Pengertian Mesin Sekrap

Mesin sekrap (shaping machine) disebut pula mesin ketam atau serut.Mesin ini digunakan untuk mengerjakan bidang bidang yang rata,cembung,cekung,beralur,dan lain-lain pada posisi mendatar,tegak,ataupun miring.Mesin sekrap adalah suatu mesin perkakas dengan gerakan utama lurus boalak-balik secara vertikal maupun horizontal.

Prinsip kerja mesin sekrap adalah benda yang disayat atau dipotong dalam keadaan diam (dijepit pada ragum), kemudian pahat bergerak lurus bolak-balik atau maju mundur melakukan penyayatan.Hasil gerakan maju mundur lengan mesin atau pahat diperoleh dari motor yang dihubungkan dengan roda bertingkat melalui sabuk (belt).Dari roda gigi bertingkat,putaran diteruskan ke roda gigi antara dan dihubungkan ke roga gigi penggerak engkol besar.Roda gigi tersebut beralur dan dipasang engkol melalui tap.jika roda gigi berputar maka tap engkol berputar eksentrik menghasilkan gerakan maju mundur/bolak-balik lengan.Kedudukan tap dapat digeser sehinga panjang eksentrik berubah dan berarti pula panjang langkah berubah.

. 1. gerak bolak balik ram itu diperoleh dengan tenaga hidrolik. Keuntungan penting dari jenis mesin sekrap hidrolik adalah bahwa kecepatan potong dan kekuatan pengemudi ram konstan dari awal sampai akhir dipotong. Ujung piston terhubung ke ram melalui batang piston. 1. Untuk generasi hidrolik. Bull gear menerima kekuatan baik dari motor individu atau dari atas garis poros itu adalah sabuk pengendali mesin sekrap. oli power di bawah tekanan tinggi dipompa ke dalam silinder operasi dilengkapi dengan piston.B Mesin Sekrap Geared Mesin Sekrap diarahkan menggunakan rak dan pinion pengaturan untuk mendapatkan gerak bolak balik dari ram.C Mesin Sekrap Hidrolik Dalam mesin sekrap hidrolik.A Mesin Sekrap Engkol Ini adalah jenis yang paling umum Mesin sekrap.JENIS MESIN SEKRAP (1) Menurut jenis mekanisme yang digunakan untuk memberikan gerak bolak-balik ke ram: 1. Tinggi tekanan minyak menyebabkan piston untuk membalas dan ini gerakan bolak balik ditransfer ke ram. mesin ini mempekerjakan mekanisme engkol untuk mengubah gerakan melingkar dari roda gigi besar yang disebut "Bull gear " yang tergabung dalam mesin mendapatkan gerak bolak balik dari ram. Saat ini jenis pembentuk tidak terlalu banyak digunakan.

B Mesin Sekrap Vertikal Dalam mesin sekrap vertikal. Ini pembentuk terutama digunakan untuk keyway permesinan. juga bergerak melintang untuk memberikan.B Mesin Sekrap Universal Sebuah mesin sekrap universal yang banyak digunakan dalam pekerjaan ruang perkakas. untuk memberikan pemakanan. Dalam jenis mesin sekrap. slot atau alur. ram itu membalasnya dalam sumbu vertikal.(2) Menurut jenis desain tabel: 2. dan bagian atas meja bisa miring pada sumbu horisontal kedua tegak lurus dengan sumbu pertama.A Mesin Sekrap Horizontal Dalam jenis pembentuk.C Mesin Sekrap Kepala Lepas Dalam jenis mesin sekrap. 3. meja hanya memiliki dua gerakan. ram sementara itu membalasnya. dan permukaan internal.A Mesin Sekrap Standar Dalam Mesin Sekrap Standar. 2. domba jantan memegang alat membalasnya dalam sumbu horisontal. 3. horizontal dan vertikal. tabel dapat berputar tentang sejajar sumbu cara ram. (3) Menurut posisi dan perjalanan ram: 3. . selain untuk gerakan horisontal dan vertikal.

. Dengan kata lain. Ini adalah jenis yang paling umum pembentuk digunakan dalam praktek umum. maju stroke adalah stroke pemotongan dan stroke mundur adalah keuntungan yang menganggur.B Mesin Sekrap Menggambar Dalam jenis mesin sekrap gambar. 4. ram mendorong alat di pekerjaan selama pemotongan operasi.(4) Menurut jenis pemotongan stroke: 4. pemotongan logam terjadi ketika ram bergerak menuju kolom dari mesin. Alat ini diatur dalam terbalik arah dengan seorang pembentuk standar.A Mesin Sekrap dorong Ini adalah jenis yang paling umum mesin sekrap digunakan dalam praktek umum. yaitu menarik bekerja menuju mesin.dalam mesin sekrap dorong.

com/doc/21951168/Bab-09-Mesin-Skrap  __Introduction_to_Basic_Manufacturing_Processes_and_Worksh op_Technology  __Manufacturing_Processes__2nd_Edition__As_per_the_new_Syll abus__B_Tech__I_year_of_U_P__Technical_University_ .scribd.REFERENSI  http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful