MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEBUDAYAAN ISLAM

Maizhura O. PD Mentari Khanza Nike Tilamsari Hutoyo Sabikah Nindya Caesa Azuhra Ana Azfiatul Khobsoh Achmad Yulianto

21020112060044 21020112060045 21020112060046 21020112060047 21020112060048 21020112060049 21020112060050

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG FAKULTAS TEKNIK DIII – DESAIN ARSITEKTUR 2012
1

8 Oktober 2012 Penulis 2 . karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nya maka Tim Penulis dapat menyelesaikan sebuah makalah dengan tepat waktu. Tim Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran yang bersifat membangun akan Tim Penulis terima dengan senang hati. yang mmenurut penulis dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari budaya-budaya Islam terutama di Indonesia dan mengenal lebih jauh seberapa besarnya budaya islam yang ada di dunia ini.KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semarang. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. namun demikian telah memberikan manfaat bagi Tim Penuis. Akhir kata. Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "Kebudayaan Islam".

KESIMPULAN 10 3 . RUMUSAN MASALAH C. MASJID SEBAGAI PUSAT PERADABAN ISLAM E. TUJUAN 1 2 3 3 4 4 BAB II : PEMBAHASAN A. MANFAAT D. LATAR BELAKANG B. PENGERTIAN KEBUDAYAAN B.DAFTAR ISI JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I : PENDAHULUAN A. SEJARAH INTELEKTUAL ISLAM D. KONSEP KEBUDAYAAN DALAM ISLAM C. NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYAAN INDONESIA 5 6 6 7 9 BAB 3 : PENUTUP A.

manusia mampu menghasilkan kebudayaan yang cenderung membuat manusia menjadi lebih baik dan lebih maju. Kebudayaan islam digunakan sebagai pedoman agar manusia tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif dan manusia dapat memahami betapa pentingnya mempelajari tentang kebudayaan islam agar kita sebagai umat islam 4 . Apabila dikaitkan dengan kebudayaan islam maka manusia merupakan suatu fungsi yang di gunakan untuk meneruskan kebudayaan islam dimasa lalu untuk menjalankan peradaban modern.Dengan adanya akal budilah. seni dan keseluruhan yang dihasilkan akal budi tersebut dapat dikelola untuk menghasilkan produk-produk yang dapat dimanfaatkan oleh manusia guna menuju peradaban yang modern. SARAN 10 BAB I PDNDAHULUAN A. Dengan peradaban manusia yang semakin modern maka pola pikir manusia akan lebih berkembang.Dengan kebudayaan tersebut manusia memperoleh banyak kemudahan dan kesenangan hidup. Seiring dengan berkembangnya wawasan manusia akan lebih dapat memilah-milah bagianbagian yang positif dan negative untuk diri pribadi dan orang lain. Manusia sering dikatakan sebagai mahluk yang paling tinggi dibandingkan dengan mahluk lainnya. LATAR BELAKANG Ajaran-ajaran islam yang diyakini oleh umat islam mengandung nilai-nilai islam yang memiliki peran yang sangat penting didalam mengembangkan kebudayaan islam. ajaran-ajaran islam juga dapat membumikan ajaran utama ( yang sebagai syariah) sesuai dengan kondisi dan kebutuhan hidup umat manusia.Tingginya harkat dan martabat manusia karena manusia mempunyai akal budi.B. teknologi.Akal budi pun mampu menciptakan dan melahirkan ilmu pengetahuan. Disamping itu.

Manusia modern dapat mengambil hikmah dari kebudayaan islam dan unsur-unsurnya serta pembelajara yang di bahas di makalah ini. 4. MANFAAT Adapun manfaat dari makalah ini yaitu : 1.Bagaimanakah sejarah intelektual islam? 3. 5 . B. 2. 5. Bagaimanakah kebudayaan islam? 2. 3.Apakah pengaruh kebudayaan islam bagi umat manusia? C. Kita dapat mengetahui kebudayaan-kebudayaan islam serta sejarah intelektual islam yang dapat di jadikan bahan pembelajaran. Kita dapat mengetahui bagaimana islam dalam kebudayaan Indonesia serta etos kerja islam. Dan pada makalah ini kami akan membahas tentang kebudayaan islam. Umat manusia sebagai mahluk yang paling sempurna dapat mengembangkan kemampuannya yang dilandasi dengan Al-Quran. 1. TUJUAN 1. Untuk mengetahui kebudayaan islam. RUMUSAN MASALAH Untuk memudahkan dalam pembahasan masalah maka penulis membatasi permasalahan ini pada. Kita akan dapat menjadi manusia yang dapat menyeesuaikan diri dengan berpegang teguh pada ajaran-ajaran sejarah islam. D.dapat tahu betul bagaimana sebenarnya kebudayaan islam yang sesungguhnya.

seperti Pater Jan Bakker. PENGERTIAN KEBUDAYAAN Di dalam Kamus Bahasa Indonesia. MA bahwa agama merupakan salah satu unsur kebudayaan. sebagaimana yang diungkapkan oleh Drs. bahwa agama merupakan keyakinan hidup rohaninya pemeluknya. 5. Putra. Untuk mengetahui sejarah intelektual islam. Sejarah. Untuk mengetahui islam dalam kebudayaan Indonesia. dan. Untuk mengetahui etos-etos kerja dalam islam. 6 . 6. Kesenian. Bahkan menurut Hegel. tata hukum. Sedang “ kebudayaan” adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin ( akal budi ) manusia. akal budi. Sehingga keduanya tidak bisa ditemukan. sebagai jawaban atas panggilan ilahi. Untuk mengetahui nilai-nilai kebudayaan dalam islam. tatanegara. Sebaliknya sebagian ahli. Untuk memudahkan pembahasan. keseluruhan karya sadar insani yang berupa ilmu. Untuk mengetahui bagaimana Mesjid sebagaipusat peradaban islam. karena menurutnya. sedang kebudayaan merupakan karya manusia. Hubungan islam dan budaya. 3. Keyakinan ini disebut Iman. Sebagian ahli kebudayaan memandang bahwa kecenderungan untuk berbudaya merupakan dinamik ilahi. kesenian. A. kesenian dan adat istiadat. disebutkan bahwa “ budaya” adalah pikiran. dan Iman merupakan pemberian dari Tuhan. Adapun menurut para ahli Antropologi. Ernst Cassirer membaginya menjadi lima aspek yaitu Kehidupan Spritual. Bahasa dan Kesustraan. seperti kepercayaan. Heddy S. Ilmu Pengetahuan. BAB II PEMBAHASAN A. adat istiadat. 4. dan filsafat tak lain daripada proses realisasidiri dari roh ilahi. dalam bukunya “Filsafat Kebudayaan” menyatakan bahwa tidak ada hubungannya antara agama dan budaya.2.

kemudian Dia menciptakan keturunannya dari saripati air yan hina (air mani). Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu beramal dan berkarya. nabi meletakkan dasar-dasar kebudayaan islam yang kemudian berkembang menjadi peradaban islam. disini agama islam berfungsi untuk membimbing manusia dalam mengembangkan akal budinya sehingga menghasilkan kebudayaan yang beradab atau berperadaban islam. Dengan demikian. karsa. dalam perkembangannya perlu dibimbing oleh wahyu dan aturan-aturan yang mengikat agar tidak terperangkap pada ambisi yang bersumber dari nafsu hewani sehingga akan merugikan dirinya sendiri. Islam tidaklah memandangnya dari satu sisi saja.ciptarasa. B. mungkin bisa dikatakan bahwa kebudayaan itu sendiri. Oleh sebab itu misi utama Muhammad diangkat sebagai rasul adalah menjadi rahmat bagi seluruh umat manusia dan alam. kebudayan pasti tidak lepas dari nilai-nilai ketuhanan.Untuk melihat manusia dan kebudayaannya. Islam memandang bahwa manusia mempunyai dua unsur penting. Ini sangat terlihat jelas di dalam firman Allah Qs As Sajdah 7-9 : “ ( Allah)-lah Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Islam telah berperan sebagai pendorong manusia untuk “ berbudaya “. norma dan pedoman. Ketika dakwah islam keluar dari jazirah 7 . Allah mengangkat seorang rasul dari jenis manusia karena yang akan menjadi sasaran bimbingannya adalah umat manusia. berasal dari agama. Sampai disini. Ketika perkembangan dan dinamika kehidupan umat manusia itu sendiri mengalami kebekuan karena keterbatasan dalam memecahkan persoalannya sendiri. untuk selalu menggunakan pikiran yang diberikan Allah untuk mengolah alam dunia ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan manusia. disini sangat terasa akan perlunya suatu bimbingan wahyu. Dan dalam satu waktu Islamlah yang meletakkan kaidah. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam ( tubuh )-nya roh ( ciptaan)-Nya”. kebudayaan yang telah terseleksi oleh nilai-nilai kemanusiaan yang universal berkembang menjadi peradaban. Mengawali tugas utamanya. yaitu unsur tanah dan unsur ruh yang ditiupkan Allah kedalam tubuhnya. KONSEP KEBUDAYAAN DALAM ISLAM secara umum kebudayaan dapat dipahami sebagai hasil olah akal. maka fungsi agama disini semakin jelas. budi. dan karya manusia. Sehubungan dengan hasil perkembangan kebudayaan yang dilandasi nilai-nilai ketuhanan atau disebut sebagai peradaban islam.

Jika diperhatikan secara seksama pengaruhnya masih terasa hingga sekarang. dan dunia dipertentangkan dengan akhirat. Kemudian Al-Razi lahir tahun 865 m. Al-Farabi lahir tahun 870 m. Ibnu Tufail tahun 1147 m.Imam Syafi’i. yang berpendapat bahwa kaum muslimin hendaknya menerima filsafat sebagai bagian dari kebudayaan islam. dan Ibnu Rusyd tahun 1126 m. Pada masa kejayaannya umat islam 8 . yaitu: masa klasik antara tahun 650 – 1250 m. yaitu karena umat islam tidak mau melanjutkan tradisi keilmuan yang diwariskan oleh para ulama besar padamasa klasik. dilihat dari segi perkembangannya. masa pertengahan antara tahun 1250 – 1800 m. Pada masa klasik lahir ulama-ulama besar seperti Imam Hanafi. Imam Hambali. Mengapa umat islam tidak bisa mengusai ilmu dan teknologi modern? Jawabannya sangat sederhana. Tulisan Al-Ghazali itu dijawab oleh Ibnu Rusyd dengan tulisan “tahafututahafut” (kerancuan diatas kerancuan). kemudian tersebar keseluruh dunia. C. Pada abad berikutnya lahir pula filosof besar Ibnu Maskawaih pada tahun 930 m. yang terkenal memiliki pemikiran tentang pendidikan akhlak. dan masa modern atau kebangkitan intelektual islam kembali antara tahun 1800 m hingga sekarang dan seterusnya. Ibnu Bajjah tahun 1138m. Pada saat ini ada pertanyaan mendasar yang sering dilontarkan oleh para intelektual muda muslim. iman dipertentangkan dengan ilmu.arab. Sebagian ulama kontemporer sering melontarkan tuduhan kepada Al-Ghazali sebagai yang pertama menjauhkan filsafat dengan agama sebagaimana dalam tulisannya “tahafutul falasifah” (kerancuan filsafat). Selanjutnya Ibnu Sina tahun 1037 m. dalam catatan sejarah pemikiran islam pada masa ini merupakan fase kemunduran. karena filsafat mulai dijauhkan dari umat islam sehingga ada kecenderungan akal dipertentangkan dengan wahyu. dan Imam Maliki dibidang hukum islam. yaitu asimilasi budaya-budaya setempat dengan nilai-nilai islam yang kemudian menghasilkan kebudayaan islam. sebagai pembangun agung filsafat islam. maka terjadilah suatu proses panjang dan rumit. SEJARAH INTELEKTUAL ISLAM Dengan menggunakan teori yang dikembangkan oleh Harun Nasution. Kebudayaan ini berkembang menjadi suatu peradaban yang diakui kebenarannya secara universal. Dibidang filsafat islam seperti Al-Kindi tahun 801 m. yaitu antara tahun 1250 – 1800 m. sejarah intelektual islam dapat dikelompokkan menjadi tiga masa. Pada masa pertengahan.

justru dari masjid. Pada saat ini kita akan sangat sulit menemukan masjid yang memiliki program nyata dibidang pencerdasan keberagamaan umat. Pada sisi yang lain umat islam yang tinggal di negaranegara bekas jajahan sangat sulit membangun semangat kebangkitan intelektual islam karena keterbatasannya D. terlebih-lebih lagi masjid yang menyediakan beasiswa dan upaya pengentasan kemiskinan. Sebagai contoh kasus pada zaman modern ini tidak lahir para ilmuwan dan tokoh-tokoh kaliber dunia dikalangan umat islam dari negara-negara kaya di timur tengah. Melalui masjid ini tercetak intelektual islam dari berbagai belahan dunia. Masjid pada zaman Nabi dijadikan sebagai pusat membangun peradaban islam. Sekolahsekolah dan universitas-universitas pun kemudian bermunculan. Masjid Al-Azhar di mesir merupakan salah satu contoh yang sangat dikenal luas kaum muslimin Indonesia. yaitu sebagai pusat penyelenggaraan peribadatan pada umumnya. fungsi masjid masih kokoh orisinal sebagai pusat peribadatan dan peradaban. bermusyawarah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kaum muslimin. yaitu: Sebagai pusat ibadah ritual. padahal masjid mestinya berfungsi lebih luas dari pada sekedar sebagai tempat shalat. juga mampu memberikan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa. membina sikap dasar kaum muslimin terhadap orang yang berbeda agama atau ras. Nabi Muhammad saw. bahkan pengentasan kemiskinan merupakan program utama masjid. disamping tempat shalat. dan 9 . mengajarkan Al-qur’an dan Al-hikmah. Selama sekitar 700 tahun sejak Nabi mendirikan masjid pertama. Kini mulai tumbuh kesadaran umat akan pentingnya peranan masjid untuk mencerdaskan dan mensejahterakan jamaahnya. Kita (mungkin) tidak menemukan masjid yang memiliki kurikulum terprogram dalam pembinaan keberagamaan umat. masjid memiliki dua fungsi yang utama. hingga upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan umat justru melaui masjid. mensucikan jiwa kaum muslimin. Sejak awal berdirinya masjid belum bergeser dari fungsi utamanya. MASJID SEBAGAI PUSAT PERADABAN ISLAM Masjid pada umumnya hanya dipahami oleh masyarakat sebagai tempat ibadah khusus seperti shalat. Dalam perkembangan berikutnya muncul kelompok-kelompok yang sadar untuk mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya. Masjid dijadikan simbol kesatuan dan persatuan umat islam.terbuai dengan kemegahan yang bersifat material. Menurut ajaran islam.

Dari berbagai macam usia. Disamping itu masjid juga mempunyai fungsi lain antara lain: 1. bahkan sebagai tempat berlangsungnya akulturasi budaya secara santun. Dari kedua fungsi tersebut titik sentralnya bahwa fungsi utama masjid adalah sebagai pusat pembinaan umat islam. Sehingga akhirnya jamaahnya pun akan memakmurkan masjidnya. Karena islam lahir dan berkembang dari negeri arab. bahkan sebagai pusat pembelajaran umat. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Proses menuju ke arah pemberdayaan umat dimulai dengan pendidikan dan pemberian pelatihan-pelatihan. Maka dengan sendirinya hampir menjadi kemutlakkan bila masjid memiliki perpustakaan sendiri. beraneka profesi dan tingkat (strata) baik ekonomi maupun intelektual. Pusat Perekonomian Umat Soko guru perekonomian Indonesia katanya koperasi. E. NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA INDONESIA Islam masuk ke indonesia lengkap dengan budayanya. namun pada kenyataannya justru koperasi menjadi barang yang tidak laku. 2. Bila konsep koperasi digabungkan dengan konsep perdagangan ala pusat-pusat pembelanjaan yang diminati karena terjangkaunya harga barang. Pusat Ke-Pustakaan Perintah pertama Tuhan kepada Nabi terakhir adalah "Membaca". ratusan bahkan ribuan orang jumlahnya. 4. baik dalam bentuk pengajian. pengkajian. dengan peserta minimal jamaah disekitarnya. 3. tidak ada salahnya bila masjid mengambil alih peran sebagai koperasi yang membawa dampak positif bagi umat di lingkungannya. seminar dan diskusi maupun pelatihan-pelatihan keterampilan. Masjid dengan jamaah yang selalu hadir sekedar untuk menggugurkan kewajibannya terhadap Tuhan bisa saja mencapai puluhan. Masjid seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai tempat berlangsungnya proses pemberdayaan tersebut. dan dikelola secara professional oleh dewan pengurus maka masjid akan dapat memakmurkan jamaahnya. dan sudah sepatutnya kaum muslim gemar membaca dalam pengertian konseptual maupun kontekstual.Berfungsi sebagai pusat ibadah sosial. ratusan bahkan ribuan orang jumlahnya. Pusat Penjaringan Potensi Umat Masjid dengan jamaah yang selalu hadir HANYA sekedar untuk menggugurkan kewajibannya terhadap Tuhan bisa saja mencapai puluhan. maka islam yang masuk ke indonesia tidak terlepas dari budaya 10 .

Ini sejalan dengan gagasan islamisasi pengetahuan yang pernah dilontarkan oleh Ismail Raji Al-faruqi. Seolah-olah apa yang dilakukan oleh orang arab itu semua mencerminkan ajaran islam. Mengapa masyarakat Islam perlu melakukan reformasi sains moderen? Bukankah sains moderen telah begitu banyak memberikan manfaat bagi manusia? Pernyataan ini mungkin benar jika kita melihat tanpa sikap kritis bagaimana sains modern membuat kehidupan (sekelompok) manusia menjadi lebih sejahtera. sehingga masyarakat tidak sadar bahwa nilai-nilai islam telah masuk dan menjadi tradisi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Masyarakat awam menyamakan antara perilaku yang ditampilkanoleh orang arab dengan perilaku ajaran islam. BAB III PENUTUP A. Secara historispun kita bisa 11 . KESIMPULAN Untuk membangkitkan kembali peradaban sangat tergantung pada keberhasilan dalam bidang sains melalui prestasi institusional dan epistemologis menuju pada proses dekonstruksi epistemologi sains moderen yang memungkinkan nilai-nilai Islam terserap secara seimbang ke dalam sistem pengetahuan yang dibangun tanpa harus menjadikan sains sebagai alat legitimasi agama dan sebaliknya. sebagaimana dilakukan oleh para wali ditanah jawa.arabnya. para da’imendakwahkan ajaran islam melalui bahasa budaya. Argumen yang masuk akal datang dari Sal Restivo yang mengungkap bagaimana sains moderen adalah sebuah masalah sosial karena lahir dari sistem masyarakat moderen yang cacat. bahkan hingga kini budaya arab masih melekat pada tradisi masyarakat indonesia dalam perkembangan dakwah islam di indonesia. Semua itu tanpa disadari bahwa apa yang dilakukannya merupakan bagian dari ajaran islam. Pada awal-awal masuknya dakwah islam keindonesia dirasakan sangat sulit membedakan mana ajaran islam dan mana budaya arab. lebih jauh lagi bahwa nilai-nilai islam sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan mereka. Seperti dalam upacara-upacara adat dan dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Bahasa Al-Qur’an atau Arab sudah banyak masuk kedalam bahasa daerah bahkan kedalam Bahasa Indonesia yang baku. Karena kehebatan para wali Allah dalam mengemas ajaran islam dengan bahasa budaya setempat.

Menjadi pelajaran yang penting pula bagi umat Islam. 12 . B. dan bahkan kelangsungan hidup bumi beserta isinya. kualitas hidup manusia. Islam semestinya dapat menjadi suatu alternatif dalam mengembangkan sains ke arah yang lebih bijak.memahami bagaimana sains moderen lahir sebagai mesin eksploitasi sistem kapitalisme. Paul Feyerabend bahkan mengkritik sains moderen sebagai ancaman terhadap nilai-nilai demokrasi. Mengajarkan beberapa budaya-budaya Islam yang seharusnya dan patut kita lestarikan dan kita hormati. Dalam kondisisi seperti ini. SARAN Dalam menghadapi kondisi seperti ini. Insya Allah. Islam semestinya dapat hadir menjadi suatu alternatif dalam mengembangkan sains ke arah yang lebih bijak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful