SURYADI

C 201 11 040

MANAJEMEN KREDIT PERBANKAN

Perkataan kredit (credit) berasal dari kata credere yang artinya “kepercayaan”. Jadi
memperoleh kredit berarti memperoleh kepercayaan. Kemudian kredit berarti suatu pemberian kepercayaan dimana balas jasa diberikan pada waktu setelah prestasi dilakukan.. Misalnya, kredit penjualan yang diberikan oleh penjual kepada pembeli dalam suatu transaksi jual-beli, penjual menyerahkan barang atau jasa terlebih dahulu kepada pembeli, sedang pembayaran atas barang atau jasa tersebut dilakukan beberapa waktu kemudian oleh pihak pembeli. Dalam kegiatan kredit, ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak pemberi kredit yang disebut kreditur dan pihak penerima kredit yang disebut dengan istilah debitur. Dari contoh diatas, pihak penjual disebut kreditur dan pihak pembeli disebut debitur. Kreditur adalah pihak yeng memiliki tagihan atau piutang, sedangkan debitur adalah pihak yang memilki kewajiban atau hutang. Menurut jangka waktunya, kredit dibedakan menjadi :
  

Kredit jangka pendek, yaitu kredit yang jangka waktu pelunasannya maksimum 1 tahun. Kredit jangka menengah, yaitu kredit yang jangka waktu pelunasannya antara 1 sampai dengan 3 tahun. Kredit jangka panjang, yaitu kredit yang jangka waktu pelunasannya lebih dari 3 tahun.

Menurut rencana penggunaannya, kredit dibedakan menjadi :

Kredit konsumtif, yaitu kredit yang akan digunakan untuk keperluan konsumsi atau kredit yang semata-mata dipergunakan untuk memperoleh barang-barang yang akan dipakai. Kredit produktip, yaitu kredit yang akan digunakan untuk usaha produksi atau kredit yang digunakan untuk memperoleh tambahan penghasilan.Kredit produktif ini dibedakan menjadi kredit : Kredit modal kerja, yaitu kredit yang akan digunakan untuk menjalankan usaha sehari, misalnya untuk membeli bahan baku, membayar upah pegawai dan sebagainya. Kredit investasi, yaitu kredit yang akan digunakan untuk memperoleh alat-alat produksi yang akan dipakai dalam jangka waktu yang lama, misalnya mesin.

Dalam bahasan ini akan dikhususkan untuk pemberian kredit dari penjualan barang dagangan. Sehingga bahasan yang disampaikan, berkisar seputar tentang kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh penjualan sehubungan dengan penjualan barang dagangan secara kredit. Penetuan kelayakan kredit bagi pelanggan atau calon pelanggan dalam suatu perusahaan akan ditentukan oleh Bagian Kredit.

berdasarkan order yang masuk akan menyampaikan permintaan persetujuan kredit kepada Bagian Kredit. Hal ini biasanya dilakukan untuk order dari para pelanggan yang sudah diketahui memiliki reputasi baik. Bagian Order Penjualan       Menerima order dari pelanggan atau calon debitur Membuat daftar usulan persetujuan kredit rangkap dua Menyampaikan daftar usulan kredit rangkap dua kepada Bagian Kredit. meliputi :    Mengidentifikasi pelanggan atau calon pelanggan Menganalisa kelayakan pemberian kredit Menentukan besarnya kredit Bagian yang terlibat langsung dengan kegiatan persetujuan kredit adalah Bagian Order Penjualan dan Bagian Kredit. Kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Order Penjualan dan Bagian Kredit dalam menangani persetujuan kredit.Secara garis besar kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Kredit sehubungan dengan pemberiaan kredit untuk pelanggan atau calon pelanggannya. dalam praktek biasanya Bagian Order Penjualan tidak menyampaikan daftar usulan persetujuan kredit tetapi berupa Surat Order Pengiriman untuk minta disetujui oleh Bagian Kredit. sebagai berikut 1. Bagian Order Penjualan. Bagian Kredit      Menerima daftar usulan kredit dua lembar dari Bagian Order Penjualan dilampiri surat order dari pelanggan atau calon debitur Menganalisis dan menentukan kelayakan kredit untuk pelanggan atau calon debitur yang diusulkan oleh Bagian Order Penjualan Membuat daftar persetujuan kredit sesuai dengan hasil analisis kelayakan kredit Menyerahkan daftar persetujuan kredit lembar satu beserta surat order dari pelanggan atau calon debitur kepada Bagian Order Penjualan Mengarsip daftar persetujuan kredit lembar dua untuk mengoreksi data kredit yang diberikan dengan data surat order pengiriman yang dibuat oleh Bagian Order Penjualan Untuk mempercepat proses penjualan. . dilampiri surat order yang diterima dari pelanggan atau calon debitur Menerima daftar persetujuan kredit lembar satu dari Bagian Kredit beserta surat order yang diterima dari para pelanggan atau calon debitur Melaksanakan pemberian kredit sesuai dengan jumlah kredit yang telah ditetapkan oleh Bagian Kredit yang tercantum dalam daftar persetujuan kredit Mengarsipkan surat order dari pelanggan beserta surat order pengiriman barang yang bersangkutan 2.

Menerima kembali Surat Order Pengiriman lembar 1 dan 2 dari Bagian Pengiriman. Contoh : Usulan kredit yang dibuat oleh Bagian Order Penjualan. Bagian Order Penjualan akan membuat daftar usulan persetujuan kredit untuk dimintakan persetujuan kredit dari Bagian Kredit. Surat Order Pengiriman lembar 7 yang telah diotorisasi diarsip menurut tanggal pengiriman. Lembar 9. Sementara lembar 2 dan 3 untuk ditandatangani oleh perusahaan angkutan umum sebagai bukti penyerahan barang untuk dimuat atau sebagai surat muat (bill of lading). yang diterima melalui Bagian Order Penjualan. Contoh : Usulan kredit yang setujui oleh Bagian Kredit Setelah keputusan persetujuan kredit diterima. dikirim ke pembeli sebagai pemberitahuan bahwa surat pesanan dari pembeli sudah diterima dan sedang diproses. Membuat Surat Order Pengiriman (SOP) sebanyak 9 lembar dengan distribusi sebagai berikut :      Lembar 1. Dalam daftar tersebut. 5. 3. daftar tersebut dikembalikan ke Bagian Order Penjualan untuk diproses lebih lanjut. Selanjutnya. Kolom-kolom tersebut akan diisi oleh Bagian Kredit dengan terlebih dahulu melakukan analisis kelayakan kredit. Lembar 6. Mengirim kembali Surat Order Pengririman lembar 1 dan 2 kepada Bagian Penagihan untuk dibuatkan Faktur Penjualan Faktur pejualan dibuat oleh Bagian Penagihan berdasarkan Surat Order Pengiriman lembar 1 dan 2 dari Bagian Pengiriman. dieserahkan kepada Bagian Pengriman. sebagai arsip untuk kepentingan pengawasan pengiriman barang. Lembar 4 sebagai perintah untuk mengrimkan barang dan lembar 5 untuk slip pembungkus. Dokumen yang harus disiapkan oleh Bagian Order Penjualan dan pendistribusiannya sebagai berikut . 4. Lembar 2. sebagai bukti bahwa barang tersebut telah dikirim kepada pembeli. untuk kolom Jumlah Satuan Disetujui dan kolom Kredit Disetujui masih telihat kosong. Faktur penjualan dibuat sebanyak 5 lembar dengan pendistribusian sebagai berikut : . 1. sebagai pemberitahuan bahwa barang telah dikirimkan. 2.Daftar persetujuan kredit Berdasarkan order yang diterima dari pelanggan atau calon debitur. 3. diserahkan kepada Bagian Gudang sebagai perintah untuk menyiapkan barang sesuai Surat Order Pengiriman. diarsipkan menurut abjad di Bagian Order Penjualan untuk kepentingan pelayanan kepada pelanggan dalam hal timbul pertanyaan mengenai barang yang dijual. kegiatan berikutnya yang dilakukan oleh Bagian Order Penjualan merealisasi penjualan kredit. Lembar 8. bersama Surat Order Pembelian.

Menganalisis dan mendesain pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan. dan mengapa pekerjaan itu harus dikerjakan.  Job Analysis 1. penyediaan sumber daya manusia (bankir) sebagai motor penggerak operasional bank haruslah disiapkan sedini mungkin. dikirim kepada pembeli Lembar 2. yaitu kegiatan untuk memperoleh sejumlah tenaga kerja melalui berbagai sumber * Memperbaiki SDM bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan dan pengembangan atau transfer serta promosi karyawan Nilai penting dalam Perencanaan Sumber Daya Manusia * Antisipasi terhadap pembukaan cabang baru * Adanya pensiun normal karyawan * Pengunduran diri karyawan * Diberhentikan oleh bank * Karyawan meninggal dunia atau mengalami kecelakaan  Rekruitmen dan Seleksi .     Lembar 1. sumber daya manusia yang dimiliki oleh bank haruslah memiliki kemampuan dalam menjalankan setiap transaksi perbankan. diserahkan lepada Bagian Piutang dilampiri Surat Order Pengiriman lembar 1 Lembar 3. Kemampuan yang telah dimiliki harus telah diasah secara terus-menerus. bagaimana mengerjakannya. 2. baik melalui pengalaman kerja maupun pelatihan dan pengembangan karyawan.Informasi tertulis mengenai pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan dalam suatu perusahaan agar tujuan tercapai.mengingat faktor pelayanan yang diberikan oleh para karyawan ini sangat menentukan sukses atau tidaknya bank ke depan. Disamping itu. diserahkan lepada pramuniaga untuk perhitungan komisi penjualan SUMBER DAYA MANUSIA PERBANKAN Salah satu pengelolaan paling penting dalam dunia perbankan disamping pemasaran bank adalah pengelolaan terhadap sumber daya manusianya (SDM). Untuk itu. Hal ini disebabkan sumber daya manusia merupakan tulang punggung dalam menjalankan roda kegiatan operasional suatu bank. diserahkan lepada Bagian Jornal Lembar 4. diserahkan lepada Bagian Kartu Persediaan untuk perhitungan harga pokok Lembar 5.  Perencanaan Tenaga Kerja Tujuan : * Pengadaan karyawan menyediakan tenaga kerja baik jangka pendek maupun jangka panjang * Penarikan karyawan. .Rekrutmen adalah kegiatan untuk menarik sejumlah pelamar agar melamar ke bank.

 Sumber Tenaga Kerja Walk-in Employee refferals Lembaga pendidikan Iklan Want-ad (nama dan alamat perusahaan tertulis jelas) Blind-ad (nama dan alamat perusahaan tidak tertulis) Bursa tenaga kerja Asosiasi profesional Open house Teknik Pelatihan dan Pengembangan 1. 6. Penugasan tugas sementara.Teknik presentasi: sistem perkuliahan.Seleksi adalah proses pemilihan calon karyawan yang telah direkrut melalui berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh bank. 8. Teknik presentasi dan metode simulasi . konferensi .Paket pendidikan di lembaga pendidikan. sepeti paket pendidikan komputer. 3.Promosi jabatan  Pengembangan Karir * Meningkatkan prestasi kerja * Meningkatkan kesetiaan dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan * Memiliki mentor dan sponsor * Pindah ke perusahaan lain  Pemberian Kompensasi * Kompensasi finansial. 9.  1. role playing. Magang.Metode simulasi: studi kasus. 2. 4. business game. vestibule training. video. dll . berupa tunjangan-tunjangan seperti tunjangan kesehatan. berupa gaji dan bonus * Kompensasi non finansial. 2. On the job training : Bagian-bagian organisasi yang ada dalam perusahaan. latihan laboratorium Pengembangan : .. tunjangan hari tua. marketing. 7. serta fasilitas kesejahteraan lainnya   Integrasi dan Pemeliharaan Pemutusan Hubungan Kerja . accounting.Transfer antar bagian . bahasa asing. 5.

Ini berarti kredit emang kudu berarti bener-bener aman alias uang yang dikreditkan bisa balik lagi atau bisa dilunasi plus dengan bunga yang telah dijanjikan sebelumnya. kredit tanpa jaminan. jangka pendek c. Intinya bank memberikan kredit dengan poin-poin kayak gini: 1. jangka menengah  o kredit berdasarkan jaminannya a. Sebelum melangkah ke sini kita bahas dahulu penggolongan kredit:  o kredit berdasarkan jangka waktunya a. Dalam pemberian pinjaman Bank mesti hati-hati jangan sampai terjadi kredit macet. kredit dengan jaminan b. Tapi belakangan ini pemerintah mengeluarkan bantuan kredit kepada para wirausaha kecil melalui program PNPM mandiri atau pun KUR yang katanya selain tanpa jaminan ditambah tanpa bunga pula  o o kredit berdasarkan jenis usaha. . 2. jangka panjang b. Tujuan penggunaan kredit terarah.TUGAS RESUME NAMA STAMBUK : : ADIEL MANDALA PUTRA C 201 09 029 MANAJEMEN KREDIT PERBANKAN Salah satu tugas bank adalah menyalurkan kredit kepada masyarakat. Ini berarti untuk setiap pemberian kredit jadi bank kudu tahu dulu penggunaan kreditnya buat apa. Peranan ini akan menjadi sangat penting Karena kebanyakan keuntungan dari Bank diambil dari penyaluran kredit yaitu bunga dari para peminjam. Aman. Ini seperti kredit untuk usaha otomotif. Bener nggak? Soalnya kalo kredit macet sampe terjadi bias-bisa bank kesuliatan likuiditas sehingga bank bisa dilikuidasi. Umumnya bank jarang ngeluarin produk kayak gini soalnya agak bertentangan dg konsep “aman” tadi. usaha tekstil dll kredit berdasarkan tujuan. usaha bengkel.

. pendayagunaan. makafungsi SDM dituntut untuk dapat memposisikan perannya di dalam perusahaan. Kredit berdasarkan tujuan bisa berarti apakan tujuannya untuk kredit atau produktif. pengembangan. dan pemeliharaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien. MSDM PERBANKAN Manusia merupakan sumberdaya yang paling penting untuk mencapai keberhasilan visi dan misi perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu aktivitas pada bank bjb untuk melakukan proses rekruitmen. tanpa aspek manusia sulit kiranya tujuan-tujuan perusahaan dapat tercapai. Divisi SDM berada di bawah koordinasi langsung Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko. Sumber Daya Manusia bank bjb harus menempatkan fungsinya mendukung unit bisnis & support dengan peran sebagai berikut :  Mitra Bisnis Strategis : mempunyai kemampuan dalam menterjemahkan strategi bisnis yang ditetapkan perusahaan menjadi tindakan-tindakan dalam pengelolaan SDM yang fokus untuk menunjang pencapaian kinerja setiap unit kerja. menguntungkan. Untuk itu disini bisa melihat tingkat resiko pengembalian yang dikehendaki. Kredit konsumtif. Betapapun sempurnanya aspek teknologi dan pemasaran. Ini berarti kredit yang digunakan untuk konsumsi akhir. Rasanya pada setiap bank sulit rasanya memberikan kredit tanpa memberikan hasil keuntungan pada bank itu sendiri. 3. Ini biasanya digunakan buat para usahawan buat manambah modal kerja dan investasinya yanhg diharapkan membantu kelancaran dan kemajuan usahanya. Kredit produktif. Demi mendukungvisi & misidi bank bjb dalam melaksanakan langkah-langkah strategis yang tepat untuk bersaing di pasar global. Ini kayak fungsi kartu kredit kan fungsinya buat belanja-belanja b.a. Secara struktur organisasi bank bjb. Ini selalu menjadi acuan utama.

kebersamaan.   Tertib Administrasi : memiliki data-data kepegawaian yang akurat & berguna bagi proses pengelolaan SDM. Budaya perusahaan bank bjb memiliki 14 butir perilaku. sebagai berikut: o Ramah. Budaya Perusahaan : Sesuai dengan corporate values bank bjb “GO SPIRIT”. Kekeluargaan o Selalu memberikan pelayanan prima o Cepat. Tulus. dan penuh semangat o Menjaga citra bank melalui perilaku terpuji & menjunjung tinggi etika o Fokus pada nasabah o Peduli pada lingkungan o Memberikan solusi yang terbaik o Berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri o Menyukai perubahan yang positif o Menumbuhkan transparansi. tepat. dan akurat o Kompeten & bertanggung jawab o Memahami & melaksanakan ketentuan perusahaan o Konsisten. pegawai harus bisa mengimplementasikan budaya perusahaan dalam segala aktivitas pekerjaan. Agen Perubahan : mampu menjadi katalisator proses perubahan yang dicanangkan oleh perusahaan secara efektif. dan kerjasama yang sehat o Menjaga rahasia bank & perusahaan Skema manajemen SDM dapat dilihat pada gambar di bawah ini : . disiplin..

Grup Perencanaan & Pengembangan SDM Divisi SDM terbagi menjadi 2 grup utama sebagai berikut : Dalam proses manajemen SDM.  Sistem Informasi SDM : Mengelola Databasekepegawaian dan proses administrasi melalui HRIS yang mampu mendukung kebutuhan operasional & penetapan kebijakan bidang SDM.B. .  Kompensasi & Pensiun : Pembayaran hak-hak untuk pegawai baik selama aktif maupun setelah masa bakti berakhir sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku. Grup Administrasi SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :  Administrasi & Hubungan Kepegawaian : Melakukan proses Administrasi kepegawaian secara tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful