SAP (Satuan Acara Penyuluhan) Topik Sasaran : Sikat Gigi : Seluruh siswa kelas 1,2 dan 3 SD Negeri 2 Sumberejo

3. Kemampuan awal adalah anak sudah bisa menggosok gigi sendiri namun belum tentu sudah baik dan benar, dan juga ada yang belum bisa menggosok gigi sendiri. Tempat Waktu : SD Negeri 2 Sumberejo : 30 menit

Tujuan -

: a.Tujuan jangka panjang

Mengurangi angka kejadian karies gigi dan gigi berlubang pada siswa SD Negeri 2

Sumberejo

b.Tujuan jangka pendek Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para siswa dalam menjaga kebersihan gigi

Materi : a. Pengertian gosok gigi b. Tujuan gosok gigi c. Manfaat gosok gigi yang baik dan benar d. Cara menggosok gigi yang baik dan benar e. Ciri-ciri gigi dan gusi yang sehat f. Penyebab karies gigi dan gigi berlubang g. Jenis makanan yang dapat menyebabkan karies gigi h. Pencegahan karies gigi i. Akibat tidak gosok gigi secara teratur j. Memilih sikat gigi yang baik k. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi Uraian kegiatan (tabel) : Tgl Rabu, 10 November 2010 Kegiatan a. Mengenal sekolah b. Mengobservasi sekolah c. Menentukan masalah d. Meminta persetujuan kepala sekolah untuk melakukan penyuluhan a. Menentukan rencana penyuluhan b. Membuat SAP Mengajukan rencana penyuluhan dan SAP kepada kepala sekolah a. Menyewa tempat untuk penyuluhan b. Mempersiapkan alat dan bahan untuk

Kamis, 11 Nopember 2010 Kamis, 11 Nopember 2010 Kamis, 11 Nopember 2010

00 WIB : Ruang kelas 1. demonstrasi. 2 dan 3 SD Negeri 1 Sumberejo Dalam evaluasi ini instrumen yang dipakai adalah angket Dan indikator yang dipakai : Anak dapat menjawab pertanyaan dengan nilai: 7 – 10 : Anak mengerti 4–6 : Anak cukup mengerti 0 – 3 : Anak belum mengerti EVALUASI 1. Mengumpulkan siswa di kelas b. .Jum’at. Pembukaan c. Hari/ tanggal : Sabtu. . Penyajian materi d. . dan tanya jawab Media Evaluasi b.00-10. . Evaluasi g. Waktu Tempat : : Media yang digunakan adalah poster gosok gigi dan alat peraga a. yaitu dengan cara: a. Tujuan gosok gigi adalah. 13 Nopember 2010 penyuluhan Melakukan konfirmasi ulang ke pihak sekolah Melakukan penyuluhan. c. . Tanya jawab e. 13 Nopember 2010 : 09. Praktik gosok gigi dihalaman sekolah f. 12 Nopember 2010 Sabtu. Doa dan penutup Metode : Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah metode penyuluhan kelompok yang terdiri dari ceramah.

gigi berlubang dan bau mulut b. 3. Bau mulut Mulut pahit Gigi putih dan bersih Ciri-ciri gigi sehat adalah. . . . .. . . a. a.. . a. . 8. Cuci kaki Langsung tidur . c. . . . . . Sakit untuk mengunyah Kuat mengunyah dan bersih Berlubang-lubang Ciri-ciri gusi sehat adalah. Air putih Makanan manis seperti cokelat dan permen Obat Sehari gosok gigi paling sedikit berap kali. a. b. . 1 kali 2 kali 4 kali Sesudah makan makanan manis sebaiknya. a. . . b.a. memperoleh kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit gigi seperti karies. b. . c. b. . 4. c. c. . c. a. b. . sakit gigi mendapat uang Bagian gigi yang harus digosok adalah. . Tidak mudah berdarah Mudah sariawan Berwarna biru Makanan penyebab karies gigi adalah. 6. . . 7.. b. . b. a. Gigi depan saja Semua bagian gigi Gigi geraham saja Manfaat gosok gigi adalah. c. 2. . . . . 5. c. .

. Kasar Lembut Berduri MATERI Menggosok gigi. .. mengurangi bau mulut 3. gigi berlubang dan bau mulut. c. c. Tujuannya untuk memperoleh kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit gigi seperti karies. . b. Gigi berlubang Gigi sehat Disayang ayah dan ibu 10. gigi tampak bersih dan putih 2. . CARA MENYIKAT GIGI . Menggosok gigi Akibat tidak menggosok gigi secara teratur. a. MANFAAT MENGGOSOK GIGI YANG BENAR 1. b.c. setelah makan dan sebelum tidur adalah kegiatan rutin sehari-hari. . 1. . Memilih sikat gigi harus bulu sikat yang. mencegah sakit gigi (misal karies gigi) 2. 9. a.

Perhatikan letak sikat gigi. sebelum pindah ke tempat yang lain 2.di rahang bawah (bagian gigi yg menghadap ke lidah) . Sikat gigi digerakkan dengan gerakan maju mundur yang pendek.pada gigi belakang/geraham : bagian yg menghadap ke pipi Menggosok gigi di rahang bawah 1. Gosoklah terlebih dahulu gigi-gigi yg terletak di belakang 2. Sikat gigi kemudian dimiringkan sedikit sehingga bulu sikat terararah pada perbatasan gigi dengan gusi Menggosok permukaan gigi yg menghadap ke gigi atau bibir 1. 3. Sikat gigi jgn ditekan sewaktu menggosok 3. Menggosok permukaan gigi yang menghadap ke lidah 1.1. Dataran pengunyah dari gigi-gigi rahang atas maupun rahang bawah digosok dengan gerakan maju mundur secara perlahan. Menggosok dataran pengunyah 1. CIRI-CIRI GIGI DAN GUSI SEHAT 1. Pindahkan sikat gigi dengan teratur dan gosoklah gigi dengan teliti. Sikat gigi digerak-gerakkan di tempat. Menggosok gigi-gigi depan 1. tidak terasa sakit 2. Gosoklah dahulu gigi-gigi yang terletak di belakang. 2. Perhatikan letak sikat gigi. Perhatikan ujung-ujung bulu sikat terletak pada perbatasan gigi dengan gusi 3. Bagian-bagian gigi yg memerlukan perhatian khusus saat menggosok gigi adalah . tidak ada karies 3. Cara menggosok yang dianjurkan adalah dengan gerakan-gerakan yg pendek yaitu menggosok gigi berulang ulang pada satu tempat dahulu.bagian gigi yg berbatasan dengan gusi . Gerakan menggosok adalah atas bawah secara perlahan. Sesudah itu barulah sikat gigi dipindahkan ke tempat berikutnya. saat mengunyah tidak terasa nyeri . Gosoklah semua permukaan gigi. Tangkai sikat gigi diletakkan sejajar dengan dataran pengunyah 2. Gerakan menggosok adalah maju mundur secara perlahan.

Sisa2 makanan yang menempel pada gigi → tempat kuman2 membentuk koloni → sisa makanan + kuman membentuk endapan (plak) → enzim yang mengubah karbohidrat menjadi asam → melarutkan email gigi membentuk lubang yang sangat kecil → besar dan berwarna hitam. leher gigi tidak kelihatan 5. plak. tidak terdapat plak 7.4. Bila di tusuk maka gigi akan terasa ngilu. atau dingin dan gigi akan terasa ngilu bila lubang di gigi kemasukan makanan. kadang terasa ngilu kadang tidak. GEJALA KARIES GIGI 1. warna putih kekuningan 8. AKIBAT KARIES GIGI . manis. mahkota gigi utuh 10. bila gigi diketuk atau ditekan tidak terasa ngilu. tidak goyang 6. terdapat lubang gigi yang dalam tapi belum mencapai pulpa. Gigi terasa ngilu bila kena rasa asam. tidak sakit 15. KARIES GIGI Adalah lubang yang terbentuk pada permukaan gigi berupa iritasi dan hiperemi pulpa. 2. 3. Bila sudah terjadi hiperemi pulpa. PENYEBAB KARIES GIGI Hubungan yang kompleks dari asam. kuman. Pemeriksaan : pada iritasi pulpa ditemukan lubang gigi yang masih dangkal pada permukaan gigi. melekat erat pada tulang 13. jika dikeringkan seperti kulit jeruk 14. berwarna merah muda 11. 12. tidak terdapat karang 9. karbohidrat dan faktor modifikasi. gusi yang terdapat di antara gigi yang satu dengan yang lain runcing/seperti bulan sabit. tidak mudah berdarah 4.

peradangan otot. Kepala sikat gigi harus yang kecil. tidak bisa tidur atau aktivitas seharí-hari terganggu 4. lazimnya dipakai sebuah sikat gigi. Jika tidak sempat menggosok gigi. yaitu pagi hari setelah makan dan sebelum tidur dan dengan cara yang benar. 7. 6. penyakit mata. vitamin C. penyakit ginjal. bau mulut 2. Tetapi hal ini tentu tergantung dari kemampuan setiap keluarga. Sebagai patokan. vitamin D. hilangnya gigi adalah salah satu penyebab cacatnya fungsi kunyah. Sikat gigi dgn tangkai yang lurus dan mudah dipegang 2. 8. penyakit pada organ lain : penyakit jantung koroner. panyakit kulit.1. makan makanan yang bergizi seperti : makanan yang mengandung protein.bau mulut bertambah dan sakit gigi 9. 6. sari manis. 4. asam dan manis. terasa ngilu bila terkena makanan yang panas atau dingin. MEMILIH SIKAT GIGI Untuk menggosok gigi. lemak. 2. makanan yang terlalu panas atau dingin dan setelah mengkonsumsi makanan tersebut tidak gosok gigi. panjang kepala sikat depan sama dengan jumlah lebar keempat gigi depan di rahang bawah (lebar keempat gigi seri bawah). AKIBAT BILA TIDAK MENGGOSOK GIGI SECARA TERATUR Gigi menjadi kuning kecoklatan. Pemeriksaan gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali ke puskesmas. mineral dan silika. vitamin B2. penyakit katup jantung. flavinoid. Kalau kepala sikat gigi terlalu panjang maka bulu sikat gigi dibagian tangkai boleh dipotong atau dicabut . karbohidrat. keadaan yang parah. JENIS MAKANAN YANG DAPAT MENYEBABKAN KARIES GIGI Makanan yang manis seperti permen. 5. menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari . terdapat nanah dan pilek-pilek. Bila ingin membeli sikat gigi. 3. coklat. maka pilihlah: 1. PENCEGAHAN KARIES GIGI 1. vitamin A. bisa dilakukan kumur-kumur dengan obat kumur atau dengan air putih yang masak. kalau tidak dicabut menyebabkan gusi bengkak. vitamin B1. sellulosa. 3. vitamin K.

Pada kesempatan dimana kita tidak mungkin melakukannya segera setelah makan. Minimal kita penyikat gigi 2 kali dalam sehari yaitu pagi setelah sarapan dan kedua setelah menjelang tidur 2. 4.. SATUAN ACARA PENYULUHAN ( SAP ) Pokok bahasan : Gosok gigi Sub pokok bahasan : Pengertian.. tujuan.. WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENYIKAT GIGI 1. tetapi banyak orang tidak mampu melakukan hal tersebut 3.3.. Petugas : Dhewi Hany A .. Bulu sikat gigi harus sama panjangnya sehingga membentuk permukaan yang datar. dan cara merawat gigi Hari / tanggal Waktu Tempat Sasaran : ………….. Yang paling ideal memang sebaiknya menyikat gigi segera setelah makan dan menjelang tidur. dianjurkan untuk kumur-kumur yg banyak atau makan buah-buahaan yang berserat dan mengandung banyak air. : ± 35 menit : …………… : Anak – anak .. Yang baik adalah sakit gigi dengan bulu sikat yang berderet tiga dan bulu sikat terbuat dari nilon yg tidak terlalu kaku 10. perawatan.

Sound VI. Cangkir plastic f. Ember dan gayung d. Tujuan Instruksional khusus Setelah mengikuti pendidikan kesehatan selama ± 35 menit anak – anak……… di harapkan mampu: a.I. Pasta gigi c. di harapkan mampu memahami gosok gigi. Diskusi c. Pengertian gosok gigi b. Tujuan Instruksional umum Setelah mengikuti pendidikan kesehatan anak – anak……. Media a. Menyebutkan perawatan gigi dengan benar d. Sikat gigi b. Tujuan gosok gigi c. Ceramah b. Perawatan gigi d. Menyebutkan tujuan gosok gigi dengan benar c. Air e. Menjelaskan cara merawat gigi dengan benar III. handuk g. Menjelaskan pengertian gosok gigi dengan benar b. Metode a. Materi a. Kegiatan Belajar Mengajar . Cara merawat gigi IV. Demonstrasi V. II.

Pengertian gosok gigi b. Tujuan gosok gigi c.bersemanga t Memperhatikan Mendengarkan Menjawab salam . Perawatan Gigi d.Tahap Wakt u Kegiatan materi pemberian Kegiatan sasaran Orientasi (pembukaan ) Working (penyampai an materi ) Terminasi (penutup ) 5 menit 20 menit 10 menit Memberikan salam. Cara merawat gigi Mendemonstrasikan cara gosok gigi yang benar Mengevaluasi materi yang telah disampaikan dengan terarah Memberikan reinforcement positif Menyimpulkan hasil pertanyaan Kooperatif. memperkenalkan diri Mejawab salam Memperhatikan Menyampaikan penjelasan maksud dan tujuan ( TIU dan TIK ) Memperhatikan Menjawab dan apa Menjelaskan proses menyampaikan belajar mengajar Mengkaji pengetahuan tingkat sasaran yang diketahui Memperhatikan Memperhatiakn dan terhadap materi yang mempraktekkan secara akan disampaikan langsung Mendengarkan Menjawab pada pertanyaan dengan cara apersepsi atau secara lisan Menjelaskan sasaran tentang : a.

Evaluasi struktur a) Menyiapkan SAP b) Menyiapkan materi dan media c) Kontrak waktu dengan sasaran d) Menyiapkan tempat e) Menyiapkan pertanyaan 2.pendkes Kontrak berikutnya bila masih dibutuhkan Salam penutup VII. Jelaskan kembali pengertian gosok gigi 2. Evaluasi a) Evaluasi dilaksanakan selama proses dan pada akhir kegiatan penkes dengan memberikan pertanyaan secara lisan sebagai berikut: 1. Evaluasi proses a) Sasaran memperhatikan dan mendengarkan selama penkes berlangsung b) Sasaran aktif bertanya bila ada hal yang belum dimengerti c) Sasaran memberi jawaban atas pertanyaan pemberi materi d) Sasaran tidak meninggalkan tempat saat penkes berlangsung e) Tanya jawab berjalan dengan baik 3. Menyebutkan tujuan gosok gigi 3. Menyebutkan perawatan gigi 4. Menjelaskan kembali cara menggosok gigi yang benar b) Kriteria evaluasi 1. Menjelaskan kembali cara merawat gigi 5. Evaluasi hasil a) Pendkes dikatakan berhasil apabila sasaran mampu menjawab pertanyaan 80 % lebih dengan benar b) Penkes dikatakan cukup berhasil / cukup baik apabila sasaran mampu menjawab pertanyaan antara 50 – 80 % dengan benar waktu .

Gunkan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok.Menjaga nafas tetap segar C. D. Cara merawat gigi Menggosok gigi yang baik apabila memnuhi syarat sebagai berikut: 1) Sikat Gigi Posisi kepala sikat membentuk sudut 45° di daerah perbatasan antara gigi dan gusi 2) Gerakkan sikat dengan lembut dan memutar. gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakan kearah atas dan bawah melewati garis gigi 6) Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar nafas lebih segar 7) Ganti sikat gigi apabila bulu sikat sudah rusak . Gosok gigi dengan cara yang benar setidaknya 2 menit minimal 2x sehari. B.Memelihara kesehatan gigi .c) Pendkes dikatakan kurang berhasil / tidak baik apabila sasaran hanya mampu menjawab kurang dari 50 % dengan benar MATERI PEMBAHASAN A. sikat bagian luar permukaan setiap gigi. Perawatan gigi Perawatan gigi bertujuan untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. waktu yang paling penting yaitu pada malam hari sebelum tidur. Tujuan gosok gigi . Pengertian gosok gigi Gosok gigi adalah rutinitas yang penting dalam menjaga dan memelihara kesehatan gig. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi minimal 1x sehari. lanjutkan dengan membersihkan gigi dengan benang gigi serta kunjungi dokter gigi secara teratur . gosok gigi.Memelihara kesehatan . 3) Gunakan gerakan yang sama untuk menyikat gigi bagian dalam permukaan gigi 4) Gosok semua bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah . Akan lebih baik disertai gosok gigi setelah makan. 5) Untuk membersihkan gigi bagian dalam .

01. SATUAN ACARA PENYULUHAN CARA MENGOSOK GIGI DENGAN BAIK DAN BENAR Disusun Oleh : YUFLIHUL KHAIR 07.8) Jangan meminjamkan sikat gigi karena mengandung banyak bakteri yang dapat berpindah walaupun sudah dibersihkan.0768 PROGRAM STUDI ILMU KESEHATAN SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES) MATARAM 2011 .

umur rata-rata 25 . Analisa Situasi 1. 23 Desember 2011 30 menit Ruang kelas Stikes Mataram : : : A. pendidikan rata-rata SD. c.SATUAN ACARA PENYULUHAN Topik Sasaran benar Hari / tanggal Waktu Tempat : : Cara Mengosok Gigi Yang Baik Dan Benar Bapak/Ibu yang belum mengetahui cara menggosok gigi dengan baik dan Jum’at. Tujuan instruksional khusus Setelah dilakukan penyuluhan. Tujuan instruksional umum Setelah mengikuti penyuluhan dan mendapatkan penjelasan tentang mengosok gigi. 3.40 tahun. Peserta dapat menjelaskan waktu yang tepat untuk menggosok Peserta dapat menjelaskan cara menggosok gigi yang baik dan benar C. 2. 4. 5. Jumlah peserta 20 orang. peserta diharapkan mampu : 1. peserta diharapkan mengetahui cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Kelas/Ruangan Ukuran ruang/kelas : 4x6 mm² Keadaan penerangan dan ventilasi : Baik Prasarana yang tersedia Pengajar : Kursi dan meja Fasilitator adalah Yuflihul Khair B. b. Materi . Peserta dapat menjelaskan pengertian menggosok gigi Peserta dapat menjelaskan manfaat menggosok gigi Peserta dapat menjelaskan akibat bila tidak menggosok gigi. 3. peserta belum mengetahui cara menggosok gigi dengan baik dan benar 2. C. a.

2. 2. 5. No 1. Leaflet Demonstsrasi Kegiatan Penyuluhan WAKTU 3 menit KEGIATAN PENYULUH Pembukaan : Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam. 2. 15 menit Pelaksanaan : Menjelaskan tentang pengertian menggosok gigi Menjelaskan tentang manfaat menggosok gigi Menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk menggosok gigi Memperhatikan Memperhatikan Memperhatikan Memperhatikan Mendengarkan Memperhatikan Menjawab salam KEGIATAN PESERTA . Pengertian Menggosok gigi Manfaat menggosok gigi Akibat bila tidak menggosok gigi Waktu yang tepat untuk menggosok gigi Cara menggosok gigi yang baik dan benar D. Memperkenalkan diri Menjelaskan tujuan dari penyuluhan Menyebutkan materi yang akan diberikan 2. 3.1. Metode 1. Media 1. F. Ceramah Diskusi / tanya jawab E. 4.

Evaluasi proses Peserta antusias terhadap materi penyuluhan. 2. Penyelenggaraan penyuluhan Ruang Kelas Stikes Mataram Pengorganisasian penyelenggara dilakukan setelah peserta penyeluhan diseleksi. a. 10 menit Evaluasi : Menanyakan kepada peserta tentang materi yang telah diberikan. 4. Kriteria Evaluasi 1. 2 menit Terminasi : Mengucapkan terimakasih atas peran serta peserta. c. b. Evaluasi Struktur Peserta hadir ditempat penyuluhan. b. c.Menjelaskan akibat bila tidak menggosok gigi Menjelaskan cara menggosok gigi dengan baik dan benar Memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya 3. Mengucapkan salam penutup Memperhatikan Memperhatikan Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan Menjawab pertanyaan Mendengarkan Menjawab salam G. Peserta mengikuti jalannya penyuluhan sampai selesai Peserta mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar . dan reinforcement kepada bapk/ibu yang dapat menjawab pertanyaan. a.

gigi tampak bersih dan putih mengurangi bau mulut mencegah sakit gigi (misal karies gigi/gigi berlubang) C. Akibat bila tidak menggosok gigi 1. 3. Evaluasi Hasil Peserta mengetahui pengertian menggosok gigi. e. 3. Yang paling ideal sebaiknya menyikat gigi setelah makan dan menjelang tidur. c.3. Tujuan menggosok gigi 1. Peserta mengetahui akibat bila tidak menggosok gigi. a. 2. B. Peserta mengetahui tujuan menggosok gigi. . d. 2. b. Peserta mengetahui cara menggosok gigi yang benar MENGGOSOK GIGI (SIKAT GIGI) A. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi 1. Gigi menjadi kuning kecoklatan bau mulut bertambah sakit gigi D. setidaknya 2 kali sehari kita menggosok gigi. Minimal kita menggosok/menyikat gigi dua kali dalam sehari yaitu pagi setelah sarapan dan kedua menjelang tidur. 2. Peserta mengetahui waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Pengertian menggosok gigi kegiatan rutin yang selalu kita lakukan tiap hari.

Rubah posisi sikat sesering mungkin. Apabila kita tidak mampu menggosok gigi setelah makan. 6. atau mungkin boleh juga dengan sedikit diputar sebanyak 10-20 kali gosokan juga. dianjurkan untuk kumur- kumur dengan air yang bersih untuk mengurangi sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi. 7. Bersihkan permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan menggunakan teknik modifikasi Bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri. Biarkan bulu sikat memberkan cela-cela gigi. Bersihkan permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur. 5. Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi. Untuk lengkung gigi bagian depan dapat Anda bersihkan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap ke depan. E. Lakukan pada rahang atas terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah gigi. 4. Gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut karena yang keras dapat membuat gusi terluka dan menimbulkan abrasi pada gigi. yaitu penipisan struktur gigi terutama di sekitar garis gusi. Lakukanlah pada rahang atas terlebih dulu dan dilanjutkan dengan rahang bawah. Abrasi dapat membuat bakteri dan asam menghabiskan gigi karena lapisan keras pelindung enamel gigi telah terkikis. Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar napas lebih segar. 3. Cara menggosok gigi yang benar 1.3. Lalu gunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi. . Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 45 derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan. 2.

. 9. Jangan pernah meminjamkan sikat gigi Anda kepada orang lain karena sikat gigi mengandung bakteri yang dapat berpindah dari orang yang satu ke yang lain meski sikat sudah dibersihkan. Ganti sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak dan simpan di tempat yang kering sehingga dapat mongering setelah dipakai.8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful