You are on page 1of 11

PROPOSAL USAHA

Beendhy Motor Wash

Nama Pemilik: A. Muh. Fadhil Wiguna cs Nama Perusahaan: Beendhy Motor Wash Alamat & Telepon: Halaman Parkir Beendhy Coffee, Jl. Ujung Bori No. 1D, Makassar

Kebersihan dari motor tentunya hal yang cukup penting untuk pemilik kendaraan tersebut selain untuk keawetan kendaraan juga untuk hal lain yaitu gaya. serta berorientasi teknologi lingkungan dengan harga yang terjangkau . Ujung Bori No. Kemacetan yang ada di Makassar membuat orang lebih memilih mengendarai motor sendiri ketimbanga naik angkot atau mobil pribadi karena akan memerlukan biaya yang lebih besar. sepanjang Jalan Ujung Bori ini. masih sedikit tempat pencucian motor. Pemilihan tempat di sini dikarenakan wilayah ini sangat menjanjikan. Ditambah lagi. jalan ini merupakan akses utama menuju wilayah permukiman Antang dan juga jalan poros menuju wilayah Gowa. Hal inilah yang melatar belakangi ide dari saya untuk sebuah bisnis yaitu tempat pencucian motor di Jalan poros Ujung Bori di Kota Makassar. Beendhy Coffee. Jl. Visi dan Misi Perusahaan Motto : “Wash and Glow” Visi : Menjadi Tempat Cuci Motor Terfavorit di Wilayah Borong-Ujung Bori-Antang dan bahkan di Kota Makassar Misi : Memberikan pelayanan terbaik dan hasil yang memuaskan bagi para pelanggan Bidang Usaha Beendhy Motor Wash badan usaha yang bergerak di bidang jasa pencucian motor dengan mengedepankan manajemen terpadu. bahkan tidak ada sama sekali. Lokasi tempat cuci motor ini berdampingan dengan Warung kopi ternama yaitu. Dari keadaaan ini maka saya melihat sebuah kesempatan bisnis yang bagus yaitu pencucian motor. Makassar Latar Belakang Perusahaan Hampir jutaan warga Kota Makassar menggunakan motor sebagai alat transportasi utama. Untuk para anak-anak muda seperti mahasiswa umumnya kebersihan dari kendaraan adalah faktor yang sangat mereka perhatikan karena untuk mendorong kebutuhan mereka akan kebutuhan pembuktian diri di lingkungannya. Motor sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan selain karena prestige juga karena faktor kebutuhan. Namun.Rancangan Usaha Nama Usaha Perusahaan ini akan bernama Beendhy Motor Wash Alamat Perusahaan Kantor dan lokasi pemasaran bertempat di Halaman Parkir Beendhy Coffee. 1D.

aspek yang berkaitan Berikut adalah aspek-aspek yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan suatu rencana binis: 1. Terdapat lebih dari 10 macam kompleks perumahan sepanjang jalan Borong-Ujung Bori Antang. Melalui kerja sama timbal balik bersama Beendhy Coffee. Maka.Aspek. Aspek Pasar & Pemasaran Aspek pasar dari bisnis ini adalah para pengendara motor yang sering berlalu lalang di jalan ini dan penduduk sekitar yang bermukim kompleks perumahan sepanjang Jalan Ujung Bori. Kami juga telah melakukan kerjasama timbal balik antara usaha cuci motor ini dengan Beendhy Coffee melalui promos “Pembelian di atas Rp 50.000/motor. Aspek pemasaran dari bisnis ini adalah untuk pertama-tama sebelum pembukaan kami akan menyebarkan pamphlet tentang pentingnya kebersihan motor untuk keawetan mesin dan juga mengumunkan bahwa akan segera dibukanya pencucian motor di lingkungan sekitar guna mempermudah para penerima informasi dari pamphlet untuk mencuci motor mereka tanpa perlu repot-repot pergi ke ke tempat yang lebih jauh untuk mencuci motor dan kami juga akan melakukan promosi seperti cuci 5x gratis 1x. .000 akan mendapatkan kupon gratis cuci motor”. jika di kemas ke dalam startegi pemasaran adalah sebagai berikut: Produk Produk yang kami tawarkan adalah jasa mencuci motor dengan teknologi steam. Harga Harga yang kami berikan adalah Rp 10. (Harga sewaktu-waktu dapat berubah) Promo Promosi yang akan kami adakan adalah menempel dan menyebarkan pamphlet serta memberikan cuci gratis setiap 10 X cuci dengan memberikan kupon catatan pencucian motor. maka kami akan menyebarkan kupon gratis cuci motor bagi para pengendara motor yang sering mangkal di Beendhy Coffee.

2. semir ban. kami akan mengembangkan sistem teknologi pencucian yang akan membantu proses pencucian dan juga menjadi daya tarik tersendiri dari Beendhy Motor Wash. Apalagi. . busa. Penggabungan antara areal warung kopi dan tempat cuci motor dirasa sangat sesuai melihat kebanyakan para pengendara motor yang mayoritas laki-laki membutuhkan tempat beristirahat sembari menunggu kendaraan motornya yang sedang dicuci. didukan dengan SDM yang telah mengetahui secara detail tentang mencuci motor dengan baik. Untuk Perlengkapan. shampoo.seperti instalasi air tanah. Teknologi juga merupakan aspek penting dalam menarik simpatik pelanggan. Teknologi Teknologi yang akan kami gunakan adalah alat-alat untuk keperluan mencuci motor. tepat di halaman parker Beendhy Coffee yang merupakan warung kopi ternama di kawasan Ujung Bori. sikat roda dan penyikat pelek. kompresor. Teknologi ini sebagian besar telah digunakan oleh tempat cuci motor lainnya. dijamin hasil cucian akan jauh lebih baik dibandingkan mencuci di rumah sendiri. alat steam. Adapun situasi kedepannya. yang secara lengkapnya telah tercantum pada halaman berikutnya. Beendhy Coffee juga bersedia menyediakan sumber air dan listrik dan akan diakui oleh Beendhy Motor Wash sebagai biaya operasional bulanan yang semakin memudahkan akses kebutuhan untuk mencuci. Melalui teknologi ini. 1D. Makassar. penyemprot air. Aspek Teknis dan Teknologi Lokasi Beendhy Motor Wash berlokasi di Kompleks Ruko Ujung Bori No. Penempatan ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak sehingga Beendhy Coffee memberi kesempatan kepada Beendhy Motor Wash untuk membuka lahan usaha di halaman parkir. apabila kami memperoleh dana yang lebih besar.kebutuhannya adalah: sabun. kanebo. Pemilihan lokasi ini atas dasar potensi yang dimiliki sangat besar dan adanya dukungan dari pihak pemilik lahan.

Pada hari Sabtu dan Minggu. Adapun bonus tambahan bagi para pekerja bila usaha ini akan memperoleh pendapatan di atas target. Kami menetapkan tiga orang pekerja yang akan bekerja selama enam hari seminggu dengan waktu kerja sehari dimulai dari pukul 08. Aspek Manjemen dan SDM Sebelumnya kami telah melakukan penjaringan SDM yang handal dalam urusan cucimencuci. . sehingga para konsumen akan merasa sangat puas dengan kualitas cucian Beendhy Motor Wash. Para pekerja akan diberikan konsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan juga Beendhy Motor Wash akan menerapkan etika manajemen dengan baik demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. SDM merupakan aspek penting dalam berjalannya usaha ini karena kualitas dari suatu usaha sangat ditentukan oleh kualitas SDM itu sendiri.000. kami membuka peluang kepada para mahasiswa yang bersedia bekerja sambilan dengan nilai kontrak Rp 50. Penambahan pekerja akan dilakukan apabila dirasa butuh.00 WITA – 16.00 WITA dengan perolehan gaji masing-masing sebesar Rp 1. Para pekerja ini sudah handal dalam kegiatan mencuci motor.000/hari.3.000.-.

000 Renovasi Tempat 2.) Anggaran (Rp.000 Instalasi Air Tanah 2.000.000 1.500. 7.000 Free 500.000 2.) No.500. Biaya Kebutuhan Investasi Tunai Satuan Jumlah Harga (Rp.500.000.000 6. Aspek Keuangan Untuk bisnis ini biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut: 1.000 Peratalatan mencuci* 5. Jenis Kebutuhan 1.000.000 Perlengkapan mencuci 500.000.000 *) Peralatan mencuci meliputi Paket Cuci Motor Tanpa Hidrolik = Rp 6.000 Tenda.000 Rp16.000 Total Jumlah Kebutuhan 8 x 2 meter2 1 unit 1 unit 1 unit 1 unit 3 unit 1 unti Total Biaya Keterangan Rp 1. dan Kursi 1.000.000 Free 2.4. Meja.000. 4. Harga per Unit Sewa Tempat Rp 1. 2. 5.500. 6.000 3.500. 3.000 Kompresor Listrik 3/4 pk Mesin Steam Jetliner Tabung Salju 20 liter Shampo Salju Semir Ban Selang Angin Spiral Air Gun Selang Air 5 meter Water gun Lap AION = 1 unit = 1 unit = 1 unit = 20 Liter = 5 Liter = 1 buah = 1 buah = 1 buah = 1 buah = 3 buah .500.000 Biaya tenaga kerja 1.000.000.

Deskripsi Paket Cuci Motor .

000 Rp 300.2.000 Rp 300.000 x 30 hari) Keuntungan per bulan Rp 9.000 Rp 3.000 Rp 100.000.000 X 30 hari) 2.000 (200. Biaya perbulan (Rp 200.000 6.000) Total Pendapatan Perhari 2. Analisis Perkiraan Pendapatan Per hari 1.000. Pendapatan perbulan (Rp 300. Jumlah motor yang dicuci setiap hari (30 motor X Rp 10.000) Rp 100.000 . Analisis Perkiraan Pendapatan Per bulan 1.000. Kebutuhan Per hari Kebutuhan untuk mencuci per hari Biaya tenaga kerja per hari Total Biaya per hari Keuntungan per hari 3.000 100.

bilamana kondisi masih sangan memungkinkan. Proyeksi penjualan Worst Case Scenario senilai 50 % dari proyeksi awal. . yaitu: ➢ Kondisi pendapatan minimum Apabila proyeksi pendapatan tidak sesuai dengan perencanaan/ target.” Agresif marketing: secara aktif meningkatkan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. maka skenario pertama akan digunakan kembali. maka kondisi pendapatan minimum harus diupayakan sehingga biaya produksi tertutupi. ➢ Kondisi Rugi Apabila usaha ini berada pada kondisi rugi. Dana tambahan ini akan digunakan untuk menutupi jumlah kerugian yang diperoleh sehingga biaya produksi tidak terhambat. maka kami akan mengusahakan dana tambahan secepat-cepatnya dalam kurun waktu maksimal tiga bulan. Namun.Worst Case Scenario Worst Case Scenario yang diperkirakan ada 2 kemungkinan. Dana tambahan ini dapat berupa dana pribadi ataupun pencarian donasi tambahan. Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan terburuk adalah: “Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional sesuai dengan kondisi pendapatan sehingga biaya operasional dapat tertutupi oleh total penjualan.

000. Para donatur yang berasal dari bidang otomotif (utamanya produk-produk otomotif ).dan aset pemilik sebesar Rp. Pemerintah kota dan pemerintah daerah. 4. .16. 2. Sumber Pendanaan yang lain. 5. Masyarakat umum yang mendukung kegiatan wirausaha dan bersedia menjadi donatur. 2. 14. Produk-produk aksesoris otomotif. Kami mengharapkan dana tersebut diperoleh dari : 1.000.yang berupa donasi tunai sebesar Rp. Apabila kesepakatan ini berujung pada bentuk investasi maka.-.500.000. nilai investasi akan ditentukan pada saat pertemuan pihak investor dan pemilik usaha.. Adapun produk kerjasama timbal balik yang telah disepakati pada saat penyerahan proposal ini dapat kami terima dengan syarat adanya perjanjian yang jelas antara kedua belah.000. 3.Pendanaan dan Kerjasama Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp.500.

Kami harapkan kerjasama ini bisa mendorong majunya kewirausahaan masyarakat dan mendorong majunya industri menengah bawah masyarakat. Dokumen dalam proposal disusun bagi pihak-pihak yang bersedia menjadi donatur kami. 15 September 2011 Fadhil Wiguna & Tim Penggagas . Atas perhatian dan kerjasamanya. Makassar. kami ucapkan terima kasih. Diharapkan dengan hadirnya tempat cuci motor “Beendhy Motor Wash” dapat memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan roda dua terutama yang bermukim di sekitar lokasi.Penutup Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.