You are on page 1of 8

RICA SYAFRIDA PUTRI, S.

Kep

Program Profesi Ners PSIK FK UNSRI

Cacing kait atau cacing tambang yang terdiri atas Necator americanus dan Ancylostoma duodenale. Cacing cambuk (Trichiuris trichiura). seperti Cacing gelang (Ascaris lumbricoides).Cacingan adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh cacing. serta .

. Anemia. • • Perut buncit Mengeluhkan saluran pencernaan.cacing kremi (Enterobius vermicularis) Penderita cacingan akan : • • Kurang gizi.

dan Penurunan produktivitas kerja. Dalam daur hidupnya cacing gelang akan melewati paru-paru. Penurunan kemampuan belajar pada anak.• • • Mengalami penurunan daya tahan tubuh. Jika seseorag kemasukan telur cacing gelang dan berada di paruparu dalam jumlah banyak. . maka ia akan menampakkan gejala batuk-batuk seperti sesak napas.

cuci. dan  Peningkatan perekonomian. . dan  Setiap rumah sudah mempunyai MCK (mandi.  Anak-anak tidak bermain di tanah lagi.  Jalan-jalan sekitar rumah dan di lingkungan sekolah sudah disemen. Perbaikan sanitasi lingkungan.  Kebersihan perorangan.  Lantai bukan lagi berupa tanah. kakus).

 Kebiasaan masyarakat sering minum jamu gendongan bisa jadi mengurangi cacing  Ada penelitian yang mengungkapkan. temu giring dan daun pepaya bisa mengurangi cacing dalam usus manusia .

 Kebiasan anak-anak yang sering bermain tidak menggunakan alas kaki  Hygien yang buruk (misalnya : kuku panjang. tidak mencuci tangan sebelum makan. hanya dicelup-celup di baskom tanpa dibilas dengan air mengalir. dll) . Lewat makanan. Misalnya. korban cacingan umumnya anak-anak yang biasa jajan di pinggir jalan.  Sayuran mentah yang dicuci kurang bersih.

setelah direndam selama satu jam ada 18 cacing mati dalam larutan biji pinang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan. Infeksi cacing diobati dengan minum obat cacing. ibu hamil boleh minum obat cacing setelah usia kehamilan trisemester ketiga dan dengan pengawasan dokter.  Dosis yang digunakan 15 mg serbuk biji pinang kering dalam 25 cc air suling dan serbuk pirantel pamoat 1 mg dalam 1. sedangkan dalam pirantel pamoat belum ada yang mati.. Hasilnya. .000 cc air suling.