BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Modal merupakan salah satu factor penting dalam dalam menjalankan dan mengembangkan usaha banyak orang merasa bingung dan tidak tahu cara mendapatkan modal usaha saat membutuhkan. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa modal hanya didapatkan melalui perbankkan. Padahal, modal usaha bias didapat dengan berbagai cara dan dari berbagai tempat. Meskipun modal sangat penting, namun bukanlah penentu keberhasilan dari sebuah usaha . banyak factor maupun unsure lain yang takkalah pentingnya turut berperan didalamnya. Seperti besarnya pasar yang ada, strategi pemasaran, bahan baku, dan sebagainya.Yang juga takkalah penting semangat kewirausahaan kita dalam mengembangkan usaha dan mengatasi berbagai tantangan dan kendala usaha yang ada. Lantas bagaimana mendapatkan modal usaha. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat makalah tentang “ Cara Mendapatkan Modal”.

B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana caramendapatkan dana ? 2. Bagaimana cara pengajuan pinjaman ?

C. Tujuan 1. Untuk mengetahui cara mendapatkan dana 2. Untuk mengetahui cara mengajukan pinjaman

1

yaitu perusahaan dagang. 4. yaitu : 2 . sekuritas. menurut Ingram (2005:F135) “working capital is the difference between current assets and current liabilities” . antara lain: 1. perusahaan jasa. menurut Riyanto (2001:57) terdapat tiga konsep pengertian modal kerja. atau dapat pula dimaksudkan sebagai dana yang harus tersedia untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari”. dan dalam beberapa perusahaan. Terdapat tiga jenis badan usaha. Kolb (1983) dalam Sawir (2005:129) menyatakan “modal kerja adalah investasi perusahaan dalam aktiva jangka pendek atau lancar. Perusahaan memiliki kebutuhan modal yang berbeda-beda tergantung jenis usaha yang dijalankan. dan perusahaan manufaktur. atau mungkin pos-pos tersebut plus utang jangka pendek yang dikenakan bunga”. menurut Burton A. menurut Sawir (2005:129) ”modal kerja adalah keseluruhan aktiva lancar yang dimiliki perusahaan. 2. 3. termasuk di dalamnya kas. Pengertian modal kerja menurut beberapa ahli. Definisi modal dalam Standar Akuntansi Keuangan (IAI. Modal merupakan faktor yang sangat penting dalam perusahaan.Perusahaan selalu membutuhkan modal kerja untuk membelanjai operasinya sehari-hari. dan ekuitas saham biasa. Cara Memperoleh Dana Perusahaan membutuhkan modal dalam menjalankan aktifitasnya.BAB II PEMBAHASAN A.2007:9) ”modal adalah hak residual atas asset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban”. biaya dibayar di muka”. persediaan. piutang. Pengertian modal menurut Brigham (2006:62) “modal ialah jumlah dari utang jangka panjang. saham preferen.

3. Tidak ada salahnya sedikit berkorban untuk kesuksesan bisnis. event tersebut merupakan peluang bagi para calon pengusaha untuk mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha Anda. Mencari Dana Hibah Perusahaan Modal juga dapat diperoleh dari dana hibah perusahaan. cara ini dapat 3 . baik perusahaan pemerintah maupun swasta.Lima cara mendapatkan dana dalam kewirausahan 1. Misalnya dengan menggunakan dana simpanan yang sudah Anda tabung selama ini. 2. maka Anda juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian aset berharga yang Anda miliki saat ini misalnya Logam Mulia atau perhiasan. Menjalin Kerjasama Jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki minat yang sama dan hendak menjadikan hal tersebut sebagai bisnis. Untuk teknis penyaluran dana biasanya dalam bentuk event competition. Saat ini perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat umum dengan menyalurkan dana modal usaha melalui Divisi CSR (Corporate Social Responsibility). anggap saja Anda sedang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar setelah usaha Anda berhasil berjalan nanti. Jika belum cukup. Oleh karena itu. Dana sendiri Anda dapat memperoleh modal usaha dengan menggunakan dana Anda sendiri.

atau bisa jadi membantu juga dapat operasional bisnis sehari-hari. 4 .dijadikan pilihan. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu di kemudian hari. 5. Sebelum pengajuan ini tidak jarang pihak Bank atau Koperasi ingin mengetahui profil usaha yang akan Anda buat berupa proposal atau bahkan beberapa meminta Anda untuk menyampaikan Feasibility Study yang bertujuan untuk menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis dilihat dari Hanya saja. kami menyarankan agar ini menjadi pilihan terakhir karena kewajiban pembayaran bunga dan cicilan dapat menjadi kendala untuk bisnis yang baru mulai berjalan. hal-hal seperti pembagian hasil atau kesepakatan lain harus dibuat berupa perjanjian tertulis agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan bila terjadi sesuatu di kemudian hari. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Bank Atau Koperasi Anda juga dapat mengajukan permohonan pinjaman modal usaha ke Bank atau Koperasi. Bedanya. Namun demikian. Anda juga harus menyepakati hal-hal seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Hal lain sama seperti cara di atas. cara ini juga membantu kita mendapatkan dana dari pihak ketiga. 4. investor biasanya hanya memberikan modal berupa dana tanpa ikut terjun langsung dalam operasional. Rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal. Mencari Investor Hampir sama dengan menjalin kerjasama. sebagaimana namanya pinjaman Anda harus mengembalikan biaya tersebut dalam jangka waktu tertentu ditambah bunga pinjaman yang besarannya bekisar antara 8-10% per tahun.

kami harap semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan modal yang selama ini menjadi salah satu kendala dalam membentuk sebuahusaha. Jika Anda atau koperasi Anda ingin mendapatkan pinjaman dari bank. Setelah mengetahui beberapa cara untuk memperoleh modal usahan. Mega membentuk KUKM Center. seperti Bank Danamon. Keuntungan Secara Makro Ekonomi (Macro Economy Benefit). Berikut ini proses atau alur kerja permohonan dan penyaluran kredit: 1. maka Anda perlu mengetahui step-step yang harus dilalui. banyak pengusaha dikalangan KUKM masih gamang dengan halikhwal kredit. Cara Pengajuan Pinjam Belakangan ini banyak bank-bank besar mengucurkan kredit untuk kalangan usaha segmen KUKM.Dalam pengajuan permohonan modal usaha ke pihak ketiga. Hal ini boleh jadi karena ketidaktahuan mereka tentang seluk beluk pengajuan kredit dan pengucurannya. Persiapan Sebelum ke Bank Sebelum Anda pergi ke bank. Namun sayang. sebaiknya Anda terlebih dahulu menyiapkan beberapa dokumen penting. B. serta Keuntungan Sosial (Social Benefit) yang diterima masyarakat berkaitan dengan usaha yang akan Anda bentuk. Selalu ada jalan jika Anda berani mencoba segala peluang yang ada. kami sarankan agar Anda menyiapkan profil usaha yang akan Anda buat berupa proposal atau bahkan beberapa investor atau perusahaan meminta Anda untuk menyampaikan Feasibility Study yang bertujuan untuk menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis dilihat dari sisi Keuntungan Finansial (Financial Benefit). Bahkan ada bank yang mendirikan unit/divisi yang khusus menangani kredit mikro. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan bank dengan kalangan KUKM. antara lain:  Membuat proposal usaha 5 .

  Administrasi dan legalitas usaha Surat-surat penting sebagai pendukung Jika Anda telah menyiapkan semua dokumen dan berkas sebagai penunjang permohonan kredit. Call visit (kunjungan pihak bank ke tempat usaha Anda). jaminan. formulir permohonan kredit Anda diisi oleh petugas bank. modal. jumlah pengelola. Anda hanya diwawancarai saja. Gunanya untuk untuk mencari kebenaran data di dalam formulir permohonan kredit dan data tambahan yang diperlukan bank. Analisa Awal Pejabat Bank Analisa awal dilakukan bank dengan cara antara lain: Wawancara. langkah selanjutnya Anda menemui petugas bank di bagian kredit. profil usaha. tujuan penggunaan kredit. kebutuhan kredit. 3. kepemilikan Jaminan. lalu diserahkan kembali kepada petugas bank. dan lain sebagainya. 2. Setelah formulir diisi dan ditandatangani oleh Anda. maka bank akan melakukan berbagai analisa atas permohonan kredit Anda tersebut. Biasanya Anda akan diberikan formulir (isian) permohonan kredit. jumlah karyawan. pengalaman usaha. Namun. jenis dan pemasaran produk (barang atau jasa) termasuk bahan bakunya. Mengisi Formulir Permohonan Kredit Di bank tertentu. di bank lain Anda akan mengisi formulir sendiri. tidak menutup kemungkinan. Jadi. Formlir tersebut pada umumnya berisi tentang data pribadi. omset usaha. Call report (laporan kunjungan) 6 . profit margin ratarata.

perbandingan total utang dengan modal sendiri. mengukur seberapa besar asset calon debitur yang dibiayai oleh bank (kreditur). Kalkulasi ini dapat dilihat melalui komparasi total utang yang dimiliki dengan modal sendiri. kemampuan prototype usaha dalam membayar utang yang jatuh tempo. Analisa Usaha/industri b. Persetujuan/Penolakan Kredit Setelah melakukan analisa-analisa tersebut diatas. Profitabilitas atau kemampuan menghasilkan keuntungan. maka Anda (calon debitur) akan memperoleh offering letter (surat persetujuan prinsip bersyarat) dari bank yang bersangkutan. serta perbandingan laba bersih dengan modal sendiri. Analisa Lanjutan oleh Bank Analisa Keuangan menyangkut : Likuiditas. serta perputaran modal kerja dalam setahun. Jika bank menyetujuinya. Analisa Yuridis Usaha d. dan perbandingan antara pendapatan bersih dengan bunga yang harus dibayar. bank akan menyetujui atau menolak permohonan kredit Anda. Analisa Manajemen c.4. a. Leverage. dinilai oleh bank melalui perbandingan pembayaran yang diterima dengan persediaan barang. Analisa Jaminan 5. perbandingan-perbandingan penjualan dengan persediaan total asset. 7 . Aktivitas usaha. diukur melalui perbandingan laba bersih dengan total asset.

8. Monitoring Bank akan melakukan monitoring (pengawasan) terhadap usaha Anda agar dapat berjalan secara sustainable (berkesinambungan) dan meningkat menjadi besar. Biasanya. 8 . Pengikatan/Perjanjian Kredit Bila Anda (calon debitur) setuju atas persyaratan yang termuat dalam offering letter. mempunyai hak untuk dibayar. sifatnya timbal balik. tetapi barang yang Anda butuhkan sesuai dengan usaha Anda. Tiap bank mempunyai kebijakan berbeda. Sistem nomitoring yang dijalankan sesuai kebijakan masingmasing bank. Pemilihan produsen atau pedagang yang menjual diatur dalam kesepakatan antara debitur dan kreditur. 9. maka akan dilanjutkan dengan pengikatan pembiayaan (kredit) dan jaminan. Pelunasan Utang Hutang yang Anda peroleh dari bank. Pencairan Kredit (Pembiayaan) Setelah offering leffer yang dilanjutkan dengan pengikatan/ perjanjian kredit (utang-piutang) maka proses selanjutnya adalah pencairan dana. 7. Anda membuat laporan kegiatan usaha. dan pihak perbankan akan mendatangi usaha Anda. Buatlah budget anggaran setiap bulan dari penyisihan laba usaha Anda. Anda tidak akan diberi uang dalam bentuk cash.6. Seperti Bank Muamalat.

Modal merupakan faktor yang sangat penting dalam perusahaan.Permasalahan yang sering muncul untuk memulai usaha adalah tentang “Modal Usaha”. Kesimpulan Dari pembahasan masalah diatas penulis menyimpulkan Perusahaan membutuhkan modal dalam menjalankan aktifitasnya. Untuk siap sukses dalam dunia usaha harus siap menghadapi azas Untung dan Rugi. Dari mana sumber modal usaha ? Dan bagaiaman cara memperolehnya ?. jadi sebelum kita berusaha kita harus mengetahui cara mendapatkan modal tersebut. Semua pengusaha berharap bahwa setiap usaha akan memperoleh untung yang sebesar-besarnya. Terdapat tiga jenis badan usaha. perusahaan jasa.BAB III PENUTUP A. Saran Dalam pembuatan makalah ini tentunya masih banyak terdapat kesalahan dan kekhilafan. sehingga dapat menjadi acuan kami kedepan dalam membuat makalah. B. yaitu perusahaan dagang. 9 . untuk itu kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca berupa kritik dan saran yang sifatnya membangun.

(2004).N Mukhammad S. S. Jakarta. 2001.C.A. (1998). G. Self-leadership and performance outcomes: the mediating influence of self efficacy. Psikologi Kepribadian. (1994). 1996. Journal of Organizational Behavior. 2001. Wawasan kewirausahaan . Bandung. Buchori. 523-538. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 19. Pustaka Binaman Pressindo Nasution H. & Prussia. Bustanul A. Azwar. G. Membangun Spirit Entrepreneur Muda Indonesia. Statistik. Goffrey.. 1998. Kewirausahaan: Teori dan praktis. Jakarta. C. kewirausahaan.DAFTAR PUSTAKA Almar. (1999). Manz. Malang : UMM Press. Lembaga Penerbit FEUI Meredith. Lupiyodi. Gramedia.S. Rambat. Yogyakarta : Andi. Jakarta. Penyusunan Skala Psikologi.E. J. Alfabeta. Anderson. Hadi. Sutrisno.. 10 . Alwisol.

mendapatkan syapaatnya di yaumil Akhir Amir.. para sahabat dan pengikutnya yang setia sepannjang zaman. Salawat dan salam semoga dilimpahkan oleh -Nya kepada junjungan kita Nabi besar muhammad saw.. Mungkin juga dalam pembuatan makalah ini banyak terdapat kesalahan yang ataupun yang tidak disengaja kami mengucapkan naaf yang sedalam-dalamnya. binbingan dan kuatan jepada kami untuk menyelesaikan makalah ini dengan baikdan berjalan lancar sesuai dengan dengan yang harapkkan. Akhir kata ocapkan terima kasih. Maret 2013 Penulis i 11 . yang telah melimpahkan petunjuk. dan semoga kita Benkulu.KATA PENGANTAR Bismillahirrahmaanirrahim Puji syukur kehadiran Allah swt.

........................................................... Kesimpulan .................................................. Rumusan Masalah ............................................................... i DAFTAR ISI BAB I .......................... 2 BAB III PENUTUP A.................................. 1 BAB II PEMBAHASA ............................................................................ Saran ......................... 1 C........ 1 B.......................................................................... Tujuan ....................................................................................... ii PENDAHULUAN A............................................................................................................ 9 B........DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR .............. Latar Belakang .................... 9 DAFTAR PUSTAKA ii 12 .................

MAKALAH KEWIRAUSAHAN Disusun Oleh : Neneng Niarti Yanuri Bara Albana SEKOLAH MENENGAH KEATAS NEGERI 6 BENGKULU TENGAH 2013 13 .