ALIRAN DUA FASA

ANDIKA JAMALUDDIN D211 09 295

JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2012

zat tidak mempunyai bentuk tetap. Yang tidak umum termasuk plasma. pada fase cair. Fase padat. Fase cair. dengan demikian keduanya disebut fluida Dalam ilmu fisika. 2. dan volumenya dapat diubah hanya jika dikerjakan gaya yangsangat besar. indeks refraktif.ALIRAN DUA FASA Zat yang tersebar di alam dibedakan dalam tiga keadaan (fase). cair dan gas. struktur kristal. maka keduanya mempunyai kemampuan untuk mengalir. Beberapa perbedaan di antara ketiganya adalah: 1. Karena fase cair dan gas memiliki karakter tidak mempertahankan suatu bentuk yang tetap. fase adalah suatu himpunan keadaan sistem fisik makroskopik yang memiliki komposisi kimia yang seragam dan ciri-ciri fisik (seperti densitas. merupakan zat yang mempertahan kan suatu bentuk dan ukuran yang tetap. zat tidakmudah dimampatkan. superfluida dan supersolid dan fase paramagnetik dan ferromagnetik dari benda magnetik. Fase gas. cair. meskipun suatu gaya yang besar dikerjakan padabenda tersebut. Contoh paling umum adalah padat. kondensat Bose-Einstein dan kondensat Fermionik. 3. dan gas. yaitu fase padat. benda aneh. tetapi akan berkembang mengisi seluruh wadah. Tetapi seperti halnya fase padat. dan lain-lain). . zat tidak mempertahankan bentuk yang tetap melainkanmengikuti bentuk wadahnya. kristal cairan.

Sebagai contoh. mereka mengembang dan mengisi ruang di manapun mereka berada. Disamping itu juga ada istilah aliran dua komponen. . Gas adalah suatu fase benda dalam ikatan molekul. sedangkan aliran udara-air adalah dua komponen. apalagi jika energi kinetis ini semakin bertambah. bisa berbentuk cairan. yang akan dibahas yaitu tentang aliran 2 fasa. Tenaga gerak/energi kinetis dalam suatu gas adalah bentuk zat terhebat kedua (setelah plasma). atom-atom gas dan molekul sering memantul antara satu sama lain. dimana Aliran dua fase adalah kasus yang paling sederhana dari aliran banyak fase. gas selalu mengisi suatu volume ruang. Kadang-kadang aliran cairan-cairan juga disebut aliran dua fase. benda padat. Cairan adalah salah satu dari empat fase benda yang volumenya tetap dalam kondisi suhu dan tekanan tetap. Karena penambahan energi kinetis ini.Pada tulisan ini. Cairan juga melakukan tekanan kepada sisi wadahnya dan juga kepada benda yang terdapat dalam cairan tersebut. dan. bentuknya ditentukan oleh wadah penampungnya. fase disini menunjukkan mana komponen yang kontiniu dan mana yang tidak kontiniu. Gas mempunyai kemampuan untuk mengalir dan dapat berubah bentuk. aliran uap air (H2O)gas – air (H2O) likuid adalah aliran dua fase. Aliran ini menggambarkan aliran yang fasenya tidak terdiri dari substansi kimia yang sama. ikatan molekul akan terlepas pada suhu titik uap benda. Namun berbeda dari cairan yang mengisi pada besaran volume tertentu. tekanan ini disalurkan ke seluruh arah.

Aliran dua fase merupakan bagian dari aliran multi-fase. Aliran dua fase yang berbeda ini banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun proses-proses industri. dan berlawanan arah). searah kebawah. Studi tentang aliran dua fase dapat kita perhatikan atas beberapa bagian. tegak atau miring). Bentuk Pola Aliran dua fasa Horisontal . dan padat-gas). dan kedudukan saluran (mendatar. Bentuk Pola Aliran dua fasa Vertikal Aliran kantung ditandai oleh bentuk gelembung (bubble) gas yang relatif berukuran panjang dan hampir memenuhi penampang saluran aliran. arah aliran (searah keatas. yaitu : wujud fase (gas-cair. Gambar 1. Aliran kantung dapat terjadi apabila kecepatan aliran gas dan cairan terus ditingkatkan sehingga memungkinkan timbulnya gelembung. Gambar 2. cair-padat.

tetapi diperkirakan mempunyai ukuran yang sama (uniform). dengan arah aliran keatas adalah sebagai berikut : 1. Aliran kantung gas atau sumbat cairan (Plug / Slug flow). 2. Pola aliran dalam pipa vertikal dan horisontal akan berbeda. Aliran cairan berisi sumbat cairan yang dipisahkan gelembung gas secara terus menerus. Parameter fisik yang penting dalam menentukan pola aliran adalah tegangan permukaan dan gravitasi. Wujud gelembung berbentuk bulat seperti kepala topi yang memanjang dan gas dalam gelembung dipisahkan dari dinding pipa dengan lapisan film cairan yang turun secara perlahan lahan. Dalam aliran gelembung fase gas atau uap disebarkan sebagai gelembung yang mempunyai ciri tersendiri dalam fase cairan secara kontiniu. tetapi maksud dan tujuannya adalah sama.Aliran gas-cair dapat mempunyai berbagai konfigurasi geometrik yang dikenal sebagai pola aliran. Aliran gelembung (Bubble flow). Dalam kondisi ini ukuran gelembung tidak mendekati diameter pipa. Pada satu sisi gelembung bisa kecil dan berbentuk bulat dan disisi lain gelembung bisa besar dengan bentuk bulat dan datar. Deskripsi pola aliran menurut Collier (1980). Sumbat cairan dapat atau tidak diisi gelembung gas kecil yang . Dalam aliran ini ukuran gelembung gas atau uap kira-kira mendekati diameter pipa. Banyak kriteria pola aliran yang kita perhatikan baik dari literatur dan penelitian-penelitan.

Aliran cincin kabut tetes cairan (wisphy annular).diperoleh setelah gelembung besar. Aliran acak (churn). disini terjadi gerakan osilasi sehingga cairan menjadi tidak stabil. Gambar 3. Aliran cincin (annular). 3. Pola Aliran pada pipa vertikal . dimana sebagian fase likuid berlaku sebagai film didinding pipa dan sebagian lagi berupa tetesan yang terdistribusi dalam gas yang mengalir pada bagian tengan pipa. 4. konsentrasi tetesan dalam gas bertambah dan akhirnya bergabung membentuk gumpalan. Panjang gelembung gas sangat bervariasi. 5.

Gambar 4. Pola Aliran pada pipa miring Contoh Aplikasi Dari Aliran 2 Fasa : Gambar 5. Contoh-contoh aplikasi aliran 2 fasa .

. http://radeneka.its ..id/artikel/190/karakterisasi-aliran-dua-fase-cair-gassearah-vert.id%.bmk 7.. http://id.shvoong..com/tag/fase-gas/ 5.id/index. http://id. http://id.. http://research-report.org/wiki/Fase_benda 2...wordpress..wikipedia..com/exact-sciences/physics/2110391-pengertian-fase/ 6.com/2010/12/2-fase-aliran-fluida-dalam-pipa..ac.org/wiki/Gas 4.....php/research-report/article/view/141 9....blogspot..d...umm...org/wiki/Cair 3. http://www.com/url?sa=t&rct=j&q=aplikasi+aliran+dua+fasa&source =web&cd=1&cad=rja&ved=0CDMQFjAA&url=http%3A%2F%2Fdigilib..wikipedia.html 8....google.. http://letshare17.html .Daftar Pustaka (Diakses tanggal 17 Desember 2012) 1.ac. http://bunghatta... http://id.wikipedia.ac..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful