensial gangguan mikroskop tidak menutupi atau menghalangi diafragma obyektif dan kondensor (seperti dalam fase atau kontras Hoffman modulasi). pencelupan adalah alternatif tetapi pada saat yang sama berhenti semua proses di dalamnya. Mereka wilayah spesimen di mana peningkatan jalur optik sepanjang arah referensi terlihat lebih terang (atau lebih gelap). differential interference contrast (DIC) adalah sebuah mikroskop geser balok gangguan sistem di mana balok referensi adalah dicukur dengan jumlah yang sangat kecil. Differential Interference Contrast Mekanisme yang sangat baik untuk rendering kontras dalam spesimen transparan. dan pembelahan sel adalah contoh dari sebuah proses yang telah diteliti secara rinci dengan itu. 1953. Mikroskop fase kontras adalah alat penting dalam penelitian biologi dan medis. Hasilnya adalah . perubahan fasa dapat ditingkatkan menjadi setengah panjang gelombang dengan piring-fase transparan dalam mikroskop dan dengan demikian menyebabkan perbedaan dalam kecerahan. sedangkan daerah di mana perbedaan penurunan jalan muncul dalam kontras terbalik. karena ini adalah bergeser dibandingkan dengan cahaya terpengaruh. Perbedaan dalam tahap tidak terlihat mata manusia.4 Mikroskop fase kontras menggunakan fakta bahwa melalui cahaya melewati bagian transparan dari spesimen perjalanan lebih lambat dan. kontras gambar secara dramatis meningkat.

Mikroskop pemindai lingkungan elektron (ESEM) 5. Selain itu. Mikroskop transmisi elektron (TEM) 2.5 Mikroskop Elektron Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang mampu melakuakan peambesaran obyek sampai duajuta kali. fungsi menyebar titik ). yang menggunakan elektro statik dan elektro maknetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus dari pada mikroskop cahaya. Macam – macam mikroskop elektron: 1. Berbagai struktur material dan sifat dapat dipelajari seperti sistem buatan manusia dan alam. Mikroskop peminda itransmisi elektron (STEM) 3. mengkarakterisasi dan bahkan memanipulasi struktur bahan pada skala sangat kecil termasuk fitur proporsi atom. yang dapat sekecil beberapa . Keuntungan dari mikroskop ini adalah : • Resolusi mikroskop tidak dibatasi oleh difraksi. termasuk sistem biologi. diferensial gangguan menghasilkan kontras gambar yang dapat dengan mudah dimanipulasi dengan menggunakan teknik digital imaging dan video untuk lebih meningkatkan kontras. tetapi hanya dengan ukuran sampel interaksi volume-probe (yaitu. penghapusan artefak halo. Mikroskop electron ini menggunakan jauh lebih banyak energi dan radiasi elektro maknetik yang lebih pendek dibandingkan mikroskop cahaya. Mikroskop pemindai elektron 4. Mikroskop refleksi elektron (REM) Scanning Probe Microscope Mikroskop Scanning probe (SPM) memungkinkan para ilmuwan untuk citra.peningkatan dramatis dalam resolusi (terutama dalam arah sumbu optik). dan kemampuan untuk menghasilkan gambar yang sangat baik dengan spesimen yang relatif tebal.

spesimen tidak memerlukan vakum parsial tetapi dapat diamati di udara pada suhu dan tekanan standar atau saat tenggelam dalam wadah reaksi cair. Scanning probe mikroskop seringkali tidak berguna untuk memeriksa interface padat-padat atau cair. • Interaksi dapat digunakan untuk memodifikasi sampel untuk menciptakan struktur yang kecil ( nanolithography ). embedding informasi spasial ke dalam urutan waktu membuka pintu untuk ketidakpastian dalam metrologi.picometres. mengatakan tentang jarak dan sudut lateral. Maka kemampuan untuk mengukur perbedaan lokal kecil di ketinggian objek (seperti itu dari 135 langkah picometre pada <100> silikon) adalah tak tertandingi. 3) 4) Ukuran gambar maksimun yang umumnya lebih kecil. Kerugian dari mikroskop ini adalah • 1) Bentuk rinci dari ujung pemindain terkadang sulit untuk menentukan. Tidak hanya akustik mikroskop mendeteksi kegagalan tetapi juga dapat memberikan lokasi spesifik dari masalah. karena proses pemindaian. Tidak seperti metode mikroskop elektron. . yang timbul karena efek waktu-domain seperti drift spesimen. upaya yang dilakukan untuk lebih meningkatkan tingkat pemindaian.Pengaruhnya pada data hasil terutama terlihat jika spesimen sangat bervariasi di ketinggian jarak lateral 10nm atau kurang 2) Teknik pemindaian umumnya lebih lamat dalam memperoleh gambar. dan getaran mekanik. Seperti semua teknik scanning. sering disebut sebagai SAM atau SAT (Scanning Acoustic Tomography) yang tak tertandingi dalam kemampuannya untuk tempat delaminations. Lateral interaksi probe-sampel hanya berlaku di ujung atom atau atom yang terlibat dalam interaksi. osilasi umpan balik. Scanning Acoustic Microscope Scanning Microscopy Acoustic. retak dan anomali non-destruktif. Akibatnya.

4. Jakarta: Erlangga.p. 2.p. Ferqonita D. Fisika. 2005. oblique illumination.2006. mikroskop elektron. Mitchell R. Jakarta : Grafindo. Sutresna N. 2006. 10-2.p. 1st ed. Jakarta: Erlangga. phase contrast illumination. Arisworo D. differential interference contrast).66-8. Mikroskop terbagi menjadi beberapa macam yaitu. Saktiyono. Jakarta: Erlangga. Jakarta: Quadra. Giancoli DC. dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda juga. 2002. 5th ed.p. 3. Setiap mikroskop mempunyai cara kerja yang berbeda. Sedangkan mikroskop elektron dibagi menjadi 2.175-7. Jakarta: Balai Pustaka. yaitu (Transmission Electron Microscope (TEM dan Scanning Electron Microscope (SEM)). 5. Mikroskop yang mempunyai jenis bright field illumination adalah untuk melihat sel darah merah sedangkan phase contrast illumination mikroskop untuk melihat sel transparan Daftar Pustaka 1.p. 2003. dark field illumination. IPA biologi. cross-polarized light illumination. 6. scanning probe microscope dan scanning acoustic microscope.360-2. Ilmu pengetahuan alam.p. Yusa.2004. . Utami HP. yaitu (bright field illumination. Mengenal cahaya dan optic. Mikroskop optik dibagi menjadi 6. 114. mikroskop optik.Kesimpulan Mikroskop memiliki jenis yang berbeda. Seri IPA biologi. 15-6. Biologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful