Hak Asasi Manusia dan Demokrasi dalam Islam

Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Oleh : 1. Andre 2. Anni Kholilah 3. Debi Tri Tantular 4. Lutfiyah 5. Tahyatul Bariroh (2815106611) (341510 (341510 ) )

(3415102430) (3415102426)

Universitas Negeri Jakarta 2011
1

KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah Yang Maha Esa. Atas terselesaikannya makalah ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Sari selaku dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang telah membimbing kami dan semua pihak yang membantu penyelesaian makalah ini. Amin. Tim Penyusun 2 . Semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak. atas karunia dan nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. kami berharap mahasiswa-mahasiswi dapat mengetahui lebih dalam tentang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi dalam Islam.

. 3.……………..…. Sejarah HAM dan Demokrasi………………………………………………………5 Perbedaan Prinsip antara Konsep HAM dalam Pandangan Islam dan Barat….12 Daftar Pustaka…………………………………………………………….8 Demokrasi dalam Islam……….……3 Pendahuluan………………………………………………………………………..………4 Pembahasan 1..2 Daftar Isi…………………………………………………………………………….DAFTAR ISI Kata Pengantar……………………………………………………………………………. 2.…………………………………………………..17 3 ...

Kita mengenal konsepsi HAM itu bermula dari sebuah naskah Magna Charta. Sesungguhnya sejak Nabi Muhammad SAW memperoleh kenabiannya (abad ke-7 Masehi. maka perlu ditelusuri tentang sejarah HAM universal dan sejarah HAM dalam Islam. di Inggris. Untuk memverifikasi benar-tidaknya bahwa konsepsi HAM dalam Islam telah lahir lebih dulu tinimbang konsepsi HAM versi Barat atau universal. Hak asasi manusia adalah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. perlu pula ditelaah mengenai konsepsi HAM universal dibandingkan dengan konsepsi HAM dalam 4 . konsepsi HAM dalam Islam relatif lebih lengkap daripada konsepsi HAM universal. masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam (sebagai akibat dari pola pendidikan ala Barat yang dikembangkan semenjak jaman penjajahan Belanda dan diteruskan di era republik pasca proklamasi kemerdekaan hingga kini) mengenal konsepsi HAM yang berasal dari Barat.PENDAHULUAN Manusia. Selain itu. sudah dikenalkan HAM serta dilaksanakan dan ditegakkannya HAM dalam Islam. Bahkan secara formulatif. tidaklah berlebihan kiranya bila sesungguhnya konsepsi HAM dalam Islam telah lebih dahulu lahir tinimbang konsepsi HAM versi Barat. hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Umumnya. universal dan abadi. di mana hak-hak asasi ini menjadi dasar daripada hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang lain. yang diproklamasikan PBB. berkaitan dengan harkat dan martabat manusia. secara kodrati dianugerahi hak-hak pokok yang sama oleh Tuhan Yang Maha Esa. pada hakikatnya. Pada gilirannya. atau sekira lima ratus tahun/lima abad sebelum Magna Charta lahir). 10 Desember 1948. kita. yang melekat pada diri manusia. dan yang kini berlaku secara universal mengacu pada Deklarasi Universal HAM (DUHAM). tahun 1215. Atas dasar ini. bersifat kodrati. Hak-hak pokok ini disebut hak asasi manusia (HAM).

hingga pasca perang dunia kedua (1945). Al-Ma`un : 1-3) • "Dan tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (Yaitu) melepaskan budak dari perbudakan" (Q.Islam. Al Qur`an tidak hanya mengutuk berbagai pelanggaran hak-hak asasi manusia yang terjadi pada masa itu. Padahal kalau kita mau bicara jujur. Menurut Ismail Muhammad Djamil (1950). karena dosa apakah dia dibunuh" (Q. Afrika. tetapi juga memberikan motivasi secara positif kepada manusia untuk menghargai hak-hak tersebut. maka hal ini senantiasa mengenai konsepsi HAM menurut versi orang-orang Eropa/Barat. diharapkan akan terkuak kebenaran "historis" tentang sejarah HAM dan konsepsi HAM secara universal serta sejarah HAM dan konsepsi HAM dalam Islam. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin" (Q. fakta telah membuktikan. sesudah orang-orang Islam ditaklukkan dalam perang Salib terakhir (abad 14-15) di Eropa.S.S. yang berbicata tentang pengutukan terhadap berbagai bentuk pelanggaran hak-hak asasi manusia yang berlaku pada masa itu. Oleh karenanya. 1999). sebagaimana telah di bahas di muka. Dari sini. Hal ini sebagaimana difirmankan Allah SWT : • • "Dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya. kita dapat menemukan di berbagai surat dalam Kitab Suci Al Qur`an yang diturunkan pada awal-awal periode Mekah. Al-Balad : 12-13) 5 .S. Sejarah Hak Asasi Manusia dalam Islam Apabila kita berbicara tentang sejarah HAM. bahwa risalah Islam (sejak permulaannya kota suci Mekah sudah memasukkan hak-hak asasi manusia dalam ajaran-ajaran dasarnya bersamaan dengan penekanan masalah kewajiban manusia terhadap sesamanya. sesungguhnya agama Islam telah mendominasi benua Asia. Tetapi fakta historis seperti ini jadinya diabaikan mereka. A. At-Takwir : 8-9) "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim. dan sebagian Eropa selama beratus-ratus tahun lamanya dan telah menjadi faktor penting bagi kebangkitan bangsa-bangsa Eropa (Luhulima.

yakni sebagaimana diriwayatkan dalam H. karena mereka adalah pasangan-pasanganmu dan penolong-penolongmu yang setia. harta bendamu. Di sini HAM dalam Islam tetap mendapatkan perhatian luar biasa masyarakat Islam. Keunggulan itu tidak berarti orang Arab berada di atas orang nonArab dan begitu juga bukan nonArab di atas orang Arab. maka beliau segera menerapkan program jangka panjang untuk menghapus segala bentuk tekanan yang ada terhadap hak-hak asasi manusia. Jadi. dan Adam itu diciptakan dari tanah liat. Selain itu. sebagai berikut : "Jiwamu. Bertakwalah kepada Alloh dalam hal istri-istrimu dan perlakuan yang baik kepada mereka. Muslim ("Kitab al-Hajj"). Keunggulan ini berdasarkan atas ketakwaannya" Kedudukan penting HAM sesudah wafatnya Rosulullah SAW dan diteruskan oleh Khulafa ar-Rosyidin. Setelah beliau hijrah ke kota Madinah dan mendirikan secara penuh suatu negara Islam sesuai dengan petunjuk Illahi. dan kehormatanmu adalah sesuci hari ini. Semua manusia adalah anak keturunan Adam. HAM dalam Islam bukanlah sifat perlindungan individu terhadap kekuasaan negara yang terbatas. beliau telah memproklamasikan kesucian hak-hak asasi manusia ini untuk segala zaman ketika berkhutbah di depan kaum muslim pada waktu haji wada` (perpisahan). serta sistem kekuasaan Islam berganti dengan monarki.R. setiap prinsip dasar pemerintahan Islam pada hakikatnya adalah berlakunya suatu praktik usaha perlindungan 6 . sejak awal kenabiannya telah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap hak-hak asasi manusia ini.Nabi Muhammad SAW yang kehidupannya merupakan praktik nyata dari kandungan Al-Qur`an. Keunggulan juga tidak dipunyai oleh orang kulit putih lebih dari orang kulit hitam dan begitu juga bukan orang kulit hitam di atas orang kulit putih. namun merupakan tujuan dari negara itu sendiri untuk menjaga hak-hak asasi manusia terutama bagi mereka yang terampas hak-haknya. Nabi Muhammad SAW telah mengadakan berbagai tindakan sebagaimana telah ditetapkan dalam Al Qur`an yang menghendaki terwujudnya pelaksanaan hak-hak asasi mansia. Tak ada seorang pun yang lebih tinggi derajatnya kecuali berdasarkan atas ketakwaan dan kesalehannya.

Hak Kebebasan Percaya. Hak-hak Minoritas 11. Kini Islam telah memberikan sinar harapan bagi umat manusia yang menderita dengan cara memberikan. dan para perwakilan pergerakan Islam di seluruh dunia. Selanjutnya. Hak Mendapatkan Perlindungan atau Kehormatan dan Nama Baik 9. Deklarasi HAM Islam Sedunia itu terdiri dari Pembukaan dan 22 macam hak-hak asasi manusia yang harus ditegakkan. Hak Kebebasan Beragama 14. Hak Hidup 2. bulan September 1981. Hak dan Kewajiban untuk Berpartisipasi dalam Pelaksanaan dan Manajemen Urusanurusan Publik 12. Hak Kemerdekaan 3. Hak Status dan Martabat Pekerja dan Buruh 18. di Paris (Perancis). Hak Mendapatkan Pendidikan 7 . Hak Berserikat Bebas 15. melaksanakan. telah diproklamasikan Deklarasi HAM Islam Sedunia. dan Berbicara 13. yakni mencakup : 1. Hak Mendapatkan Perlindungan atas Harta Benda 17. Deklarasi ini berdasarkan Kitab Suci Al-Qur`an dan As-Sunnah serta telah dicanangkan oleh para sarjana muslim. Hak Mendapat Keadilan 5. ahli hukum. Hak Membentuk Sebuah Keluarga dan Masalah-masalahnya 19. Berpikir.dari terjadinya pelanggaran HAM. Hak Ekonomi dan Hak Berkembang Darinya 16. dan menjamin respek terhadap hak-hak asasi manusia itu. 20. Hak Mendapatkan Proses Hukum yang Adil 6. Hak-hak Wanita yang Sudah Menikah. untuk menandai permulaan abad ke-15 Era Islam. Hak Mendapatkan Perlindungan dari Penyiksaan 8. Hak Persamaan dan Larangan terhadap Adanya Diskriminasi yang Tidak Terizinkan 4. Hak Mendapatkan Perlindungan dari Penyalahgunaan Kekuasaan 7. Hak Memperoleh Suaka (Asylum) 10.

Makna teosentris bagi orang Islam adalah manusia pertama-tama harus meyakini ajaran pokok Islam yang dirumuskan dalam dua kalimat syahadat yakni pengakuan tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya. Namun secara paradoks. Setidaknya terdapat empat perbedaan prinsipil antara konsep HAM dalam Islam dengan Barat. HAM dalam Islam tidak semata-mata menuntut jaminan terhadap hak. A. Ini merupakan syarat mutlak penegakan HAM. Pamikiran Barat menempatkan manusia pada posisi bahwa manusialah yang menjadi tolok ukur segala sesuatu. 8 . Qur’an dan Hadist dijadikan sebagai pedoman dan rujukan utama dalam membangun konstruksi HAM yang universal. yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist. Hak Mendapatkan Kebebasan Berpindah dan Bertempat Tinggal . Mustahil HAM dapat dijamin tanpa dibarengi kesadaran terhadap kewajiban asasinya. Hak Menikmati Keleluasaan Pribadi (Privacy) 22. hak asasi manusia menurut pemikiran Barat semata-mata bersifat antroposentris. Perbedaan Prinsip antara Konsep HAM dalam Pandangan Islam dan Barat Ada perbedaan prinsip antara hak-hak asasi manusia dilihat dari sudut pandang Barat dan Islam. Kedua. Ketiga. konsep HAM dalam Islam digali dari sumber hukum yang paling utama. Pertama. melainkan selaras dengan kewajiban yang harus ditunaikan.21. yang artinya segala sesuatu berpusat kepada manusia. Hak asasi manusia dilihat dari sudut pandang Islam bersifat teosentris. dilihat dari sumbernya. ditinjau dari sifatnya. didalam tugas-tugas inilah terletak semua hak dan kemerdekaannya. artinya segala sesuatu berpusat kepada Tuhan. Dalam hal ini. Dalam konsep Islam seseorang hanya mempunyai kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas kepada Allah. karena ia harus memenuhi hukum-Nya.

Penegakan HAM tentu tidak dapat berjalan hanya untuk kepentingan individu tertentu saja. karena hal ini merupakan suatu kewajiban yang dibebankan oleh hukum agama untuk mematuhi Allah (A. yang artinya : “ Tidak Ku jadikan jin da manusi kecuali untuk mengabdi kepada-Ku. jika pelanggaran itu terjadi atas seseorang yang harus dipenuhi haknya. 1982:204).Brohi. 2. Aspek khas dalam konsep HAM Islam adalah tidak adanya orang lain yang dapat memaafkan pelanggaran hak-hak. Menurut ajaran Islam.K. Kepentingan individu mutlak perlu dijaga namun dalam pelaksanaannya jangan sampai kepentingan masyarakat yang lebih penting dikorbankan. Hal ini tercantum dalam surat Adz Dzariyat ayat 56. HAM dalam perspektif Islam mensyaratkan adanya keseimbangan antara jaminan atas kepentingan individu maupun kepentingan bersama.Keempat. kecuali pihak yang dilanggar HAM nya telah memaafkan pelanggaran HAM tersebut. manusia mengakui hak-hak dari manusia lain.” Oleh karena itu manusia mempunyai kewajiban untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Allah. Negara harus terikat member hukuman kepada pelanggar HAM dan member bantuan kepada pihak yang dilanggar HAM nya. Huququllah ( Hak-Hak Allah) Huququllah adalah kewajiban-kewajiban manusia terhadap Allah SWT yang diwujudkan dalam berbagai ritual ibadah. namun merupakan hasil dari wahyu Ilahi yang telah diturunkan melalui para Nabi dan Rasul dari sejak permulaan eksistensi umat manusia di atas bumi. Huququl ‘ibad (Hak-Hak Manusia) 9 . Bahkan suatu negaraIslam pun tidak dapat memaafkan pelanggaran hak-hak yang dimiliki seseorang. nilai-nilai HAM yang telah ada harus dipertanyakan kembali keuniversalannya. Manusia diciptakan Allah hanya untuk mengabdi kepada Allah. Konsep HAM bukanlah hasil evolusi dari pemikiran manusia. Kewajiban yang diperintahkan Allah kepada manusia dibagi menjadi dua kategori yakni : 1. Jika itu terjadi. begitupun sebaliknya.

2. Martabat yang tinggi yang telah dianugerahkan Allah kepada manusia. Kemuliaan martabat yang dimiliki manusia itu sama sekali tidak ada pada mahluk yang lain. Prinsip-prinsip HAM yang tercantum dalam Universal Declaration of Human Rights dapat dijumpai dalam Al Qur’an dan As Sunnah. pada hakekatnya merupakan fitrah yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Hanya satu ukuran yang dapat membuat seseorang lebih tinggi derajatnya dari yang lain. Prinsip Persamaan Pada dasarnya semua manusia sama. sebagai mahluk yang berpikir mempunyai hak untuk menyatakan pendapatnya dengan bebas. karena semuanya adalah hamba Allah.Huququl ‘ibad adalah kewajiban-kewajiban manusia terhadap sesamanya dan terhadap mahluk-mahluk Allah lainnya. Martabat Manusia Dalam Al Quran disebutkan bahwa manusia mempunyai kedudukan atau martabat yang tinggi. Hak atas Jaminan Sosial 10 . 4. Agama Islam sangat menjunjung tinggi kebebasan beragama. Oleh karena itu. Prinsip Kebebasan Baragama Prinsip ini mengandung makna bahwa manusia sepenuhnya mempunyai kebebasan untuk menganut suatu keyakinan atau akidah agama yang disenanginya. asal tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam dan dapat dipertanggungjawabkan. yakni ketakwaannya. 3. 5. Prinsip-prinsip tersebut adalah : 1. Prinsip Kebebasan Menyatakan Pendapat Ajaran Islam sangat menghargai akal pikiran.

Hak untuk bebas berfikir dan berbicara 9. kecuali untuk kepentingan umum. 6. Hak bagi wanita dalam kehidupan rumah tangga 15. Beberapa hal yang disebutkan dalam deklarasi tersebut adalah : 1. Oleh karena itu. Hak untuk mendapatkan perlindungan terhadap penyalahgunaan kekuasaan 6.Dalam Al Qur’an banyak dijumpai ayat-ayat yang menjamin tingkat dan kualitas hidup minimum bagi manusia seperti kehidupan fakir miskin yang harus diperhatikan. Hak atas persamaan kedudukan 4. Hak untuk mendapatkan perlindungan atas kehormatan dan nama baik 8. Hak untuk bebas berkumpul dan berorganisasi 11. Pada tanggal 21 Dzulkaidahatau 19 September 1981 para ahli hukum Islam mengemukakan Universal Islamic Declaration of Human Rights berdasarakn Al Qur’an dan As Sunnah. siapapun juga bahkan penguasa sekali pun tidak diperbolehkan merampas hak milik orang lain. Hak atas Harta Benda Dalam hukum Islam hak milik seseorang sangat dijunjung tinggi. Hak untuk mendapatkan perlindungan terhadap penyiksaan 7. Hak untuk mendapatkan keadilan 5. Hak untuk memiliki keluarga dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya 14. Hak untuk mengatur tata kehidupan ekonomi 12. dan zakat yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan menciptakan pemerataan pendapatan bagi segenap masyarakat. Hak untuk hidup 2. Hak atas jaminan social 13. Hak untuk mendapatkan kebebasan 3. Hak untuk bebas memilih agama 10. Sesuai dengan harkat dan martabat. jaminan dan perlindungan terhadap milik seseorang merupakan kewajiban penguasa. Hak untuk mendapatkan pendidikan 11 .

untuk Indonesia) yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif. Pada intinya. Demokrasi dalam Islam Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif. Ketiga jenis lembaga-lembaga negara tersebut adalah lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif.B. Selain pemilihan umum legislatif. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances. Di bawah sistem ini. banyak keputusan atau hasil-hasil penting. lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat (DPR. yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain. diperoleh melalui pemilihan 12 . keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituante) dan yang memilihnya melalui proses pemilihan umum legislatif. misalnya pemilihan presiden suatu negara. yang banyaklah yang menang dan yang banyak dianggap sebagai suatu kebenaran. selain sesuai hukum dan peraturan.

Kedaulatan rakyat yang dimaksud di sini bukan dalam arti hanya kedaulatan memilih presiden atau anggota-anggota parlemen secara langsung. suatu pemilihan umum sering dijuluki pesta demokrasi. dan definisi modern telah berevolusi sejak abad ke-18. Walapun perannya dalam sistem demokrasi tidak besar. Banyak negara demokrasi hanya memberikan hak pilih kepada warga yang telah melewati umur tertentu.oleh rakyat. Kata “demokrasi” yang berasal dari bahasa latin demos dan cratein atau cratos. tetapi dalam arti yang lebih luas. bukan sistem pemerintahan yang bagus. Negara tersebut dianggap sebagai contoh awal dari sebuah sistem yang berhubungan dengan hukum demokrasi modern. dan yang tak memliki catatan kriminal (misal. Padahal sebaik apa pun seorang pemimpin negara. Bahkan pengertian demokrasi ini sering disebutkan pemerintahan dari rakyat . namun oleh sebagian warga yang berhak dan secara sukarela mengikuti pemilihan umum. Ini adalah akibat cara berpikir lama dari sebagian masyarakat yang masih terlalu tinggi meletakkan tokoh idola. masa hidupnya akan jauh lebih pendek daripada masa hidup suatu sistem yang sudah teruji mampu membangun negara. misalnya umur 18 tahun. Istilah "demokrasi" berasal dari Yunani Kuno yang tepatnya diutarakan di Athena kuno pada abad ke-5 SM. 13 . Istilah demokrasi merujuk kepada konsep kehidupan Negara atau masyarakat dimana warganegara turut berpartisipasi dalam pemerintahan melalui wakilnya yang dipilih. tidak semua warga negara berhak untuk memilih (mempunyai hak pilih). kemudian diserap kedalam bahasa Inggris democracy kini sudah menjadi kosakata umum yang sudah terbiasa dalm kehidupan sehari-hari. bersamaan dengan perkembangan sistem "demokrasi" di banyak negara. Pemilihan umum tidak wajib atau tidak mesti diikuti oleh seluruh warganegara. Sebagai tambahan. arti dari istilah ini telah berubah sejalan dengan waktu. sebagai tokoh impian ratu adil. narapidana atau bekas narapidana). Suatu pemilihan presiden atau anggota-anggota parlemen secara langsung tidak menjamin negara tersebut sebagai negara demokrasi sebab kedaulatan rakyat memilih sendiri secara langsung presiden hanyalah sedikit dari sekian banyak kedaulatan rakyat.umum. Namun.

istilah-istilah ini sangat penting dalam perdebatan menyangkut demokratisasi di kalangan muslim. Dan kata ‘syawara’ mempunyai beberapa makna. Jadi demokrasi dapat juga dikatakan kedaulatan rakyat. Perlunya musyawarah merupakan konsekuensi politik kekhalifahan manusia . Dan makna yang dominan adalah meminta pendapat dan mencari kebenaran.dan untuk rakyat atau the Government from the people.” Meminta pendapat dan mencari kebenaran adalah salah satu prinsip dalam demokrasi yang dianut sebagian besar bangsa di dunia. dan penilaian prentatif yang mandiri (ijtihad). Dengan demikian tidak akan terjadi kesewenang-wenangan dari seorang pemimpin terhadap rakyat yang dipimpinya. antara lain memeras madu dari sarang lebah.orang yang berkompeten untuk sampai pada kesimpulan yang paling tepat.Qur’an surat 42:28. Terlepas dalam konteks dan pemakaian lainnya. Demokrasi islam dianggap sebagai system yang mengukuhkan konsep-konsep islami yang sudah lama berakar. Didalam Islam bermusyawarah untuk mencapai mufakat adalah hal yang disyariatkan. Oleh karena itu ”perwakilan rakyat” dalam sebuah negara islam tercermin terutama dalam doktrin musyawarah (syura). masalah musyawarah ini dengan jelas juga disebutkan dalam Al. banyak perhatian diberikan pada beberapa aspek khusus dari ranah sosial dan politik. and the people. Yang merupakan derivasi (kata turunan) dari kata kerja ‘syawara’. Hal ini disebabkan dalam negara islam. setiap islam yang dewasa dan berakal sehat. Dalam penjelasan mengenai demokrasi dalam kerangka konseptual islam. syura bermakna “memunculkan pendapatpendapat dari orang. Dalam Islam ada yang dikenal dengan istilah Syura atau musyawarah. memelihara tubuh binatang ternak saat membelinya. yang isinya berupa perintah kepada para pemimpin dalam kedudukan apapun untuk menyelesaikan urusan mereka yang dipimpinnya dengan cara bermusyawarah. persetujuan (ijma). 14 . Dan secara terminologis. by the people. yaitu musyawarah (syura). baik pria maupun wanita adalah khalifah di muka bumi. menampilkan diri dalam perang.

infak. Hal tersebut menunjukan bahwa. dan termasuk sifat-sifat mukmin sejati. Dalam pengertian yang lebih luas.“Dan orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat. dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Disamping musyawarah ada hal lain yang sangat penting dalam masalah demokrasi yakni konsesus (ijma’). Asy-syura: 36) Dengan ayat itu. oleh dan untuk kepentingan rakyat). konsensus musyawarah sering dipandang sebagai landasan efektif bagi demokrasi islam modern.” (QS. sedang urusan mereka diputuskan dengan musyawarah antara mereka. ayat di atas menyebutkannya secara berdampingan dengan satu ibadah fardhu ‘ain yang tidaklah Islam sempurna dan tidak pula iman lengkap kecuali dengan ibadah itu. sedangkan konsensus rakyat kebanyakan mempunyai makna yang kurang penting dalam kehidupan islam. yakni shalat. Sepanjang sejarah islam konsesus sebagai salah satu hukum islam cenderung dibatasi para konsensus para cendekiawan. Konsep konsensus memberikan dasar bagi penerimaan sistem yang mengakui suara mayoritas. potensi fleksibilitas yang terkandung dalam konsep konsensus akhirnya mendapat saluran yang lebih besar untuk mengembangkan hukum islam dan menyesuaikannya dengan kondisi yang terus berubah. Beberapa cendikiawan 15 . Islam secara langsung menerapkan prinsip pengambilan keputusan. Sementara ini ijma’ (konsensus) telah lama diterima sebagai konsep pengesahan resmi dalam hukum islam. Ayat itu memandang sikap komitmen kepada hukum-hukum syura dan menghiasi diri dengan adab syura sebagai salah satu faktor pembentuk kepribadian Islam. kita memahami bahwa Islam telah memposisikan musyawarah pada tempat yang agung. Dan lebih menegaskan urgensi syura. Dalam pemikiran muslim modern. Syari’at Islam yang lapang ini telah memberinya tempat yang besar dalam dasar-dasar tasyri’ (yurisprudensi). dan menjauhi perbuatan keji.musyawarah yang menjadi sendi utama dalam demokrasi modern (dari.

Musyawarah. Demokrasi akan selalu rapuh apabila HAM setiap warga masyarakat tidak terpenuhi. Meskipun istilah-istilah ini banyak diperdebatkan maknanya. Dalam konteks modern. Bagi para pemikir muslim. HAM dan demokrasi dengan jelas disebutkan dalam Al-Qur’an dan As-sunnah. konsensus. Hal ini dengan jelas dinyatakan oleh Khurshid Ahmad : Tuhan hanya mewariskan prinsip-prinsip utama dan memberi manusia kebebasan untuk menerap-kan prinsip-prinsip tersebut dengan arah yang sesuai dengan semangat dan keadaan zamannya. Sedangkan pemenuhan dan perlindungan HAM akan terwujud apabila hukum ditegakkan. upaya ini merupakan langkah kunci menuju penerapan perintah Tuhan di suatu tempat atau waktu. Hukum. yakni ijtihad. Hal ini disebabkan karena salah satu syarat utama terwujudnya demokrasi adalah adanya penegakan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). seperti yang telah ditekankan oleh para ahli hukum klasik. legitimasdi pranata-pranata negara tidak berasal dari sumber tekstual tetapi terutama didasarkan pada prinsip ijma’. Atas dasar inilah konsensus dapat dijadikan sebagai legitimasi sekaligus prosedur dalam suatu demokrasi islam. Hak asasi manusia.Nya.kontemporer menyatakan bahwa dalam sejarah islam karena tidak ada rumusan yang pasti mengenai struktur negara dalam Al-Qur’an. dan ijtihad merupakan konsep-konsep yang sangat penting bagi artikulasi demokrasi islam dalam kerangka keEsaan Tuhan dan kewajibankewajiban utama manusia sebagai khalifah. legitimasi ini bergantung pada sejauh mana organisasi dan kekuasaan negara mencerminkan kehendak umat. hukum. dan demokrasi merupakan tiga konsep yang tidak dapat dipisahkan. istilah-istilah ini memberi landasan yang efektif untuk memahami hubungan antara islam dan demokrasi di dunia kontemporer. ijtihad dapat berbentuk seruan untuk melakukan pembaruan radikal. Dalam ajaran islam. namun lepas dari ramainya perdebatan maknanya di dunia islam. Dengan demikian manusia sebagai khalifah Allah di 16 . Selain syura dan ijma’ ada konsep yang sangat penting dalam proses demokrasi islam. Sebab.

org/ 17 .wikipedia.muka bumi akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.google. DAFTAR PUSTAKA www. apabila selalu berpegang teguh pada aturan-aturan yang ada dalam Al-Qur’an dan As-sunnah tersebut.com http://www.

18 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful