TUGAS MATA KULIAH PROFESI PENDIDIKAN KEJURUAN

MODEL EVALUASI KINERJA DOSEN

Oleh: Kelompok VIII 1. 2. 3. 4. 5. Aditya Wardana Alfi Nur Rochmah Elzana Moreta Fahrudin Yuda Kartika Nurma Pratiwi AK 1273001 AK 1273002 AK 1273004 AK 1273006 AK 1273010

PROGRAM PENDIDIKAN CALON PENDIDIK AKADEMI KOMUNITAS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2013

berkaitan dengan materi. . tidak dilakukan umpan balik. 1992). sangat individual. dan membuat penilaian mengenai tindakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Pengajaran yang baik membantu mahasiswa untuk mencapai pembelajaran berkualitas baik (high quality learning). Namun. antara lain: (1) mengidentifikasi kontribusi dosen dalam pencapaian tujuan program studi/fakultas. evaluasi dosen kadang tidak efektif karena evaluasi dosen sekedar menjadi kegiatan administratif. Evaluasi dosen meliputi kegiatan mengumpulkan informasi mengenai bagaimana dosen melakukan pekerjaan. evaluasi dosen merupakan cara untuk mengetahui pengaruh pengajaran dosen terhadap mahasiswa (Ramsden. Kualitas pengajaran dan standar akademik perlu untuk selalu dievaluasi dan ditingkatkan karena pendidikan tinggi merupakan kegiatan yang mahal Pengajaran yang baik merupakan hal yang rumit. dan (2) menilai kebutuhan dosen akan bimbingan dan pelatihan dalam bidang pengajaran.BAB 1. Dengan kata lain. Evaluasi dosen merupakan proses analitis yang intrinsik dalam pengajaran yang baik. evaluasi terhadap pengajaran tetap dapat dilakukan dalam kaitannya dengan penilaian efektivitas pengajaran dan menggunakannya untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar. Pada dasarnya. menginterpretasi informasi. Namun pada kenyataannya. terlalu dikaitkan dengan hukuman dan imbalan ekstrinsik yang justru menurunkan motivasi dosen untuk mengajar dengan baik. evaluasi dosen merupakan suatu kesatuan dalam kegiatan belajar-mengajar yang baik (good teaching). PENDAHULUAN Di dalam organisasi pendidikan tinggi. evaluasi dosen digunakan untuk berbagai hal.

Untuk dapat menentukan kualitas kinerja dosen perlu adanya kriteria yang jelas. oleh karena itu kriteria yang dijadikan untuk mengevaluasi.2 Tujuan Evaluasi Kinerja Dosen Tujuan dilaksanakannya evaluasi terhadap kinerja dosen adalah sebagai berikut: . Kinerja dosen pada suatu perguruan tinggi merupakan perilaku nyata yang ditampilkan setiap dosen sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh dosen tersebut sesuai dengan peranannya. yaitu: aspek kualitas pekerjaan. yaitu kegiatan pendidikan dan pengajaran. sekaligus berfungsi sebagai alat untuk mengawasi kinerja dosen. 1. Kinerja dosen merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya lembaga perguruan tinggi untuk mencapai tujuannya. mahasiswa maupun tenaga yang ditetapkan oleh fakultas. prakarsa.1 Pengertian Evaluasi Kinerja Dosen Penilaian kinerja dosen merupakan suatu proses dimana lembaga melakukan evaluasi atau menilai kinerja dosen atau mengevaluasi hasil pekerjaan dosen. Umpan balik terhadap kinerja dosen dapat dilakukan melalui evaluasi kinerja. kemampuan dan komunikasi.BAB II. Di dalam dunia yang kompetitif dan mengglobal. setiap perguruan tinggi. Penilaian yang dilakukan terhadap dosen di Akademi Komunitas dilaksanakan dengan berbasis pada pengawasan. seperti Akademi Komunitas memerlukan kinerja dosen yang tinggi karena dosen sebagai ujung tombak suatu perguruan tinggi memerlukan umpan balik dari lembaga atas hasil kerja mereka sebagai panduan bagiperilaku mereka di masa yang akan datang. juga sekaligus berfungsi untuk mengawasi dosen dalam melaksanakan tugas pokoknya. Evaluasi kinerja dosen yang berbasis pengawasan ini bisa dilaksanakan oleh pimpinan jurusan. ketepatan waktu. artinya penilaian yang dilakukan terhadap dosen tidak hanya ditujukan untuk menilai kinerja. PEMBAHASAN 1. Mitchell (1978) menyatakan bahwa kinerja meliputi beberapa aspek.

m. salah satu tugas dan tanggung jawab dosen adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Sebagai alat untuk memperoleh umpan balik dari dosen untuk memperbaiki lingkungan kerja. b. misalnya: tunjangan prestasi. 1. Sebagai alat untuk menjaga tingkat kinerja dosen. kesempatan mengikuti pendidikan tambahan. Mendorong pertanggungjawaban atau akuntabilitas kinerja dosen. l. c.a. j. Sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan gaji. dan sebagainya.3 Sasaran Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Peraturan Pemerintah No. rekruetment serta pelatihan dan pengembangan. pemberian sanksi atau penghargaan. Kepentingan pemberhentian. yaitu . dan sebagainya. pengembangan karier. konpensasi dan berbagai imbalan lainnya. insentif. h. f. i. Untuk mengetahui tingkat prestasi kerja dosen. n. insentif. upah. e.60 tahun 1999. Mengidentifikasi dan menghilangkan hambatan-hambatan agar kinerja dosen menjadi lebih baik. d. g. sistem pembinaan. Meningkatkan komunikasi antara dosen dengan pimpinan universitas melalui diskusi yang terkait dengan peningkatan kinerja dosen. Tugas ini. k. sarana pendukung. Untuk mengetahui efektivitas kebijakan yang berkaitan dengan SDM. Sebagai salah satu sumber informasi dalam perencanaan pelatihan dan pengembangan dosen. Pemberian penghargaan yang serasi. seperti seleksi. Sebagai alat untuk membantu dosen dan mendorong dosen untuk mengambil inisiatif dalam upaya memperbaiki kinerja. kenaikan gaji. Membantu dalam penetapan tugas mengajar atau dalam mengampu suatu mata kuliah. merupakan utama seorang dosen yang harus dilaksanakan dengan sungguhsungguh karena sebagai realisasi dari tugas utama suatu perguruan tinggi. Meningkatkan motivasi dan etos kerja dosen.

4 Pelaksana Penilaian Kinerja Dosen Dalam melaksanakan evaluasi terhadap kinerja dosen hendaknya berorientasi pada tujuan. Ketepatan waktu (promtness). dosen mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mengebangkan potensi yang dimiliki mahasiswa. keterampilan dan sikap yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Handout Perkuliahan Pelaksanaan pembelajaran. c. memotivasi siswa. penguasaan materi.melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar dalam upaya mendidik mahasiswa. b. Persiapan atau perencanaan pembelajaran yang dilakukan dosen. penggunaan alat bantu pendidikan. Evaluasi hasil belajar meliputi: antara lain penetapan alat atau jenis evaluasi yang digunakan. pemberian tugas-tugas perkuliahan. kesesuaian penggunaan jenis evaluasi dengan tujuan pembelajaran. antara lain kemampuan dalam penyampaian materi pelajaran. dengan memperhatikan kriteria-kriteria evaluasi yang . Sebagai pendidik. Prakarsa (initiative) d. penggunaan metoda pembelajaran. manajemen kelas. baik segi pengetahuan. Silabus. Komunikasi (communication e. Kualitas hasil kerja (quality of work) b. d. seperti: penyusunan dan pengembangan SAP. 1. Kemampuan dosen dalam menjalin atau berinteraksi dengan siswa. Adapun aspek-aspek yang menjadi ukuran dalam mengevaluasi kinerja dosen adalah sebagai berikut: a. relevansi antara soal dengan materi perkuliahan yang disampaikan mahasiswa. Kemampuan (capability) c. membantu siswa yang mengalami masalah dalam belajar. Sesuai dengan tugas utama dosen sebagai pendidikan dan pengajar. maka yang menjadi sasaran evaluasi kinerja dosen meliputi: a.

yaitu menilai kesesuaian tugas mengajar dengan jadwal. baik oleh pimpinan jurusan. Evaluasi oleh pimpinan jurusan atau ketua program studi b. perlu ditentukan pejabat yang ditugaskan untuk melakukan evaluasi. Evaluasi kinerja dosen hendaknya dilakukan oleh orang yang memiliki kesempatan yang luas untuk mengamati perilaku dosen secara langsung di kelas. yaitu penilaian kinerja yang dilakukan untuk mengendalaikan dan menilai secara mendadak berdasarkan data. Ada beberapa kemungkinan tentang siapa yang dapat melakukan evaluasi kinerja dosen: a. c.5 Waktu Penilaian Kinerja Dosen Pelaksanaan penilaian kinerja dosen berbasis pengawasan terdiri dari: a. Agar evaluasi kinerja dosen berjalan efektif. pelaksanaan UTS dan UAS. sehingga ketika melakukan evaluasi memiliki legilatas yang kuat. yaitu penilaian kinerja yang dilakukan untuk mengendalikan atau menilai secara berkelanjutan tanpa terbatas pada jangka waktu tertentu. Penilaian sewaktu-waktu. Dengan adanya ketetapan siapa yang akan melakukan evaluasi diharapkan pelaksanaan evaluasi akan berjalan secara baik dan berkelanjutan. f. Evaluasi oleh mahasiswa c. 1. yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengendalikan atau menilai pada jangka waktu tertentu. berdasarkan rencana atau program yang telah ditetapkan. Penilaian terus menerus. Penilaian berkala. artinya siapa yang akan melakukan evaluasi kinerja dosen tersebut. ruang lingkup evaluasi dibatasi pada aspek administrasi akademik. artinya dilakukan secara simultan. TIM evaluasi yang dibentuk di fakultas. b. Evaluasi diri e. evaluasi oleh mahasiswa dan evaluasi diri. yang ditetapkan dengan surat keputusan. informasi. Evaluasi oleh TIM yang ditetapkan oleh jurusan atau fakultas d. Evaluasi yang dilakukan oleh petugas TU yang ada difakultas.telah ditetapkan. Evaluasi kombinasi. kehadiran Tim dosen. .

1.60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi d.6 Landasan Evaluasi Kinerja Dosen Yang menjadi landasan dalam evaluasi kinerja dosen adalah sebagai berikut: a. Dengan adanya ketetapan siapa yang akan melakukan evaluasi diharapkan pelaksanaan evaluasi akan berjalan secara dosen: 1. Peraturan Pemerintah No.14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen c. yang ditetapkan dengan surat keputusan. artinya siapa yang akan melakukan evaluasi kinerja dosen tersebut. sehingga ketika melakukan evaluasi memiliki legilatas yang kuat.12/MWA UPI/2005 Tentang Rencana Strategis Universitas Pendidikan Indonesia. dengan memperhatikan kriteria-kriteria evaluasi yang telah ditetapkan./UPI-SK/V/2008 g. Ketetapan Majelis Wali Amanah N0. Pelaksanaan evaluasi juga didasarkan pada program evaluasi yang direncanakan. Keputuran Senat Akdemik No. Ditinjau dari ruang lingkupnya Evaluasi kinerja dilakukan oleh pimpinan jurusan untuk menilai dosen yang bertugas pada jurusan/program studi tersebut serta oleh setiap mahasiswa baik dan berkelanjutan. Agar evaluasi kinerja dosen berjalan efektif.6 Tahun 2004 tentang Penetapan Universitas e. Ada beberapakemungkinan tentang siapa yang dapat melakukan evaluasi kinerja . 1. perlu ditentukan pejabat yang ditugaskan untuk melakukan evaluasi. Undang-undang No.atau keperluan pada saat tertentu terhadap suatu persoalan khusus di luar rencana yang kegiatan penilaian/pengawasan yang telah ditetapkan.7 Jenis Evaluasi Kinerja Dosen Dalam melaksanakan evaluasi terhadap kinerja dosen hendaknya berorientasi pada tujuan.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional b. Peraturan Pemerintah No. Pendidikan sebagai Badan Hukum Milik Negara f. Undang-undang No.001/Senat-Akd.

yaitu penilaian kinerja berbasis pengawasan yang dilakukan untuk menilai situasi. Penilaian/pengawasan oleh mahasiswa dilakukan dengan menggunakan format yang telah disediakan oleh fakultas. maka pejabat yang bertugas untuk melaksanakankan penilaian perlu ditetapkan ruang kewenangannya. Evaluasi sewaktu-waktu. b. dan kemampuan dosen dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalnya yang sesuai dengan standar atau kriteria yang telah ditetapkan.8 Wewenang Evaluasi Kinerja Dosen Agar kegiatan penilaian kinerja berjalan efektif. yaitu penilaian berbasis pengawasan dilakukan untuk menilai perkembangan pelaksanaan tugas setelah dosen tersebut dinilai kinerjanya dan dilakukan umpan balik dalam jangka waktu tertentu. atau peniliaian kinerja dosen oleh TIM penilai yang telah ditetapkan oleh pimpinan fakultas. 2. Ditinjau dari segi substansinya Ditinjau dari segi substansinya. yaitu evaluasi kinerja dosen yang dilakukan secara mendadak berdasarkan informasi. atau keperluan pada saat tertentu terhadap suatu persoalan khusus di luar rencana evaluasi yang telah ditetapkan. antara lain: a. Ditinjau dari segi waktu pelaksanaan Ditinjau dari segi waktu pelaksanaan. b. Menyusun program pengawasan. penilaian kinerja dosen terbagi atas: a. yaitu evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa dan pimpinan jurusan/fakultas atau oleh tim yang ditunjuk. b. Dilakukan setiap akhir semester.yang telah mengontrak mata kuliah dan mendapat perkuliahan dari dosennya masing-masing. Penilaian dan pengawasan mutu. Penilaian Perkembangan. evaluasi kinerja terbagi atas: a. dan mensosialisasikannya kepada dosen yang akan dinilai dan kepada mahasiswa peserta kuliah. kondisi. Format penilaian yang telah diisi dikembalikan kepada petugas yang ditunjuk. 3. Evaluasi terus-menerus. 1. lingkup .

Melakukan evaluasi dengan menggunakan instrument yang telah ditetapkan 6. 1. silabus. dan handout perkuliahan. Menyiapkan alat evaluasi 3. oleh Tim penilaian yang dibentuk oleh pimpinan Fakultas atau Program Studi. Menyampaikan hasil penilaian kepada dosen yang bersangkutan dan pimpinan unit kerja 9. Memeriksa dokumen-dokumen yang terkait dengan tugas dosen sebagai pengajar. e. Menghubungi dosen yang akan dinilai/diawasi.9 Ruang Lingkup Tugas Evaluasi Kinerja Dosen Evaluasi kinerja dosen dapat dilakukan oleh pimpinan jurusan/program studi. Mengambil tindakan korektif (khusus tindakan ini dilakukan oleh pimpinan jurusan atau fakultas) terhadap penyimpangan atau penyelewengan dalam pelaksanaan tugas oleh dosen serta melaporkannya kepada pimpinan universitas. . seperti SAP.c. Mengolah hasil penilaian 8. dosen itu sendiri (evaluasi diri) serta oleh mahasiswa. Memberi saran teknis administratif dan teknis edukatif kepada dosen sesuai standar kerja yang berlaku. 2. Menetapan dosen yang akan di evaluasi 4. antara lain: 1. Melakukan tindak lanjut hasil evalauasi kinerja. Hal-hal yang harus dilakukan oleh penilai kinerja dosen. baik dengan maupun pemberitahuan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan. Menyusun rencana kegiatan penilaian. 7. d. f. Meminta bahan dan/atau keterangan yang diperlukan dan wajib diberikan oleh dosen yang dinilai/diawasi. Memberitahun dosen yang akan dievaluasi 5.

Tim Khusus . Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia 2. Evaluasi 2. Diri sendiri (dosen) 5. Identifikasi informasi Cara/Teknik menilai 1. Atasan langsung 3. pedoman wawancara c. terbuka. Format Penilaian Khusus Angket tertutup. Survey 2. Pendidikan dan Pengajaran 2.1. Pengabdian Masyarakat 3.10 Prosedur Evaluasi Kinerja Dosen Kinerja Dosen Evaluasi Kinerja Umpan Balik Ukuran-ukuran kinerja Standar Kinerja Keputusan SDM Dokumen Kinerja Dosen Model Rancangan Sistem Penilaian Kinerja Dosen Tujuan 1. Self evaluation Penilai 1. Pengembang an Aspek 1. Individual conference 4. Penelitian Alat a. Mahasiswa 6. Observasi 3. Teman sejawat 4. lembar observas. Format DP3 b.

laporan ilmiah. dan kegiatan akademik Mudah diakses/tidak segan untuk didekati lainnya Melayani mahasiswa yang memerlukan bantuan Menciptakan fasilitas bagi terlaksananya dis Fasilitator dalam aktifitas b kusi elajar kelas maupun kegiatan belajar mahasiswa mahasiswa Memberikan pelayanan bantuan/bimbingan p Menjadi rujukan mahasiswa dal ada am mahasiswa pada waktu yang telah ditentuka memecahkan masalah n Menyusun dan mengembangkan bahan ujian Menyusun kisi-kisi soal Membuat soal evaluasi Memeriksa soal Menginformasikan hasil evaluasi Membicarakan hasil ujian dengan mah Menginformasikan hasil evaluasi asiswa Melaksanakan remedial sebagai bantuan umpan balik yang positif . Komunikatif pembuatan makalah.Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Bidang Pengajaran Komponen Pengajaran Memenuhi semua perkuliahan pada waktunya Indikator tepat 90.100% 70-80% 50-60% < 50% Memberikan kuliah secara efektif Membagikan silabus Membahas silabus Menunjukan buku sumber Merinci tujuan pembelajaran Menjelaskan metodologi perkuliahan Menjelaskan sistem evaluasi Membuat kesepakatan tata t ertib perkuliahan Memperbaharui bahan perkuliahan secara ter mekanisme Memberikan penjelasan konsep atur Memahami bahan kuliah Memiliki wawasan yang luas Menggunakan berbagai media belajar untuk Melaksanakan pengajaran sesuai metod memperjelas dan membangkitkan minat bela e yang tepat jar mahasiswa Mendayagunakan media dan teknologi Dapat merangkum materi sebagaimana yang Memiliki handout/modul/diktat kuliah disusun dalam rencana dan silabus perkuliah Melayani mahasiswa yang memerlukan an bantuan Membimbing mahasiswa.

artikel. diktat. penyuluhan kepada masyarakat baik mengenai pemanfaatan bidang spesialisasi maupun yang berhubung an dengan pembangunan masyarakat pada umumnya Mengambil bagian secara akt if dalam memecahkan sec ara kongkrit karya masalah yang kepada dihadapi Menulis pengabdian masyarakat Indikator Merancang dan mengorganisasikan pengabdian masyara kat Menentukan tujuan Merumuskan karakteristik situasi yang dihadapi Memperhitungkan cara pencapaiannya Identifikasi karakter lapangan Membandingkan idealisme dengan karaker lapangan Menentukan program yang akan dilaksanakan Melaksanakan kerjasama dengan lapangan Melakukan penyuluhan atau praktek kerja Menulis makalah/paper penyuluhan Menulis artikel hasil pengabdian masyarakat Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Bidang Pengabdian pada Masyarakat . informasi . regional. seminar jurusan. teori baru Laporan tepat waktu Sistematika Laporan memenuhi metode ilmiah Hasil penelitian dipertanggungjawabkan pihak institusi Memuat rekomendasi yang berguna bagi pihak yang berkepentingan Melakukan seminar hasil penelitian Membuat laporan karya ilmiah atau penelitian secara tepat berdasarkan sarat keilmuan Menyajikan karya tulis dalam diskusi ilmiah. material.Komponen Penelitian Merancang penelitian dan mengadakan Indikator Rumusan masalah tajam dan logik Masalah penelitian mutakhir Tujuan dan manfaat penelitian relevan dengan praksis pendidikan Dukungan kepustakaan yang kuat Metodologi yang tepat Menghasilkan metode. nasional dan internasional Menulis buku ilmiah Membimbing penelitian mahasiswa Mengkaji bahan-bahan ilmiah mutakhir seperti hasil penelitian Menulis/Menerbitkan buku. makala Menjadi pembimbing skripsi Melaksanakan bimbingan secara priodik Membantu memecahkan permasalahan penelitian mahasi Memiliki pustaka/jurnal terbaru Mengkaji bahan ilmiah dengan mahasiswa atau rekan sej Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Bidang Penelitian Komponen Pengabdian Masyarakat Memberikan latihan. jurnal. fakultas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful