SMAN 2 BANDUNG

SISTEM EKSKRESI
Cuci darah, Kelainan, Teknologi
M. Arfiadi Pratama
3/27/2011

“Don't argue with idiot. They only gonna drag you to their level and beat you with experience”

..................................................................................... 12 Scanning Laser Hair Removal System .................... 13 Test Pack Hepatitis ....................................................................................... 3 KELAINAN PADA SISTEM EKSKRESI ................................................... 6 Pielonefritis ..... 11 Hemodialisis .......Teknologi untuk Pendeteksi Hepatitis ................... 8 Batu ginjal .................................DAFTAR ISI CUCI DARAH ......................... 9 Gagal ginjal .................................................... 11 Radioterapi ................................... 7 Sistisis .............................................................................................Teknologi untuk Kanker Paru Paru ................Teknologi untuk Gagal Ginjal ........... 15 .................... 7 Penyakit polisistik ................................... 5 Nefrosis .......................................................................................................................................................................................................................... 5 Nefritis glomerulus . 14 DAFTAR PUSTAKA ......................................Teknologi untuk Kulit Kepala Bermasalah ............ 9 PEMANFAATAN TEKNOLOGI SISTEM EKSKRESI ..............

Pada cuci darah ini fungsi ginjal digantikan oleh mesin. Jadi proses Cuci darah itu dilakukan untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah rusak. darah yang berasal dari pembuluh darah dimasukkan ke dalam selang kecil yang terhubung dengan mesin tadi atau disebut Dializer. Bila ginjal tadi rusak. Kemudian darah yang sudah disaring dan bersih dimasukkan ke dalam tubuh kembali. Kapan dan kenapa harus dilakukan ? Cuci darah biasanya dilakukan pada penderita yang mengalami gagal ginjal. Didalam Dializer ini darah akan mengalami penyaringan yang dilakukan oleh membran. sampah hasil saringan ini akan dicampur dengan larutan yang disebut dialisat. . dan dibuang untuk selanjutnya diganti dengan cairan dialisat yang baru. Jadi kalau sudah mengalami gagal ginjal atau ginjalnya rusak diperlukan proses Cuci darah tadi.CUCI DARAH Cuci darah atau Hemodialisis adalah suatu proses penyaringan darah yang dilakukan oleh mesin. otomatis sisa metabolisme dan air tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dan bila mencapai kadar tertentu sisa metabolisme itu dapat meracuni tubuh sampai mengakibatkan kerusakan jaringan yang akhirnya dapat menimbulkan kematian. Sedangkan darah yang sudah bersih setelah disaring tadi dikembalikan ke tubuh. Meskipun proses ini mempunyai fungsi seperti ginjal tetapi hanya bisa menggantikan fungsi ginjal normal sebesar 10 % saja. Fungsi ginjal yang utama adalah menyaring darah kotor atau darah yang sudah tercampur oleh sisa metabolisme tubuh. Hasil dari saringan tadi dikeluarkan melalui urine atau air seni.

dan detak jantung tidak teratur. Yang harus dipikirkan adalah biayanya yang cukup besar dan mempunyai efek samping yang cukup banyak seperti tekanan darah rendah. biasanya 3 kali seminggu dan setiap kali proses berlangsung sekitar 3-5 jam. muntah. infeksi. Alternatif lain bagi penderita gagal ginjal kronik adalah melakukan cangkok ginjal apabila tidak ingin melakukan cuci darah terus menerus. karena itu sayangilah ginjal anda dan jagalah selalu agar tetap sehat. sakit kepala. tetapi proses pencangkokan ginjal ini sangat rumit sekali dan yang pasti memakan biaya yang besar sekali. kram otot. anemia. . sedangkan untuk gagal ginjal kronik. biasanya dilakukan cuci darah sambil menunggu perbaikan fungsi ginjalnya.Untuk gagal ginjal akut. pembekuan darah. mual. harus dilakukan terus menerus.

Nefrosis umumnya terjadi pada anak-anak. Air dan natrium berakumulasi dalam tubuh menyebabkan edem. meyebabkan sejumlah besar protein keluar dari darah menuju urin. kaki. dan mata. . perut. khususnya di bagian pergelangan kaki.KELAINAN PADA SISTEM EKSKRESI Nefrosis Nefrosis adalah kondisi di mana membran glomerulus bocor.

Keberadaan protein plasma meningkatkan tekanan osmotik filtrat urin. sejumlah besar protein plasma memasuki urin. sehingga volume urin meningkat dan menyebabkan gagal ginjal. . khususnya tenggorokan. Penyebab radang secara umum adalah reaksi alergi terhadap racun yang dilepaskan oleh bakteri streptococcus yang menginfeksi bagian tubuh lain. Penyakit ini ditandai dengan kenaikan permeabilitas membran filtrasi dan akumulasi sel-sel darah putih di daerah membran filtrasi. Akibatnya.Nefritis glomerulus Nefritis glomerulus adalah radang membran filtrasi glomerulus di dalam korpuskulum renalis.

atau luka. zat kimia. Sistisis bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Kerusakan ini sering dimulai dengan infeksi bakteri pada pelvis ginjal dan kemudian melebar ke bagian utama ginjal.Pielonefritis Pielonefritis adalah radang seluruh bagian ginjal. . Sistisis Sistisis adalah radang kantung kemih terutama bagian mukosa dan sub mukosa.

Penyakit polisistik Penyakit ini bisa disebabkan karena kerusakan sistem saluran ginjal yang merusak nefron dan menghasilkan pembesaran seperti kiste (benjolan) sepanjang saluran ini. . Kerusakan ginjal ini umumnya bersifat menurun.

fosfat. . Gagal ginjal Ginjal bisa kehilangan fungsinya sehingga tidak bisa mengeluarkan zatzat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Terbentuknya batu ginjal bisa disebabkan karena urin terlalu pekat dan kurang minum. atau bisa juga disebabkan oleh penyumbatan saluran ginjal. Kerusakan ginjal ini bisa disebabkan oleh nefritis glomerulus yang parah. kalsium.Batu ginjal Batu ginjal merupakan batu yang terbentuk dari asam urat.Batu ini bisa juga terbentuk di dalam kantung kemih maupun ginjal itu sendiri. Gagal ginjal yang akut menyebabkan penumpukan urea di dalam darah dan asidosis (darah bersifat lebih asam). bahkan zat-zat yang masih bisa dipergunakan tubuh seperti glukosa dan protein bisa ikut keluar tubuh. Gejala ini disebut gagal ginjal. Kelainan ini bisa disebabkan karena kondisi yang mengganggu fungsi ginjal. asam oksalat dan lain-lain yang terbentuk di dalam ginjal.

Bagaimana cara memelihara agar ginjal kita tetap sehat? Minumlah banyak air putih. pembengkakan karena akumulasi cairan tubuh. Proses ini disebut cuci darah atau dialisis. urin menjadi encer sehingga mempermudah kerja ginjal untuk pengeluaran zat yang tidak dipergunakan tubuh. Seseorang yang hanya mempunyai satu ginjal masih bisa menggunakan ginjal tersebut secara normal. . Zat sampah berdifusi dari saluran yang mengandung darah dan dibersihkan oleh larutan garam. asidosis. sehingga nefron-nefron tersebut tidak berfungsi. Dengan meminum banyak air.Racun tertentu yang dihasilkan dari proses industri menyebabkan nekrosis (kerusakan sel) epitel nefron. Gagal ginjal yang parah disebabkan oleh kerusakan yang permanen pada banyak nefron. Orang yang menderita kerusakan ginjal secara serius masih bisa menyaring darahnya dengan ginjal buatan. Darah bersih yang tertinggal dikembalikan ke dalam vena. dan berakhir pada kematian. Kerusakan ini ditandai dengan ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan hasil ekskresi. Encernya urin juga memperkecil terbentuknya batu ginjal dan timbulnya infeksi. Dalam dialisis darah dipompa ke dalam saluran yang mengandung larutan garam yang mirip dengan plasma darah. keracunan zat sampah. retensi. kenaikan kandungan kalium. Satu ginjal yang sehat dapat mengerjakan pekerjaan dua ginjal.

Difusi : – kecepatan difusi tergantung pada : besar pori.Teknologi untuk Gagal Ginjal Hemodialisis adalah salah satu pengobatan gagal ginjal. Berlebihan dan sisa metabolisme yang biasanya dikeluarkan oleh ginjal.PEMANFAATAN TEKNOLOGI SISTEM EKSKRESI Hemodialisis . molekul kecil menembus dinding. . Prinsip : darah pasien dialirkan melalui pipa dengan dinding membran semi permeabel → ginjal artifisial → transfer toksin dan cairan : air. Mekanisme transport solute : a. molekul besar (protein) tidak. dan berat molekul. Tujuan : mengambil/mengeluarkan cairan yg. luas dan tebal membran: temperatur larutan. beda konsentrasi solut. bila jiwa telah terancam oleh gagal ginjal. Ultrafiltrasi : air dengan tekanan hidrostatik/osmotik didorong menembus membran kesatu arah. membawa bahan terlarut. b.

Teknologi untuk Kanker Paru Paru Radioterapi adalah sebuah teknik terapi bagi para penderita kanker yang cukup populer.Radioterapi . . Radioterapi telah mengalami teknik radiasi yang berkembang dari sejak pertama kali diperkenalkan sampai saat ini. Kegunaan radioterapi adalah sebagai berikut: • Mengobati : banyak kanker yang dapat disembuhkan dengan radioterapi. radioterapi berguna untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker dengan membuat sel kanker menjadi lebih kecil dan berhenti menyebar • Mengurangi gejala : Selain untuk mengontrol kanker. • Mengontrol : Jika tidak memungkinkan lagi adanya penyembuhan. radioterapi dapat mengurangi gejala yang biasa timbul pada penderita kanker seperti rasa nyeri dan juga membuat hidup penderita lebih nyaman. baik dengan atau tanpa dikombinasikan dengan pengobatan lain seperti pembedahan dan kemoterapi.

Scanning Laser Hair Removal System . Bekerja pada kulit kepala yang bermasalah. Alat ini memperlakukan rambut yang tidak diinginkan dalam privasi rumah Anda sendiri dan pada waktu yang sesuai dengan Anda.Teknologi untuk Kulit Kepala Bermasalah Laser hair removal bekerja dengan mengirimkan sinar laser ke folikel rambut dengan energi yang cukup untuk menghancurkan akar. . nyaman dan tanpa rasa sakit. Dapat digunakan dengan mudah. tanpa mempengaruhi daerah sekitarnya.

Harga alat ini berkisar Rp 5. seseorang bisa mendapatkan perawatan lebih awal.000 per test pack.000-Rp 10. Karenanya banyak orang yang tidak pernah melakukan pemeriksaan. Diharapkan dengan adanya alat tes hepatitis yang cepat dan murah. Tapi alat ini baru dijual di wilayah Lombok NTB belum menyebar ke seluruh Indonesia.Test Pack Hepatitis . .Teknologi untuk Pendeteksi Hepatitis Selama ini orang hanya tahu untuk mendeteksi penyakit hepatitis melalui tes darah di laboratorium yang tentu saja harganya sangat mahal.

com/2009/02/apa-itu-cuci-darahkapan-harus.com/2010/03/biologi-teknologidalam-sistem-eksresi.html http://kolomkesehatan.com/2009/10/kelainan-dan-penyakit-sistemekskresi.html .html http://mutiarafebrybudiman.blogspot.blogspot.blogspot.DAFTAR PUSTAKA http://sekolahdi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times