BAB 2

LANDASAN TEORI
2.1 Teori Umum 2.1.1 Sistem Menurut McLeod (2001, p.9), sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan O’Brien (2003, p.8) mendefinisikan sistem sebagai sekumpulan elemen tertentu, (output) di yang saling terhubung dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan

dengan cara menerima masukan (input) dan menghasilkan keluaran dalam suatu proses transformasi yang terorganisasi.

2.1.2 Informasi Informasi menurut O’Brien (2004, p9) adalah data yang telah diproses menjadi sebuah wacana yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan menurut Mcleod (2001, p15), informasi adalah data yang telah diproses, atau memiliki arti. Fungsi informasi adalah menambah pengetahuan, dan mengurangi ketidakpastian pemakai. Checkland, dan Howell (1998), mendeskripsikan bagaimana data mentah menjadi informasi yang bermanfaat melalui beberapa tahap : 1. Perubahan fakta menjadi data, tanpa pemilihan kebutuhan.

7

3

2. Pemilihan kebutuhan dari data menjadi capta, tanpa hubungan dengan wacana yang ada. 3. Pemberian arti pada fakta sesuai wacana yang berarti mejadi informasi. 4. Perubahan informasi menjadi pengetahuan, dengan menambahkan susunan arti yang lebih luas, serta berhubungan dengan wacana yang ada. Dari pernyataan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa informasi adalah fakta dari sebuah kejadian dalam bentuk data, yang diolah sedemikian rupa, sehingga menghasilkan wacana yang bermanfaat bagi penggunanya.

2.1.3 Manajemen Manajemen pada dasarnya adalah kegiatan merencanakan (Planing), mengorganisasikan (Organizing), melaksanakan (Actuating), dan mengawasi (Controling) pengolahan sumber daya suatu organisasi untuk mencapai tujuan. Menurut Robbins dan Coulter (2002, h.6), Manajemen merupakan proses dari pengkoordinasian aktivitas-aktivitas kerja yang ada, sehingga dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien dengan dan melalui orang lain. Menurut Bateman dan Snell (2004, h.14), Manajemen merupakan sebuah proses bekerja dengan melibatkan orang-orang serta sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi Jadi dapat disimpulkan bahwa management adalah suatu proses mengkoordinasi suatu aktifitas yang dilakukan oleh orang maupun sumber daya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara lebih efektif dan efisien.

memilih strategi bisnis dan perusahaan.h. c. dan berkomunikasi dengan karyawan-karyawan. membantu untuk membimbing dan menginspirasikan mereka untuk maju menggapai tujuan tim .14). Memimpin: Mobilisasi Manusia Memimpin adalah menstimulasi orang-orang agar dapat memiliki performa yang tinggi. Memimpin berarti mengatur. serta mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. mengantisipasi masa depan.4 4 fungsi dasar manajemen menururt Bateman dan Snell(2004. dan sumber daya lain yang diperlukan untuk mencapai tujuan. mengalokasikan sumber daya. menentukan objektif dari organisasi. Memimpin melibatkan hubungan hari ke hari dengan orang-orang. menjelaskan tanggung jawab kerja. secara individu maupun di dalam kelompok. keuangan. memotivasi. mengelompokkan pekerjaan dalam suatu unit kerja. Mengorganisir: Membangun Organisasi yang Dinamis Mengorganisir adalah merakit serta mengkoordinasikan manusia. Akifitas dalam perencanaan meliputi analisa situasi perusahaan. Rencana-rencana mengatur tingkatan untuk langkah-langkah dan pencapaian yang besar. informasi. dan membuat kondisi hingga orang-orang dan benda-benda dapat bekerja bersama untuk mencapai sukses yang maksimal. Perencanaan: Memberi Nilai Strategis Perencanaan adalah menjelaskan tujuan-tujuan yang ingin diraih serta memutuskan langkah-langkah yang tepat yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. menentukan tipe dari aktifitas perusahaan. adalah: a. b. halhal yang bersifat fisik. Aktifitas dalam mengorganisir mencakup menarik orang-orang terhadap organisasi.

maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan interaksi antar sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan informasi yang berhubungan satu sama lain untuk memberikan alternatif terbaik bagi manajemen dalam mengambil keputusan 2. memantau perkembangan dan mengimplementasikan perubahan-perubahan yang dibutuhkan 2.5 dan organisasi. Menurut McLeod (2001. dan memimpin tidak menjamin sukses. p5). mengorganisir. Mengontrol: Belajar dan Berubah Merencanakan. d. . mengontrol. Memimpin membutuhkan tempat pada tim-tim. p327) Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama.1.1. dan divisi. dan mengingat pentingnya informasi bagi suatu organisasi dalam mencapai tujuan.5 Manajemen Jasa (Konsep dan pengertian jasa) Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain.4 Sistem Informasi Manajemen Konsep dari manajemen informasi adalah konsep dasar dari manajemen yang menganggap bahwa informasi adalah sumber daya yang paling berharga untuk dikelola (McLeod. departemen. yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. 2001. Dari pengertian diatas. seperti halnya pada puncak organisasi yang besar. Fungsi keempat.

Contohnya : salon kecantikan. Barang tidak tahan lama (Nondurable Goods) Adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. 2. manfaat.2000. mobil.5). Salah satu cara yang banyak digunakan adalah klasifikasi berdasarkan daya tahan atau berwujud tidaknya suatu produk. hotel terbagi menjadi tiga jenis yaitu: . minuman dan makanan ringan.6 Pada umumnya produk dapat di klasifikasikan dengan berbagai cara. gula. dan sebagainya.p. dan lain-lain. computer. garam. hotel. kulkas. Menurut United State Lodging Industry. dan sebagainya. atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. contohnya : TV. hotel adalah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap. dan pelayanan-pelayanan lain untuk umum. 3. 2. Berdasarkan kriteria ini ada tiga kelompok produk (Fandy Tjiptono. rumah sakit.6 Hotel Hotel merupakan salah satu contoh dari bisnis jasa. makanan. Pengertian Hotel menurut Grolier Electronic Publishing Inc(1995). yaitu : 1. Barang tahan lama (Durable Goods) Adalah barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dan memiliki umur ekonomis lebih dari satu tahun. Jasa (Services) Merupakan aktivitas. contohnya : sabun.1.

dan minuman serta penunjang lainnya. Residential Hotel adalah hotel yang pada dasarnya merupakan rumahrumah berbentuk apartemen dengan kamar-kamarnya. 2. hotel seharusnya adalah : 1. ja sa 4. 2. dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersil. Disediakan bagi umum. Menyediakan jasa penginapan. makanan. . makanan. Menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada. Dari pengertiannya tersebut disimpulkan bahwa. 3.7 1. Suatu jenis akomodasi. dan menyediakan tempat-tempat rekreasi dan juga ruang serta fasilitas konfrensi untuk tamu-tamunya. 3. Ayat (b) dalam SK (Surat Keputusan) tersebut menyebutkan bahwa : Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan. Transient Hotel adalah hotel yang letak atau lokasinya ditengah kota dengan jenis tamu yang menginap sebagian besar adalah untuk urusan bisnis dan turis. Pengertian hotel di Indonesia mengacu kepada surat keputusan Menparpostel No.340/MPPT-86. Bab 1. Resort Hotel adalah hotel yang pada umumnya berlokasi ditempat-tempat wisata. dan disewakan secara bulanan atau tahunan. tentang peraturan usaha dan penggolongan hotel. KM 37/PW.

2.2 Klasifikasi Usaha Hotel. serta yang utama adalah bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa uang sebagai tolak ukurnya. 2. 1.1.6. yang dimaksud dengan dikelola secara komersial adalah dikelola dengan memperhitungkan untung atau ruginya. seperti : Tempat-tempat rekreasi.1 Fasilitas Hotel Hotel menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut : 1. Hotel besar.6. Dikelola secara komersial. hotel dengan 25 kamar atau kurang. Fasilitas olahraga. Makanan dan minuman.1. hotel yang memiliki lebih dari 25 dan kurang dari 100 kamar. Phisik Penggolongan sebagai berikut: Besar/kecilnya. Pelayanan-pelayanan penunjang lain. 4. 3. Hotel menengah. hotel didasarkan pada unsur-unsur persyaratan . 2. Hotel kecil. hotel dengan jumlah kamar lebih dari 100 dan kurang dari 300 kamar. adalah hotel yang memiliki lebih dari 300 kamar. 2. hotel atau banyak/sedikitnya jumlah kamar tamu : 1. Hotel sedang. Kamar tidur (kamar tamu). Fasilitas dobi (laundry). 3.8 5.

baik bagi karyawan. - Perlengkapan yang tersedia. dan telepon umum. dapur. tamu maupun bagi pengelola hotel. pelayanan dibuka selama 24 jam. yang dimaksud adalah kualitas bahan-bahan bangunan yang dipergunakan. Operasional/Manajemen Struktur organisasi dengan uraian tugas dan memuat kerja secara tertulis bagi masing-masing jabatan yang tercantum dalam organisasi. - Kualitas bangunan. Untuk hotel bintang 4 dan 5. Pelayanan diberikan dengan mengacu pada kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan tamu. sopan dan mengenakan pakaian seragam hotel. Tata letak ruang. baik yang digunakan untuk keperluan perlayanan tamu.9 - Kualitas. Tenaga kerja. spesialisasi dan tingkat pendidikan karyawan disesuaikan dengan persyaratan peraturan penggolongan hotel. . dan ukuran ruang. kekedapan terhadap suara yang dating dari luar ataupun dari dalam hotel. dinding. Pelayanan Keramahtamahan. lokasi dan lingkungan bangunan Fasilitas yang tersedia untuk tamu. seperti ruang penerima tamu. termasuk juga tingkat kekedapan terhadap api. Peralatan yang dimiliki oleh setiap departemen atau bagian. ataupun untuk pelaksanaan kerja karyawan. seperti kualitas lantai. 2. 3. toilet.

organizational.sholink. 2. government. beberapa di antaranya adalah : 1. biasanya terbentuk dari beberapa Web page dan sebuah home page yang dinamai oleh URL yang unik. yaitu Web server dari perusahaan Sholink. URL http://www. sistem. p. and the Web”. This includes millions of corporate. URL (uniform [or universal] resource locator). bahwa Contohnya.com/.sholink. mengindikasikan “Hypertext Transfer Protocol”’ merupakan protokol yang digunakan. newsgroups. Web site merupakan lokasi virtual yang menandakan kehadiran suatu organisasi di dalam world wide Web. serta hypertext untuk berpindah file tujuan pada sistem yang sama maupun berbeda.7 Internet Strauss (2001. URL menyediakan informasi mengenai protokol.9) mendefinisikan internet sebagai “ The global network of interconnected networks.1. Merupakan suatu mekanisme yang memungkinkan share dokumen melalui internet. Strauss juga menguraikan beberapa istilah yang berkaitan dengan internet. dan informasinya berada di dalam sistem yang bernama “www. and private networks as well as e-mail. Selain itu. sehingga pengguna sistem dapat menemukan dokumen tertentu di dalam internet. . dan nama file. world wide Web.10 2.com”. Web memungkinkan pengguna komputer untuk mengakses informasi antar sistem di seluruh dunia menggunakan URL untuk mengidentifikasi file dan sistem.

resiko yang ada? Tabel 2.p4) : • • • Memperjelas visi strategi perusahaan Apa yang penting secara strategi lebih diutamakan Meningkatkan pemahaman mengenai perubahan lingkungan yang pesat Untuk menjadi efektif.11 2. 2.2004. Jika jawaban tidak dapat diterima. distributor atau pengecer.2004.p2) Keuntungan.1. Dimana organisasi sekarang? ( bukan dimana seperti yang kita harapkan!).pertanyaan yang simple seperti : 1.8 Manajemen strategi Manajemen strategi adalah merupakan sekumpulan dari keputusankeputusan dan aksi. Mencoba memiliki atau menigkatkan kendali atas Memiliki atau atas Defini si meningkatkan kendali .tindakan yang harus diambil oleh perusahaan? Apa saja resiko. dapat dimulai dengan pertanyaan. dimana organisasi dalam 1tahun? 2tahun? 5tahun? 10tahun? Apakah jawabannya dapat diterima? 3. apa tindakan.keuntungan dari manajemen strategi secara umum (wheelen dan david hunger. Jika tidak ada perubahan yang dibuat.1 Strategi dan definisinya Strategi Integrasi ke depan ( forward integration ) Integrasi ke belakang ( backward integration ) perusahaan pemasok. manajemen strategi tidak selalu perlu proses yang formal.aksi/ tindakan manajerial yang menentukan kinerja jangka panjang perusahaan (wheelen dan david hunger.

Mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk dan jasa yang sudah ada sekarang melalui usaha pemasaran yang lebih gencar. tidak terkait ada atau mengembangkan yang baru. Mencoba meningkatkan dengan penjualan memperbaiki produk atau jasa yang sudah Diversifikasi Konsentrik (concentric diversification) Diversifikasi Konglomerat (conglomerates diversification) Diversifikasi Horisontal (horizontal diversification) Rasionalisasi biaya (retrenchment) untuk pelanggan yang sudah ada. Menjual semua aset sebuah perusahaan secara bertahap sesuai dengan nilainya yang terlihat. Divestasi (Divestiture) Likuidasi (Liquidation) organisasi.12 Integrasi Horisontal ( horizontal integration ) Penetrasi Pasar (market penetration) Mencoba memiliki atau meningkatkan kendali atas para pesaing. Menjual suatu divisi atau bagian dari suatu terkait. Menambah produk atau jasa baru yang tidak terkait untuk para pelanggan baru. Menambah produk atau jasa baru. Pengembangan Pasar (market development) Pengembangan Produk (product development) Memperkenalkan produk atau jasa yang sudah ada ke wilayah geografi baru. Merestrukturisasi dengan cara mengurangi biaya dan aset agar bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan. Menambah produk atau jasa baru tetapi masih .

10 Manajemen Pemasaran Kotler (2001. promosi dan penentuan harga barang. jasa dan gagasan. dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. pemasaran adalah proses membuat. dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan. lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Pemasaran menurut Kotler (2001. p449) pemasaran terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan.1. menetapkan harga. promosi. Jadi berdasarkan ketiga pengertian di atas. pendistribusian. 2. membangun. dan harga dari sebuah ide. dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang dapat memuaskan tujuan organisasi dan individual. yang selanjutnya .13 2. p8) adalah proses perencanaan dan pengeksekusian konsep. perencanaan. p7) adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Manajemen pemasaran meliputi mengatur permintaan.1. barang. melaksanakan distribusi dan promosi dari suatu barang atau jasa yang akan mempercepat hubungan pertukaran sehingga dapat memuaskan keinginan individu atau organisasi. implementasi.9 Pemasaran Menurut McLeod (2001. Pemasaran menurut Strauss (2001. p18) mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai analisis. distribusi.

mereka juga memusatkan perhatian untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan nilai dan kepuasan yang superior bagi pelanggannya. peralatan. memilah. dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan secara tepat dan akurat kepada para pengambil keputusan pemasaran. Perusahaan selain merancang strategi untuk menarik pelanggan baru. Fungsi bisnis dari pemasaran ditentukan dengan perencanaan. Hal ini berperan penting dalam fungsi penting dalam operasi bisnis perusahaan.1 Marketing Information System Marketin g Informati on System Interacti ve marketi ng Sales Force Automati on Custom er Relations hip Management Sale s Managem ent . Para pelaku bisnis saat ini telah beralih pada teknologi informasi untuk membantu mereka menjalankan fungsi penting dari pemasaran sesuai dengan perkembangan zaman. mengevaluasi. promosi dan penjualan dari produk yang ada di pasaran yang ada.14 mengatur hubungan dengan pelanggan. 2. Gambar 2. dan prosedur untuk mengumpulkan.1.11 Sistem Informasi Pemasaran Suatu Sistem informasi Pemasaran terdidiri dari orang. dan pengembangan produk baru dan pasaran baru untuk mmelayani baik pelanggan yang ada dan para calon pelanggan.

15 Market Research and Forecasting Advertisin g and Promotion Produ ct Managem ent .

yaitu: Proses. produk.1.12 Internet Marketing Menurut Mohammed (2004. website internet/intranet dan jasa yang membuat proses pemasaran interaktif (interactive marketing) bisa dilakukan. Sistem otomatisasi dalam menjual (sales force automation) mengunakan komputasi mobile dan teknologi internet untuk mengotomatisasi banyak aktivitas pemrosesan informasi dalam mendukung penjualan dan manajemen. designing the customer experience. formulating marketing strategy. dan riset dan memprediksi pasar. penetapan harga. Contohnya. dan jasa yang dapat memuaskan dan memenuhi tujuan kedua belah pihak. Definisi ini dapat dibagi menjadi lima komponen. crafting the customer interface. dimana pelanggan bisa menjadi partner dalam membuat. Internet marketing juga melibatkan proses. Sistem informasi pemasaran lainnya membantu manajer pemasaran dalam manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) . memasarkan.4). Ketujuh proses dalam program Internet marketing adalah framing market opportunity. Internet marketing atau marketing berbasis Internet adalah suatu proses membangun dan memelihara relasi dengan konsumen melalui aktivitas untuk memfasilitasi pertukaran ide. membeli dan ikut dalam pengembangan barang dan jasa.Gambar diatas mengilustrasikan bagaimana sistem informasi pemasaran menyediakan teknologi informasi yang mendukung komponen-komponen utama dalam fungsi pemasaran. perencanaan produk. p. 2. designing the marketing . dan keputusan-keputusan manajemen produk lainnya. Seperti halnya program pemasaran tradisional.

suatu program Internet marketing harus dievaluasi menurut dampak pertukaran secara keseluruhan. Internet marketing berhubungan dengan alat-alat pengungkit yang tersedia dalam dunia Internet. yaitu: awareness. bukan hanya dampak pertukaran secara online. Tujuan akhir dari pemasaran adalah membangun dan menciptakan hubungan baik yang kekal dengan konsumen. Perusahaan dan konsumen harus merasakan kepuasan dan manfaat dari Internet marketing ini. offline marketing. p25). Membangun dan memelihara relasi dengan konsumen. dan evaluating the results of marketing program. leveraging customer information through technology.1.12. exploration. . Kepuasan dan pemenuhan tujuan kedua belah pihak. Pertukaran.1 Keunggulan E-Marketing Menurut Cahyadi (2005. kesuksesan program Internet marketing juga berhubungan dengan tradisional. Maka dari itu. Perusahaan harus sangat memperhatikan saluran pertukaran silang (cross-channel exchange). Program pemasaran yang sukses menggerakkan konsumen melalui tiga tingkatan dari pembangunan relasi.program. Secara definisi. Kenyataannya. 2. dan commitment. keunggulan yang didapat dari emarketing dibandingkan dengan mass marketing dan direct marketing adalah sebagai berikut: • Cakupan global. Online.

• • • • • Biaya yang relatif lebih murah. Periklanan memiliki arti penting pada pemasaran: saat sebuah perusahaan membayar untuk sebuah sama saja seperti perusahaan berusaha mendekatkan diri dengan pengguna internet dan berkomunikasi tentang produk atau menawarkan sebuah promosi. Model ini juga menolong pihak pasar membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Memiliki konten multimedia. 2. membangun brand . perusahaan membeli ruang iklan pada website yang dimiliki oleh perusahaan lain. dan lokasi distribusi (distribution locations).2 Komunikasi E-Marketing Model ini memasukan banyak macam cara perusahaan mengkomunikasikan produknya kepada pelanggan bisnis dan pelanggan individual. Model Promosi Penjualan Online (Online Sales Promotion Model) .12. Dapat dihubungkan dengan proses transaksi. Ini semua dilakukan lewat elemen campuran promosi dari periklanan (advertising). Dapat disesuaikan dengan dengan kebutuhan konsumen (customizable). Relatif lebih mudah di-update. dan menciptakan citra positive akan produk dan perusahaan. harga (prices). pemasaran langsung (direct marketing) dan hubungan masyarakat (public relation). Model Periklanan Online (Online Advertising Model) Pada model ini.1. Model komunikasi pemasasaran menciptakan perhatian kepada produk (products). promosi penjualan (sales promotion).

biasa juga disebut brochureware . Target bisa saja sudah di bentuk sebelumnya. Pengguna membutuhkan respon informasi secara cepat dan intensive tentang permintaan (inquiries) mereka. Bentuk kedua adalah hubungan terbalik dari pengguna untuk perusahaan. hal ini memperlihatkan sedikit tentang apa yang bisa didapatkan pelanggan dari sebuah produk yang ditawarkan perusahaan sekaligus mengkomunikasikan produk terhadap pelanggan. model ini menampilkan informasi tentang produk perusahaan lewat website pada pengguna internet. cara ini mendukung penuh sebuah kampenye pemasaran perusahaan. Model E-Mail (E-Mail Model) Ada tiga tipe dari email yang bisa menarik pasar. Isinya menujukan pada setiap teks. grafis. . Model Penerbitan (Content Publishing Model) Model ini dipergunakan hampir oleh semua perusahaan yang memiliki website. Model penerbitan ini dimaksudkan untuk mendekatkatkan prospek untuk membeli tetapi tidak melibatkan transaksi.Salah satu perbedaan yang menarik model ini dari proses pemasaran tradisional adalah kemampuan perusahaan untuk menampilkan contoh digital produkproduk secara online. sekarang adalah era modern dimana informasi berasal dari mulut ke mulut. Bentuk yang ketiga ialah email dari pelanggan ke pelanggan (customer to customer) atau antar pelanggan. target biasanya dibentuk dari pengguna-pengguna yang ingin menerima penawaran promosi berdasarkan data-data yang di bentuk dari pola pembelian. atau video online yang berupa informasi ataupun bujukan. audio. Pertama ialah email yang menargetkan promosinya pada pelanggan yang spesifik.

p22). .13 E-Business Electronic bisnis adalah penggunaan teknologi internet untuk mendukung proses bisnis. • Operasi internal Dalam rangka berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok. maupun operasi internal.1. dan memastikan kelancaran produksi. dan pihak-pihak yang terkait O’Brien(2003. pemasok. perusahaan dapat menggunakan teknologi internet untuk operasi internal dan pengambilan keputusan. E-Business dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi sebuah organisasi dengan pelanggan. Manfaatmanfaat yang di dapat dari e-business adalah: • Interaksi dengan pelanggan E-business dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap produk perusahaan • Interaksi dengan Pemasok E-business juga difokuskan kepada supply chain management melibatkan koordinasi antara proses pembelian dengan pemasok untuk mengurangi persediaan yang berlebih. e-commerce dan komunikasi perusahaan dan kolaborasi antara perusahaan dengan konsumen. pemasok.2.

Data tersebut dapat disimpan dimanipulasi dan digunakan dalam banyak cara.2001.1. keefektivan pemasaran dan trend pasar. . CRM merupakan sebuah strategi bisnis yang dilaksanakan dengan menciptakan suatu kesatuan aplikasi terintegrasi yang mampu menangani berbagai aspek yang dibutuhkan. pemasaran. dan pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari kepuasan pelanggan.14 CRM CRM adalah suatu fungsi terintegrasi dari strategi penjualan. maintaining inventory atau pada umumnya mengumpulkan semua data yang berhubungan pada satu tempat.15 Database Menurut Joel (2000. memahami kebutuhan pelanggan. mengantisipasi. penjualan. 2.2.crm juga digunakan untuk mempelajari lebih jauh mengenai kebutuhan dan perilaku pelanggan dalam rangka mengembangkan suatu hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.1. baik pelanggan saat ini maupun pihak yang berpotensial untuk menjadi pelanggan dengan cara mengumpulkan informasi tentang pelanggan.p269) Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan subjek atau tujuan tertentu seperti melacak pesanan konsumen.p172) CRM merupakan suatu model bisnis yang memiliki tujuan utama mengindentifikasi. mempertahankan.( Kalakota dan Robinson.

Dengan SQL data dapat ditampilkan sesuai dengan permintaan dalam bentuk dan pola tertentu sesuai dengan perintah yang diberikan. INSERT.menghapus (delete) rekord yang ada didalam database p(554).15. SQL awalnya dikembangkan oleh IBM Research pada awal tahun 1970. DBMS dapat digunakan juga untuk menyimpan data.1.p138). dan UPDATE.2. Kelebihan dari MySQL adalah ia menggunakan bahasa query standar yang dimiliki SQL. 2. artinya siapa saja boleh menggunakan dan tidak dicekal. Sedang yang disebut dengan SQL adalah suatu bahasa permintaan yang terstruktur yang telah .1.16 SQL Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa yang dipergunakan untuk database relasional dan didukung oleh semua produk di pasaran. Whitten mengatakan inti dari DBMS sebagai mesin database (database engine) . membaca (read). Perintah SQL yang sering dipergunakan diataranya adalah : SELECT. Mesin ini merespon terhadap perintah-perintah tertentu untuk membentuk suatu struktur database yang dapat menciptakan (create). meng-update data dan mengambil data(Turban. menambah data. Menurut Bunafit (p29) MySQL (My Strukture Query Language) adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open source.1 Database Management System (DBMS) Database Management System didefinisikan sebagai sebuah piranti lunak yang memberikan akses menuju ke database.2003. Pertama kali diterapkan pada prototipe komputer IBM yang dinamakan System R. memperbaharui (update).

p15) reservasi adalah salah satu bagian yang bertanggung jawab atas pesanan kamar tamu hotel dan di pimpin oleh chief reservation.p59). Reservasi manual (offline) Reservasi manual merupakan reservasi konvensional dimana permintaan pelanggan di proses oleh customer service yang ada di lobby hotel.1 Reservasi Proses reservasi atau pemesanan bagi seorang tamu amatlah penting karena untuk memastikan apakah kamar tersebut tersedia dan juga memastikan tentang harganya. Sistem reservasi yang ada saat ini terbagi menjadi dua yaitu : 1.2. 2.2 Teori Khusus 2. 2. Reservasi online . reservasi berarti pemesanan ruangan oleh calon pelanggan kepada pihak hotel. Selanjutnya customer service mendata pelanggan tersebut sesuai form permintaan pelanggan. Reservasi merupakan suatu permintaan untuk memperoleh kamar yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya oleh berbagai sumber dengan menggunakan berbagai cara pemesanan untuk memastikan bahwa tamu akan memperoleh kamar pada waktu check-in (Sugiarto. Posgress SQL. Dalam bidang perhotelan. Menurut Darsono (1992. dan lain-lain. SQL Server.distandarkan untuk semua program pengakses database seperti Oracle.1998.

opportunity dan threats yg dihadapi perusahaan. dimana data pesanan tersebut langsung dip roses sehingga dapat segera menghasilkan output bagi calon pelanggan tersebut. Adapun media yang biasa digunakan mis: Telepon & Internet.p19) analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.2. .Yang dimaksud dengan online disini adalah data yang diterima langsung di proses sesuai permintaan.2 Sistem reservasi Adalah pemesanan ruangan oleh calon pelanggan kepada pihak hotel.3 Analisis SWOT ( strengths. 2. SWOT ini akan didasarkan pada asumsi bahwa sebuah strategi yang efektif memaksimalkan sebuah kekuatan dan kesempatan serta meminimalkan kelemahan dan ancaman.2000. weakness dari perusahaan.faktor ini dan strategi yg mempresentasikan pasangan yg baik diantara mereka.2. namun secara bersamaan dapat meminimalkan ancaman dan kelemahan. weaknesses. and threats ) Adalah suatu singkatan untuk strength. Adalah identifikasi sistematis dari faktor. Jadi reservasi hotel online berarti pemesanan ruangan oleh calon pelanggan kepada pihak hotel dimana data pesanan tersebut langsung di proses sehingga langsung dapat menghasilkan output bagi calon pelanggan tersebut. 2.p202) Menurut Rangkurti (2004. Asumsi ini memilki implikasi yg kuat dari sebuah desain strategi yg sukses(pearson dan robinson. opportunities. Analisa ini didasarkan logika yang memaksimalkan kekuatan dan peluang.

Customer satisfaction 4. Kekuatan adalah kompetensi khusus yang memberikan keunggulan komperatif bagi perusahaan di pasar.Faktor lingkungan internal ( strengths and weaknesses analysis ) : 1.keunggulan lain terhadap pesaing. Contoh analisis lingkungan internal bisa dilakukan dengan melihat bagaimana kinerja strengths/ weaknesses dalam memo marketing. Kemampuan untuk memproduksi tepat waktu . ketrampilan dan kapabilitas menghambat kinerja efektif perusahaan. Reputasi perusahaan 2. Market share 3. Dalam bidang finance : 1. manufacturing.lain. Dalam marketing kita dapat menganalisis tentang : 1. Fasilitas 2. Strengths Sumber daya. Cash flow 2. dan lain. 2. Kapasitas 3. finance. ketrampilan atau keunggulan. dan organization perusahaan. Weaknesses Keterbatasan/ kekurangan dalam sumber daya. Financial stability Dalam bidang manufacturing : 1.

contohnya : adanya perusahaan. Ancaman apa saja yang dating dari lingkungan eksternal perusahaan. Opportunity Situasi penting yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.perusahaan sejenis. Pekerja yang berdedikasi 3. 2. perkembangan teknologi . Kesempatan yang diperoleh oleh perusahaan dalam pasar untuk memperoleh keuntungan. misalnya FedEx menemukan cara untuk mengantarkan pos dan paket jauh lebih cepat dibandingkan dengan kantor pos di U. misalnya konsumen dapat menggunakan internet untuk mencari barang yang diinginkan.S.4. Visi dan kemampuan leadership 2. contoh : • Perusahaan membuat suatu proses pembayaran lebih baik dan efisien. Flexible or responsive Faktor lingkungan eksternal (opportunity and threats analysis ) 1. Threats Situasi penting yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. dan dapat membandingkan harganya untuk melihat harga yang termurah. Technical manufacturing skill Dalam organisasi : 1. • Perusahaan dapat mengantarkan produk atau memberikan pelayanan lebih cepat.

atau CSF. Ronald Daniel dari Mckinsey & company.yang mengharuskan perusahaan terus untuk mengupdate teknologinya agar tetap dapat exist dalam persaingan.2.2001. . Tabel 2.4 Critical Success Factor (CSF) CSF adalah elemen yang harus diselesaikan dengan baik dalam rangka mensukseskan sebuah aktifitas. Ia merasa bahwa sejumlah kegiatan kunci.p434). dan CSF bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya(McLeod. Pada tahun 1961 D. menentukan keberhasilan atau kegagalan segala jenis organisasi. salah satu perusahaan konsultan terbesar di Amerika Serikat menciptakan faktor-faktor penentu keberhasilan (critical success factor).2 Matrix SWOT Internal Factor External Factor Opportunities (O) SO Strategies Generate strategies here that take use strengths to of WO Strategies Generate strategies here that take advantage of by Strengths (S) Weaknesses (W) advantage opportunities opportunities Threats (T) ST Strategies Generate strategies here that use strengths to avoid threats overcoming weaknesses WT Strategies Generate strategies here that weaknesses threats minimize and avoid 2.

2.2. Use Case Diagram c. Statechart Diagram d. Sequence Diagram e. Collaboration diagram .5 Alat bantu analisis dan perancangan sistem : 2. 2000. p242) : • Dukungan manajemen sangat dibutuhkan untuk mempromosikan proyek didalam mengidentifikasi strategi dan tujuan secara jelas • Proyek manajemen yang kuat untuk memastikan tujuan dapat dicapai manajemen melalui perencanaan yang efektif dan perencanaan sumber daya yang matang • Dibutuhkan kemampuan dan pengalaman yang baik pada personil yang terlibat dalam proyek Membangun kerjasama antara semua bagian bisnis yang terlibat didalam proyek dan sistem informasi yang terintergrasi dari semua bidang 2. menggambarkan dan mendokumentasikan bagian dari sistem software.Dalam mengembangkan sebuah website faktor penentu keberhasilan yang disarankan adalah (Chaffey et al.1 Unified Modeling Language (UML) UML adalah bahasa pemodelan umum yang dirancang untuk menspesifikasi.5. Class Diagram b. Diagram – diagram yang terdapat pada UML antara lain sebagai berikut : a.

2. Component Diagram h. (Mathiassen. Use case diagram ini berguna untuk mengorganisasi dan memodel operasi dari sistem. Actor itu sendiri adalah abstraksi dari user atau sistem yang lain yang berhubungan langsung dengan sistem.1.5. Deployment diagram 2.f.2 Use Case Diagram . Activity Diagram g. 2000.1 Use Case Diagram Use Case adalah sebuah pola yang menggambarkan hubungan antara actor dengan sistem di application domain. p119). Contoh : Sistem Aplikasi Perangkat Ajar Anapersis New User Login Akses Materi Mahasiswa Akses Contoh Soal Akses Latihan Pendataan Materi Pendataan Contoh Soal Administrator Pendataan Latihan Gambar 2.

Dapat diwakili menjadi stereotype “window change” dalam state transition yang umum.3 Activity diagram 2. Suatu window diwakili suatu state. Contoh : Gambar 2.5.2.1.2 Navigation Diagram Navigasi diagram adalah suatu jenis khusus dari statechart diagram yang menggambarkan kesluruhan dari user interface. urutan dan aliran cabang dari aktivitas ke aktivitas yang lain. Navigasi diagram tidak ditemukan dalam UML. kita mengindikasi .2. Diagram ini menekankan pada aliran control di antara object dan berguna untuk memodel fungsi sistem. Karena navigasi diagram hanya mengandung window dan tidak memiliki bentuk state yang lain. State transition dapat disamakan dengan pergantian antara 2 window.5. Dalam sebuah state transition. penjelasan detailnya menjadi berlebihan. Diagram ini terdiri dari sekumpulan aktivitas.2 Activity Diagram Diagram ini menunjukkan aliran dari satu aktivitas ke aktivitas yang lain.2. State tersebut memiliki nama dan memiliki icon ( tampilan window mini ). Diagram ini menunjukkan hubungan antara windows dan trantitions.

Gambar 2.4 Notation for navigation diagram . 2000.sebuah action yang harus dilakukan user didalam window untuk mengaktifkan transition (Mathiassen. p344).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful