MAKALAH ILMU PENDIDIKAN

PENTINGNYA PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER DEMI KEUTUHAN BANGSA

DISUSUN OLEH : 1. Ratna Very Viana 2. Trialita Ika Rahmawati 3. Nibras Isty Putri 4. Siti Zainab 5. Gestania Lindra Sari 6. Windy Angelina (12302241016) (12302241021) (12302241023) (12302241030) (12302241037) (12302249001)

PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012/2013

9 November 2012 Penyusun . selaku dosen dalam mata kuliah ini. Semua pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini. Jika dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan. 4. Yogyakarta. saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan selanjutnya. Kedua orang tua tercinta yang senantiasa mendoakan untuk kemudahan belajar kami dalam menuntut ilmu selama ini. Teman-teman Pendidikan Fisika FMIPA UNY yang telah memberikan bantuan dan motivasi untuk penulisan ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 2. Semoga segala bantuan yang diberikan menjadi amal baik dan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.Dalam hal ini penulis menyampaikan penghargaan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada : 1. sehinggakami dapat menyelesaikan makalah DAN Ilmu Pendidikan dengan judul PENTINGNYAPENDIDIKAN BUDAYA KARAKTERDEMI KEUTUHAN BANGSA.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Rukiyati. 3.

Dengan pendidikan budaya sejak dini diharapkan agar setiap rakyat yang terlahir di negeri ini. Korean-pop) adalah sebuah tontonan atau hiburan yang sangat menarik. Pendidikan budaya ini juga bergantung dari pendidikan yang diterapkan dalam keluarga. Latar Belakang Dewasa ini.Sebagai alternatif yang bersifat preventif. remaja hingga orangtua banyak diantara mereka yang menyukainya. paling tidak mengurangi. pendidikan diharapkan dapat mengembangkan kualitas generasi . telah terjadi fenomena munculnya budaya-budaya luarnegeri yang berkembang pesat di Indonesia. sudah saatnya sistem pendidikan diarahkan secara fokus kepada penciptaan dan kristalisasi semangat kebudayaan dan memelihara budaya kita. Alternatif lain yang banyak dikemukakan untuk mengatasi. dapat mengenal budaya asli negerinya.Tetapi jika di lihat dari pandangan jangka panjang. tentunya budaya Korea (boy band.PENTINGNYA PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER DEMI KEUTUHAN BANGSA A. Sebut saja budaya Korea yang sedang marak saat ini. Jika dilihat dari pandangan jangka pendek. Pendahuluan 1.Pendidikan dianggap sebagai alternatif yang bersifat preventif karena pendidikan membangun generasi baru bangsa yang lebih baik. budaya Korea ataupun budaya luar negeri lainnya terus berkembang dalam jiwa masyarakat Indonesia. sehingga setelah dewasa kelak. mulai dari anak kecil. tentunya hal ini akan berakibat buruk dalam pertahanan terhadap budaya lokal yang ada di Indonesia.masalah budaya dan karakter bangsa yang dibicarakan itu adalah pendidikan. mereka memiliki bekal yang cukup untuk tetap mempertahankan budayanya agar tidak tergeser oleh budaya asing yang merajalela. Dalam konteks demikian. Identitas budaya yang ditanamkan sejak dini di sekolah bahkan selevel PG dan TK akan menjadi sebuah investasi masa depan yang bisa menjadi pilihan untuk mencapai kecemerlangan. girl band. Hal ini dimaksudkan agar setiap insan yang ada di negeri ini dapat lebih mengenal dan mengapresiasi terhadap budaya yang dimilikinya dengan pemahaman yang baik. Oleh sebab ini dibutuhkan sebuah pendidikan budaya sejak dini terhadap seluruh masyarakat Indonesia.

sudah seharusnya kurikulum. Berbagai upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa telah dilakukan di berbagai direktorat dan bagian di berbagai lembaga pemerintah. Kepedulian masyarakat mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa telah pula menjadi kepedulian pemerintah. seminar. Kurikulum adalah jantungnya pendidikan (curriculum is the heart of education). 2. Pendapat yang dikemukakan para pemuka masyarakat. akhirnya berakumulasi pada kebijakan pemerintah mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa dan menjadi salah satu program unggulan pemerintah. Apa fungsi dari pendidikan budaya dan karakter demi menjaga keutuhan bangsa? . Apalagi jika dikaji. Rumusan Masalah 1. bahwa kebutuhan itu. Memang diakui bahwa hasil dari pendidikan akan terlihat dampaknya dalam waktu yang tidak segera. Pedoman sekolah ini adalah rancangan operasionalisasi kebijakan pemerintah dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa. paling tidak untuk masa 5 (lima) tahun mendatang. Bagaimana pengertian pendidikan budaya dan karakter dalam menghadapi berbagai problema di Indonesia? 2. dan sarasehan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada awal tahun 2010 menggambarkan adanya kebutuhan masyarakat yang kuat akan pendidikan budaya dan karakter bangsa. ahli pendidikan. terutama di berbagai unit Kementrian Pendidikan Nasional. adalah sebagai kualitas manusia Indonesia yang dirumuskan dalam Tujuan Pendidikan Nasional. saat ini. para pemerhati pendidikan dan anggota masyarakat lainnya di berbagai media massa. Oleh karena itu. memberikan perhatian yang lebih besar pada pendidikan budaya dan karakter bangsa dibandingkan kurikulum masa sebelumnya. tetapi memilikidaya tahan dan dampak yang kuat di masyarakat.Upaya pengembangan itu berkenaan dengan berbagai jenjang dan jalur pendidikan walaupun sifatnya belum menyeluruh.muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. secara imperatif. Keinginan masyarakat dan kepedulian pemerintah mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa.

serta dalam hubungannya dengan Tuhan. . dan kehidupan individu dalam pertemuan dan pergaulannya dengan sesama dan dunia. kepribadian. Arti pendidikan Secara historis. 3) Mengetahui tujuan dari pendidikan budaya dan karakterdemi keutuhan bangsa. Melalui pendidikan. Apa tujuan dari pendidikan budaya dan karakter demi menjaga keutuhan bangsa? 3. Tujuan 1) Mengetahui pengertian pendidikan budaya dan karakter dalammenghadapi berbagai problema di Indonesia.sosialnya dan moralitasnya. daya jiwanya.3. pendidikan merupakan suatu fungsi internal dalam proses kebudayaan itu.di dalam gerak gelombangnya proses tersebut pendidikan mempunyai fungsi yang penting. Pembahasan 1. berkembang pula isi dan bentuk termasuk perkembangan penyelenggaraan pendidikan. fungsi dari pendidikan budaya dan karakter demi keutuhan B. pendidikan dalam arti luas telah mulai dilaksanakan sejak manusia berada dimuka bumi ini. 2) Mengetahui bangsa. Sejarah manusia menjadi sejarah kebudayaan dan itu tumbuh berkembang lebih lanjut hingga saat kita sekarang ini. Adanya pendidikan adalah setua dengan adanya kehidupan itu sendiri. Kini semakin disadari bahwa pendidikan memainkan peranan peting di dalam drama kehidupan dan kemajuan ummat manusia. Pendidikan merupakan bagian dan proses kebudayaan. Atau dengan dengan perkataan lain. yang mempengaruhi perkembangan fisiknya. pendidikan merupakan suatu kekuatan yang dinamis dalam mempengaruhi kemampuan. dan berjalan terus ke masa yang akan dating. manusia yang menghuni dunia semesta ini tidak sekedar sebagai potensi demografikal tetapi secara makin sadar menunaikan tugas dan panggilan eksistensinya sebagai potensi cultural. Ini sejalan dengan kemajuan manusia dalam pemikiran dan ide-ide tentang pendidikan. Pendidikan merupakan suatu kekuatan yang dinamis dalam kehidupan setiap individu. melalui mana manusia dibentuk dan membentuk dirinya sendiri. Dengan perkembangan peradaban manusia.

2. disiplin dan bertanggung jawab. akan tetapi sama dalam hal dayanya yaitu saling mempengaruhi. 4. secara emplisit terjalin hubungan antara dua pihak. memiliki kepercayaan diri. kualitas. Membentuk tenaga pembangun yang memiliki kemampuan dalam memningkatkan produktivitas. dan menjadi warga Negara yang baik. dalam sekolah.masyarakat dan suatu bangsa. Dari uraian di atas secara implicit terkandung betapa besar nilai pendidikan bagi individu. Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan . 3. sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk Tuhan. dan efisiensi kerja. Membentuk pribadi-pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa. peningkatan dari tidak tahu menjadi tidak tahu serta tujuan ke arah mana peserta didik akan diharapkan dapat mengaktualisasikan dirinya seoptimal mungkin.Adapun mengenai unsur-unsur yang secara esensial yang tercakup dalam pengertian pendidikan adalah sebagai berikut: 1) Dalam pengembangan pendidikan terkandung pembinaan atau (pembinaan kepribadian). bangsa dan Negara. mampu mengungkapkan dirinya melalui media yang ada. 5. Merupakan jembatan masa lampau. yaitu pihak pendidik dan pihak peserta didik yang didalam hubungan itu berlainan kedudukan dan peranan setiap pihak. yang perlu kemampuan-kemampuan potensi-potensi dikembangkan. masa kini dan masa depan.bangsa dan Negara. 4) Aktifitas pendidikan dapat berlangsung dalam keluarga. 2. mampu melakukan hubungan manusiawi. 2) Dalam pendidikan. Melestarikan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. guna terlaksananya proses pendidikan yang tertuju pada tujuan-tujuan yang diinginkan. 3) Pendidikan adalah proses sepanjang hayatdan upaya perwujudan pembentukan diri secara utuh dalam arti pengembangan segenap potensi dalam pemenuhan semua komitmen manusia sebagai individu. dan dalam masyarakat. karena pendidikan sangat berguna untuk : 1. Mengembangkan nilai-nilai baru yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.

Oleh karena itu. nilai. moral. moral. norma. teknologi. dan keyakinan itu adalah hasil dari interaksi manusia dengan sesamanya dan lingkungan alamnya. pengembangan karakter bangsa hanya dapat dilakukan melalui pengembangan . nilai. norma dan keyakinan itu digunakan dalam kehidupan manusia dan menghasilkan sistem sosial. dan norma. Budaya diartikan sebagai keseluruhan sistem berpikir. nilai. berakhlak mulia. norma. mandiri. sistem kepercayaan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. norma. moral. norma. Ketika kehidupan manusia terus berkembang. moral. Manusia sebagai makhluk sosial menjadi penghasil sistem berpikir. “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. seperti jujur. serta seni. dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat. nilai. sistem ekonomi. seni. dan sebagainya. berpikir. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan. dapat dipercaya. maka yang berkembang sesungguhnya adalah sistem sosial. sistem kepercayaan. berilmu. rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. nilai. cakap. kreatif. bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. moral. sehat. nilai. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai. moral. Sistem berpikir. ilmu. Pendidikan budaya merupakan upaya terencana dalam mengembangkan potensi peserta didik.teknologi. tabiat. sehingga mereka memiliki sistem berpikir. Sistem berpikir. bersikap. dan bertindak. dan hormat kepada orang lain. Karakter adalah watak. Oleh karena itu. manusia diatur oleh sistem berpikir. dan keyakinan.nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang. sistem pengetahuan. sistem ekonomi. dan keyakinan yang telah dihasilkannya. dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan karakter masyarakat dan karakter bangsa. akhlak. berani bertindak. akan tetapi juga dalam interaksi dengan sesama manusia dan alam kehidupan. dan keyakinan yang diwariskan masyarakatnya dan mengembangkan warisan tersebut ke arah yang sesuai untuk kehidupan masa kini dan masa mendatang. moral.

maka pengembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang berangkutan. karakter bangsa. melakukan proses internalisasi. serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat. mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera. Oleh karena itu. Berdasarkan pengertian budaya. Artinya. dan pendidikan yang telah dikemukakan di atas maka pendidikan budaya dan karakter bangsa dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya. dan warganegara yang religius. Atas dasar pemikiran itu. Pengembangan itu harus dilakukan melalui perencanaan yang baik. Lingkungan sosial dan budaya bangsa adalah Pancasila. sebagai anggota masyarakat. pengembangan pendidikan budaya dan karakter sangatstrategis bagi keberlangsungan dan keunggulan bangsa di masa mendatang. Akan tetapi. pendekatan yang sesuai. Pendidikan adalah juga suatu usaha masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan. karena manusia hidup dalam ligkungan sosial dan budaya tertentu. Dalam proses pendidikan budaya dan karakter bangsa. dan penghayatan nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat.karakter individu seseorang. menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya. Dengan kata lain. secara aktif peserta didik mengembangkan potensi dirinya. jadi pendidikan budaya dan karakter bangsa haruslah berdasarkan nilai-nilai Pancasila. dan budaya bangsa. oleh . pendidikan budaya dan karakter adalah proses pewarisan budaya dan karakter bangsa bagigenerasi muda dan juga proses pengembangan budaya dan karakter bangsa untukpeningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa di masa mendatang. pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah usaha bersama sekolah. otak. Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. nasionalis. dan fisik.budaya masyarakat. Sesuai dengan sifat suatu nilai. mendidik budaya dan karakter bangsa adalah mengembangkan nilai-nilai Pancasila pada diri peserta didik melalui pendidikan hati. Keberlangsungan itu ditandai oleh pewarisan budaya dan karakter yang telah dimiliki masyarakat dan bangsa. produktif dan kreatif . dan metode belajar serta pembelajaran yang efektif. pengembangan budaya dan karakter bangsa hanya dapat dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang tidak melepaskanpeserta didik dari lingkungan sosial.

3. Dalam situasi demikian. norma dan nilai budaya secara kolektif pada tingkat makro akan menjadi norma dan nilai budaya bangsa. Dengan demikian. Budaya. dia sangat rentan terhadap pengaruhbudaya luar dan bahkan cenderung untuk menerima budaya luar tanpa prosespertimbangan (valueing). Selain menjadi orang asing.“mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”.Usaha sadar itu tidak boleh dilepaskan dari lingkungan peserta didikberada. desa) berkembang ke lingkungan yang lebih luas yaitu budaya nasional bangsa dan budaya universal yang dianut oleh ummat manusia. Kecenderungan itu terjadi karena dia tidak memiliki norma dan nilai budaya nasionalnya yang dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukanpertimbangan (valueing). dimulai dari budaya di lingkungan terdekat (kampung. yang menyebabkan peserta didik tumbuh dan berkembang. Landasan Pedagogis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pendidikan adalah suatu upaya sadar untuk mengembangkan potensi peserta didiksecara optimal. karena peserta didik hidup tak terpishkandalam lingkungannya dan bertindak sesuai dengan kaidah-kaidah budayanya. RW. dancara menyelesaikan masalah sesuai dengan norma dan nilai ciri keIndonesiaannya. semakin kuat pula kecenderungan untuk tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang baik. RT.Pendidikan yang tidak dilandasi oleh prinsip itu akan menyebabkan peserta didiktercerabut dari akar budayanya. Ketika hal ini terjadi. peserta didik akan menjadi warga negara Indonesia yang memiliki wawasan. maka mereka tidak akanmengenal budayanya dengan baik sehingga ia menjadi orang “asing” dalam lingkunganbudayanya. cara berpikir.karenanya harus dilakukan secara bersama oleh semua guru dan pemimpin sekolah.Hal ini sesuai dengan fungsi utama pendidikan yang diamanatkan dalam UU Sisdiknas. terutama dari lingkungan budayanya.Semakin kuat seseorang memiliki dasar pertimbangan. Padatitik kulminasinya. yang lebih mengkhawatirkan adalah diamenjadi orang yang tidak menyukai budayanya. aturan dasar yang mengatur pendidikan nasional (UUD 1945 dan . Apabila peserta didik menjadi asing dari budaya terdekat maka dia tidak mengenal dengan baik budaya bangsa dan dia tidak mengenal dirinya sebagaianggota budaya bangsa. melalui semua mata pelajaran. dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya sekolah. cara bertindak. Oleh karena itu.

Oleh karena itu. wawasan. kesadaran akan siapa dirinya dan bangsanya adalah bagian yang teramat penting. Pendidikan budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui pendidikan nilainilai atau kebajikan yang menjadi nilai dasar budaya dan karakter bangsa. berfungsi mewariskan nilai-nilai danprestasi masa lalu ke generasi mendatang. Kesadaran tersebut hanya dapat terbangun dengan baik melalui sejarah yang memberikan pencerahan dan penjelasan mengenai siapa diri bangsanya di masa lalu yang menghasilkan dirinya dan bangsanya di masa kini. dan nilai berkenaan dengan lingkungan tempat diri dan bangsanya hidup (geografi). sistem sosial yang berlaku dan sedang berkembang (sosiologi). budaya.masyarakat. dan politik (ketatanegaraan/politik/ kewarganegaraan).UU Sisdiknas) sudah memberikan landasan yang kokoh untuk mengembangkan keseluruhan potensi diri seseorang sebagai anggota masyarakat dan bangsa. ilmu. agama. Selainmewariskan. pemerintahan. perlu ada upaya terobosan kurikulum berupa pengembangan nilai-nilaiyang menjadi dasar bagi pendidikan budaya dan karakter bangsa. Denganterobosan kurikulum yang demikian. pendidikan budaya dan karakterbangsa merupakan inti dari suatu proses pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses enkulturasi. nilai dan karakter yang dikembangkan pada diri peserta didik akan sangat kokoh dan memiliki dampak nyata dalam kehidupan diri. Dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa. . pengetahuan. Selain itu. dan bahkan umat manusia. nilai yang hidup di masyarakat(antropologi).Kebajikan yangmenjadi atribut suatu karakter pada dasarnya adalah nilai. Artinya.dan seni. pendidikan juga memiliki fungsi untuk mengembangkan nilainilaibudaya dan prestasi masa lalu itu menjadi nilai-nilai budaya bangsa yang sesuai dengankehidupan masa kini dan masa yang akan datang. dan nilai-nilai yang terumuskan dalam tujuan pendidikan nasional. serta mengembangkan prestasi baruyang menjadi karakter baru bangsa.bahasa Indonesia dengan cara berpikirnya. kehidupan perekonomian. sistemketatanegaraan.Oleh karena itu pendidikanbudaya dan karakter bangsa pada dasarnya adalah pengembangan nilainilai yangberasal dari pandangan hidup atau ideologi bangsa Indonesia. teknologi. bangsa. pendidikan harus membangun pula kesadaran. Nilai-nilai dan prestasi itu merupakan kebanggaan bangsa dan menjadikan bangsa itu dikenal oleh bangsa-bangsa lain.

penuh kreativitas dan persahabatan. mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman. Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Tujuan pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah: 1. Atas dasar pertimbangan itu. 3. ini bagi peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Nilai-nilai dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa diidentifikasi dari sumber-sumber berikut ini. serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan (dignity). dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. jujur. maka nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa harus didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama. pengembangan: pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik. Fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Fungsi pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah: 1. kreatif. 2. 2. dan 5. 2. kehidupan kenegaraan pun didasari pada nilai-nilai yang berasal dari agama. masyarakat. perbaikan: memperkuat kiprah pendidikan nasional untuk bertanggung jawab dalampengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat. Pancasila: negara kesatuan Republik Indonesia ditegakkan atas prinsip-prinsip . mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Oleh karena itu.4. dan 3. mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri. 6. Agama: masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama. 5. berwawasan kebangsaan. kehidupan individu. 1. Secara politis. 4. penyaring: untuk menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang bermartabat. menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius.

Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945 dan dijabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 1945.Dalam menghadapi berbagai kemungkinan terburuk tersebut. Tujuan Pendidikan Nasional: sebagai rumusan kualitas yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia. kemasyarakatan. 4. Nilai-nilai budaya itu dijadikan dasar dalam pemberian makna terhadap suatu konsep dan arti dalam komunikasi antaranggota masyarakat itu. dikembangkan oleh berbagai satuan pendidikan di berbagai jenjang dan jalur. nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur kehidupan politik. Posisi budaya yang demikian penting dalam kehidupan masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa. Kesimpulan Jadi sangat penting adanya pendidikan budaya bagi kita semua khususnya bagi para peserta didik yang diharapkan bisa menjadi tonggak penerus bangsa dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di era globalisasi yang menuntut adanya berbagai perubahan. 3. Pendidikan budaya dan karakter bangsa bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang lebih baik. berbangsa dan bernegara yang berlangsung cepat serta untuk menghadapi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat. kemauan. hal itu tak .Demikian juga bangsa Indonesia padasaat ini terjadi perubahan besar-besaran yang disebabkan oleh pengaruh dari luar maupun dari dalam negeri. Artinya. dan seni.Perubahan-perubahan yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat. Budaya: sebagai suatu kebenaran bahwa tidak ada manusia yang hidup bermasyarakat yang tidak didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat itu.kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang disebut Pancasila. Oleh karena itu. tujuan pendidikan nasional adalah sumber yang paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. hukum. yaitu warga negara yang memiliki kemampuan. budaya. C.Di sebabkan pula nilai-nilai pendidikan yang semakin luntur. dan menerapkan nilainilai Pancasila dalam kehidupannya sebagai warga negara. Tujuan pendidikan nasional memuat berbagai nilai kemanusiaan yang harus dimiliki warga negara Indonesia. disertai pola kehidupan mengglobal menuntut semua untuk mengantisipasinya. dan rasa nasionalisme yang semakin hari semakin berkurang khususnya dikalangan peserta didik sendiri. termasuk kalangan pendidik. ekonomi.

lepas oleh diperlukannya kemampuan warga Negara yang mempunyai bekal ilmu pengetahuan. sehingga jati diri dan karakter bangsa Indonesia sesungguhnya itu tetap tertanam dalam diri setiap individunya dan mampu selektif dalam menerima segala hal. . baik itu pengaruh dari luar maupun dalam dengan tetap menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional bnagsa yang salah satunya ada hal yang berkaitan dengan pendidikan di dalamnya. berbangsa dan bernegara. tekhnologi dan seni yang berlandaskan pada nilai-nilai budaya bangsa. Melihat uraian di atas kita sebagai warganegara yang baik harusnya mempunyai kesadaran yang lebih akan pentingnya pendidikan budaya bagi kita semua yang diharapkan nantinya menjadi bekal untuk menghadapi berbagai persoalan dalam masyarakat yang semakin plural dan dengan adanya nilai-nilai budaya dan karakter tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu benteng dalam menghadapi berbagai problema-problema yang terjadi di masyarakat. Nilai-nilai dasar Negara tersebut akan menjadi tuntunan dan mewarnai keyakinan serta pegangan hidup warga Negara dalam kehidupan bermasyarakat.

Jakarta: Fajar Agung Ali Murtopo. Indonesia:Puskur Balitbang Kemdiknas _____. “Pendidikan berbasis budaya” dalam Educare: Wahana Komunikasi Pendidikan vol. halaman 1-12 Rukiyati. 2005) . 2008) . Strategi Kebudayaan. dkk. 2010. 1978. “Pendidikan Untuk Mengembangkan Budaya Damai ” dalam Jurnal Psikologi Sosial vol. “Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa “ diakses dalam http://ilmu pnddkn/Pengertian-Pendidikan-Budaya-dan-Karakter-Bangsa _ Binham's Blog. 2001. 9 no. Yogyakarta: UNY Press Setyono. 2001.______. 57 no.35 ______. I Ketut.DAFTAR PUSTAKA Abdulkadir Muhammad. 1987. Jakarta: Yayasan Proklamasi Irwanto. 2 no.X. 07/08 (Jul. Yogyakarta: UNY press Suyatre.Hum.. Ilmu Budaya Dasar (IBD).htm ( pada tanggal 7 November 2012 pukul 17:46 WIB ) .F. “Pentingnya pendidikan yang berakar pada budaya” dalam Basis: Menembus Fakta vol.M. 07 (Jun.______. 2012. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.00 WIB ) _____. 7 (Okt. 2001) .2008. 2005.Gus. Dwi. Pendidikan Pancasila.com/nilai-pendidikan-budaya-dan-karakter-bangsa/ (pada tanggal 7 November 2012 pukul 17. “ Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa” diakses dalam http://lenterakecil. Ilmu Pendidikan. halaman 28-29. dkk. halaman 44 Siswoyo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful