BELAJAR AUTOCAD DENGAN CEPAT A. PENGENALAN PROGRAM AUTOCAD 1.

Cara Membuka Program AutoCAD Untuk membuka program AutoCAD dapat dilakukan dengan dua cara : 1. Double klik pada icon AutoCAD 2. Klik Start, pilih Program, pilih Autodesh, pilih dan klik pada AutoCAD 2007 Setelah langkah di atas dilaksanakan, akan muncul pada layar monitor tampilan seperti pada gambar 1.

a d e

b c

f g

Gambar 1. Tampilan AutoCAD pada layar monitor Pada layar AutoCAD terdiri dari bagian-bagian utama antara lain : a. Judul file atau judul gambar. Jika belum diberi nama secara otomatis AutoCAD memberi judul Drawing 1 b. Menu pool down yang terdiri dari File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Draw, Dimension,Modify, Express, Window, dan Help. Jika diklik akan muncul menu yang lain. c. Kelompok tool bar Standar yang terdiri dari icon New, icon Open dan lain-lain. d. Kelompok tool bar Draw, yang berisikan icon untuk membuat gambar. e. Kelompok tool bar Modify, yang berisikan icon untuk memodifikasi/mengedit gambar. f. Command line, yang berfungsi untuk tempat memasukkan data sekaligus sebagai tempat komentar-komentar yang mengarahkan kita dalam menjalankan perintahperintah menggambar. Dengan memperhatikan komentar pada Command line ini kita seolah-olah berdialok dengan komputer pada saat kita sedang menjalankan perintahperintah dalam membuat gambar. g. Sarana Pendukung yang terdiri dari SNAP, GRID, ORTHO, POLAR, OSNAP, OTRAC, DUCS, DYN, LWT, MODEL. Bagian- bagian tersebut diatas kan dijelaskan langsung pada saat bagian tersebut diperlukan atau digunakan dalam menjalankan perintah-perintah pada AutoCAD.

Kotak dialog untuk membuka file . Ubah file name ( nama file sebagai judul gambar ) 4. Klik File pada menu pool down. maka akan muncul kotak dialog Select File seperti pada gambar 3. ikutilah langkah-langkah sebagai berikut : 1. pilih Open. lakukan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Klik tombol Open Gambar 3. Klik pada tombol Save Gambar 2. dan akan disimpan. Pilih dan Klik pada judul gambar (file) yang akan dibuka 3. Cara Menyimpan Gambar ( File ) Setelah kita membuat gambar. Cara Memanggil Gambar ( File ) Kalau kita ingin memanggil gambar (file) yang sudah dibuat. Klik File pada menu pool down.2. pilih dan klik pada Save. Maka akan muncul kotak dialog Save Drawing As seperti gambar 2. Pilih tempat untuk menyimpan 3. 2. 2. Kotak dialog untuk menyimpan file 3.

Ketik : a lalu enter B. kemudian pilih dan klik Closed. b. Jika file belum di save.4. Gambar 4. maka ikutilah langkah-langkah sebagai berikut : 1. Klik tombol OK 2.297 lalu tekan tombol enter d. garis lengkung. masukkan nama file.Jika file belum diberi nama. pilih tempat menyimpan. kemudian pilih dan klik pada Units. maka pada Command Line ada komentar yang meminta kita untuk menentukan harga koordinat dari titik pojok kiri dari area gambar kita. MENJALANKAN PERINTAH DRAW Perintah Draw adalah kumpulan tool bar yang digunakan untuk membuat gambar. lalu klik tombol save. lingkaran. maka akan muncul kotak dialog Save Drawing As seperti gambar 2. Ketik : 0. Ketik : 210. kemudian kita akan mengakhiri/menutup program AutoCAD. Klik File pada menu pool down. maka computer akan muncul kotak dialog Save. 2. Perintah Draw dapat diambil dari menu pool down Draw seperti gambar 4. Caranya ikutilah langkah-langkah sebagai berikut : a. Pengaturan Awal Sebelum Memulai Menggambar 1. kemudian pilih dan klik pada Drawing limits. Klik Format pada menu pool down. Klik Format pada menu pool down. Gambar pada dasarnya terdiri dari garis lurus. kemudian kita diminta menentukan harga koordinat untuk titik pojok kanan. segi empat. b.0 lalu tekan tombol enter. Pengaturan Satuan Sebelum kita mulai membuat gambar terlebih dahulu dilakukan pengaturan satuan yang akan dipakai dalam membuat gambar. maka akan muncul kotak dialog Drawing Units. c. Ubah jenis satuan dari inches menjadi milimeter c. Klik File pada menu pool down. segi banyak. buat kata/kalimat. Pengaturan Area Gambar Pengaturan berikutnya sebelum kita mulai menggambar adalah mengatur area gambar dengan cara sebagai berikut : a. Ketik : z lalu enter e. Cara Menutup Program AutoCAD Setelah kita membuat gambar atau memperbaiki gambar yang sudah dibuat. klik pada tombol Yes. buat arsiran dan lain-lain. Kelompok perintah Draw . pilih exit 5.

baik garis horisontal. Membuat Garis Horisontal panjang 50 & Garis Vertikal panjang 30 1. a. antara lain : 1. Menentukan titik berikutnya (next point). Geser cursor ke bawah. kita harus memahami beberapa hal. lalu ketik : 30 lalu enter. yaitu dengan cara menekan enter. untuk mengakhiri proses pembuatan garis. Untuk memnetukan titik ini tergantung pada : panjang garis dan harga sudut kemiringan garis/harga koordinat yang menentukan posisi dari titik tersebut. Langkah 4. vertikal maupun garis lurus yang miring. 6.1. . Geser cursor ke kanan. dengan cara klik pada tombol ORTHO yang ada di bagian sarana penunjang 3. Tahu prinsip pembuatan garis lurus Secara umum membuat garis lurus terdiri dari 4 (empat) langkah : Langkah 1. Enter. Memanggil perintah untuk membuat garis. lalu ketik : 50 lalu enter. Mengakhiri pembuatan garis. lalu pilih dan klik pada Line 2. Sebagai latihan buatlah garis horisontal dan vertikal seperti pada gambar di bawah ini. Menjalankan Perintah Line Perintah Line digunakan untuk membuat garis lurus. sehingga dihasilkan garis horisontal ke arah kanan sepanjang 50. Klik Draw pada menu pool down. Klik di di sembarang tempat ( sebagai titik awal garis) 4. b. sehingga dihasilkan garis vertikal ke arah bawah sepanjang 30. Langkah 3. Hidupkan ORTHO. Membuat Garis Lurus yang Miring Sebelum kita melakukan pembuatan garis lurus yang miring. yaitu klik icon Line atau dengan cara di ambil dari menu pool down Draw. Langkah 2. Menentukan titik awal (first pint) yaitu klik di sembarang tempat/tempat tertentu. 5.

Sistem sumbu (b) 3. dan sumbu Z seperti pada gambar 5(b). Memahami sistem sudut. harga sudut bernilai negatif (-) Contoh menentukan harga sudut. (a) Gambar 5. Berdasarkan aturan di atas. harga sudut yang digunakan adalah : 30 Untuk harga sudut pada pembuatan garis yang lain dapat dilihat pada tabel 1. harga sudut yang dgunakan adalah sebagai berikut : Untuk membuat garis O-A (garis horisontal dari kiri ke kanan) harga sudut yang digunaka adalah : 0 Untuk membuat garis O-B (garis miring dalam arah kuadran I ). dan Z penentuannya sama seperti pada gambar 2D seperti diperlihatkan pada gambar 5(b). dan untuk gambar tiga Dimensi (3D) terdiri dari tiga sumbu yaitu sumbu X. Untuk gambar dua Dimensi (2D) terdiri dari dua sumbu yaitu sumbu X (garis horisontal) dan sumbu Y (garis vertikal).Pada gambar 5(a) diperlihatkan harga koordinat X dan Y dengan ketentuan sebagai berikut : Harga X ke kanan bernilai positif (+)dan harga X ke kiri bernilai negatif (-) Harga Y ke atas bernilai positif (+) dan harga Y ke bawah bernilai negatif (-) Untuk gambar 3D harga harga koordinat X. Y. harga sudut diukur dari sumbu X positif pada sistem sumbu. 2. Jika arah putarnya searah jarum jam. Memahami sistem sumbu dan harga koordinat suatu titik pada sistem sumbu. Harga sudut yang digunakan dalam pembuatan garis. Untuk memnetukan harga sudut. Garis Harga Sudut Keterangan O-C 90 Garis vertikal dari bawah ke atas O-D 150 Garis miring dalam arah kuadran II O-E 180 Garis horisontal dari kanan ke kiri O-F -135 Garis miring dalam arah kuadran III .2. Jika arah putarnya berlawanan jarum jam. Y. ikuti aturan sebagai berikut : 1. seperti gambar 5(a). harga sudut bernilai poisitif (+) 3. Tabel 1.

Mengakhiri pembuatan garis. pilih dan klik Line 2. dimana pengetikan : @ = berarti harga relatif. membuat garis B-A ( dari B ke A ) berarti sebagai titik awal (first point) adalah titik B dan titik A sebagai titik berikutnya (next point). ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. dimana pengetikan : @ = berarti harga relatif. Klik Draw pada menu pool down.-15 artinya harga koordinat X = -20 karena arahnya ke kiri dan Y = -15 karena arahnya ke bawah. pilih dan klik Line 2. maka cara memasukkan data pada langkah ke 3 adalah : @-20. Klik Draw pada menu pool down. artinya harga koordinat titik B diukur dari titik A 20 = harga koordinat X titik B diukur dari titik A 15 = harga koordinat Y titik B diukur dari titik A Koma ( . Menentukan titik awal (first point) yaitu titik A. Memanggil perintah Line untuk membuat garis lurus Langkah 2. • Membuat garis miring A-B panjang 25 dengan sudut kemiringan 30 o terhadap horisontal ( arah garis di kuadran I ) Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat garis seperti pada gambar di samping. Langkah 3. ) = pemisah antara koordinat X dan Y Enter = sebagai komando untuk menjalankan data yang telah dimasukkan Langkah 4.15 lalu enter 4. Ketik : @20. Jika sekarang kita balik. Menentukan titik berikutnya (next point) yaitu titik B. Klik di sembarang tempat (titik awal=titik A) 3. Menentukan titik awal (first point) yaitu titik A. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. Enter Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. Ketik : @25<30 lalu enter 4. Klik di sembarang tempat (titik awal=titik A) 3. Hal ini sesuai dengan aturan sisten sumbu.Contoh Membuat garis Lurus yang Miring • Membuat garis A-B yang panjangnya ditentukan harga korodinat X=20 dan Y=15 Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat garis seperti pada gambar di samping. Memanggil perintah Line untuk membuat garis lurus Langkah 2. Enter Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. Langkah 3. Menentukan titik berikutnya (next point) yaitu titik B. artinya jarak titik B diukur terhadap titik A 25 = panjang garis A-B < = simbul dari sudut 30 = harga sudut kemiringan garis diukur dari sumbu X positif Enter = sebagai komando untuk menjalankan data yang telah dimasukkan .

Langkah 3. Jika kita balik yaitu membuat garis B-A. langkah pembuatannya sebgai berikut : Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat garis seperti pada gambar di samping. dimana pengetikan : @ = berarti harga relatif. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. pilih dan klik Line 2. Klik di sembarang tempat (titik awal=titik B) 3. Enter = sebagai komando untuk menjalankan data yang telah dimasukkan Langkah 4. Ketik : @25<-60 lalu enter 4. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. Jika sekarang kita balik. membuat garis B-A ( dari B ke A ) berarti sebagai titik awal (first point) adalah titik B dan titik A sebagai titik berikutnya (next point).Langkah 4. Mengakhiri pembuatan garis. Enter . Klik Draw pada menu pool down. Ketik : @25<120 lalu enter 4. artinya jarak titik B diukur terhadap titik A 25 = panjang garis A-B < = simbul dari sudut 120 = harga sudut kemiringan garis diukur dari sumbu X positif ke garis A-B dalam arah berlawanan jarum jam. Menentukan titik awal (first point) yaitu titik A. • Membuat garis miring A-B panjang 25 dengan sudut kemiringan 30 o terhadap verikakal ( arah garis di kuadran II ) Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat garis seperti pada gambar di samping. maka cara memasukkan data pada langkah ke 3 adalah : @25<-150 atau @25<210 Untuk menentukan harga sudut kemiringan caranya bayangkan bahwa di titik awal dibuat sumbu X (+) seperti gambar di samping. sehingga harga sudut yang digunakan adalah – 150. Memanggil perintah Line untuk membuat garis lurus Langkah 2. sesuai dengan aturan sistem sudut. Enter Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. Klik Draw pada menu pool down. atau menggunakan sudut 210 ( diukur dari sumbu X (+) hingga garis A-B dalam arah berlawanan jarum jam. tanda (-) karena arah putarnya searah jarum jam. lalu ukurlah sudutnya dari sumbu X tersebut ke garis yang dibuat. maka sudut kemiringan garis adalah 60 o terhadap horisontal. Mengakhiri pembuatan garis. Klik di sembarang tempat (titik awal=titik A) 3. Menentukan titik berikutnya (next point) yaitu titik B. pilih dan klik Line 2.

radius 2. Klik di sembarang tempat. Ketik : 15.diameter Langkah 2. Option TTR ( Tangent. Option 3P ( tree point ) d. Kombinasi Center-Diameter (CD) c. Memasukkan harga radius b.7 ( kombinasi CD ) Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat lingkaran seperti pada gambar di samping. pilih dan klik center. Klik Draw pada menu pool down. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. Menjalankan Perintah Circle Perintah Circle digunakan untuk membuat lingkaran. pilih dan Circle. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah kegiatannya berikut ini .7 lalu enter Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. Ketik : 20 lalu enter Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. Membuat lingkaran dengan Option 3P dan 2P Lingkaran yang dibuat dengan option 3P dan 2P adalah lingkaran yang tidak diketahui ukurannya tetapi sudah diketahui tiga titik yang harus dilalui oleh garis lengkaran tersebut. ) c. pilih dan Circle.Memanggil perintah Circle untuk membuat linkaran dengan option center. ) diganti dengan titik ( . atau titik tertentu 3. pilih dan klik center. atau titik tertentu 3.2.diameter 2. Option 2P ( two point ) e. dimana untuk simbul desimal koma ( .Radius ) a.Tangent. Ada 5 (lima) cara (option) dalam pembuatan lingkaran dengan perintah circle. Membuat lingkaran dengan R=15. Memasukkan harga diameter. Memanggil perintah Circle untuk membuat linkaran Langkah 2. Menentukan titik pusat lingkaran (center point) Langkah 3. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. Kombinasi Center-Radius (CR) b. Klik di sembarang tempat. Membuat lingkaran dengan R=20 ( kombinasi CR ) Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat lingkaran seperti pada gambar di samping. yaitu : a. Menentukan titik pusat lingkaran (center point) Langkah 3. Klik Draw pada menu pool down.

Klik di titik 1 dan 2. maka jadilah linkaran seperti gambar yang sebelah kanan d. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. maka jadilah lingkaran seperti gambar yang sebelah kanan Untuk membuat lingkaran dengan option 2P. pilih dan Circle. Membuat lingkaran dengan Option TTR ( Tangent. baik garis lurus maupun garis lengkung. Memasukkan data radius lingkaran yang akan dibuat . Klik di titik 1. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah pembuatannya sebagai berikut.Tangent. pilih dan Circle. pilih dan klik 3P 2. Klik Draw pada menu pool down. dan 3. Klik di titik 1 dan 2 3.Radius ) Lingkaran yang dibuat dengan option TTR apabila dikehendaki bahwa lingkaran dengan radius tertentu harus menyingung dua garis lainnya. pilih dan Circle. Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat linkaran dengan option TTR .Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat lingkaran dengan option 3P.Tangent. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. Ketik : 6 lalu enter Awal Hasil Awal Hasil Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. 2. pilih dan klik Tangent. Memanggil perintah Circle untuk membuat lingkaran dengan option TTR Langkah 2. Menentukan titik singgung pertama dan titik singgung ke dua Langkah 3. Klik Draw pada menu pool down. pilih dan klik 2P 2. Klik Draw pada menu pool down.Radius 2.

20 lalu enter. Harga Y yang arhnya ke atas berharga positif ( + ) dan yang arahnya ke bawah berharga negatif ( . Menentukan titik pojok lainnya (other conner=titik 2) dengan cara memasukkan data panjang (20) dan lebar (15) Catatan : Dalam sistem koordinat kartesian panjang = 20 itu sebagai harga koordinat X. Klik Draw pada menu pool down.) Jadi untuk membuat segi empat yang hasilnya ada di kuadran III dan IV maka cara pemasukan data pada langkah ke 3 adalah sbb : Ketik : @-20. dan 15 itu diukur dari titik 1 Untuk membuat segi empat dalam arah di kuadran II dengan ukuran ( 15x20 ) caranya sama dengan di atas.-15 lalu enter → hasilnya di kuadran III Ketik : @15. Menjalankan Perintah Rectangle Rectangle adarh perintah untuk membuat bangun segi empat denagn ukuran tertentu ( panjang x lebar ). Memanggil perintah Rectangle untuk membuat segi empat Langkah 2. ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. pilih dan klik Rectangle.Lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini. 2. Sedang simbul @ = berarti harga 20. hal ini sesuai dengan sistem koordinat. Menentukan titik pojok pertama (first conner) Langkah 3. Klik di sembarang tempat ( titik 1 ) 3.Untuk membuat segi empat dengan ukuran ( X x Y ) pada dasarnya kita diminta untuk menentukan posisi titik pojok pertama ( first conner ) dan posisi titik pojok lainnya ( other conner ) yang berseberangan ( dalam arah diagonal ). → hasilnya di kuadran II Harga negatif pada koordinat X ( -15 ). Ilustrasi Deskripsi Untuk membuat segi empat dengan ukuran ( 20x15) dalam arah di kuadran I.15 lalu enter II III I IV Penjelasan setiap langkah : Langkah 1. dan diantara harga X dan harga Y dipisahkan dengan koma ( .-20 lalu enter → hasilnya di kuadran IV . karena arah X dari kanan ke kiri . seperti pada gambar di samping. ). Ketik : @20.).3. dan lebar = 15 itu sebagai koordinat Y. akan tetapi pada langkah 3 cara memasukkan data sbb : Ketik : @-15. bahwa harga X yang ke arah kanan berharga positif ( + )dan yang arahnya ke kiri berharga negatif ( .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful