Nama : Ummul Fadilah NIM : B1J011059 Rombongan : V Kelompok : 3 Asisten : Atika Nurmayasari Klasifikasi serta manfaat dari masing

-masing tumbuhan menurut author: 1. Melinjo (Gnetum gnemon) 2. Daun Pinus (Pinus merkusii) 3. Anggrek Kalajengking (Arachnis flos-aeris) 4. Talas (Colocasia esculenta) 5. Palem Kuning (Dypsis lutescens) Melinjo Gnetum gnemon L. Nama umum : Belinjo, melinjo, mlinjo, tangkil, genemon Melayu: Belinjau, meninjau Vietnam: Rau bep, rau danh Thailand: Peesae Pilipina: Bago

Belinjo Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Gnetophyta Kelas: Gnetopsida Ordo: Gnetales Famili: Gnetaceae Genus: Gnetum Spesies: Gnetum gnemon L.

Daun-daun muda, bunga dan buah (muda dan tua) biasa diolah menjadi sayur. Bagian paling penting dari Melinjo adalah biji. Biji Melinjo dapat dimakan kering, dimasak, atau diawetkan menjadi kerupuk (Emping). Emping merupakan panganan hasil industri rumahtangga dan berperan penting bagi perekonomian masyarakat di Jawa. Selain itu, pohon Melinjo yang memiliki perakaran kuat ini juga baik ditanam untuk pemulihan kembali areal kritis. Di Jawa Tengah, Melinjo ditanam untuk merehabilitasi lahan dan konservasi tanah di sepanjang Daerah Aliran Sungai Gobeh.

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang dapat digunakan untuk memulihkan kembali lahan-lahan kritis. dekstrin 0. sukrosa. kalsium & logam gaffes serta minyak atsiri.& De Vr Nama umum Indonesia: Pinus Pinus Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Coniferophyta Kelas: Pinopsida Ordo: Pinales Famili: Pinaceae Genus: Pinus Spesies: Pinus merkusii Jungh.& De Vr Pohon Pinus umumnya digunakan sebagai sumber bahan bangunan.13 juga mengandung ptozenat. Nama umum Indonesia: Anggrek Kalajengking Klasifikasi : Divisio : Magnoliophyta Classis : Liliopsida Ordo : Orchidales Familia : Orchidaceae Genus : Arahnis Species : Arahnis flos-aeris Anggrek yg mengandung sekitar 50% resin & gel & bahan-bahan protein & pati sekitar 30%. Penanaman pohon Pinus dapat menghambat pertumbuhan alang-alang dengan baik. .Pinus Pinus merkusii Jungh. Anggrek Kalajengking Arachnis flos-aeris L. 48% bahan cairan.

Untuk menghentikan pendarahan internal di dlm perut (tukak lambung) Di Mesir minumaan tepung putih yg mrp hasil pati dr umbi Anggrek ini. terutama pada anakanak Mengobati disetri Di Inggris. dibuat menjadi minuman dikenal sbg Anggrek Herbal ternyata bermanfaat untuk penyembuhan penyakit musim dingin Seperti halnya khasiat adas . yaitu dgn mengambil satu sendok teh umbi Anggrek bubuk. juga berkhasiat menjaga keselamatan gigi & menguatkan tulang serta meningkatkan kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit menular Cara meramu : Umbi Anggrek yg ditumbuk & diambil sari patinya dgn cara menambahkan air & menyaringnya kemudian ditambahkan dgn susu & gula kemudian diberi air & dipanaskan di atas api sampai dia mengental minum 2-3 kali sehari. Dlm kasus perdarahan lambung-maag minum dr 1gelas dosis pertama . Anggrek digunakan sbg obat tuberkulosis & membantu mempercepat pemulihan & vesiculation paru Bergizi & sbg penyegar Obat untuk sakit maag & TBC usus Sari pati Anggrek yg diberi gula.ternyata terdapat beberapa khasiat : Untuk menghentikan pendarahan rahim. maka perlahan perdarahan akan berhenti. susu & madu sbg makanan untuk anak-anak atau susunya ditambahkan sari pati Anggrek maka dapat membantu pertumbuhan anakanak dgn cepat. kemudian dicampurkan dgn segelas air dingin diletakkan di atas api. anggrek digunakan sbg Anti-diare. aduk hingga merata kemudian tambahkan gula.          ada pun cara untuk tujuan ini. stelah mendidih atau terlihat meletup-letup angkat dr api dinginkan & minum.

. kelapa parut dan sayuran. esculenta Binomial name Colocasia esculenta Umbi talas. dengan cara dipanggang. dan helaian daun dan tangkai daun bila dimasak lebih dulu dapat dimakan. Di beberapa daerah Indonesia dimana padi tidak dapat tumbuh. antara lain di Kepulauan Mentawai dan Papua. tangkai daun juga dapat dimasak. Daun dapat dimasak dan dimakan sebagai selada dengan saus pedas.Colocasia esculenta (Talas) Kingdom: Plantae Angiosperms Monocots Ordo: Alismatales Family: Araceae Subfamily: Aroideae Tribe: Colocasiodeae Genus: Colocasia Species: C. daging dan udang. yang berpengaruh secara ekonomi pada permainan tradisional dan upacara-upacara. dibungkus dan dikukus dalam daun talas). talas dimakan sebagai makanan pokok. Di Hawaii dan beberapa bagian Polynesia. sedangkan tangkai daun dikukus dengan santan. dikukus atau dimasak dalam tabung bambu. Di Malaysia. Bubur talas dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat dikonsumsi untuk makanan bayi dengan tingkat alergi yang rendah. Awalnya talas di Filipina digunakan pada waktu pati dan sayuran hijau mengalami penurunan pasokan. Poding dapat dibuat dari talas yang diparut dan dicampur kelapa. talas dimasak dengan cara yang sama dan juga berperanan dalam festival-festival keagamaan. Saat ini talas merupakan makanan pokok di banyak pulau di Pacific termasuk Papua Niugini. Umbi dapat dimakan dengan cara dikukus dan digoreng lebih dulu atau dibuat menjadi permen. Daun digunakan untuk membungkus`buntil` (ikan teri yang digarami dicampur dengan bumbu. sebagai obat-obatan masyarakat dan sebagai makanan ternak terutama babi. tetapi juga dapat dimanfaatkan dalam festival-festival keagamaan. talas di Asia Tenggara dikonsumsi oleh manusia. Pada umumnya. Di Jawa. sedangkan potongan talas berukuran kecil yang digoreng sangat terkenal sebagai makanan ringan. permen dapat dibuat dari talas yang beraroma semerbak dicampur dengan kelapa dan gula. umbi dikukus dan ditumbuk untuk dibuat pasta yang selanjutnya dapat difermentasi untuk menghasilkan poding.

Palem Kuning Chrysalidocarpus lutescens Nama umum : Palem kuning Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil) Sub Kelas: Arecidae Ordo: Arecales Famili: Arecaceae (suku pinang-pinangan) Genus: Chrysalidocarpus Spesies: Chrysalidocarpus lutescens Jenis palem ini mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde .