You are on page 1of 3

2.

2 pompa torak Pompa torak adalah sebuah pompa dimana energi mekanis penggerak pompa dirubah menjadi energi aliran fluida yang dipindahkan dengan menggunakan elemen yang bergerak bolak-balik didalam sebuah silinder. Fluida masuk melalui katup isap dan keluar melalui katup buang dengan tekanan yang tinggi. Pompa ini mengeluarkan cairan dalam jumlah yang terbatas dengan debit yang dihasilkan tergantung pada putaran dan panjang langkah torak. Volume cairan yang dipindahkan selama satu langkah piston atau plunyer akan sama dengan perkalian luas piston dengan panjang langkah. Pompa torak adalah salah satu dari jenis positive diplacement pump dengan menggunakan aksi diplacement. Pompa torak digunakan untuk ; • Kapasitas fluida yang rendah • Viskositas liquid (liquid yang kental) dan slurrie (lumpur) • Liquid yang mudah menguap (high volatile liquid) • Proses yang memerlukan head tinggi • Beroperasi pada tekanan tinggi (outlet) Bagian-bagian dari pompa torak 1. Silinder Pompa torak mempunyai dua macam silinder ; 1) Liquid silinder yang berisi cairan yang akan dipompa o Liquid silinder untuk tekanan < 250 psig : menggunakan cast iron o Liquid silinder untuk tekanan > 250 psig : menggunakan forge steel 2) Steam silinder yang berisi steam untuk penggerak pompa

Untuk menangani liquid yang korosif digunakan silinder yang dilapisi dengan pelapis

1. namun pada kenyataannya memakai gerakan piston atau plunyer yang bolak balik juga baru dapat melaksanakan aksi pemompaannya. Piston digerakkan oleh tenaga dari crank shaft yang berotasi. Air Chamber Berisi suatu medium yang elastis yang dipakai yang dipasang pada pompa torak untuk menghasilkan aliran yang konstan sehingga akan mengeliminer aliran yang sebentar ada sebentar hilang ( intermittent low) pada delivering valve. Pompa aksi langsung dibuat dengan sistem simpleks (masing masing satu piston uap dan satu piston cairan) dan dupleks ( dua piston uap dan dua piston cairan) Pompa Tenaga . liquid silinder dan stem silinder terletak pada posisi yang berlawanan dengan suatu piston rod yang sama. Sehingga didapat discharge yang seagam dan bebas dari pulsasi (getaran) 2. Motor pada driven reciprocating pump Pada steam driven reciprocating pump. steel alloy tergantung dengan liquid dan kondisi pemompaan Pada steam silinder kerangan yang dipakai adalah slide valve. sebuah batang piston (piston rod) bersama menghubungkan piston untuk uap dan piston untuk cairan atau plunyer.3 Jenis-jenis Pompa Torak Pada dasarnya ada dua jenis pompa torak yaitu unit aksi langsung (direct-acting) yang digerakkan oleh uap dan pompa tenaga. Cr. Akan tetapi banyak modifikasi desain dasar yang dibuat untuk keperluan khusus di dalam berbagai bidang beberapa diantaranya diklasifikasikan sebagai pompa rotari oleh pembuatnya. Selama pumping stroke udara masuk pada air chamber dan mengkompres udara dan mengadakan ekspansi bila piston bergerak ke arah sebaliknya sehingga aliran dapat konstan. Pompa-Aksi Langsung Pada pompa jenis aksi langsung (direct acting pump) ini.seperti Ni. 1. biasanya flywheel digerakkan oleh motor.

Pompa tenaga baik dipakai khususnya untuk keperluan tekanan tinggi dan dipakai pengisian air ketel. pemompaan jaringan pipa. Pompa Jenis Tenaga Kapasitas Kecil Unit ini juga dikenal sebagai pompa kapasitas variabel. umumnya motor listrik. volume terkontrol dan pengukur. pemrosesan petroleum dan penggunaan jenis serupa.Pompa tenaga (power pump) ini mempunyai poros engkol yang digerkkan dari sumber penggerak luar. Roda roda gigi sering dipakai antara penggerak dan poros engkol untuk mengurangi kecepatan keluaran penggerak. peralatan proses dan unit unit yang serupa. Oleh karena pompa iini menduduki tempat yang penting dalam banyak oprasi industri pada semua jenis pabrik. Bila digerakkan dalam kecepatan konstan. . pompa tenaga mengalirkan kapasitas yang hampir konstan dan mempunyai efisiensi yang bagus. sabuk mesin atau rantai. Pemakaian yang terutama untuk mengontrol aliran sejumlah kecil cairan cairan yang dimasukkan kedalam ketel ketel.