Latihan soal Teknik Pemrograman

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. File yang berisi program-program bantu yang dapat berfungsi untuk mempercepat dan optimalisasi dari pengolahan data, adalah : File Mahasiswa yang apabila akan diperbaiki (diedit) untuk jangka waktu yang lama adalah contoh dari tipe file : Tipe file yang berisi data-data hasil pemrosesan yang bersifat sementara, adalah : File dibawah ini yang bertipe File Master pada lembaga pendidikan, adalah : File yang jarang diupdate dan menentukan proses perjalanan sistem adalah File yang menjadi rujukan proses, serta menentukan perilaku transaksi adalah File yang tetap terus ada selama hidup dari sistem informasi adalah file : Dibawah ini yang termasuk file master atau file induk adalah : File yang berisi tentang arsip masa lalu yang tidak aktif adalah : tipe file saat pagi hari(start of day system) dikosongkan dan saat sore hari(end of day system) dilakukan backup adalah : Pada aplikasi payrol yang termasuk file master adalah : File pelindung merupakan salinan dari file-file yang masih aktif didatabase pada suatu saat tertentu adalah : Jika pada file mata kuliah yang didalamnya terdapat informasi tentang seluruh mata kuliah yang terdapat di suatu lembaga. Isi dari file mata kuliah dapat diperbaiki (di edit), maka perbaikan data untuk isi file mata kuliah mutlak dilakukan. Hal ini yang disebut dengan penyetaraan mata kuliah. Pernyataan di atas adalah contoh dari : Organisasi file menurut penggunaannya ada dua macam : Suatu proses transaksi yang dilakukan secara bersamaan dan menunggu waktu tertentu disebut : Langkah-langkah dalam merancang file adalah : Dibawah ini yang merupakan FIELD KEY dari suatu tabel pegawai perusahaan, adalah : Buatlah Akronim File dari suatu lingkungan pendidikan adalah : Sebutkan teknik perancangan program untuk mendukung dalam pengembangan sistem informasi : File_induk_pegawai” termasuk kedalam kelompok parameter file : akronim file dari database pegawai adalah : Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle). Terdapat beberapa tahapan dalam SDLC diantaranya adalah : Dalam pembuatan parameter file, terdapat penentuan kode-file. Hal ini berguna untuk : Redudansi/kerangkapan data yang terjadi didalam sistem aplikasi bisnis diperbolehkan, kerangkapan ini terjadi pada table Memperbaiki sistem, evaluasi kinerja sistem, menambah fiture sistem termasuk fase : Menguji sistem secara menyeluruh, cek kesalahan, bug termasuk fase : Penulisan kode program(coding) termasuk pada fase : Karakterisitik bahasa pemrograman berorientasi objek yang menyembunyikan data, fungsi dan prosedur dalam objek, adalah : Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek adalah Pemrograman berorientasi objek mencakup keaneka ragaman objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka ragaman antara data dengan prosedur atau fungsi, adalah :

14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak 1991 adalah : 45. Meningkatkan extensibilitas dan penggunaan kembali perangkat lunak merupakan tujuan dari : 32. Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Xerox PARC-Amerika serikat adalah : 46. Bahasa pemrograman yang dapat berjalan diberbagai operating system(OS). seperti java yang support dengan windows. Jenis variable yang hanya dapat diakses dan diproses pada function yang bersangkutan adalah : 51. kucing memiliki kemampuan lari. gelap dan terang pada bulu kucing adalah ciri dari objek : 42. The green project yang dimotori oleh Patrick Naugthon. penggunaan resource hardware harus diperhatikan adalah : 59. Sedangkan warna belang. Bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1980an oleh bell labs adalah: 49. Sebukan contoh polimorphism method dari objek mobil dengan bis : 41. Mike sheridan dan James gosling menghasilkan bahasa pemrograman : 53. Sebutkan kelebihan OOP : 33. Penekanan difokuskan pada pemecahan masalah(problem solving) adalah salah satu kriteria : 34. Misal terdapat objek bernama kucing. Pemrograman yang membedakan antara huruf besar dan huruf kecil disebut : 50. Dalam proses design program hal yang diperhatikan adalah kecukupan informasi dan terjaminnya kebenaran informasi adalah : 60. C++ dan C dalam proses running program menggunakan : 57. Program yang besar dipecah menjadi bagian-bagian kecil(modul) dan pendekatan dengan pola top-down adalah kriteria dari : 35. Variable dari sebuah program berbasis OOP disebut juga : 37. lompat dan mengeong adalah ciri dari objek : 38. Objek yang kita design harus memiliki bug atau cacat seminimal mungkin sehingga objek tersebut akan tangguh dalam berbagai situasi adalah : 61.31. Fungsi yang dapat dibaca dan diakses oleh siapapun disebut dengan 48. Design program yang akan kita buat harus dapat dengan mudah untuk dikembangkan atau extensibilitas adalah : 62. Ide dasar dari pemrogramam smallTalks adalah : 52. Sourcecode atau kode program yang pernah kita buat dimasa lalu dapat digunakan kembali untuk projek atau aplikasi yang akan kita bangun adalah : 55. Kemampuan atau aktifitas dari suatu objek disebut juga : 36. Sebutkan contoh inheritence dari object kucing : 43. Cetakan atau blueprint dari suatu objek disebut : 39. Diagram pada UML yang menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem disebut : . Bahasa pemrograman yang berorientasi objek pertama kali populer adalah : 54. Sebutkan beberapa bahasa pemrograman yang berorientasi obyek : 44. Beberapa pilihan dibawah ini yang termasuk atribut dari objek mobil adalah : 40. Suatu fungsi yang hanya dapat diakses oleh kelas-kelas turunan disebut dengan : 47. Objek yang kita design memiliki bug atau cacat seminimal mungkin sehingga objek tersebut akan tangguh dalam berbagai situasi adalah : 56. unix dan linux disebut : 58. Pada proses design program.

63. Pada UML class diagram memiliki sifat (apakah private. Class terdiri dari 3 bagian pokok antara lain : 66. Sebutkan simbol-simbol pada diagram Use Case : . Diagram yang mengandung atribut dan method dari adalah : 69. Diagram yang menggambarkan transisi dan perubahan keadaan suatu objek pada sistem adalah : 68. Diagram yang digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah berdasar message yang diterima adalah : 70. protected atau public ?) 67. Sebuah blueprint atau spesifikasi yang akan menghasilkan objek bila diinstanisasi adalah : 65. Diagram yang menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang disebut : 64.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful