BAB I PENDAHULUAN A.

LATAR BELAKANG Ketuban pecah dini (KPD), yaitu suatu keadaan saat kehamilan dimana terjadi keluarnya cairan ketuban sebelum memasuki masa persalinan. Keadaan ini dapat beresiko menimbulkan infeksi pada janin maupun terjadi kelahiran yang prematur. Resiko ini dapat dikurangi bila ibu mengkonsumsi suplemen vitamin C pada saat memasuki usia separuh masa kehamilan. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian dari National Institute of Perinatology di Meksiko City, pada 120 wanita hamil yang secara acak diberikan 100 mg vitamin C, pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Vitamin C telah diketahui berperan penting dalam mempertahankan keutuhan membran (lapisan) yang menyelimuti janin dan cairan ketuban. Walaupun penelitian sebelumnya telah menghubungkan kadar yang rendah dari vitamin C pada ibu dengan meningkatnya resiko terjadinya pecahnya membran secara dini atau yang disebut dengan ketuban pecah dini ("premature rupture of membranes", PROM), tapi penelitian itu tidak menjelaskan tentang penggunaan suplemen vitamin C dalam menurunkan risiko terjadinya KPD. Untuk itu, penelitian di Meksiko ini dilakukan. Dari hasil pemberian suplemen vitamin C yang dimulai pada saat usia kehamilan 20 minggu, menunjukkan peningkatan dari kadar vitamin C dalam darah dibanding dengan kelompok kontrol (tidak diberikan suplemen vitamin C). Dan peningkatan ini berhubungan juga dengan menurunnya resiko untuk mengalami KPD. Pada kelompok kontrol, terjadi KPD pada 14 dari 57 kehamilan (25%), sedang pada kelompok ibu yang diberikan vitamin C, terjadi penurunan KPD, yaitu hanya terjadi pada 4 dari 52 kehamilan (8%)Pada kasus seluruh kelahiran prematur, 40% lebih disebabkan karena KPD. Mungkin dengan pemberian suplemen Vitamin C dapat membantu para ibu mencegah terjadinya ketuban pecah dini, sehingga kehamilan dapat dipertahankan hingga tiba masa persalinan (The American Journal of Clinical Nutrition,2008). B. TUJUAN 1. Tujuan Umum Setelah mengikuti seminar tentang “Vitamin C dapat Mencegah Ketuban Pecah Dini (KPD)” diharapkan kita dapat mengetahui pengaruh dari vitamin c terhadap pencegahan KPD. 2. Tujuan Khusus a. Mampu mengetahui pengertian KPD b. Mampu mengetahui penyebab KPD c. Mampu mengetahui tanda dan gejala KPD d. Mampu mengetahui kandungan vitami C

Gambar 1. Fungsi fisiologis vitamin C yaitu diperlukan untuk mempertahankan jaringan ikat yang sehat. Menurut Cunningham (1995) KPD diartikan sebagai ketuban yang pecah sebelum kehamilan 38 minggu.protein yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan kulit. tendon ligamen dan pembuluh darah. jaringan yang pernah luka.BAB II TINJAUAN TEORI A. Viatmin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air yang memiliki nama lain asam askorbat.1 Ketuban Pecah Vitamin C Menurut Walles (2009). Sedangkan menurut Prawirohardjo (2002). ketuban pecah dini adalah amnioreksis atau dikenal dengan preterm prematur ruptur of membrane (PPROM) yang digunakan untuk menentukan persalinan kurang bulan dengan pecahnya selaput ketuban. manfaat dari vitamin C adalah sebagai salah satu penunjang pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. . karena vitamin C membantu pembentukan kolagen . KPD adalah ketuban yang pecah sebelum proses persalinan berlangsung yang terjadi pada kehamilan sesudah kehamilan 22 minggu dan sebelum 37 minggu. Pengertian Ketuban Pecah Dini (KPD) Menurut Hocker and Moore (2001).

Trauma fisik 7. Dapat disertai demam bila sudah ada infeksi . Servik inkompetent Yaitu kelainan pada servik uteri dimana canalis servikalis selalu terbuka. Faktor lain seperti multipara. Fisiologis selaput ketuban abnormal dan kantung ketuban terlalu tipis 6.Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. atau kecoklatan dengan sedikit atau sekaligus banyak. Tanda dan Gejala KPD 1. Infeksi Infeksi yang terjadi secara langsung pada selaput ketuban maupun asenden dari vagina atau infeksi pada cairan ketubanbisa menyebabkan terjadinya ketuban pecah dini 8. maka segala jenis penyakit dapat dicegah. Keluar air ketuban warna putih. Kelainan letak janin dalam rahim Misalnya pada letak lintang tidak ada bagian terendah yang menutupi pintu atas yang dapat menghalangi tekanan terhadap membran bagian bawah 4. Ketegangan uterus yang berlebihan Misalnya pada kehamilan ganda atau hidroamnion karena adanya peningkatan tekanan pada kulit ketuban diatas ostium uteri internum servik atau peningkatan intra uterin secara mendadak 3. jernih.2 Buah yang mengandung vitamin C B. umur ibu lebih dari 35 tahun C. Bila dalam tubuh kebutuhan vitamin dan mineral mencukupi. kuning. Penyebab KPD Penyebab ketuban pecah dini antara lain : 1. hijau. 2. Gambar 1. 2. Kemungkinan kesempitan pangul atau cepalo pelvik disporpotion (CPD) 5.

b) Pepino Buah ini tidak terlalu populer. karena sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml. e) Selama ini vitamin C atau asam askorbat lebih terkenal perannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. vitamin ini dapat mengakibatkan diare. maka vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan atau sayuran berwarna hijau diantaranya : a) Jeruk Buah ini merupakan sumber vitamin C paling bagus. Jika kekurangan vitamin C cenderung mengalami ketuban pecah dini. Tak heran bila berlebihan. Dua peneliti di Texas Woman's University menemukan. Semakin tua dan semakin manis rasanya. c) Vitamin C juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan sebagai antioksidan ia mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. karena otak banyak mengandung vitamin C. Pada pemeriksaan dalam selaput ketuban sudah tidak ada. karena bisa terjadi infeksi dalam kandungan dan anak bisa meninggal . pembentukan nitrosamin (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh sejumlah mahasiswa yang diberi vitamin C berkurang sampai 81%. dan jaringan lain di tubuh manusia. air ketuban kering D. Dalam 100 gram pepino terkandung 25. Sumber Vitamin C Menurut Rahmawati (2007). memar. urat. ia dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran. kandungan vitamin C-nya justru makin berkurang. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan luka. kulit. Melalui pengaruh pencahar. murid SMTP yang tingkat vitamin C-nya dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada yang jumlah vitamin C-nya lebih rendah. sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut. perdarahan kecil dan luka ringan. Janin mudah diraba 4. Agar . Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan. b) Vitamin C berfungsi untuk kekebalan tubuh ibu dan bayinya. Vitamin C ternyata juga berperan penting dalam fungsi otak. tergantung pada jenisnya. Fungsi Vitamin C Menurut Walles (2009) adapun manfaat yang terkandung didalam vitamin C diantaranya : a) Vitamin C perlu untuk menjaga struktur kolagen. tapi pepino atau terong bergaris masih satu familia dengan terung dan mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Keadaan ini membahayakan anak. Untuk pencegahan kurangi konsumsinya. E. atau ganti dengan natrium askorbat. patah tulang. Karena vitamin C tidak sintesis oleh tubuh. tulang rawan.1 mg vitamin C.3. d) Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker.

buah-buahan sitrus.82 mg/100 gram. bayam. Gambar 1.manfaatnya maksimal. sawi hijau. h) Kelengkeng Buah bercita rasa manis dan bulat agak lonjong ini.3 c) Kiwi Dalam setiap butirnya. nenas. kebutuhan vitamin C yang dianjurkan dapat terpenuhi. strawberri. kadar vitamin C jambu biji jauh lebih tinggi. kubis. yaitu 49. g) Jambu Biji Mengandung vitamin C sekitar 87 mg. F.5 mg/100 g). memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sajikan saat segar. kacang hijau. Sumber yang baik termasuk avocado. dan sayuran hijau. d) Mangga Setiap 100 gram potongan mangga siap makan. anggur. i) Selain buah-buahan diatas vitamin C diperoleh dari buah beri. dan selada air. black currants. Pepaya mengandung sekitar 74 mg vitamin C. Kiwi menyimpan vitamin C sekitar 68 mg dan cukup untuk memenuhi konsumsi vitamin C orang dewasa. Dibandingkan jambu air (5 mg/100 g) dan jambu bol (22 mg/100 g). Sedangkan mangga muda lebih besar kandungannya. tomat juga mengandung 40 mg vitamin C dalam setiap butirnya. e) Tomat Selain kaya vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. yaitu 65 mg. pepaya juga mengandung serat halus yang baik bagi balita maupun yang telah lanjut usia. Jadi bila Anda mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil). mengandung vitamin C sebanyak 41 mg. pilihlah yang tidak terlalu matang. kobis bunga. lima kali lipat dari orange dan delapan kali lipat dari lemon (10. dengan cara di makan langsung atau di jus tanpa campuran apapun. Kandungan Vitamin C . dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100g). f) Pepaya Selain mengandung vitamin C.

oleh karena itu penggunaaan vitamin C sebagai antioksidan semakin sering dijumpai. tetapi pengaruh maksimal adalah antara pH 5. Asam askorbat oksidase dapat mengakibatkan defisiensi vitamin C akibat intake zat gizi yang kurang dari makanan. Seiring dengan naiknya kadar tembaga. Bersamaan dengan pertumbuhan dan perkembangannya. elemen ini membentuk bagian dari enzim. Ko-enzim mengandung 6 atom tembaga untuk setiap molekul protein. Vitamin C juga termasuk golongan antioksidan karena sangat mudah teroksidasi oleh panas. cahaya. larut dalam garamdan mempunyai berat molekul 150. pecahnya selaput ketuban secara dini pada kehamilan dini merupakan penyebab tersering kelahiran preterm.000. 2000.6 – 5. terjadi pengendapan kolagen diantara sel – sel selaput amion. Sifat-sifat asam askorbat menunjukan mettalo-enzim. Romero. Amnion adalah membran janin paling dalam dan berdampingan dengan cairan amnion dan sruktur avaskular khusus ini berperan penting dalam kehamilan.0 dan jika pH diturunkan 2. Enzim heksisidase tersebut mempunyai aktifitas optimal pada pH 5. G. glutation. Menurut Benirschke dan Kauffman (2000) menyimpulkan dari hasil penelitian Matthew Duncan (1868) yang meneliti sifat gaya-gaya elastisitas amnion yang terlibat dalam PROM dengan uji kekuatan peregangan bahwa membran amnion memang cukup elastis dan dapat . Vitamin C diketahui memiliki peran penting dalam mempertahankan selaput yang menyelubungi janin dan cairan amnion. Menurut Rahmawati (2009) Vitamin C atau bisa disebut dengan asam askorbat oksidase atau disingkat askobase merupakan enzim yang hanya mengkatalisis reaksi oksidasi asam askorbat. toksin yang dihasilkan oleh bakteri menginduksi pembentukan sitokinin didalam fagosit mononuklear masuk ke dalam cairan amnion dan sitokinin mencetuskan pelapasan prostaglandin yang mencetuskan persalinan preterm karena KPD (El-Bastawissi. dan aktifitas optimal didapatkan pada suhu sekitar 38 derajat celsius. mikroorganisme yang berasal dari serviks menyebar secara assenden dan akan berkoloni di jaringan desidua atau menginvasi kantong amnion. dan sel epitel yang melapisi sisi paling dalam amnion terdapat sebuah lapisan sel mirip fibroblas (mesenkim). Pengaruh Vitamin C Terhadap KPD Salah satu fungsi vitamin C adalah menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi terutama pada ibu hamil karena salah satu penyebab KPD yaitu infeksi pada selaput amnion. yang kemungkinan berasal dari mudigah.9. Asam askorbat oksidase berperan dalam batas yang luas dari pH 47. 1998 dalam Cunningham dkk. dan phenol. dan logam. tirosin. Struktur sel-sel epitel amnion berasal dari ektoderm janin pada diskus embrionik. 2004). tetapi tidak mengkatalisis senyawa yang lain misalnya sistein. Dengan kenaikan suhu 10 derajat celcius (diatas nol) jumlah vitamin C yang dioksidasikan naik 2-2. Pada banyak kasus obstetrik.5 kalinya. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat yang lebih terkenal perannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. baik asam askorbat alami ataupun sintesis.6-6. hal ini menandai dimulainya pembentukan lapisan padat amnion.0 maka enzim menjadi inaktif.Menurut Walles (2009) Vitamin C adalah nutrien dan vitamin yang larut dalam air dan penting untuk kehidupan serta untuk menjaga kesehatan.

Namun di saat hamil. patah tulang.mengembang sampai dua kali lipat dari ukuran normal selam hamil. Bagi wanita hamil. Ester Casanueva dan beberapa rekannya dari the National Institute of Perinatology di Mexico City. sebaiknya mengkonsumsi lima porsi buah yang mengandung vitamin C setiap hari. Mereka menemukan bahwa setelah mulai dilakukan intervensi tersebut pada usia kehamilan 20 minggu. Ketuban pecah dini mungkin merupakan faktor yang bertanggungjawab pada 40 persen atau lebih dari semua kasus persalinan prematur. tulang rawan. Suplemen vitamin C juga dikaitkan dengan penurunan risiko ketuban pecah dini. Dosis Vitamin C a. sedangkan pada kelompok suplemen terjadi peningkatan kadar vitamin C. urat. Dr. KPD terjadi pada 14 dari 56 kehamilan (25 persen) di kelompok kontrol. yaitu suatu keadaan saat kehamilan dimana terjadi keluarnya cairan ketuban sebelum memasuki masa persalinan. Keadaan ini dapat beresiko menimbulkan infeksi pada janin . melakukan penilaian terhadap 120 wanita hamil yang secara acak diminta untuk mengkonsumsi 100 miligram vitamin C atau plasebo non aktif (sebagai kelompok kontrol) setiap hari. sedangkan pada kelompok vitamin C hanya terjadi pada 4 dari 52 kehamilan (8 persen). Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen. tubuh memerlukan tambahan nutrisi hingga dua kali lipat dari kebutuhan biasanya. b. kebutuhan vitamin C semakin meningkat yaitu sebesar 120 mg/hari. Dan daya regang amnion hampir seluruhnya terletak dilapisan kompak yang terdiri kolagen intertisium (Cunningham. c. Hal ini mulai dilakukan pada usia kehamilan 20 minggu. tubuh wanita memerlukan vitamin C sebesar 75 mg per hari. pada kelompok kontrol terjadi penurunan kadar vitamin C. perdarahan kecil dan luka ringan. memar. sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut. Para peneliti menyimpulkan bahwa suplemen vitamin C dapat menjadi perangkat yang berharga dalam mempertahankan kehamilan sampai aterm. Bagi wanita yang berusia lebih dari 18 tahun dan ibu yang tengah menyusui. demikian dilaporkan oleh para peneliti dan dipublikasikan melalui the American Journal of Clinical Nutrition. Struktur kolagen juga baik untuk menyembuhkan luka. 2004). BAB III PENUTUP A. Sejumlah 109 wanita menjalani penelitian tersebut sampai selesai. kulit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran vitamin C sangat besar pada kehamilan untuk mencegah ketuban pecah dini. Vitamin C sangat berguna dalam menyerap zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia dan ketuban pecah dini. Kesimpulan Ketuban pecah dini (KPD). Dalam kondisi normal. dan jaringan lain di tubuh manusia. H.

com http://www.html http://www. Dari http//www. (1999).org/wiki/pancapilar http://kumpulan. (1998). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta : EGC Mochtar.Dari http//www. Kenali Zat Gizi : Asam Askorbat Oksidase.tripod. Walles. Winkjosastro.pdpersi. Jakarta : EGC Prawirohardjo.ensiklopedia. (1998). namun belum pernah dijelaskan apakah penggunaan suplemen vitamin C dapat membantumengurangi risiko tersebut. dkk. Vitamin C diketahui memiliki peran penting dalam mempertahankan selaput yang menyelubungi janin dan cairan amnion. Jilid 1. Vitamin C.vanillamist.com/infoubat/vit_C/html .maupun terjadi kelahiran yang prematur. Obstetri Williams. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohadrjo http://wikipediafondation. Rustam.vitaminc.com.asamaskorbat. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka FKUI Rahmawati. B. (1995). (2009). DAFTAR PUSTAKA Cunningham. Saran Setelah mengikuti seminar tentang pengaruh vitamin C terhadap penecegahan ketuban pecah dini diharapkan seluruh tenaga kesehatan Rumah Sakit Bersalin Budi Rahayu lebih memeperhatikan kesehatan ibu hamil dengan menganjurkan mengkonsumsi vitamin C. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.com.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/80-kandungan-vitamin-c-buah. Resiko ini dapat dikurangi bila ibu mengkonsumsi suplemen vitamin C pada saat memasuki usia separuh masa kehamilan. Ilmu Kebidanan.id/indek/php http://moodpro. Jakarta : EGC Manuaba.co. Ida Bagus Gede. Sinopsis Obstetri. (2009). Walaupun penelitian yang telah dilaporkan sebelum ini mengaitkan kadar vitamin C yang rendah pada ibu hamil yang memiliki risiko tinggi terhadap ketuban pecah dini atau KPD.kalbe. Jimmy. (2002).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful