BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

2.1.

Fisiologi Mata Mata adalah organ fotosensitif yang sangat berkembang dan rumit, yang

memungkinkan analisis cermat dari bentuk, intensitas cahaya, dan warna yang dipantulkan objek. Mata terletak dalam struktur bertulang yang protektif di tengkorak, yaitu rongga orbita. Setiap mata terdiri atas sebuah bola mata fibrosa yang kuat untuk mempertahankan bentuknya, suatu sistem lensa untuk memfokuskan bayangan, selapis sel fotosensitif, dan suatu sistem sel dan saraf yang berfungsi mengumpulkan, memproses, dan meneruskan informasi visual ke otak (Junqueira, 2007). Tidak semua cahaya yang melewati kornea mencapai fotoreseptor peka cahaya karena adanya iris, suatu otot polos tipis berpigmen yang membentuk struktur seperti cincin di dalam aqueous humour. Lubang bundar di bagian tengah iris tempat masuknya cahaya ke bagian dalam mata adalah pupil. Iris mengandung dua kelompok jaringan otot polos, satu sirkuler dan yang lain radial. Karena seratserat otot memendek jika berkontraksi, pupil mengecil apabila otot sirkuler berkontraksi yang terjadi pada cahaya terang untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata. Apabila otot radialis memendek, ukuran pupil meningkat yang terjadi pada cahaya temaram untuk meningkatkan jumlah cahaya yang masuk (Sherwood, 2001). Untuk membawa sumber cahaya jauh dan dekat terfokus di retina, harus dipergunakan lensa yang lebih kuat untuk sumber dekat. Kemampuan menyesuaikan kekuatan lensa sehingga baik sumber cahaya dekat maupun jauh dapat difokuskan di retina dikenal sebagai akomodasi. Kekuatan lensa bergantung pada bentuknya, yang diatur oleh otot siliaris. Otot siliaris adalah bagian dari korpus siliaris, suatu spesialisasi lapisan koroid di sebelah anterior. Pada mata normal, otot siliaris melemas dan lensa mendatar untuk penglihatan jauh, tetapi otot tersebut berkontraksi untuk memungkinkan lensa menjadi lebih cembung dan lebih kuat untuk penglihatan dekat. Serat-serat saraf simpatis menginduksi

Universitas Sumatera Utara

aqueous humour (n=1. Proses Visual Mata Proses visual dimulai saat cahaya memasuki mata. dan lensa (n=1. Pada pigmented retina. 2006). terdapat tiga Universitas Sumatera Utara .40).33). pembentukan bayangan pada retina bergantung pada kemampuan refraksi mata (Saladin. Pada sensory retina. 2. 2006). 2006). Kornea merefraksi cahaya lebih banyak dibandingkan lensa. Setelah cahaya mengalami refraksi. pupil dapat dilalui cahaya sebanyak lima kali lebih banyak dibandingkan ketika sedang konstriksi maksimal.relaksasi otot siliaris untuk penglihatan jauh. Pada tahap selanjutnya. terfokus pada retina dan menghasilkan sebuah bayangan yang kecil dan terbalik. setelah cahaya memasuki mata. sel-sel ini berkontraksi dan melebarkan pupil sehingga lebih banyak cahaya dapat memasuki mata.2. Ketika dilatasi maksimal. Sel-sel tersebut dikenal juga sebagai myoepithelial cells (Saladin. tahap terakhir dalam proses visual adalah perubahan energi cahaya menjadi aksi potensial yang dapat diteruskan ke korteks serebri. terdapat selapis sel-sel yang berisi pigmen melanin yang bersama-sama dengan pigmen pada koroid membentuk suatu matriks hitam yang mempertajam penglihatan dengan mengurangi penyebaran cahaya dan mengisolasi fotoreseptor-fotoreseptor yang ada. sementara sistem saraf parasimpatis menyebabkan kontraksi otot untuk penglihatan dekat (Sherwood. Beberapa media refraksi mata yaitu kornea (n=1. Jika sistem saraf simpatis teraktivasi. Retina memiliki dua komponen utama yakni pigmented retina dan sensory retina. Kontraksi dan dilatasi pupil terjadi pada kondisi dimana intensitas cahaya berubah dan ketika kita memindahkan arah pandangan kita ke benda atau objek yang dekat atau jauh. Lensa hanya berfungsi untuk menajamkan bayangan yang ditangkap saat mata terfokus pada benda yang dekat dan jauh.38). 2001). Diameter pupil ini sendiri diatur oleh dua elemen kontraktil pada iris yaitu papillary constrictor yang terdiri dari otot-otot sirkuler dan papillary dilator yang terdiri dari sel-sel epitelial kontraktil yang telah termodifikasi. melewati pupil dan mencapai retina. Proses perubahan ini terjadi pada retina (Saladin.

3. superior colliculi. Ketajaman penglihatan merupakan Universitas Sumatera Utara . 2006). lateral geniculate dari thalamus. sinyal yang terbentuk akan diteruskan ke nervus optikus. Lapisan pleksiform luar berada diantara lapisan sel bipolar dan ganglionic sedangkan lapisan pleksiformis dalam terletak diantara lapisan sel bipolar dan ganglionic (Seeley. optic chiasm.1. Gambaran jaras penglihatan yang telah dijelaskan sebelumnya dapat dilihat pada gambar berikut: Gambar 2. 2007) 2. Setelah aksi potensial dibentuk pada lapisan sensori retina.lapis neuron yaitu lapisan fotoreseptor. Jaras Penglihatan (Khurana. Tajam Penglihatan Tajam penglihatan merupakan padanan dari bahasa inggris "Visual Acuity" yang didefinisikan sebagai buruk atau jelasnya penglihatan yang bergantung pada tingkat kejelasan upaya pemfokusan di retina. dan korteks serebri (Seeley. optic tract. Badan sel dari setiap neuron ini dipisahkan oleh plexiform layer dimana neuron dari berbagai lapisan bersatu. 2006). bipolar dan ganglionic.

kemampuan sistem penglihatan untuk membedakan berbagai bentuk (Anderson. 2007). 2009). Pemeriksaan Tajam Penglihatan Pemeriksaan tajam penglihatan merupakan pemeriksaan fungsi mata. 2. seperti: Universitas Sumatera Utara . Pemeriksaan tajam penglihatan dilakukan pada mata tanpa atau dengan kacamata dan setiap mata diperiksa terpisah (Ilyas. Untuk mengetahui tajam penglihatan seseorang dapat dilakukan dengan kartu Snellen dan bila penglihatan kurang maka tajam penglihatan diukur dengan menentukan kemampuan melihat jumlah jari (hitung jari). Dengan kartu Snellen standar ini dapat ditentukan tajam penglihatan atau kemampuan melihat seseorang. Gangguan penglihatan memerlukan pemeriksaan untuk mengetahui sebab kelainan mata yang mengakibatkan turunnya tajam penglihatan. 2009). Tajam penglihatan perlu dicatat pada setiap mata yang memberikan keluhan mata. Recognition acuity adalah tajam penglihatan yang berhubungan dengan detail dari huruf terkecil. ataupun proyeksi sinar. Jika tidak bisa menghitung jari. Penglihatan yang optimal hanya dapat dicapai bila terdapat suatu jalur saraf visual yang utuh. 2009). Mata yang tidak dapat mempersepsi cahaya dianggap buta total (Riordan-Eva.3. mata tersebut mungkin masih dapat mendeteksi tangan yang digerakkan secara vertikal atau horizontal. Untuk besarnya kemampuan mata membedakan bentuk dan rincian benda ditentukan dengan kemampuan melihat benda terkecil yang masih dapat dilihat pada jarak tertentu. Tingkat penglihatan yang lebih rendah lagi adalah kesanggupan mempersepsi cahaya.1. Resolution acuity adalah kemampuan mata untuk mengenali dua titik ataupun benda yang mempunyai jarak sebagai dua objek yang terpisah (Leat. Tajam penglihatan dapat dibagi lagi menjadi recognition acuity dan resolution acuity. stuktur mata yang sehat serta kemampuan fokus mata yang tepat (Riordan-Eva. 2009). angka ataupun bentuk lainnya yang dapat dikenali. Mata yang tidak dapat membaca satu huruf pun pada kartu Snellen diuji dengan cara menghitung jari.

Bila pasien hanya dapat membaca huruf pada baris yang menunjukkan angka 50. yang oleh orang normal huruf tersebut dapat dilihat pada jarak enam meter.Dengan uji lambaian tangan.Bila pasien tidak dapat mengenal huruf terbesar pada kartu Snellen maka dilakukan uji hitung jari.Bila tajam penglihatan adalah 6/60 berarti ia hanya dapat terlihat pada jarak enam meter yang oleh orang normal huruf tersebut dapat dilihat pada jarak 60 meter. . . . Dengan pengujian ini tajam penglihatan hanya dapat dinilai dampai 1/60.2. . Orang normal dapat melihat adanya sinar pada jarak tidak berhingga. . Orang normal dapat melihat gerakan atau lambaian tangan pada jarak 300 meter. maka dapat dinyatakan tajam penglihatan pasien yang lebih buruk daripada 1/60. yang berarti hanya dapat menghitung jari pada jarak 1 meter. Jari dapat dilihat terpisah oleh orang normal pada jarak 60 meter.Bila pasien hanya dapat melihat atau menentukan jumlah jari yang diperlihatkan pada jarak tiga meter.Bila penglihatan sama sekali tidak mengenal adanya sinar maka dikatakan penglihatannya adalah 0 (nol) atau buta nol (Ilyas. Bila mata hanya dapat melihat lambaian tangan pada jarak satu meter berarti tajam penglihatannya adalah 1/300. dibawah ini terlihat tajam penglihatan yang dinyatakan dalam sistem desimal. berarti tajam penglihatan pasien adalah 6/30. . 2009). Keadaan ini disebut sebagai tajam penglihatan 1/~.. berarti tajam penglihatan pasien adalah 6/50. . maka dinyatakan tajam 3/60. Pada Tabel 2. Universitas Sumatera Utara . . 2009).Bila pasien hanya dapat membaca pada huruf baris yang menunjukkan angka 30.Kadang-kadang mata hanya dapat mengenal adanya sinar saja dan tidak dapat melihat lambaian tangan. Snellen dalam meter dan kaki (Ilyas.Bila tajam penglihatan 6/6 maka berarti ia dapat melihat huruf pada jarak enam meter.

1 2.1. Uji Pengkabutan (Fogging Test) Uji pemeriksaan astigmatisme dengan memakai prinsip mengistirahatkan akomodasi dengan memakai lensa positif.3. Bila terdapat perbaikan tajam penglihatan dengan melihat melalui lubang kecil berarti terdapat kelainan refraksi.4 0.0 0. Dengan mata istirahat pasien disuruh melihat astigmatism dial (juring astigmatisme). Universitas Sumatera Utara . Penderita duduk menghadap kartu Snellen dengan jarak 6 meter. 2009). kekeruhan badan kaca.8 0. Mungkin saja ini diakibatkan kekeruhan kornea. Bila terjadi kemunduran tajam penglihatan berarti terdapat gangguan pada media penglihatan.7 0. Kaki dan Desimal Snellen (6 meter) 20 kaki Sistem desimal 6/6 5/6 6/9 5/9 6/12 5/12 6/18 6/60 2. Uji Lubang Kecil Uji ini bertujuan untuk mengetahui apakah tajam penglihatan yang kurang terjadi akibat kelainan refraksi atau kelainan organik media penglihatan. 2009).3.2. Penderita disuruh melihat huruf terkecil yang masih terlihat dengan jelas. katarak.3 0. Bila garis vertikal yang terlihat jelas berarti garis ini telah terproyeksi baik pada retina sehingga diperlukan koreksi bidang vertikal dengan memakai lensa silinder negatif dengan sumbu 180 derajat.5 0.75 mm). Nilai Tajam Penglihatan dalam Meter. 20/20 20/25 20/30 15/25 20/40 20/50 20/70 20/200 1.3. Kemudian pada mata tersebut ditaruh lempeng berlubang kecil (pinhole atau lubang sebesar 0.6 0. Penambahan kekuatan silinder diberikan sampai garis pada juring astigmatisme terlihat sama jelasnya (Ilyas. dan kelainan makula lutea (Ilyas.Tabel 2.

Bila terjadi penurunan tajam penglihatan dari huruf isolasi ke huruf dalam baris maka ini disebut adanya crowding phenomenon pada mata tersebut. Anak diminta melihat pada satu titik atau benda jauh. 2. Pada pasien diminta untuk memberitahu huruf diatas warna yang tampak lebih jelas. Bila terlihat huruf diatas hijau lebih jelas berarti mata hipermetropia. 2005). demikian pula dengan mata yang telah dikoreksi dengan tepat.3.7. Penurunan Tajam Penglihatan Penurunan tajam penglihatan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti usia. Bila mata yang dominan yang tertutup maka anak tersebut akan menggerakkan kepalanya untuk melihat benda yang matanya dominan (Ilyas.6. kesehatan mata dan tubuh dan latar belakang pasien. 2009).3. Tajam penglihatan cenderung menurun sesuai dengan meningkatnya usia seseorang. Satu mata ditutup kemudian mata yang lainnya. Pada keadaan diatas dilakukan koreksi sehingga huruf diatas warna hijau sama jelas dibanding huruf diatas warna merah (Ilyas. 2009).3. kemudian isolasi huruf dibuka dan pasien disuruh melihat sebaris huruf yang sama. Uji Duokrom (Uji Keseimbangan Merah Biru) Pada mata emetropia sinar merah dibiaskan di belakang retina sedang sinar hijau di depan. Uji Crowding Phenomenon Uji ini bertujuan untuk mengetahui adanya ambliopia. Penderita diminta membaca huruf kartu Snellen sampai huruf terkecil yang dibuka satu persatu atau yang diisolasi. sedang pada miopi akan lebih jelas huruf pada warna merah.3. 2. Indonesia. Dari penelitian yang dilakukan di Sumatera.2.4. Jenis kelamin bukan merupakan suatu faktor yang mempengaruhi ketajaman penglihatan seseorang (Xu. 2009).5. Penderita duduk dengan satu mata ditutup dan melihat pada kartu merah hijau yang ada huruf diatasnya. 2. Universitas Sumatera Utara . Mata ini menderita ambliopia (Ilyas. Uji Dominan Mata Uji ini bertujuan untuk mengetahui mata dominan pada anak.

Telepon pintar memiliki fungsi-fungsi antara lain.4. kemampuan membaca buku elektronik (e-book). dan pengertian dari telepon pintar ini pun berubah mengikuti waktu. sebagai aplikasi multimedia dapat digunakan sebagai pemutar musik/music player. dan trauma (Saw. Fungsi-Fungsi Telepon Pintar Telepon pintar menawarkan akses langsung baik ke informasi yang dipublikasikan maupun sistem jaringan perusahaan seperti internet. Telepon Pintar (Smartphone) 2. chatting/instant messaging serta mempunyai banyak aplikasi (Anderson. Macular Hole. Telepon pintar merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi dan memiliki fitur canggih seperti kemampuan internet. Definisi Belum ada kesepakatan dalam industri ini mengenai apa yang membuat telepon menjadi pintar. memiliki Universitas Sumatera Utara .didapat bahwa penyebab tertinggi terjadinya low vision atau visual impairment adalah katarak. terkadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. 2003). Optic Atrophy. Untuk produktivitas profesional dan personal dapat dipakai untuk membuka aplikasi instant messaging/chatting dan jejaring sosial.4. telepon pintar dapat dibedakan dengan telepon genggam biasa dengan dua cara fundamental yaitu bagaimana mereka dibuat dan apa yang mereka bisa lakukan. hukum dan komunitas peneliti (White. Ketersediaan global dari jaringan telepon broadband dan aplikasi-aplikasi dapat mengubah penyampaian informasi kepada masyarakat bisnis.4. membaca email. 2. 2007).2. amblyopia. Menurut David Wood. Wakil Presiden Eksekutif PT Symbian OS. Kelainan refraksi merupakan suatu kelainan mata yang herediter (Riordan-Eva. Telepon pintar adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi. 2004). memiliki fungsi video kamera dan aplikasi personal lainnya. membaca e-mail pribadi. 2010).1. 2. kelainan refraksi yang tidak dikoreksi. Age-related Macular Degeneration.

Memberikan informasi yang dapat diakses dan dimanipulasi oleh perangkat lunak. melakukan voice calling atau corporate messaging. Perangkat lunak sendiri memiliki nilai yang luar biasa kepada pengguna. gampang digunakan.4. Perubahan di dalam telepon bahkan lebih revolusioner. dan dapat mengatur dan mengontrol aplikasi.4. 2. Kelebihan Telepon Pintar Telepon pintar menawarkan beberapa manfaat signifikan bagi pengguna melalui kecanggihan telepon tersebut.4. khususnya kualitas layar dan penggunaan layar sentuh. 3. mengijinkan orang lain untuk mengakses data tersebut. 2.kemampuan navigasi/GPS (Global Positioning System) dan memiliki akses internet.3. 2010). digunakan untuk membaca e-mail. Kekurangan Telepon Pintar Pada penggunaan telepon pintar. membuka aplikasi bisnis. 2010). banyak isu keamanan dan kerahasiaan pribadi yang muncul berupa: 1. 2. Kebocoran data Telepon yang hilang atau dicuri dengan memori yang tidak dilindungi memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mengakses data tersebut. Untuk produktivitas bisnis. Penonaktifan yang kurang tepat Telepon dibuang atau diberikan ke orang lain tanpa membuang data sensitif. Telepon pintar juga memiliki keunggulan dalam hal keamanan karena dapat menghapus data dari jauh serta enkripsi dan manajemen data (Signorini. Telepon pintar juga memiliki kemampuan manajemen dan implementasi policy. Pengungkapan data yang tak disengaja Universitas Sumatera Utara . telepon pintar kini berubah menjadi perangkat informasi mobile yang kuat dan perangkat komunikasi yang mungkin mengubah cara pengguna mengakses informasi secara dramatis (White. dengan ponsel sekarang memiliki browser yang kuat dan sistem operasi perangkat lunak yang menawarkan potensi pengembangan yang sangat besar bagi industri perangkat lunak.

10. nomor kartu kredit menggunakan aplikasi palsu atau pesan (sms. Pencurian data menggunakan jaringan palsu Penyerang menggunakan titik akses jaringan (network access point) palsu dan pengguna telepon pintar melakukan koneksi dengan jaringan tersebut. 7. 5. 9. 6. Universitas Sumatera Utara . Financial malware Malware yang secara spesifik didesain untuk mencuri nomor kartu kredit.Kebanyakan aplikasi memiliki pengaturan privasi. data online banking atau mengalihkan transaksi online banking atau transaksi elektronik. Hal ini menyebabkan penyerang dapat melakukan intersepsi atas komunikasi pengguna telepon pintar dan melancarkan aksi serangan lain seperti pencurian data. Spyware Telepon pintar yang memiliki spyware didalamnya memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mengakses atau mengubah data pribadi pengguna telepon pintar. 8. tetapi banyak pengguna yang tidak sadar akan hal itu. Diallerware Penyerang mencuri uang dari pengguna telepon pintar dengan cara menggunakan malware yang menggunakan pelayanan sms premium secara tersembunyi. 4. Pengawasan Mengawasi seseorang dengan menggunakan telepon pintar target. Phising Orang lain dapat mencuri data-data penting kita seperti password. Data tersebut ditransmisikan tanpa sepengetahuan pengguna telepon pintar. email) yang kelihatannya asli. 2010). Kongesti jaringan Beban jaringan berlebihan akibat penggunaan telepon cerdas yang berlebihan dan mengakibatkan terputusnya jaringan pengguna telepon cerdas (Hogben.

pengguna telepon pintar akan menghabiskan waktunya untuk menatap pada layar telepon dalam waktu yang lama dan jarak yang dekat (bekerja dalam jarak dekat). Bila kita terusmenerus bekerja dalam jarak dekat. Pelepasan neuromodulator akan menyebabkan perubahan struktur sklera yang dimodulasi oleh pembentukan proteoglikan.5. Meningkatnya jumlah proteoglikan menyebabkan penurunan pertumbuhan panjang axis bola mata. Ini merupakan adaptasi mata untuk bekerja dalam jarak dekat. Tajam Penglihatan dan Telepon Pintar Menurut Dian Siswarini. diperlukan usaha yang besar dari otot siliaris dalam mengatur bentuk dari lensa mata. Sebaliknya. Dengan secara terus-menerus menambah beban yang kita gunakan untuk latihan. 1970). spasme ini akan bertahan dalam beberapa bulan atau tahun. Mata yang normal akan beristirahat pada saat melihat jauh sedangkan untuk melihat dekat. Tetapi otot siliaris tidak bertambah besar atau kuat melainkan mengalami spasme sementara. otot-otot kita akan beradaptasi (Jackson. Spasme otot siliaris yang kronik akan menginisiasi pemanjangan dari axis bola mata (Jackson. Hal yang menginisiasi pemanjangan dari axis bola mata adalah merupakan peran neuromodulator seperti dopamin. Dengan kata lain.2. maka tidak diperlukan lagi akomodasi sewaktu bekerja dalam jarak dekat sehingga akan menurunkan pelepasan dari Universitas Sumatera Utara . Sekretaris Jenderal ATSI. bergaul di jejaring sosial. 1970). membaca berita online. Kita dapat menganalogikannya seperti mengangkat beban. Untuk itu. menurunnya jumlah proteoglikan menyebabkan peningkatan pertumbuhan panjang axis bola mata. Hal ini menempatkan otot siliaris berada dalam suatu keadaan stress. Akibat dari spasme otot siliaris. Otot-otot kita akan merespon dengan bertambah besar dan kuat sehingga beban yang diberikan dapat dilakukan dengan usaha yang lebih sedikit. dan saling mengirim surat elektronik. layanan data internet kini menjadi bagian dari aktivitas harian pelanggan ponsel di Indonesia. otot-otot yang kita gunakan akan berada pada kondisi stress yang berat. serotonin dan neuropeptida. Ia mencatat sebagian besar pengguna telepon pintar dewasa ini menggunakan perangkat mereka untuk menelusuri internet. Hal yang serupa juga terjadi pada mata sewaktu akomodasi.

Woodman. diminta untuk mengirim dan membaca SMS dari telepon pintar mereka. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Emily C. ketika membaca situs internet melalui telepon pintar. dkk (2010). Hal inilah yang mengakibatkan pemanjangan dari axis bola mata (Troilo. Universitas Sumatera Utara . Tetapi. Pada penelitian yang dilakukan oleh Mark Rosenfield. D. Hasil penelitian Rosenfield menunjukkan bahwa jarak pandang rata-rata mata relawan ke layar telepon pintar bertambah dekat dibandingkan dengan jarak pandang normal yang aman untuk mata. Pada saat mengirim dan membaca SMS.neuromodulator. Nickla & Wallman. Hal ini terjadi karena pengguna telepon pintar cenderung menatap layar telepon pintar pada jarak yang terlalu dekat sehingga beban kerja mata bertambah berat dalam melakukan akomodasi untuk menyesuaikan pemfokusan pada mata. jaraknya hanya sekitar 14 inci (36 cm) dengan tulisan yang 10% lebih besar dari tulisan di surat kabar. Akan tetapi. 2011). Sementara. Peneliti kemudian mengukur jarak pandang antara layar telepon pintar ke mata relawan serta besarnya tulisan yang dibaca relawan (Rosenfield. 1970). jarak yang aman untuk mata saat membaca surat kabar. buku atau majalah adalah 16 inci (40 cm). Kelompok kedua berjumlah 100 relawan dengan umur rata-rata 24.D.2 tahun. mata tidak akan dapat melihat dengan jelas sewaktu melihat jauh (Jackson.6 inci (32 cm) dengan tulisan yang 20% lebih kecil dari besar tulisan di surat kabar. Bertambah panjangnya axis bola mata bertujuan agar tidak diperlukan lagi usaha yang besar sewaktu bekerja dalam jarak dekat. seorang profesor optalmologi di Amerika Serikat.9 tahun. 2011).. 2000). Penggunaan telepon pintar akan meningkatkan daya akomodasi mata yang akhirnya berdampak pada penurunan tajam penglihatan. 130 relawan yang menjadi kelompok pertama dengan umur rata-rata 23. memang terbukti terjadi pemanjangan axis bola mata yang signifikan setelah bekerja dalam jarak dekat. diminta untuk membaca situs internet melalui telepon pintar mereka.O. Bahkan.. kelelahan pada mata dan sakit kepala (Rosenfield. setelah bola mata bertambah panjang. efek lain penggunaan telepon pintar adalah penglihatan menjadi kabur. Ph. jarak pandang rata-rata relawan adalah 12.

maka makin bertambahnya resiko untuk terjadi regangan pada mata (eye strain) yang akhirnya dapat menyebabkan penurunan tajam penglihatan. Makin beratnya mata dalam bekerja. Membaca tulisan yang kecil juga akan menambah beban kerja mata. Universitas Sumatera Utara . Membaca pada jarak yang dekat memaksa mata untuk bekerja lebih keras dalam mempertahankan pemfokusan pada suatu objek.Hasil ini menunjukkan beban kerja mata pada pengguna telepon pintar lebih berat.

Related Interests