Contoh Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif

Pengertian kalimat efektif: adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain. Ciri-ciri kalimat efektif: 1. Kesepadanan Suatu kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Di dalam kalimat efektif harus memiliki keseimbangan dalam pemakaian struktur bahasa. Contoh:  
   

Amara pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif) Amara pergi ke sekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar. (efektif)
Kalimat tidak efektif : Kepada setiap pengendara mobil di Surabaya harus memiliki surat izin mengemudi ( subyeknya tidak jelas.) Kalimat efektif : Setiap pengendara mobil di Surabaya harus memiliki surat izin mengemudi. Kalimat tidak efektif : Tentang kelangkaan pupuk mendapat keterangan para petani ( unsur S-P-O tidak berkaitan erat) Kalimat efektif : Para petani mendapat keterangan tentang kelangkaan pupuk.

2. Kecermatan dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata Dalam membuat kalimat efektif jangan sampai menjadi kalimat yang ambigu (menimbulkan tafsiran ganda)

waktu dan tempat kami persilakan. (tidak efektif) Untuk menghemat waktu. Kehematan Kehematan dalam kalimat efektif maksudnya adalah hemat dalam mempergunakan kata. (tidak efektif) Jangan naik karena licin. (efektif) 3. Jalur ini terhambat oleh iring-iringan jenazah. . (efektif) Karena lama tinggal di asrama putra. dia tidak ikut belajar bersama belajar di rumahku. Contoh:     Karena ia tidak diajak. Contoh:      Untuk mempersingkat waktu. tetapi tidak menyalahi kaidah tata bahasa. anaknya semua laki-laki Kepada ibu Intha. dia tidak ikut belajar bersama di rumahku.Contoh:  Mahasiswi perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah (tidak efektif)  Mahasiswi yang kuliah di perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah. kami teruskan acara ini. Kelogisan Jangan naik ke atas karena licin. (efektif) Mira adalah gadis yang memakai baju warna merah (tidak efektif) Mira adalah gadis yang memakai baju merah (efektif)   4. frasa atau bentuk lain yang di anggap tidak perlu. (tidak efektif) Karena tidak diajak. (efektif) Bahwa ide kalimat itu dapat dengan mudah dipahami dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku. kami teruskan acara ini.

Kesatuan atau Kepaduan Maksudnya adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu. kami ucapkan terima kasih (tidak efektif) Atas perhatian semuanya. sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah. Keparalelan atau Kesejajaran Adalah kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu. (tidak efektif)    Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan. (tidak efektif) .  Waktu dan tempat dipersilahkan. (tidak efektif) Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan. (efektif) Harga sembako dibekukan atau kenaikan secara luwes. (tidak efektif) Harga sembako dibekukan atau dinaikkan secara luwes. Contoh:      Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan. kami ucapkan terima kasih (efektif) 6. (efektif) Atas perhatian semua seluruhnya. Contoh:  Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu. (efektif) Semua orang tau bahwa makhluk hidup pasti mati. (maju selalu ke depan) 5. (siapa yang dipersilahkan) Silakan maju ke depan.

kalimat tidak efektif : Kedua kapten dari masing-masing tim saling bertatap-tatapan. (efektif) kalimat tidak efektif : Sungguh sangat benar-benar malang nasib anak itu. dibereskan. dan dilakukan pembersihan. kalimat tidak efektif : Kemarin banyak para karyawan yang melakukan demonstrasi. . kalimat tidak efektif : Dia berhasil terhindar daripada kecelakaan itu. (efektif) Meja itu harus segera dirapikan. (tidak efektif) Meja itu harus segera dirapikan. kalimat efektif : Kemarin banyak karyawan yang melakukan demonstrasi. kalimat tidak efektif : Mereka mengumpulkan tugas itu di dosennya. dibereskan. kalimat efektif : Mereka mengumpulkan tugas itu kepada dosennya. kalimat efektif : Dia berhasil terhindar dari kecelakaan itu. dan dibersihkan. kalimat efektif : Motor yang di parkir di ujung itu miliknya. kalimat efektif : Rapat tadi dihadiri oleh pimpinan dan para stafnya.   Semua orang tahu bahwa makhluk hidup pasti mati. kalimat tidak efektif : Rapat tadi dihadiri oleh pimpinan dan para staf-stafnya. kalimat tidak efektif : Motor yang diparkir yang di ujung itu miliknya. kalimat efektif : Kedua kapten dari masing-masing tim saling bertatapan. kalimat efektif : Banyak juga yang mengira bahwa dia seorang konglomerat. kalimat efektif : Sungguh sangat malang nasib anak itu. kalimat tidak efektif : Banyak juga yang mengira kalau dia itu seorang konglomerat.

Kita harus merubah kebiasaan yang buruk (tidak efektif) ..Dokter Febrian mengatakan kalau penyakit AIDS sangat berbahaya (tidak efektif) .Bukunya ada di saya (tidak efektif) ..dalam sebulan ia berhasil menciptakan 5 lagu (efektif) j.Ryan diperingati oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya (tidak efektif) ...kepada yang bersalah harus dijatuhi hukuman yang setimpal (tidak efektif) ..yang bersalah harus dijatuhi hukuman (kalimat efektif) c.dalam sebulan ia berhasil menciptakan 5 lagu sebulan (tidak efektif) ..Saya menyukainya karena sifat-sfatnya sangat baik (efektif) f.Bukunya ada pada saya (efektif) h. kalimat efektif : Sebaiknya bermain bola daripada tidur-tiduran.Febrian rajin bekerja agar supaya dapat mencukupi kebutuhan hidup.Dokter Febrian mengatakan bahwa penyakit AIDS sangat berbahaya (efektif) . a. (tidak efektif) .Bus Lorena Masuk Jurang.Seorang pun tidak ada yang bisa menghindar dari pengawasannya (efektif) g. – Sopir Bus Lorena yang Masuk Jurang Melarikan Diri (tidak efektif) ...Saya menyukainya di mana sifat-sifatnya sangat baik (tidak efektif) .Febrian rajin bekerja agar dapat mencukupi kebutuhan hidup (kalimat efektif) b.kalimat tidak efektif : Mendingan bermain bola daripada tidur-tiduran.Seorang pun tidak ada yang bisa menghindar daripada pengawasannya (tidak efektif) .Ryan diperingatkan oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya (efektif) d.Kita harus mengubah kebiasaan buruk (efektif) e. Sopirnya Melarikan Diri (efektif) I..

Dan ini tentunya juga membutuhkan biaya budget yang juga harus diperhitungkan dengan menentukan nilai harga dari produk itu sendiri yang sangat diharapkan dan telah dirancang agardari harga produk itu sendiri dapat menutupi semua biaya produksi sehingga akan menghasilkan profit bagi perusahaan. Penentuan harga sangat dibutuhkan strategi pemasaran yangamatlah matang agar perusahaan tidak mengalami kerugian. menyimpulkan bahwa banyak pedagang yang memakai vetsin yang melebihi batas sehingga hasil yang dirasakan sangat gurih.edu/Direktori/FPBS/JUR. Kalimat Efektif : Penelitian yang penulis jalani ini. Dan ini tentunya juga membutuhkan budget yang juga harus diperhitungkan dengan menentukan nilai harga dari produk itu sendiri yang sangat diharapkan dan telah dirancang agar harga produk itu sendiri dapat menutupi semua biaya produksi sehingga akan menghasilkan profit bagi perusahaan. Kebijakan dalam menentukan harga dari suatu produk. Kalimat Tidak Efektif : Penentuan harga dari suatu produk akan sangat mempengaruhi dari keberhasilan suatu perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang akan didapatkan oleh suatu perusahaan.Kalimat Tidak Efektif : Penelitian yang penulis jalani ini.html http://apriliana-semester4. maka kelak akan sangat mempengaruhi daripelayanan harus dilakukan oleh perusahaan terhadap konsumen.html http://file._BHS.com/2013/01/02/contoh-kalimat-efektif-dan-kalimattidak-efektif/ http://iwayanlukman. kelak akan sangat mempengaruhi pelayanan yang harus dilakukan oleh perusahaan terhadap konsumen.com/2012/10/contoh-kalimat-tidak-efektif-dan.blogspot. Harga sangat mempengaruhi penjualdari suatu produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.upi.blogspot.pdf (belum ngambil dari web ini) . Penentuan harga sangat dibutuhkan strategi pemasaran yang amat matang agar perusahaan tidak mengalami kerugian http://dayintapinasthika._PEND._DAN_SASTRA_INDONESIA/1967110319 93032-NOVI_RESMINI/KALIMAT_EFEKTIF.com/2012/12/kalimat-efektif. Kebijakan dalam menentukan harga dari suatu produk.wordpress. Kalimat Efektif : Penentuan harga suatu produk akan sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang akan didapatkan oleh suatu perusahaan. Harga sangat mempengaruhi penjualan suatu produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. menyimpulkan bahwa banyak para pedagang yang memakai vetsin yang melebihi batas sehingga hasil yang dirasakan begitu sangat gurih sekali.

com/2012/11/24/kalimat-efektif-dan-kalimat-tidak-efektif/ http://rezaprasetyo08.wordpress.net/fhutdbuttuhkciihcyanqq/kalimat-efektif-16818590 .http://ebolemon.wordpress.wordpress.com/2012/03/24/contoh-kalimat-efektif-dan-non-efektif/ http://ikasamsumantri.slideshare.com/2012/10/26/kalimat-efektif/ http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful