Sejarah Perkembangan Akuntansi Forensik dan Fraud Unit forensik spesialis berkembang di akhir tahun delapan puluhan dan

awal tahun sembilan puluhan. Namun di Australia belum sejak tahun 1998 bahwa perusahaan-perusahaan akuntansi yang besar telah berkomitmen untuk

pengembangan layanan forensik khususnya dalam unit bisnis. Di tahun-tahun sejak tahun 1998, unit spesialis forensik telah mengembangkan tingkat yang jauh lebih besar dari keahlian, menerapkan pengetahuan dan keterampilan ke tingkat yang tidak mungkin sebelum pengembangan spesialisasi. Keterampilan dalam unit forensik termasuk akuntan spesialis, teknologi forensik, dan keterampilan hukum, investigasi dan analitis dikembangkan dalam konteks yang berbeda dan, dalam beberapa kasus, di luar profesi akuntansi, dan keterampilan ini sekarang diterapkan dalam bentuk nasihat spesialis forensik yang kohesif. Akuntansi forensik merupakan penerapan disiplin akuntansi dalam arti luas, termasuk auditing pada masalah hukum untuk penyelesaian hukum di dalam atau di luar pengadilan, di sektor publik maupun swata. Akuntansi forensik adalah akuntansi yang akurat untuk tujuan hukum atau akuntansi yang tahan uji dalam kancah perseteruan selama proses pengadilan atau dalam proses peninjauan yudisial atau tinjauan administratif. Akuntansi forensik merupakan praktik khusus bidang akuntansi yang menggambarkan keterlibatan yang dihasilkan dari perselisihan aktual atau yang diantisipasi atau litigasi. Dalam perkembangannya, akuntansi forensik terbentuk dari penggabungan antara akuntan dan sistem hukum. Pengacara menggunakan akuntansi forensik

1

Perselisihan Pasca Akuisisi 6. serta penghematan waktu dan uang. Kerugian Ekonomi 4. Di Amerika. a. untuk mengatasi masalah seperti ambiguitas penipuan.untuk menemukan bukti dalam kasus korupsi yang tidak dapat mereka peroleh. menggunakan pengalaman yang diperoleh dari keterlibatan reaktif. Jasa saksi ahli 2. Klaim asuransi 2 . Pelayanan Penilaian 3. seorang auditor forensik (orang yang berprofesi di bidang akuntansi forensik) atau pemeriksa fraud bersertifikasi (Certified Fraud Examiners/CFE) tergabung dalam Association of Certified Fraud Examiners (ACFE). Itu adalah pada titik bahwa ia akuntan forensik telah dipanggil untuk melakukan investigasi atau mengukur klaim. kecurigaan penipuan telah dicatat. pelanggaran dan kontrak sebelum mereka muncul. Peluang profesi baru ini telah diidentifikasi untuk menawarkan layanan proaktif. Perselisihan atas kenyataan . Sesuai layanan forensik umum dapat sebagai orang yang reaktif. layanan forensik telah reaktif agak tahan proaktif. atau kesalahan yang sudah diduga. Kelalaian Profesi 5. akuntan forensik telah dipanggil ketika suatu masalah sudah dalam sengketa.Pelayanan yang reaktif 1. Ini telah mengakui manfaat kepada reputasi perusahaan. Jenis Peayanan Forensik Secara tradisional. dan mereka yang proaktif.

Perilaku Bisnis yang tidak pantas . Investigasi pencucian uang d.pelayanan yang proaktif 1. Teknologi forensik 3. Perselisihan atas kekayaan intelektual 8. Kepatuhan Survei 7. Budaya Peningkatan Program / Pengembangan Kode Perusahaan 3 . Alternatif penyelesaian perselisihan 3. Perilaku bisnis yang tidak pantas . Diagnosa Pelanggaran dan kecurangan 2.pelayanan yang proaktif 1. Perselisihan atas kenyataan . Penyelidikan untuk penerima perusahaan / administrator / likuidator 6. Investigasi atas kekayaan intelektual 5.7. Penipuan investigasi 2. Kecerdasan Perusahaan 3. Pakar yang menentukan pelayanan c. Konsultasi keamanan 4. Anti Pencucian Uang 5. Perjanjian pemeriksaan 2.pelayanan yang reaktif 1. Kepatuhan Penasehat 6. Penelusuran Aset 4. Tindakan Kelompok b.

2005 4 . John Willey and Sons Australian Ltd. Governance and Accountability : A Professional Perspective.Referensi Dellaportas Steven. ethicd. et al.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful