You are on page 1of 6

METODE PELAKSANAAN

TAHAPAN PELAKSANAAN 1. PRA PELAKSANA

KEGIATAN 1. 2. 3. 4. 1. 2. 3. 4. 1. 2. 3. 4. Membaca Gambar Survei dan Pengukuran Persiapan Lokasi Mobilisasi Alat-alat yang digunakan Pekerjaan tanah Penyiapan tanah dasar Pekerjaan perkerasaan PekerjaanDrainase Pengukuran Demobilisasi Pembersihan sisa material

2.

PELAKSANAAN

3.

AKHIR PELAKSANAAN

PRA PELAKSANAAN 1. Membaca gambar Sebelum pengaturan lapangan dan pengukuran,terlebih dahulu mempelajari gambar-gambar kontrak

2. Survei dan Pengukuran Mengadakan pemeriksaan daerah proyek antara lain, pengukuran lebar jalan, daerah muka jalan, alingemen untuk setiap pelebaran atau rekonstruksi drinase tepi jalan dan gorong-gorong serta melakukan pemeriksaan yang terperinci semua pekerjaan lain yang diusulkan.

3. Persiapan Lokasi ( Pembersihan dan Pembongkaran ) Setelah pekerjaan survei dan pengukuran selesai, selanjutnya melakukan pembersihaan segala macam tumbuh-tumbuhan, pohon-pohon dan semaksemak serta tanaman lain juga termasuk sampah, pencabutan akar-akar phon dan sisa-sisa konstruksi/material.

4. Mobilisasi Meliputi pekerjaan pengorganisasian dan pengelolaan pelaksanaan pekerjaan proyek, mobilisasi peralatan berat menuju lapangan pekerjaan dilaksanakan pada waktu lalu lintas sepi.

PELAKSANAAN

1. Persiapan Lokasi

Pekerjaan Plesteran ini dimulai dengan membersihkan bagian dinding yang akan diplester terlebih dahulu. Pekerjaan ini direncanakan waktu 2 minggu dengan jumlah pekerjaan sebanyak 25 orang pekerja.Semak dan belukar dibabat/ditebang dengan tenaga manusia. dinding sedikit dibasahi. 5. Dimensi atau ukuran pondasi akan mengikuti atau pedoman kepada rencana dan detail pondasi dan menggunakan adukan campuran 1 PC : 4 PS. lalu dibuat kepala-kepala plesteran sebagai pedoman. apabila tinggi potongan kurang dari 5 meter maka setiap ketinggian 5 meter perlu dibuat bagian datar selebar 1 meter. Pekerjaan Perkerasaan LPB Ageregat Sebelum Penghamparan Agregat dimulai. - Peralatan tambahan yang digunakan dalam pemadatan tanah dasar adalah Three Wheel Roller. 3. dilot dahulu. Pekerjaan Tanah ( Pengggalian dan Penimbunan ) Galian dilaksanakan sekecil mungkin terjadi gangguan terhadap bahan-bahan dibawah dan diluar batas galian yang ditentukan sebelumnya. bahan dicampur atau disusun manual. Penyiapan Tanah Dasar Penyiapan tanah dasar dilakukan sebagai berikut : Lapisan – lapisan yang lebih dari 30 cm dibawah permukaan tanah dasar dipadatkan sampai 45 % kepadatan kering maksimum yang ditetapkan sesuai AASTO T 99 Lapisan-lapisan yang berada pada 30 cm atau kurang dan sampai permukaan tanah dasar dipadatkan sampai 100 % kepadatan kering maksimum. agar dapat menampung air dan mengalirkannya sepanjang bagian yang datar dibuat sejajar dengan penjajaran jalan tersebut. pada tempelan adukan dengan menggunakan sendok semen. pada bagian datar ini harus dibentuk sedemikian rupa sehingga miring bagian dalam. 4. Pemadatan . terlebih dahulu tanah dasar harus sudah siap sebagaimana disyaratkan dalam gambar rencana Pencampuran dan Penghamparan Agregat ( pencampuran ditempat) Bahan untuk Lapis bawah dihampar sedikit demi sedikit. Pekerjaan Pasangan Siring Pasangan batu belah hitam dilaksanakan setelah atau bersamaan dengan pemasangan bouwplank selesai serta seluruh galian telah diberi pasir urug dan pasangan aanstamping. lalu diratakan dengan alat gosok kayu. 2. Pekerjaan ini direncanakan dengan waktu 1 Minggu pasangan batu selesai dilaksanakan. bagian yang kurang diberi adukan kembali. lalu digosok kembali dengan rasman hingga rata dan halus.

Pengukuran Setelah semua pekerjaan selesai maka dilakukan pengukuran volume agar diketahui agar diketahui volume pekerjaan telah mencukupi 3. Pekerjaan Drainase Dibuat sedemikian rupa hingga cukup landai untuk memperoleh aliran dari jalan cukup cepat dan tidak terlalu curam sehingga membahayakan kendaraan untuk jalan tak beraspal anatar 3-7 %. Pembersihan sisa –sisa material Setelah semua pekerjaan selesai maka dilakukan pembersihan dari sisa-sisa pekerjaan pada seluruh lokasi pekerjaan. kemudian bergeser kebagian tengah sejajar dengan sumbu jalan dan usahakan berlangsung berkelanjutan tanpa henti sampai seluruh permukaan selesai terpadatkan. AKHIR PELAKSANAAN 1. pengembalian alat berat setelah semua 4. Pada bagian tikungan (miring) pemadatan dimulai dari bagian yang rendah bergeser kebagian yang lebih tinggi. 2. Demobilisasi Merupaka rangkaian proses pekerjaan dilapangan.Setelah selesai penghamparan dan peralatan. tiap lapis segera dipadatkan pada seluruh lebar penghamparan dengan menggunakan mesin gilas roda besi yang disetujui oleh pemilik pekerjaan. pada bagian tepi ‘kerb’ dinding-dinding dan tempat-tempat lain yang tidak dapat dicapai dengan mesin gilas pemadatan dilakukan dengan alat pemadatan yang lainnya. Pada bagian lurus pemadatan dilakukan mulai dari bagian tepi hamparan. .

.

071. Sehubungan dengan pengumuman pelelangan umum dengan nomor 602.Nomor Lampiran : : 43 / Overte/BM/PU/IV/2010 1 (Satu) berkas Kepada Yth Pejabat Pembuat komitmen Kegiatan Perbaikan Perumahan dan Permukiman (P2P) I Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandar Lampung Di Bandar Lampung Perihal : Penawaran Pelelangan Pekerjaan Peningkatan Jalan Masjid Ikhlas Al-Azhar dsk RT 11 LK II Kel Bukit Kemiling Permai.000.RT11 LK II Kel Bukit Kemiling Permai.1/01/PBJLL/11/2010.. .Tanggal 29 Maret 2010 setelah kami mempelajari dengan seksama dokumen lelang termasuk berita acara penjelasan dan addendumnya.( Seratus Dua Puluh Empat Juta Tujuh Puluh Satu Ribu Rupiah ). 124. dengan ini kami mengajukan penawaran untuk Pekerjaan Peningkatan Jalan Menuju masjid Ikhlas Al-Azhar dsk. Sebesar Rp.

asli dan 2 (dua) berkas rekaman Daftar harga satuan bahan. asli dan 2 (dua) berkas rekaman Bagian Pekerjaan yang disubkontrakan. asli dan 2 (dua) berkas rekaman. asli dan 2 (dua) berkas rekaman Daftar Personil Inti. asli dan 2 (dua) berkas rekaman Rekaman Surat Perjanjian Kemitraan. asli dan 2 (Dua) berkas rekaman Daftar harga peralatan. Sesuai dengan persyaratan dokumen lelang. asli dan 2 (dua) berkas rekaman Daftar Peralatan Utama. bahan peralatan. 12 April 2010 CV. biaya umum dan keuntungan dan semua kewajiban pajak untuk melaksanakan pekerjaan tersebut diatas.asli dan 2 ( dua) berkas rekaman Analisa Harga Satuan Pekerjaan Utama. 3 ( tiga ) berkas rekaman Bandar Lampung. asli dan 2 (dua) berkas rekaman Metode Pelaksanaan. Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan selama 120 ( Seratus Dua Puluh ) hari kalender Penawaran ini berlaku selama 60 ( Enam puluh ) hari kalender sejak pembukaan penawaran Kami akan tunduk pada semua ketentuan yang tercantum dalam dokumen lelang. asli dan 2 (dua) berkas rekaman Daftar Upah. bersama surat penawaran ini kami lampirkan : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Jaminan Penawaran. BENTENG MAS FIRDAUS RAMZI Direktur . asli dan 2 (dua) berkas rekaman Jadual Waktu Pelaksanaan. Daftar Kuantitas dan Harga.Dalam penawaran ini sudah termasuk pengadaan tenaga kerja.