You are on page 1of 19

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Mencuci Tangan Dengan Sabun

Oleh : NOVIANA HIDAYAH RAHMAH P07131010036

KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

MENGENAL MASALAH.POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM Jurusan Gizi 2012 PERENCANAAN PENYULUHAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN) DI LINGKUNGAN KARANG PANDE KELURAHAN ABIAN TUBUH BARU Judul : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Prilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan Upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan. memelihara dan meningkatkan kesehatannya. MASYARAKAT. sikap dan perilaku melalui pendekatan pimpinan (advocacy). agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga. dengan membuka jalur komunikasi. DAN WILAYAH . Topik : Mencuci Tangan dengan Sabun A. dalam tatanan rumah tangga. keluarga. kelompok dan masyarakat. memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan. bina suasana (social support) dan pemberdayaan masyarakat (empowerment) sebagai suatu upaya untuk membantu masyarakat mengenali dan mengetahui masalahnya sendiri.

dan adanya keinginan dari masyarakat untuk hidup sehat dengan membiasakan mencuci tangan.Masalah mencuci tangan merupakan cara mudah dan murah untuk membersihkan anggota tubuh dari kuman infeksi. dan adanya kebiasaan yang tidak mau dirubah dari masyarakat walaupun telah menerima penyuluhan. Hal-hal yang dapat menghambat perubahan prilaku antara lain kurangnya pengetahuan dari masyarakat. adanya kepercayaan terhadap petugas tentang apa yang disampaikan. Prilaku yang dapat mengurangi masalah antara lain adanya kemauan dan kesediaan untuk mendengarkan penyuluhan. sebelum memegang bayi. nomor 3 bayi dan nomor 5 untuk semua umur. Survei Departemen Kesehatan (DepKes) 2006 menunjukan rasio penderita diare di Indonesia 300 penderita per 1000 orang. Menurut Public Health & Education Executive Unilever dr Leo Ondar Wahone. Padahal menurut pakar kesehatan dr Hendrawan Nadesul. Cukup dengan mencuci tangan dengan sabun secara baik dan benar dengan air bersih yang mengalir. Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mencuci tangan dengan sabun hingga kini masih tergolong rendah. keadaan ekonomi yang kurang memadai. Hal-hal yang akan membantu perubahan prilaku antara lain kepercayaan masyarakat terhadap petugas yang memberikan penyuluhan dan tersedianya sarana dan fasilitas penunjang. (http://www. adanya kerja sama. yaitu : sebelum makan. . Penyakit diare menjadi penyebab kematian nomor dua pada balita./?x=berita 16 Juni 2007. 16:02:26) Mencuci tangan dengan sabun merupakan persoalan sepele. Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat 3 tentang pentingnya cuci tangan dengan sabun untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit serta meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mencuci tangan secara baik dan benar. sesudah buang air besar. tetapi dampak yang ditimbulkannya tidak bisa dianggap main-main.dinkes-diy-org.. cuci tangan sebaiknya dilakukan pada lima waktu penting. sesudah menceboki anak dan sebelum meniyiapkan makanan. indikasinya dapat terlihat dengan tingginya prevalensi penyakit diare. salah satu upaya penting mengurangi tingkat kejadian diare sangat mudah dan murah. Dari hal yang terkesan remeh bisa menyebabkan beragam penyakit.

b. C. Menjelaskan kapan sebaiknya mencuci tangan. MENENTUKAN PRIORITAS Dari beberapa permasalahan kesehatan masyarakat yang ada saat ini diambil prioritas perencanaan adalah pentingnya mencuci tangan. E. c.B. e. D. MENENTUKAN TUJUAN PENYULUHAN 1. Menjelaskan pengertian mencuci tangan. terutama para Orang Tua agar dapat menuntun anak-anak mereka agar membiasakan mencuci tangan dengan sabun. d.Tujuan Khusus a. karena mencuci tangan merupakan hal yang paling utama dalam mejaga kesehatan. Menjelaskan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar. terutama mencuci tangan dengan sabun. Manfaat mencuci tangan 3. Cara mencuci tangan yang baik dan benar . 2. Gambaran Umum tentang mencuci tangan 2. Sehingga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari untuk kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat. Menyebutkan manfaat mencuci tangan. Mengetahui pentingnya mencuci tangan dengan sabun f. MENENTUKAN SASARAN PENYULUHAN Sasaran penyuluhan adalah seluruh masyarakat yang berada di Lingkungan Karang Pande Kelurahan Abian Tubu Baru. Tujuan Umum Agar masyarakat mampu memahami dan mengerti pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan. MENENTUKAN ISI PENYULUHAN Isi Penyuluhan yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan yaitu : 1.

Cara evaluasi adalah melihat partisipasi aktif maupun waktu proses penyuluhan berlangsung. Penyuluhan akan dilaksanakan oleh Mahasiswa Jurusan Gizi Semester IV (saya sendiri) didampingi dengan Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram. Alat peraga: ember plastik dan gayung. Ceramah dan diskusi 2. Pentingnya mencuci tangan dengan sabun F. Demonstrasi G.4. Tempat pelaksanaan penyuluhan adalah rumah kepala lingkungan karang pande yang biasa digunakan untuk kegiatan psyandu. 2. MENENTUKAN METODE PENYULUHAN 1. I. Poster yang berisi cara mencuci tangan H. mengecek kembali pengetahuan sasaran dengan memberikan pertanyaan lisan. MEMBUAT RENCANA EVALUASI Yang akan dievaluasi pada penyuluhan ini adalah pengetahuan sasaran penyuluhan agar mengetahui sejauh aman sasaran penyuluhan menangkap atau mengerti dengan materi penyuluhan yang kita berikan. . Kapan sebaiknya mencuci tangan 5. MEMBUAT RENCANA JADWAL PELAKSANAAN Penyuluhan akan dilaksanakan pada dengan alokasi waktu 60 menit pada lingkungan karang pande. Leaflet yang berisi penjelasan mengenai cara mencuci tangan 3. MENENTUKAN MEDIA PENYULUHAN 1. handuk kecil. sabun dalam tempatnya.

masyarakat akan memahami cara mencuci tangan dengan baik terutama pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.SATUAN PENYULUHAN (SATPEN) TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN) DI LINGKUNGAN KARANG PANDE KELURAHAN ABIAN TUBUH BARU Pokok bahasan : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sub pokok bahasan : Mencuci tangan dengan sabun Sasaran Hari/Tanggal Tempat Pelaksana : Masyarakat Lingkungan Karang Pande Kelurahan Abian Tubuh : Senin. : Rumah Kepala Lingkungan Karang Pande (Psyandu Cempaka) : Mahasiswa Gizi Semester IV Kelompok PBL Karang Pande A. c. masyarakat akan mampu: a. TUJUAN UMUM Setelah menerima pendidikan kesehatan. b. Menyebutkan manfaat mencuci tangan. Menjelaskan cara mencuci tangan yang baik dan benar. TUJUAN KHUSUS Setelah menerima pendidikan kesehatan selama 1x60 menit. . Menjelaskan pengertian mencuci tangan. B.

menjawab pertanyaan. Kerja  Penyampaian besar tangan materi garis  Mendengarkan cuci dengan perhatian penuh 45 menit  Memberi kesempatan  Menanyakan halpeserta untuk bertanya  Menjawab pertanyaan hal yang belum jelas  Memperhatikan jawaban penceramah  Mendemostrasikan cara mencuci tangan  Evaluasi  Menyimpulkan  Salam penutup  Memperhatikan dan redemontrasi  Menjawab pertanyaan 3. e. Menjelaskan mengapa pentingnya mencuci tangan dengan sabun Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan 1. Penutup  Mendengarkan  Menjawab salam 5 menit dari . C.d. f. PROSES PENYULUHAN No. Menjelaskan kapan sebaiknya mencuci tangan. 2. Penyuluh Peserta  Menjawab salam Waktu 10 menit Pendahuluan  Salam pembuka  Menyampaikan tujuan  Menyimak penyuluhan  Apersepsi (pre test)  Mendengarkan.

EVALUASI PENYULUHAN Evaluasi dilakukan sebelum penyuluhan dan pada akhir dari proses pendidikan kesehatan. Cara evaluasi akan dilakukan dengan pertanyaan lisan dan peragaan tindakan. handuk kecil. sabun dalam tempatnya. b. Jelaskan cara mencuci tangan yang baik dan benar. MEDIA PENYULUHAN 1. MATERI PENYULUHAN (TERLAMPIR) 1. Demonstrasi F. Alat peraga: ember plastik dan gayung. Ceramah dan diskusi 2. METODE PENYULUHAN 1.Pengertian mencuci tangan 2. 2.D. Poster yang berisi cara mencuci tangan G. d.Cara mencuci tangan yang baik dan benar 4. Sebutkan manfaat mencuci tangan. Penyuluhan dianggap berhasil apabila peserta dapat menjawab 2 dari 4 pertanyaan yang diberikan dan 50 % peserta mampu mendemostrasikan cara mencuci tangan yang baik.Kapan sebaiknya mencuci tangan 5.Manfaat mencuci tangan 3.Pentingnya Mencuci tangan dengan sabun E. Leaflet yang berisi penjelasan mengenai cara mencuci tangan 3. . Jelaskan pengertian mencuci tangan. Jelaskan kapan sebaiknya mencuci tangan. c. Pertanyaan lisan antara lain: a.

Alhasil. Setiap harinya. kuman yang menempel di tangan kita kemudian bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang disentuh tangan. sampai toilet yang mungkin sudah terkontaminasi kuman. Tidak hanya itu. Tanpa mencuci tangan. MANFAAT MENCUCI TANGAN Mencuci tangan adalah cara paling baik untuk menghentikan penyebaran kuman. pada tangan anda terkumpul banyak kuman yang diperoleh dari benda-benda yang disentuh sepanjang hari. piring.Lampiran: MATERI PENYULUHAN SATUAN PENYULUHAN (SATPEN) TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN) DI LINGKUNGAN KARANG PANDE KELURAHAN ABIAN TUBUH BARU A. Anda dapat menyebarkan kuman ke orang lain dengan menyentuh mereka atau dengan . pasti tangan kita menyentuh banyak benda seperti pensil. telepon. PENGERTIAN MENCUCI TANGAN Mencuci tangan adalah salah satu tindakan dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air yang mengalir dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. B. kursi.

menyentuh benda yang mereka sentuh juga seperti pegangan pintu. CARA MENCUCI TANGAN  Basahi tangan anda dengan air mengalir dan beri sabun cair atau sabun batangan yang bersih. makanan mentah. Mencuci tangan dengan sabun mengurangi angka infeksi saluran pernafasan ini dengan melepaskan kuman pernafasan yang terdapat pada tangan dan permukaan telapak tangan dan dengan menghilangkan kuman penyakit lainnya . Infeksi cacing. Penyakit yang bisa dicegah dengan mencuci tangan antara lain: a. Kuman-kuman penyakit ini membuat manusia sakit ketika mereka masuk mulut melalui tangan yang telah menyentuh tinja. c. infeksi mata dan penyakit kulit. karena kuman-kuman penyakit penyebab diare berasal dari kotoran-kotoran ini. dan peralatan makan yang tidak dicuci terlebih dahulu atau terkontaminasi akan tempat makannya yang kotor. Infeksi saluran pernafasan. C. namun secara akurat sebenarnya harus diperhatikan juga penanganan kotoran manusia seperti tinja dan air kencing. . b. air minum yang terkontaminasi. Diare. Penyakit diare seringkali diasosiasikan dengan keadaan air.

ayam atau ikan. KAPAN HARUS MENCUCI TANGAN          Setelah menggunakan kamar mandi. Setelah menyentuh hidung. karena air hanya memindahkan kotoran. halte bis dan restoran. Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan terutama sebelum dan secepatnya setelah memegang daging mentah. Keringkan tangan anda dengan handuk bersih dan sekali pakai. Untuk itu. Ketika menggunakan kamar mandi publik. tidak menghilangkan lemak dan kuman penyakit. PENTINGNYA CUCI TANGAN DENGAN SABUN Cuci tangan dengan sabun memang terlihat sesuatu yang sepele. Basuhlah dengan air mengalir sampai bersih. Cuci tangan pakai air saja tidak cukup. Sebelum makan. Setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan.     Gosoklah kedua tangan anda dengan kuat satu sama lain sedikitnya 15 sampai 20 detik. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut memiliki dampak yang luar biasa. D. Berikut 5 alasan mengapa membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun menjadi sesuatu yang penting : 1. E. Gunakan handuk tadi untuk menutup kran air. Setelah batuk atau bersin ke tangan. pergelangan tangan. seperti bandara. Sebelum memasukkan atau memindahkan kontak lensa. Gosok semua permukaan. antara jari-jari dan di bawah kuku. gunakan sabun untuk cuci . karena dengan mencuci tangan kita bisa terhindar dari berbagai penyakit dan memiliki dampak positif bagi dunia pendidikan. Setelah menangani sampah. termasuk belakang punggung tangan. stasiun kereta.

karena selain menghilang dua hal tadi. biang keringat. bau badan dan tipus. sekitar 42% anak-anak usia tidak bisa mengikuti mata pelajaran atau tidak masuk sekolah dikarenakan diare. Seperti dikatakan diatas. 4. liang telinga dan selaput lendir (mata). sabun juga membuat tangan menjadi harum. mata merah. Dan hal tersebut menjadikan tangan sebagai salah satu jalur masuknya penyakit ke dalam tubuh. Sedangkan penyakit tersebut bisa dicegah dengan cuci tangan menggunakan sabun. . jika cuci tangan dengan sabun sudah dilakukan oleh anak-anak. hidung. diare. Dalam penelitian di luar negeri. 5. Itulah mengapa cuci tangan dengan sabun menjadi begitu penting. Cuci tangan dengan sabun menjadi tindakan preventif yang paling murah dan efektif. jerawat. dengan begitu akan memberikan dampak yang positif bagi dunia pendidikan. 2. Dengan begitu. cuci tangan dengan sabun sudah menghindarkan kita dari 10 macam masalah kesehatan. maka mereka tidak lagi punya alasan untuk tidak masuk karena diare. iritasi kulit.tangan. kita sudah mengamankan uang kita dari 10 macam masalah kesehatan tersebut. disentri. 3. masalah saluran pernafasan. Untuk itu. Tangan adalah anggota tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda sekitar dan berhubungan langsung dengan mulut. Cuci tangan dengan sabun menghindari 10 macam masalah kesehatan yaitu radang tenggorokan.

.

.

.

.

POSTER .

.

com) diakses 5 November 2011.centroone.Mencuci_tangan_dengan_sabun (www. Wikipedia. Female. Mengapa cuci tangan dengan sabun itu penting (www.google. 2010.blogspot.com) diakses 5 November 2011. 2010. . Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (www. (www.Daftar Pustaka Dinkes Sulsel.com) diakses 5 November 2011. Mencuci tangan. Sleeping rainz.com) diakses 5 November 2011.2010.google. 2011.