JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH JANTUNG Jantung merupakan organ utama dalam system kardiovaskuler.

Jantung dibentuk oleh organ-organ muscular, apex dan basis cordis, atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri. Ukuran jantung kira-kira panjang 12 cm, lebar 8-9 cm serta tebal kira-kira 6 cm. Berat jantung sekitar 7-15 ons atau 200 sampai 425 gram dan sedikit lebih besar dari kepalan tangan. Setiap harinya jantung berdetak 100.000 kali dan dalam masa periode itu jantung memompa 2000 galon darah atau setara dengan 7.571 liter darah. Posisi jantung terletak diantar kedua paru dan berada ditengah tengah dada, bertumpu pada diaphragma thoracis dan berada kira-kira 5cm diatas processus xiphoideus. Pada tepi kanan cranial berada pada tepi cranialis pars cartilaginis costa III dextra, 1cm dari tepi lateral sternum. Pada tepi kanan caudal berada pada tepi cranialis pars cartilaginis costa VI dextra, 1 cm dari tepi lateral sternum.Tepi kiri cranial jantung berada pada tepi caudal pars cartil aginis costa II sinistra di tepi lateral sternum, tepi kiri caudal berada pada ruang intercostalis 5, kira-kira 9 cm di kiri linea medioclavicularis. Selaput yang membungkus jantung disebut pericardium dimana teridiri antara lapisan fibrosa dan serosa, dalam cavum pericardii berisi 50 cc yang berfungsi sebagai pelumas agar tidak ada gesekan antara pericardium dan epicardium. Epicardium adalah lapisan paling luar dari jantung, lapisan berikutnya adalah lapisan miokardium dimana lapisan ini adalah lapisan yang paling tebal. Lapisan terakhir adalah lapisan endocardium. Ada 4 ruangan dalam jantung dimana dua dari ruang itu disebut atrium dan sisanya adalah ventrikel. Pada orang awan atrium dikenal dengan serambi dan ventrikel dikenal dengan bilik. Ruang Jantung terbagi atas empat ruang. 1. Serambi kanan dan serambi kiri yang dipisahkan oleh septum intratrial, 2. Bilik kanan dan bilik kiri yang dipisahkan oleh septum interventrikular.

Right Coronary 3. sedangkan pada atrium kiri dan ventrikel kiri juga mempunyai katup yang disebut dengan katup mitral.Diantara atrium kanan dan ventrikel kana nada katup yang memisahkan keduanya yaitu ktup tricuspid. Kedua atrium merupakan ruang dengan dinding otot yang tipis karena rendahnya tekanan yang ditimbulkan oleh atrium. Superior Vena Cava 6. Kedua katup ini berfungsi sebagai pembatas yang dapat terbuka dan tertutup pada saat darah masuk dari atrium ke ventrikel. Mitral Valve Pulmonary ValveFungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh dimana pada saat memompa jantung otot-otot jantung (miokardium) yang bergerak. Left Anterior Descending 4. Tricuspid Valve 2. Aktifitas listrik inidimulai pada nodus sinoatrial (nodus SA) yang terletak pada celah antara vena cava suiperior dan atrium . Pulmonary Artery 9. Chordae Tendineae 16. Inferior Vena Cava 7. Left Atrium 13. Pulmonary Vein 10. Selain itu otot jantung juga mempunyai kemampuan untuk menimmbulkan rangsangan listrik. Papillary Muscles 15. 1. Left Circumflex 5. Left Ventricle 14. Aorta 8.Aktifitas kontraksi jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh selalu didahului oleh aktifitas listrik. Right Ventricle 12. Sebaliknya ventrikel mempunyai dinding otot yang tebal terutama ventrikel kiri yang mempunyai lapisan tiga kali lebih tebal dariventrikel kanan. Right Atrium 11.

vena besar. arteriole lalu ke seluruh tubuh lalu ke venule. serabut Purkinje dan akhirnya ke seluruh otot ventrikel. Sirkulasi darah ditubuh ada 2 yaitu sirkulasi paru dan sirkulasi sistemis. Pada nodus SA mengawali gelombang depolarisasi secara spontan sehingga menyebabkan timbulnya potensial aksi yang disebarkan melalui sel-sel otot atrium. aliran vena dari ventrikel dibawa melalui vena koroner dan langsung masuk ke atrium kanan dimana aliran darah vena dari seluruh tubuh akan bermuara. nodus atrioventrikuler (nodus AV). Kedua arteri koroner ini keluar dari aorta kira-kira ½ inchi diatas katup aorta dan berjalan dipermukaan pericardium. setelah dari paru keluar melalui vena kecil. Sirkulasi paru mulai dari ventrikel kanan ke arteri pulmonalis. berkas His. Sirkulasi ini mempunyai tekanan yang rendah kira. kapiler lalu masuk ke paru. maka jantung membutuhkan lebih banyak darah dibandingkan dengan organ lain. vena kecil. vena pulmonalis dan akhirnya kembali ke atrium kiri. .kanan. Aliran darah untuk jantung diperoleh dari arteri koroner kanan dan kiri. arteri kecil. arteri besar dan kecil.kira 15-20 mmHg pada arteri pulmonalis. vena cava inferior. Sirkulasi sistemis dimulai dari ventrikel kiri ke aorta lalu arteri besar. Sesudah terjadi pertukaran O2 dan CO2 di kapiler . vena cava superior akhirnya kembali ke atrium kanan. Lalu bercabang menjadi arteriol dan kapiler ke dalam dinding ventrikel. Oleh karena itu jantung tidak pernah istirahat untuk berkontraksi demi memenuhi kebutuhan tubuh.

Volume darah pada setiap komponen sirkulasi berbeda-beda. Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). . Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Darah dari bilik kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis. Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam serambi kanan. 13% pada arteri dan 7 % pada arteriol dan kapiler. Pada kapiler terjadin pertukaran O2 dan CO2 dimana pada sirkulasi sistemis O2 keluar dan CO2 masuk dalam kapiler sedangkan pada sirkulasi paru O2 masuk dan CO2 keluar dari kapiler. CARA KERJA JANTUNG Pada saat berdenyut. dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. dimana 64% pada vena. Setelah atrium kanan terisi darah. menuju ke paru-paru.Darah yang kaya akan oksigen (darah bersih) mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke serambi kiri.Sirkulasi sistemik mempunyai fungsi khusus sebagai sumber tekanan yang tinggindanmembawa oksigen ke jaringan yang membutuhkan. menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida yang selanjutnya dihembuskan. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru. 84% dari volume darah dalam tubuh terdapat pada sirkulasi sistemik. dia akan mendorong darah ke dalam bilik kanan.

pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam. dan lain sebagainya. Pembuluh kapiler memiliki diameter yang sangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal.Darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai alat transportasi serta memiliki banyak kegunaan lainnya untuk menunjang kehidupan. PEMBULUH DARAH Darah adalah cairan yang terdapat pada manusia ataupun hewan tingkat tinggi yang berfungsi sebagai alat transportasi zat seperti oksigen.Peredaran darah di antara bagian kanan jantung. Darah dalam serambi kiri akan didorong menuju bilik kiri. yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Arteri dan vena terletak bersebelahan. Cabang terkecil dari arteri dan vena disebut kapiler. Arteri berhubungan langsung dengan vena pada bagian kapiler dan venula yang dihubungkan oleh bagian endotheliumnya. paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner. Berdasarkan aliran darahnya. Perbedaan struktur masing-masing . bahan hasil metabolisme tubuh. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium. pembuluh nadi atau arteri (pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung) b. kecuali paru-paru. yaitu a. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. Pembuluh darah merupakan saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya. Tanpa darah yang cukup seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan dan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Darah kaya oksigen ini disediakan untuk seluruh tubuh. lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis. pertahanan tubuh dari serangan kuman. pembuluh balik atau vena (pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung).

sekitar 3010% terkonsentrasi di dalain limpa dan sisanya bersirkulasi dalam darah.000-400. yaitu suatu protein yang mengandung senyawa hemin dan Fe. Trombosit dalam keadaan normal bersirkulasi ke seluruh tubuh melewati aliran darah.pembuluh darah berhubungan dengan perbedaan fungsional masing-masing pembuluh darah tersebut. Sedangkan pada wanita dewasa dalam 1 mm3 darahnya terkandung 4 juta eritrosit. Pada laki-laki dewasa. Trombosit melekat ke permukaan yang rusak dan mengeluarkan beberapa zat (serotonin dan histamin) yang menyebabkan terjadinya vasokonstriksi pembuluh. Hb. Namun. Fungsi Trombosit Trombosit berperan penting dalam pembentukan bekuan darah. bikonveks. oval. tidak berinti.000/mitiliter). b) Mengandung Hb (hemoglobin). SEL-SEL DARAH 1. . dan Fe akan mengakibatkan anemia. dan hidup sekitar 10 hari Jumlah trombosit antara 150 dan 400 x 10″9/liter (150. dalam beberapa detik setelah kerusakan suatu pembuluh. Eritrosit (sel darah merah) Ciri-ciri eritrosit: a) Tidak berinti. dalam 1 mm3 darahnya terkandung 5 juta eritrosit. Hb mempunyai daya ikat terhadap O2 dan CO2. trombosit tertarik ke daerah tersebut sebagai respons terhadap kolagen yang terpajang di lapisan subendotel pembuluh. Kekurangan eritrosit. 1 PEMBENTUKAN ELEMEN DARAH Trombosit Trombosit adalah bagian dan beberapa sel-sel besar dalam sumsum tulang yang berbentuk cakram bulat.

Pengikatan oksigen oleh Hb terjadi di dalam paru-paru Leukosit (sel darah putih) Fungsi leukosit ialah sebagai pertahanan tubuh yaitu membunuh dan memakan bibit penyakit/bakteri yang masuk ke dalam jaringan RES (sistem retikuloendotel). tempat pembiakannya di dalam limpa dan kelenjar limfe.Fungsi eritrosit adalah mengangkut oksien dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya leukosit disebut juga fagosit. sebagai pengangkut yaitu mengangkut / membawa zat lemak dari dinding usus melalui limpa terus ke pembuluh darah. Ciri-ciri leukosit: a) Berfungsi mempertahankan tubuh dari serangan penyakit dengan cara memakan(fagositosis) penyakit tersebut. Eritrosit mampu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh karena memiliki hemoglobin (Hb). Jumlah leukosit sangat sedikit dibandingkan setiap mm3 darah hanya 6000 . .9000) dengan eritrosit (dalam b) c) Bentuknya bervariasi dan mempunyai inti sel bulat ataupun cekung. Hemoglobin merupakan suatu protein khusus yang mengandung zat besi yang mampu mengikat oksigen. Dalam setiap eritrosit terdapat sekitar 250 juta molekul Hb. d) Geraknya seperti Amoeba dan dapat menembus dinding kapiler. Tiap molekul Hb dapat membawa empat molekul oksigen.

TUGAS MERESUM FISIOLOGI JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH Disusun oleh Nama :Aditya Gian Permana Putra NIM: 20101660043 S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA 2011 .

31) kesehatan.Pembuluh. tgl 9 juli 2011pkl.bagi.00) . 09. 11. 23.anneahira.com/.com/read/. (minggu. tgl 10 juli 2011 pkl./macam-macam-pembuluh-darah.....blogspot.com/anatomi-dan-fisiologi-jantung.tgl 9 juli 2011 pkl.02) 9reeners.kompas..DAFTAR PUSTAKA www.Sukun.tgl 10 juli 2011 pkl.com/2009/.Darah (sabtu. 22..htm l(minggu./sistem-peredaran-darah-jantung-manusi.htm (sabtu.wordpress./.30) titatituutt.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful