BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Manusia dilahirkan ke Bumi oleh Allah SWT dalam keadaan suci dan bersih seperti kapas yang belum ternodai. Oleh karena itu Aqiqah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama islam. Dalil-dalil yang menyatakan hal ini, di antaranya adalah Hadits Rasulullah saw, "Setiap anak tertuntut dengan 'Aqiqah-nya'?. Ada Hadits lain yang menyatakan, "Anak laki-laki ('Aqiqah-nya dengan 2 kambing) sedang anak perempuan ('Aqiqah-nya) dengan 1 ekor kambing'?. Status hukum 'Aqiqah adalah sunnah. Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ulama, seperti Imam Syafi'i, Imam Ahmad dan ImamMalik, dengan berdasarkan dalil di atas. Para ulama itu tidak sependapat dengan yang mengatakan wajib, dengan menyatakan bahwa seandainya 'Aqiqah wajib, maka kewajiban tersebut menjadi suatu hal yang sangat diketahui oleh agama. Dan seandainya 'Aqiqah wajib, maka Rasulullah saw juga pasti telah menerangkan akan kewajiban tersebut. Bagi seorang ayah yang mampu hendaknya menghidupkan sunnah ini hingga ia mendapat pahala.

Mengenai kapan 'Aqiqah dilaksanakan, Rasulullah saw bersabda, "Seorang anak tertahan hingga ia di-'Aqiqah-i, (yaitu) yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan diberi nama pada waktu itu?.” Hadits ini menerangkan kepada kita bahwa 'Aqiqah mendapatkan kesunnahan jika disembelih pada hari ketujuh. Sayyidah Aisyah ra dan Imam Ahmad berpendapat bahwa 'Aqiqah bisa disembelih pada hari ketujuh, atau hari keempat belas ataupun hari kedua puluh satu. Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa sembelihan 'Aqiqah pada hari ketujuh hanya sekedar sunnah, jika 'Aqiqah disembelih padahari keempat, atau kedelapan ataupun kesepuluh ataupun sesudahnya maka hal itu dibolehkan. Oleh karena itu penulis memberikan pengertian mengenai sembelihan dan „Aqiqah sesuai dengan hukum dan syariat islam.
1

B. Tujuan Memberikan ilmu pengetahuan mengenai tafsir Al-quran dan Hadits tentang sembelihan dan aqiqah yang sahih. Rumusan Masalah Dari latar belakang masalah diatas. Apa saja firman Allah SWT dan Hadits Rasulullah SAW mengenai sembelihan dan aqiqah? 3. maka rumusan masalah adalah sebagai berikut: 1. Manfaat Menambah pengetahuan mengenai ajaran agama islam dan baik dan benar sesuai Alquran dan Hadits tentang sembelihan dan aqiqah. D. 2 . Bagaimana tata cara sembelihan dan aqiqah menurut syariat Islam? 4. Apa pengertian sembelihan dan aqiqah menurut pandangan islam? 2. Bagaiman hukum sembelihan dan aqiqah menurut syariat Islam? C.

BAB II PEMBAHASAN A. menyembelih hewan dengan melukai bagian leher paling atas (ujung leher). bahwa Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dan para sahabat menyembelih unta dengan posisi kaki kiri depan diikat dan berdiri dengan tiga kaki sisanya. maka makanlah… (QS. Ini cara menyembelih umumnya binatang. seperti kambing. Sembelihan Dalam Pandangan Islam Dalam Islam sembelihan memiliki dua istilah yaitu Nahr [arab: ‫ ]وحر‬artinya menyembelih hewan dengan melukai bagian tempat kalung (pangkal leher). Al Haj: 36). ayam. (HR. Konsep sembelihan dalam Islam atau Dzabh [arab: ‫]ذبح‬. maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Ini adalah cara menyembelih hewan unta. 3 . 2. Sedangkan Dzabh [arab: ‫]ذبح‬. Pengetahuan mendalam mengenai kaedah penyembelihan yang mengikut syariat sangatlah penting karena ia berkaitan erat dengan faktor kesehatan jasmani dan rohani. dst. Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu „anhuma. Dzabh [arab: ‫]ذبح‬. Nahr [arab: ‫]وحر‬. beliau mengatakan. 1. Kemudian apabila telah roboh (mati). kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya. menyembelih hewan dengan melukai bagian leher paling atas (ujung leher). menyembelih hewan dengan melukai bagian tempat kalung (pangkal leher). ْ َ‫ر ف‬ ْ‫و‬ ْ َ ‫جب‬ ُ ‫اذ‬ ُ َ‫ر هللا ل‬ ُ َ‫ع ْلىَاهَا ل‬ َ ِ ‫ف فَإ‬ ْ ُ‫الب‬ َّ ‫ىا‬ َ ‫مه‬ ْ َ‫عل‬ ْ ‫كرُ وا ا‬ ْ َ‫م فِيهَا خ‬ ‫جىُىبُهَا‬ ٌ‫ي‬ ُ ‫ت‬ َ ‫م هللا‬ ْ‫ك‬ َ ‫و‬ َ ‫يهَا‬ َ‫ش‬ َ‫ج‬ َ َ‫دن‬ ِّ ‫كم‬ َ ‫ذا‬ َ‫ص‬ َ َ‫س‬ ِ ِ‫عائ‬ ُ َ‫ف‬ ‫كلُىا‬ Telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu bagian dari syiar Allah. Allah berfirman. Abu daud dan disahihkan Al-Albani). telah meletakkan garis panduan dalam penyembelihan hewan dengan baik dan teliti.

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu. aku akan katakan kepada kalian tentang hal itu. No. (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.Firman Allah SWT: Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. Adapun gigi dia adalah tulang.” Rasulullah SAW bersabda: “Apa saja darah yang dialirkan dan disebut nama Allah atasnya. sedangkan kuku adalah pisau bagi orang Habasyah (etiopia). dan segala sesuatu yang 4 . Imam Abu Thayyib Abadi Rahimahullah berkata: “Hadits ini merupakan dalil bahwa dibolehkan menyembelih dengan segala benda yang tajam yang bisa mengalirkan darah. 2821. termasuk di dalamnya adalah pisau. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya. dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Al Mu‟jam Al Kabir. 2356. (Surah Al-Maidah: 3). sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. No. Dalam Islam sembelihan haruslah dibagian tubuh yang secara cepat dapat mematikan yakni yang paling dapat banyak mengeluarkan darah. 4/626. Bukhari. (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. dan diterkam binatang buas. yang ditanduk. bambu. No. 1491. yang terpukul. Ibnu Abi Syaibah. 4404. 18706. dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni‟mat-Ku. 4263. Hal ini sesuai dengan beberapa hadits berikut: Rafi‟ bin Khadij berkata: Aku berkata: “Wahai Rasulullah. No. kayu. sesungguhnya kami akan berjumpa musuh kami besok. At Tirmidzi. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. Ath Thabarani.” (HR. tetapi kami tidak punya pisau (untuk menyembelih). daging babi. 5179. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa. Abu Daud. kaca. sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. maka makanlah. batu. As Sunan Al Kubra No. yaitu kerongkongan. darah. yang jatuh. dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Al Baihaqi. selama bukan dengan gigi atau kuku. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam berbagai kitabnya). yang tercekik. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. An Nasa‟i. No.

Aunul Ma‟bud. Beirut . Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan. “Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam memerintahkan untuk mengasah pisau. Dari uraian ini dapat disimpulkan. sembelihlah dengan ihsan. Ibnu Majah ). semakin baik.2. Dilarang menyembelih dengan tulang. Karena ini akan menyebabkan dia ketakutan sebelum disembelih. jika dia mampu. Darul Kutub Al „Ilmiyah. Tidak mengasah pisau dihadapan hewan yang akan disembelih.tajam. gigi. Ath-Thabrani dengan sanad sahih). dan kuku 2. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam pernah melewati seseorang yang meletakkan kakinya di leher kambing. 3. kemudian dia menajamkan pisaunya. Lalu beliau bersabda (artinya): “Mengapa engkau tidak menajamkannya sebelum ini? Apakah engkau ingin mematikannya sebanyak dua kali?” (HR. Hendaknya yang menyembelih adalah shohibul kurban sendiri. Jika tidak maka bisa diwakilkan orang lain. Dibolehkan dengan seluruh benda selain tulang dan kuku. sementar binatang itu melihatnya. 2. tanpa memperlihatkannya kepada hewan. Wajib membaca nama Allah Ta‟ala (bismillah) sebelum menyembelih Tata cara dalam Penyembelihan 1. Menyembelih hendaknya dibagian tubuh hewan yang paling mematikan 4. 8/15. “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Dalam riwayat yang lain.” (HR.Libanon).” (HR. Sabda Nabi Shallallahu alaihi Wasallam: “Sesungguhnya Allah mewajibkan untuk berbuat baik kepada sesuatu. Gunakan pisau yang setajam mungkin Semakin tajam. Berdasarkan hadis dari Ibnu Umar radhiallahu „anhuma. jika kalian menyembelih. bahwa: 1. tapi harus tajam 3. Cet.” (Imam Abu Thayyib Syamsul Haq Al „Azhim Abadi. Oleh itu jika kamu membunuh. dan shohibul kurban disyariatkan untuk ikut menyaksikan. maka perbaikilah cara 5 . Muslim). bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. Ahmad. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya. Ini berdasarkan hadis dari Syaddad bin Aus radhiallahu „anhu.

ِ ‫ك‬ Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. “Sesungguhnya Allah mengharamkan ke atas kamu (memakan) bangkai. kemudian membaca basmalah (HR. Al-An‟am: 121). harus membaca basmalah. Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam berkurban dengan dua ekor domba.” (QS. Dianjurkan untuk membaca takbir (Allahu akbar) setelah membaca basmalah Dari Anas bin Malik radhiallahu „anhu. Al An‟am ayat:145).membunuhnya. 5. yaitu binatang yang disembelih selain untuk Allah. (QS. ْ‫مي‬ ْ ُ ‫كل‬ ُ ْ‫و الَ تَأ‬ ٌ ‫س‬ َ ‫ُر‬ ْ ِ‫وإِوَّهُ لَف‬ ْ َ‫عل‬ ْ ‫را‬ ‫ق‬ َ ‫م هللا‬ ْ َ ‫ما ل‬ ِ‫ي‬ َّ ‫م‬ ِ ‫ىا‬ ُ‫س‬ َ ‫ه‬ َ . menurut pendapat yang kuat. daging babi. bahwa Nabi shallallahu „alaihi wa sallam pernah menyembelih dua ekor domba bertanduk. Menginjakkan kaki di leher hewan Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik radhiallahu „anhu. dan apabila kamu menyembelih maka perbaikilah cara menyembelihnya dan tajamkanlah pisaunya serta selesakanlah haiwan sembelihannya itu” (Hadis riwayat Muslim). Bukhari dan Muslim). Al-An‟aam : 118). “Atau sesuatu yang dilakukan secara fasiq. “Maka makanlah haiwan (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya. beliau mengatakan. Bacaan ketika hendak menyembelih Beberapa saat sebelum menyembelih. Allah berfirman. beliau sembelih dengan tangannya. 4. darah.” (Surah Al-Nahl: 115) 6.. Al Bukhari dan Muslim). Aku lihat beliau meletakkan meletakkan kaki beliau di leher hewan tersebut. Ini hukumnya wajib. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. dan baca basmalah serta bertakbir (HR. 6 . dan apa yang disembelih dengan menyebut selain nama Allah. (QS. jika kamu beriman kepada ayat-ayatnya”.

„bismillah wallaahu akbar. ia menyembelih kambing dan melumuri kepalanya dengan darah kambing itu. (Surah AlMaidah: 4). hal.7. tidak wajib. dua urat leher (kanan-kiri) telah terputus. Sejarah Aqiqah Buraidah berkata: Dahulu kami di masa jahiliyah apabila salah seorang diantara kami mempunyai anak. Catatan: Bacaan takbir dan menyebut nama sohibul kurban hukumnya sunnah. 7 .II Aqiqah Dalam Pandangan Islam i. [HR. 2. 9. najis dan haram dimakan. “Selama mengalirkan darah dan telah disebut nama Allah maka makanlah. Allah SWT berfirman: “Dihalalkan bagi kamu segala yang baik-baik”. Pastikan bahwa bagian tenggorokan. At-Turmudzi dan disahihkan Al-Albani).‟” (HR. 107. Dalilnya adalah sabda Nabi shallallahu „alaihi wa sallam.” (HR. Sehingga kurban tetap sah meskipun ketika menyembelih tidak membaca takbir dan menyebut nama sohibul kurban. Disembelih dengan cepat untuk meringankan apa yang dialami hewan kurban. Maka setelah Allah mendatangkan Islam. Abu Daud. mencukur (menggundul) kepala si bayi dan melumurinya dengan minyak wangi. no. Asal tidak menggunakan gigi dan kuku. Kemudian Nabi shallallahu „alaihi wa sallam menyembelih dengan tangan beliau. Ketika menyembelih beliau mengucapkan. Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu „anhuma. bahwa suatu ketika didatangkan seekor domba. kami menyembelih kambing. Al Bukhari dan Muslim). Abu Dawud juz 3. 8. kerongkongan. ini kurban atas namaku dan atas nama orang yang tidak berkurban dari umatku. Binatang yang mati tanpa disembelih adalah dianggap bangkai. Pada saat menyembelih dianjurkan menyebut nama orang yang jadi tujuan dikurbankannya hewan tersebut. 2843].

ii. maka silakan lakukan. ia berkata. Perkataan aqiqah dari kata al-Iqqah bererti rambut makhluk yang baru dilahirkan. Demikianlah sejarah syariat „aqiqah dalam Islam. Ibnu Hibban juz 12. dan dari riwayat-riwayat diatas serta riwayat-riwayat lain. ia berkata. "Barangsiapa berkehendak untuk meng'aqiqahkan anaknya maka kerjakanlah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “maka tumpahkan (penebus) darinya darah (sembelihan). 124. [HR. tampak jelas bagaimana sikap agama tercinta ini dalam menghadapi adat yang sudah biasa berjalan dan berlaku pada masyarakat dan masih mungkin diluruskan. no. Dari 'Amr bin Syu'aib dari ayahnya. Aqiqah afdhal dilakukan dalam tempoh seminggu selepas kelahiran. Pengertian Aqiqah Aqiqah (bahasa arab ‫ قيقع‬: Aqiqah) yang berarti memutus dan melubangi. baik manusia atau binatang. Maka Nabi SAW bersabda. maka dalam menghadapi adat istiadat yang sudah biasa dilaksanakan sekelompok manusia. Rasulullah SAW bersabda. "Dahulu orang-orang pada masa jahiliyah apabila mereka ber‟aqiqah untuk seorang bayi. mereka melumuri kapas dengan darah „aqiqah. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah. Adapun menurut istilah agama. Tegasnya. dari kakeknya.” adalah perintah. baik laki-laki ataupun perempuan pada hari yang ke tujuh sejak kelahirannya dengan tujuan semata-mata mencari ridha Allah”. "Gantilah darah itu dengan minyak wangi". Adapun maknanya secara syari‟at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. yang dimaksud „aqiqah ialah “Sembelihan yang disembelih sehubungan dengan kelahiran seorang anak. Untuk 8 . Abu Dawud dan An Nasai dengan sanad yang hasan).Dari 'Aisyah. lalu ketika mencukur rambut si bayi mereka melumurkan pada kepalanya”. karena ada sabdanya yang memalingkan dari kewajiban yaitu: “Barangsiapa di antara kalian ada yang ingin menyembelihkan bagi anak-nya. 5308].” (HR: Ahmad. hal. Islam sesuai dengan fungsi diturunkannya yaitu sebagai lambang kasih sayang serta memimpin ke arah jalan yang serba positif. namun bukan bersifat wajib.

hal.” (Hadis shahih riwayat Abu Dawud dan Ibnu Al Jarud). dalam AlMustadrak juz 4. Dari 'Aisyah RA. "Tiap-tiap anak itu ada „aqiqahnya. mereka menanyakan kepadanya tentang 'aqiqah. Ini adalah kadar cukup dan boleh. Dari Yusuf bin Mahak bahwasanya orang-orang datang kepada Hafshah binti 'Abdur Rahman. dicukur rambutnya dan diberi nama”. 7588). Keterangan: Hasan dan Husain adalah cucu Rasulullah SAW. no. namun yang lebih utama adalah mengaqiqahi anak laki-laki dengan dua ekor. Dari Salman bin „Amir Adl-Dlabiy. hal. Rasulullah SAW bersabda: “Seorang anak yang baru lahir tergadaikan oleh akikahnya. beliau memberi nama dan memerintahkan supaya dihilangkan kotoran dari kepalanya (dicukur)". 264. Maka disembelihkan kambing untuknya pada hari ke tujuh. (HR. ini berdasarkan hadis-hadis berikut ini: 1. Maka sembelihlah binatang „aqiqah untuknya dan buanglah kotoran darinya (cukurlah rambutnya)". Kadar Jumlah Hewan Kadar aqiqah yang mencukupi adalah satu ekor baik untuk laki-laki atau pun untuk perempuan. no. 604.anak laki-laki dua ekor kambing yang sebanding dan untuk anak perempuan satu ekor kambing".” (Hadis sanadnya shahih riwayat Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan). (HR. Ashabussunah). 2725). Ahmad juz 2. ia berkata. 2. Maka Hafshah memberitahukan kepada mereka bahwasanya 'Aisyah memberitahu kepadanya bahwa 9 . hal. Bukhari juz 6. (HR. "Rasulullah SAW pernah ber‟aqiqah untuk Hasan dan Husain pada hari ke-7 dari kelahirannya. 217). ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda. (HR. Hakim. yang artinya: “Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam memerintahkan agar disembelihkan akikah dari anak laki-laki dua ekor domba dan dari anak perempuan satu ekor. Ummu Kurz Al Ka‟biyyah berkata. sebagaimana perkataan Ibnu Abbas rahimahulloh: “Sesungguh-nya Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam mengaqiqahi Hasan dan Husain satu domba satu domba.

juz 3. beliau berkata yang artinya: “Hewan akikah itu disembelih pada hari ke tujuh. 2838). sebagaimana riwayat di bawah ini: Dari Ummu Kurz (Al-Ka'biyah). 1550).” (HR. Dan bila tidak bisa melaksanakannya pada hari ketujuh. no. beliau bersabda. no. 1056. 1549). tanpa memandang apakah jantan atau betina. bahwasanya ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang „aqiqah. hal. "Tiap . no. dan diberi nama”. Waktu Pelaksanaan Pelaksanaan akikah disunnahkan pada hari yang ke tujuh dari kelahiran. dari Nabi SAW. yang disembelih untuknya pada hari ke-7. binatang yang boleh dipergunakan sebagai sembelihan hanyalah kambing.” (HR: Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan. 35. 35. dan bila tidak bisa. hal. 106. “Setiap anak tergadai dengan „aqiqahnya. Ibnu Majah juz 2. Dari Samurah. ini berdasarkan hadis Abdullah Ibnu Buraidah dari ayahnya dari Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam. ini berdasarkan sabda Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam. dan ia menshahihkannya. untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Tidak menyusahkanmu baik kambing itu jantan maupun betina". 10 . Tirmidzi juz 3. Yang berhubungan dengan binatang sembelihan Dalam masalah „aqiqah. (HR. 3165).“Rasulullah SAW telah memerintahkan para shahabat (agar menyembelih 'aqiqah) bagi anak laki-laki 2 ekor kambing yang sebanding dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing.tiap anak tergadai (tergantung) dengan „aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ke-7. hal. Tirmidzi. di hari itu ia dicukur rambutnya dan diberi nama". "Ya. disembelih darinya pada hari ke tujuh. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda. (HR. hal. Maka jawab beliau SAW. no. maka bisa dilaksanakan pada hari ke empat belas. Dari Samurah bin Jundab. Abu Dawud juz 3. (HR. maka pada hari ke dua puluh satu. dan diberi nama. dan dishahihkan oleh At Tirmidzi). ke empat belas. dicukur rambutnya. dan dia dicukur. dan ke dua puluh satu. yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan hewan akikahnya.” (Hadis hasan riwayat Al Baihaqiy).

dan diterkam binatang buas. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa. sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 11 . Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. yang ditanduk. yang jatuh. daging babi. dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan.1 Kesimpulan Pengetahuan mendalam mengenai kaedah penyembelihan yang mengikut syariat sangatlah penting karena ia berkaitan erat dengan faktor kesehatan jasmani dan rohani.BAB III PENUTUP 3. dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. yang tercekik. (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah. dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni‟mat-Ku. sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. yang terpukul. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu. darah. Firman Allah SWT: Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. (Surah Al-Maidah: 3). kecuali yang sempat kamu menyembelihnya.

12 . Tirmidzi juz 3. 35. Syarat yang afdhal untuk anak lelaki ialah dua ekor kambing yang cukup syarat. Mereka berdua lalu menimbangnya.'Aqiqah (Bahasa Arab: ) ialah penyembelihan hewan ternakan yang dilakukan untuk anak yang baru lahir sebagai tanda bersyukur kepada Allah.” (HR. no. Maka Hafshah memberitahukan kepada mereka bahwasanya 'Aisyah memberitahu kepadanya bahwa “Rasulullah SAW telah memerintahkan para shahabat (agar menyembelih 'aqiqah) bagi anak laki-laki 2 ekor kambing yang sebanding dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing.w kepada Fatimah ketika mengaqiqahkan Hasan: "Hai Fatimah!.a. mereka menanyakan kepadanya tentang 'aqiqah. hal. cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang-orang miskin seberat timbangan (rambutnya)”. adalah timbangannya waktu itu seberat satu dirham atau sebahagian dirham. Sebagaimana sabda Nabi s. Hukum aqiqah menurut pendapat yang paling kuat ialah sunat muakkad. 1549). Dari Yusuf bin Mahak bahwasanya orang-orang datang kepada Hafshah binti 'Abdur Rahman.

id. Hadis shahih riwayat Ahmad. At Tirmidzi.org/wiki/Aqiqah 13 .org/wiki/Aqiqah 5.wikipedia. Brosur No.DAFTAR PUSTAKA 1. http://www.wikipedia. Zaki Ahmad.com/doc/34967963/Aqiqah 6. http://ms. An Nasai. Drs. "Kiat Membina Anak Sholeh 3.scribd. Abu Dawud. : 1622/1662/IF Majlis tafsir al-qur‟an (MTA) pusat tentang „Aqiqah 2. Dan Ibnu Majah 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful